Mengenal Mugwort dan Manfaatnya yang Luar Biasa Bagi Kulit

Banyak orang yang menganggap bahwa mugwort merupakan tanaman perdu biasa. Ini disebabkan karena mugwort cepat tumbuh sehingga menjadi rimbun dan terlihat berantakan. Ketika mugwort tumbuh sangat lebat dan menjadi semak-semak, orang-orang sering menyianginya karena mengganggu keindahan kebun atau taman. Namun, tanaman ini ternyata punya banyak manfaat lho

Sejak dulu mugwort sering digunakan sebagai tanaman herbal yang punya banyak manfaat. Kandungan di dalamnya bersifat menyembuhkan karena mengandung anti jamur, anti bakteri dan mempunyai kandungan pelindung kulit. Di belahan bumi lainnya, mugwort digunakan sebagai bahan skincare. Nah, kita kenalan yuk dengan tanaman kaya manfaat ini!

Mugwort dan Karakteristiknya

Mugwort-1_

Mugwort atau yang kita kenal sebagai daun baru cina ini banyak tumbuh di kawasan Asia, Amerika Utara dan Eropa Utara. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di hutan atau ladang yang lembap dan mengandung unsur hara yang kaya. Tanaman yang termasuk keluarga arteraceae ini mempunyai batang yang berwarna cokelat kemerahan dan aromanya mirip sage.

Mugwort tumbuh di atas tanah dan dapat tumbuh sampai 1-2 meter. Tanaman herbal ini mempunyai daun yang berbentuk memanjang dan menyirip. Permukaan daunnya berwarna hijau dan tampak berwarna keputih-putihan lantaran adanya bulu-bulu halus yang lebat.

Manfaat Mugwort untuk Kesehatan Kulit

Mugwort-2_

Saat ini mugwort tengah menjadi primadona di industri kosmetik. Karena manfaat yang dikandung tanaman ini, banyak merek kosmetik yang menggunakan tanaman ini sebagai bahan utamanya. Seluruh bagian tanaman mugwort dapat digunakan untuk membuat kosmetik. 

Ada yang diambil minyak esensialnya untuk dioleskan pada bagian tubuh yang sakit, sebagai aromaterapi ada pula yang digunakan untuk merangsang titik akupuntur dalam pengobatan cina yang disebut moksibusi. Lalu, untuk kulit, manfaat apa saja yang bisa diambil dari tanaman ini?

1. Memperkuat Lapisan Pelindung Kulit

Mugwort-3_

Manfaat pertama yang bisa didapat dari mugwort adalah memperkuat lapisan pelindung kulit. Perlu kita ketahui bahwa kulit terlindungi oleh lapisan pelindung yang terdiri dari berbagai jenis protein, misalnya loricrin dan filaggrin.

Kedua protein ini dipengaruhi oleh gen yang ada di dalam tubuh. Jika produksi gennya menurun, maka kulit menjadi kering dan sensitivitas meningkat.

Dalam sebuah penelitian di International Molecular of Science menjelaskan bahwa ekstrak mugwort punya kandungan pelindung lapisan kulit. Kandungan ini mengaktifkan gen yang memproduksi loricrin dan filaggrin sehingga lapisan kulit akan tetap kuat.

2. Meredakan Gejala Eksim dan Alergi

Mugwort-4_

Ekstrak mugwort juga punya manfaat untuk meredakan gejala eksim dan alergi. Lapisan pelindung kulit tidak selamanya kuat. Ada kalanya ia rusak sehingga memicu terjadinya eksim pada kulit. Pada beberapa orang, kondisi ini bisa semakin parah jika terjadi alergi yang memperburuk rasa gatalnya.

Nah, jika terjadi demikian, kita bisa menggunakan ekstrak mugwort untuk meredakannya. Dalam mugwort terdapat senyawa antioksidan yang berpotensi merangsang gen pembentukan filaggrin dan loricrin yang mengurangi rasa gatal akibat eksim dan alergi tinggi. 

3. Mempertahankan Kelembapan Kulit

Mugwort-5_

Kulit yang terhidrasi dengan baik adalah salah satu ciri kulit sehat. Oleh sebab itu, banyak produk kecantikan yang menawarkan khasiat menghidrasi kulit dengan baik. Salah satu kandungan kosmetik yang ampuh untuk atasi masalah dehidrasi kulit adalah mugwort. Tanaman mugwort mengandung vitamin E tinggi yang mampu menutrisi kulit dan melembapkannya.

Dengan menggunakan produk kecantikan yang mengandung mugwort secara rutin, kulit yang bersisik akibat dehidrasi akan teratasi dengan baik. Kandungan di dalam mugwort yang disebut dengan artemisia princeps (APE) juga diketahui mampu memperbaiki gejala kulit bersisik pada penderita dermatitis atopik.

4. Mencegah Tanda Penuaan

Mugwort-6_

Kulit kusam dan berkerut adalah salah satu ciri kulit yang kekurangan kolagen. Memang, seiring usia produksi kolagen di dalam kulit menurun. Akibatnya, kulit tidak lagi elastis dan muncul garis halus di sekitar mata dan wajah lainnya.

Untuk menghadapi masalah kulit ini, mugwort dapat menjadi bahan skincare yang memberikan manfaat yang mampu mengatasi tanda penuaan. Kandungan dalam mugwort mampu memicu produksi kolagen dalam kulit sehingga tanda penuaan bisa dicegah. 

5. Mengobati Jerawat

Mugwort-7_

Jerawat di wajah adalah salah satu masalah kulit yang sering dihadapi oleh banyak orang. Kemunculan jerawat seringkali membuat rasa percaya diri berkurang. Lantaran dirasa mengganggu, banyak orang yang melakukan banyak cara dan coba-coba produk kecantikan untuk mengurangi jerawat.

Mugwort mempunyai sifat anti bakteri yang berguna untuk mengurangi jerawat. Senyawa anti bakteri yang dikandung tanaman ini mirip dengan minyak pohon teh atau tea tree oil. Senyawa ini membantu membunuh bakteri dan melawan jerawat secara efektif.

Bekas jerawatnya pun bisa diatasi dengan mugwort. Pasalnya mugwort mengandung anti mikroba yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka bekas jerawat sekaligus menghambat mikroorganisme yang bisa memicu tumbuhnya jerawat baru.

Poin plus dari minyak mugwort adalah aromanya yang menenangkan. Dibandingkan dengan tea tree oil, aroma minyak mugwort jauh lebih sedap.

6. Meredakan Gatal Pada Penderita Luka Bakar

Mugwort-8_

Luka bakar yang mengering adalah indikasi bahwa kulit tersebut berhasil menjalani proses pemulihan dengan baik. Namun, seiring pemulihan, luka bakar biasanya menimbulkan sensasi rasa gatal yang mengganggu kenyamanan. Fenomena ini hampir selalu terjadi pada mereka yang mengalami luka bakar apapun.

Setelah luka mengering dan sembuh, mereka masih merasakan gatal pada area tepi luka atau bagian kulit yang baru tumbuh. Untungnya, Mugwort bisa membantu mengurangi efek tersebut.

Pasalnya, menurut penjelasan dari Nursingcenter.com, losion mugwort yang mengandung campuran mugwort, etanol murni, mentol, dan air suling mampu meredakan gejala gatal pada penderita luka bakar.

7. Memperbaiki Masalah Kulit

Mugwort-9_

Bagi yang mempunyai kulit kering dan sensitif, mugwort adalah bisa menjadi pertimbangan kamu untuk merawatnya. Kandungan di dalam tanaman ini mempunyai senyawa yang diyakini dapat menutrisi kulit, meredakan kemerahan, radang dan berbagai masalah kulit lainnya.

Karena kandungan inilah mugwort sering digunakan sebagai bahan utama dalam skincare. Biasanya mugwort digunakan sebagai masker. Penggunaan masker mugwort secara rutin mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit serta membersihkan pori-pori.

8. Meredakan Peradangan

Mugwort-10_

Manfaat lainnya dari mugwort adalah meredakan peradangan pada kulit wajah. Hal ini disebabkan lantaran mugwort mengandung senyawa anti inflamasi yang baik bagi kulit seperti kulit kering dan iritasi.

Anti inflamasi yang terdapat dalam mugwort mampu meringankan kondisi kulit bersisik yang parah seperti rosacea, psoriasis. Kandungan ini dapat menenangkan kulit sehingga kulit tetap sehat dan terhindar dari sensasi tidak nyaman.

9. Menyegarkan Kulit

Mugwort-11_

Kulit segar berseri adalah dambaan setiap orang. Namun, terkadang berbagai masalah kulit menghambat kita dalam mewujudkan kulit yang cerah dan segar. Debu, polusi, paparan sinar UV dan residu produk kosmetik yang kita gunakan berkontribusi membuat kulit kusam.

Untuk mengatasi masalah tersebut, mugwort menjadi solusinya. Kandungan mugwort seperti anti inflamasi, anti bakteri dan moisturizer yang baik sehingga mampu menutrisi kulit dan membuat kulit lebih segar berseri.

10. Melindungi dari Radikal Bebas

Mugwort-12_

Terpapar sinar UV adalah resiko yang harus ditanggung bagi kita yang aktif di luar. Akibatnya kulit menjadi kusam, kering dan muncul noda hitam. Menggunakan tabir surya pun terkadang tidak cukup sebab polusi, debu dan kotoran lainnya yang menempel ikut menghilangkan kecerahan pada kulit.

Nah, ekstrak mugwort, punya zat anti oksidan mampu membantu melindungi dari radikal bebas yang merupakan efek dari paparan sinar UV saat kamu berada di luar. Antioksidan dalam mugwort inilah yang berperan dalam memberi perlindungan dari kerusakan kulit akibat terpapar sinar UV.

Menarik, bukan? Tanaman perdu yang dikenal sebagai obat herbal ini punya manfaat bagi kulit yang mampu menjaga agar kulit tetap sehat dan cerah berseri. Tidak hanya akar, melainkan seluruh bagian dari mugwort dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dalam skincare. Akan tetapi, penggunaan mugwort berlebih dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan kulit. 

Meskipun merupakan bahan alami, mugwort punya dosis tertentu yang aman digunakan. Jika terlalu banyak menggunakan mugwort dapat memicu nyeri, kejang dan reaksi alergi. Namun, tidak semua orang akan mengalami efek samping yang sama. Maka dari itu konsultasikan terlebih dahulu pada ahli atau dokter sebelum menggunakan mugwort untuk tujuan tertentu.

Tertarik menggunakan Mugwort? Kamini punya pilihan skincare lokal yang mengandung Mugwort, lho! Atau kamu punya rekomendasi-mu sendiri? Bagikan di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram