Kamini.id / Sabun Mandi / 10 Manfaat Sabun Kojie San untuk Kulit Cantik dan Cerah

10 Manfaat Sabun Kojie San untuk Kulit Cantik dan Cerah

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sabun legendaris yang satu ini banyak dikira berasal dari negeri Sakura. Tapi nyatanya, sabun ini melupakan sabun kecantikan yang diproduksi Filipina. Alasan sabun ini diberi nama Kojie San adalah kandungan asam kojic yang tinggi dalam sabun ini.

Asam kojic sendiri merupakan asam hasil samping dari fermentasi sake di Jepang. Penggunaan asam kojic dalam dunia perawatan kulit sebenarnya telah dilakukan sejak tahun 1989.

Asam kojic memang memiliki banyak manfaat baik dalam memutihkan kulit. Karena itulah klaim sabun Kojie San salah satunya adalah memutihkan. Kandungan lain dari sabun berwarna oranye ini adalah sweet orange, virgin coconut oil, glycerine, vegetable extracts, dan vitamin C.

Dari formulasi bahannya saja, sudah nampak bagaimana sabun ini akan bekerja baik dalam memutihkan kulit penggunanya. Secara detail, sabun ini memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Mencerahkan

Memutihkan & Mencerahkan

* sumber: www.bestdoctorsblog.com

Wajah yang kusam terjadi akibat pembentukan melanin berlebih pada wajah. Melanin sendiri merupakan pigmen gelap yang dihasilkan dari asam amino yang dinamakan tirosin. Untuk menghentikan pembentukan melanin ini, tentu saja pembentukan tirosin harus dihentikan. Nah, disinilah peran asam kojic.

Asam kojic dapat menjadi penghambat pembentukan tirosin tersebut, sehingga melanin tidak akan terbentuk pada kulit. Semakin lama, pemakaian asam kojic akan mengantarkan kulit menjadi lebih cerah karena mengembalikan warna asli kulit. Ditambah lagi dalam sabun ini terkandung pula vitamin C.

Benar, vitamin C juga dapat menjadi agen pencerah kulit yang baik. Kemampuan sabun ini dalam mencerahkan memang tidak perlu diragukan lagi. Sudah banyak pula yang membuktikan manfaat sabun Kojie San dalam mencerahkan kulit.

2. Meratakan Warna Kulit

Meratakan Warna Kulit wajah

* sumber: www.eviocommunity.com

Masih berhubungan dengan produksi melanin, warna kulit yang tidak merata terjadi karena produksi melanin yang tidak seimbang di area kulit. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan skincare yang tidak tepat, terjadi kekeringan pada kulit, atau penggunaan sun protection yang tidak merata sehingga tidak dapat menghambat hiperpigmentasi di semua bagian kulit.

Bila kamu memiliki keluhan warna kulit yang tak merata, kamu bisa mencoba sabun Kojie San untuk mengatasi masalah tersebut. Penggunaan reguler sabun ini akan membantu meratakan warna kulit sekaligus mencegah terjadinya ketidakmerataan kembali.

3. Menghilangkan Noda Hitam

Menghilangkan noda hitam Manfaat Odol untuk Wajah

* sumber: www.viva.co.id

Noda hitam juga merupakan salah satu hasil dari pembentukan melanin yang berlebih. Pembentukan melanin pada tiap individu memang bisa menimbulkan hasil yang berbeda. Ada yang menjadikan wajah kusam, mata panda, ataupun noda hitam.

Tapi jangan khawatir, karena kerja asam kojic menghambat pembentukan tirosin, sehingga apapun hasil dari produksi melanin yang terjadi pada kulit dapat dihentikan. Jadi apabila kamu memiliki noda-noda hitam pada wajah dan kulit, kamu bisa menanganinya dengan sabun ini.

4. Menghilangkan Lingkar Hitam

Mata Panda tips agar cantik

* sumber: www.cepar.edu.au

Penyebab terjadinya area bawah yang menghitam sebenarnya berbeda-beda. Ada yang dikarenakan kelelahan, sehingga pembuluh darah area bawah mata menjadi terlihat lebih jelas. Ada juga yang dipengaruhi paparan sinar matahari, sehingga terjadi pembentukan melanin pada area bawah mata tersebut.

Sehubungan dengan karakteristik kulit area mata yang lebih tipis dengan bagian kulit lainnya, menjadikan lingkar hitam bawah mata cukup sulit diredakan. Namun, dengan penggunaan konsisten sabun ini, lingkar hitam tersebut dapat dihilangkan secara bertahap.

5. Meredakan Kemerahan

* sumber: www.mdedge.com

Noda kemerahan bisa diredakan juga oleh sabun ini. Tetapi, manfaat ini dapat dirasakan bukan hanya karena asam kojic saja. Virgin coconut oil dari sabun inilah yang dapat bekerja meredakan kemerahan. Virgin coconut oil atau yang disingkat VCO memiliki healing properties yang dapat membantu menenangkan kulit sekaligus meredakan kemerahan.

6. Anti-Aging

aging skin kulit keriput

* sumber: www.everydayhealth.com

Manfaat ini juga dapat dirasakan dengan penggunaan rutin sabun Kojie San. Baik VCO maupun vitamin C dapat menjadi stimulan pembentuk kolagen. Kolagen yang banyak terbentuk dapat membuat kulit tetap elastis, mereduksi garis halus, serta meminimalisir kerutan.

Kandungan senyawa yang berfungsi sebagai anti aging dalam VCO adalah asam linoleat. Baik asam linoleat dan vitamin C (asam askorbat) memiliki peran penting dalam sintesis kolagen. Karena itulah sabun ini bisa dijadikan rangkaian perawatan kulit yang mulai menua.

Tetapi ternyata sang pemeran utama asam kojic juga dapat membantu mencegah penuaan. Asam kojic dapat mengikat zat besi berlebih yang tidak digunakan oleh tubuh. Kelebihan zat besi ini, bila dibiarkan bisa membuat disfungsi protein yang dapat mempengaruhi penuaan.

7. Meredakan Melasma

Meratakan Warna Kulit hyperpigmentation uneven skintone

Melasma juga masih merupakan kelainan pigmentasi pada kulit. Biasanya, melasma terjadi pada wanita yang sering terpapar sinar matahari, penggunaan hormon tambahan seperti pil KB, kehamilan, serta terapi pergantian hormon.

Nah, untuk menangani melasma, biasanya dokter akan menganjurkan penderita menggunakan skincare yang mengandung hydroquinone, tretinoin, atau obat-obat topikal dengan kandungan azelaic acid dan tentu saja, asam kojic. Karena itu, jangan ragu untuk mencoba memakai sabun Kojie San bila kamu mengalami Melasma pada kulit.

8. Menjaga Kelembapan

wajah lembab

* sumber: www.stylecraze.com

Bila bicara soal VCO, tentu kemampuan bahan ini dalam menjaga kelembapan kulit tak boleh terlewatkan. Kandungan berbagai asam lemak, yang terdapat dalam VCO dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan sekaligus memberikan hidrasi. Jadi, tak hanya menjaga, tetapi VCO juga dapat membantu melembapkan kulit.

VCO juga dapat membantu menyokong skin barrier dan menjaga kulit dari berbagai gangguan lingkungan seperti polusi atau radikal bebas. Karena itu, sabun Kojie San cocok pula digunakan untuk pemilik kulit kering.

9. Meredakan Jerawat

Membantu Mencegah Jerawat

* sumber: hellosehat.com

Untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, sabun ini juga layak untuk dicoba. Pasalnya, asam linoleat dari VCO dapat membantu meredakan jerawat yang membandel karena bersifat anti bakteri. VCO juga bersifat anti-inflamasi sehingga dapat digunakan untuk kulit yang iritasi. Nah, selain meredakan jerawat, sabun ini juga cukup ampuh dalam menghilangkan noda bekas jerawat, lho.

Masih ingat kalau pemeran utama dari sabun ini adalah asam kojic? Ya, asam kojic juga dapat membantu mencerahkan bekas jerawat yang menghitam. Sehingga kulit berjerawat akan benar-benar menjadi bersih.

10. Menghaluskan Kulit

Menyamarkan Garis Halus dan Kerutan

* sumber: darklipstips.com

Sabun ini juga dapat membuat kulit menjadi halus karena cukup baik dalam menstimulasi kolagen dan sel-sel kulit baru. Kamu dapat merasakannya sendiri setelah kamu menggunakan sabun ini sejak pemakaian pertama. Secara instan kamu akan merasa kulit menjadi lebih terasa halus.

Salah satu atau semua manfaat dari sabun Kojie San tersebut dapat kamu rasakan dengan pemakaian reguler. Tetapi ingat, manfaat-manfaat tersebut tidak semua dapat didapatkan secara instan. Kamu perlu bersabar untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Dan satu lagi, karena sabun Kojie San dapat digunakan di seluruh bagian tubuh, lebih baik kamu membagi sabun tersebut ke dalam beberapa bagian. Misal membaginya menjadi dua bagian. Satu untuk bagian tubuh, dan satunya lagi untuk area wajah.

Bila kamu pengguna setia sabun yang satu ini dan merasakan manfaat lain dari sabun Kojie San, kamu bisa menambahkan di kolom komentar. Tapi, kalau sudah yakni ingin membeli produk ini, bisa langsung beli di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *