Kamini.id / Minyak Zaitun / Manfaat Minyak Zaitun Wardah yang Bagus untuk Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun Wardah yang Bagus untuk Kecantikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Olive Oil atau minyak zaitun bukan bahan alami baru yang bermanfaat bagi kecantikan. Bahkan bahan alami yang satu ini sudah banyak digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan. Tapi sebenarnya bagaimana asal-usul dari minyak kaya manfaat ini?

Walau belum ada bukti dari mana asal-usul pohon zaitun, tetapi banyak yang percaya bahwa pohon ini ditumbuhkan di Yunani sejak 5000 tahun silam. Dalam mitologi Yunani, pohon zaitun dipercaya merupakan hadiah yang diberikan oleh Athena pada orang-orang Yunani. Hadiah ini bahkan lebih disukai orang Yunani dibandingkan pemberian Poseidon yaitu mata air asin yang menyembur dari tebing.

Dengan mempercayai bahwa pohon zaitun adalah tanaman yang penting, mereka mulai menggunakan minyak ekstraksi dari buah berwarna hijau tersebut untuk berbagai keperluan seperti bahan makanan, obat-obatan, kosmetik, dan penerangan. Sejak saat itu pohon zaitun banyak tumbuh di berbagai negara sepanjang Mediterania.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Seiring berjalannya waktu, penggunaan minyak zaitun dalam bidang kecantikan mulai berkembang. Hingga saat ini sudah banyak brand-brand kecantikan yang menjadikan minyak zaitun sebagai formulasi utama produk mereka. Salah satunya adalah brand pengusung produk kecantikan halal asal Indonesia, yaitu Wardah.

Sejak pertama kali diluncurkan, produk ini cukup menyita perhatian karena hadir dalam kemasan yang khas dan klaim berbagai manfaat yang ditawarkan. Hebatnya, produk ini memang memberikan banyak manfaat untuk kulit dan tubuh. Berbagai manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Melembapkan

Melembabkan Kulit

* sumber: pxhere.com

Sesuai dengan klaimnya, minyak zaitun dari Wardah merupakan pelembap alami yang dapat memberikan kelembapan pada kulit. Manfaat ini utamanya akan dirasakan pada kulit yang kering.

Sifat melembapkan dari minyak zaitun memang belum banyak dibuktikan secara ilmiah, namun banyak yang percaya minyak zaitun memiliki sifat tersebut. Tak hanya melembapkan kulit, minyak ini juga dapat digunakan untuk melembapkan rambut dan bagian tubuh lain seperti lutut, tumit dan siku yang mana cenderung kering.

2. Mengenyalkan Kulit

Mengenyalkan kulit (Copy)

* sumber: esqueciam.com

Karena dipercaya memiliki sifat moisturizing, membuat minyak zaitun juga ampuh dalam mempertahankan kekenyalan kulit. Kulit yang lembap akan otomatis terasa lebih kenyal dibandingkan dengan kulit kering. Kekenyalan ini didapat karena minyak alami kulit dijaga agar tetap seimbang oleh minyak zaitun.

3. Menghilangkan Stretch Mark dan Bekas Luka

Stretch-Marks (Copy)

* sumber: honey.nine.com.au

Stretch mark dan luka goresan juga bisa dihilangkan dengan penggunaan rutin minyak zaitun. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam minyak zaitun konon memang bekerja baik dalam regenerasi sel-sel baru. Sehingga bekas luka akan memudar dan menghasilkan kulit yang lebih halus.

Inilah mengapa minyak zaitun sangat disarankan untuk digunakan oleh ibu hamil demi mengurangi stretch mark yang timbul selama mengandung.

Untuk penggunaanya, para ibu hamil dapat mengaplikasikan minyak ini pada bagian perut dan memijat dengan sangat ringan. Gunakan setiap malam sebelum tidur mulai dari umur kandungan menginjak empat bulan hingga setelah melahirkan.

4. Massage Oil

* sumber: newagespainstitute.com

Bila kamu penggemar facial massage, kamu tak perlu merogoh kocek tinggi untuk membeli massage oil khusus. Minyak zaitun dari Wardah ini memang hadir dengan kegunaan utama sebagai massage oil. Cukup tuangkan produk ini pada kedua tangan, lalu aplikasikan pada wajah dengan gerakan memijat lembut. Bila digunakan secara rutin dan konsisten, kulitmu akan menjadi lebih rileks dan kencang.

5. Menghilangkan Mata Panda

* sumber: www.healthline.com

Tak tahan dengan mata panda? Minyak zaitun dapat membantu menyingkirkannya. Minyak zaitun kaya akan vitamin dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kulit. Salah satu vitamin yang terkandung dalam minyak zaitun adalah vitamin E.

Vitamin E merupakan bahan yang penting dalam menutrisi kulit dan mengurangi tampilan mata panda. Minyak zaitun juga memiliki healing properties yang juga sangat berperan dalam menghilangkan mata panda tersebut. Agar dirasakan manfaat minyak zaitun yang satu ini, gunakan perlahan pada area sekitar mata. Khususnya bagian yang hitam pada mata menggunakan kapas atau jari yang bersih.


Pijat ringan dengan gerakan memutar, lalu diamkan semalaman. Cara ini memang tidak dapat mengantarkan pada hasil yang instan. Tetapi bila digunakan berkelanjutan, mata panda akan berkurang. Bahkan bila ada kantung mata, juga akan ikut kempes.

6. Menghaluskan Kulit

Menghaluskan kulit (Copy)

* sumber: tips-cara.info

Masih ingat bila minyak zaitun mengandung banyak vitamin dan antioksidan? Benar, kandungan tersebut dapat menstimulasi pembentukan protein yang berguna untuk regenerasi kulit. Sel-sel lama akan tergantikan dengan sel-sel kulit baru yang memiliki karakteristik sangat halus. Karena itulah minyak zaitun juga bisa digunakan untuk membuat kulit menjadi halus.

4. Campuran Scrub

campuran scrub (Copy)

* sumber: www.makeupalley.com

Bila kamu salah membeli scrub karena terlalu kasar saat diaplikasikan, jangan berpikir untuk membuangnya. Daripada dibuang, lebih baik coba campurkan dengan minyak zaitun dan gunakan kembali sebagai scrub untuk tubuh atau bibir.

Minyak zaitun tak hanya akan mengurangi pengikisan berlebih dari produk scrub, namun juga akan mencegah terjadinya inflamasi. Sehingga iritasi akan diminalisir bila kamu menyampurkan kedua bahan ini sebagai scrub.

8. Makeup Remover

Dipakai untuk Makeup Remover

* sumber: www.freepik.com

Tak hanya digunakan untuk tubuh, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk wajah. Terutama digunakan sebagai cleansing oil atau makeup remover. Karena sama-sama terdiri dari lemak dan minyak, minyak zaitun akan bercampur sempurna dengan minyak dan makeup yang kamu kenakan. Inilah mengapa minyak zaitun dapat digunakan untuk menghapus makeup.

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun seperti cleansing oil pada umumnya dalam menghapus riasanmu. Aplikasikan secukupnya pada wajah yang dipenuhi makeup, diamkan beberapa saat, lalu angkat menggunakan kapas. Minyak zaitun juga cukup baik dalam menghapus eye makeup yang waterproof, lho.

9. Melebatkan Alis

* sumber: www.travelfashiongirl.com

Manfaat ini memang tidak bisa dirasakan secara instant, melainkan kamu harus menggunakannya rutin setidaknya selama dua bulan untuk melihat perubahan hasilnya. Tetapi kamu akan mendapatkan alis yang tebal dan sehat.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk alis terbilang sederhana. Kamu hanya perlu memijat alis mata selama lima menit menggunakan minyak zaitun secukupnya sebelum tidur. Diamkan semalaman, dan bilas keesokan harinya.

10. Memanjangkan Bulu Mata

Melentikkan Bulu Mata

* sumber: scasource.net

Karena masih merupakan rambut, pertumbuhan bulu mata juga dapat distimulasi oleh penggunaan minyak zaitun. Cara menggunakannya juga dengan memijat bulu mata perlahan menggunakan jari yang telah dilumuri minyak zaitun.

Kamu dapat pula menggunakan mascara brush atau spuli untuk mengaplikasikan minyak zaitun pada bulu mata. Diamkan semalaman, dan dibilas pada keesokan paginya. Bila beruntung, kamu bahkan bisa mendapatkan bulu mata yang lentik di samping panjang.

Itulah 10 manfaat minyak zaitun Wardah untuk kecantikan. Sebenarnya masih banyak manfaat lain dari minyak zaitun itu tersendiri. Bila kamu penasaran, kamu bisa membacanya di sini. Bila kamu juga mengetahui manfaat lain dari minyak zaitun yang belum Kamini sebutkan, jangan sungkan untuk menambahkan melalui kolom komentar!

 

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *