Inilah Manfaat Setrika Wajah untuk Kulit yang Mulai Kendur

Kebanyakan wanita sangat memperhatikan kondisi tubuh mereka, terutama wajah. Tapi, pria juga banyak, kok, yang aware dan care terhadap bagaimana kondisi kulit wajahnya, apalagi jika sudah mulai termakan usia.

Beberapa hal yang sering dikhawatirkan adalah kulit kendur, garis halus, juga keriput. Ini adalah masalah umum yang bersumber dari genetika atau paparan sinar matahari. Dengan bertambahnya usia, dua komponen di dalam kulit yaitu kolagen dan elastin akan rusak dan membuat kulit tidak elastis lagi.

Orang-orang tentunya menyukai perawatan kulit yang cepat tapi nyaman dan aman. Untuk mendapatkan kembali kulit yang kencang, beberapa orang memilih operasi atau treatment suntik, tapi ada juga yang memilih untuk tidak melakukan tindakan tersebut.

Ada, kok, perawatan alternatifnya, yaitu setrika wajah atau istilah ilmiahnya radio frequency (RF). Prosedur pengencangan kulit ini menggunakan panas untuk mendorong produksi kolagen serta elastin baru. Penasaran dengan setrika wajah? Kamini akan membeberkan manfaatnya sekarang juga!

Apa Itu Radio Frequency (Setrika Wajah)?

Setrika wajah

Setrika wajah atau radio frequency merupakan prosedur invasif (tindakan yang bisa mempengaruhi keutuhan jaringan pada tubuh pasien) minimal. Ini dilakukan untuk mengencangkan kulit serta meningkatkan warna kulit tanpa disertai rasa sakit.

Perawatan wajah radio frequency (RF) dilakukan dengan menggunakan panas. Tujuannya adalah untuk memicu produksi kolagen serta elastin pada lapisan kulit yang lebih dalam. Hasil yang didapat pun cukup instan. Kulit akan tampak lebih kenyal dan kencang dalam waktu singkat.

Perawatan yang digunakan untuk membantu mengencangkan kulit serta meningkatkan produksi kolagen ini menggunakan teknologi radio frequency generasi ketiga yang memberikan perawatan non-invasif serta bebas rasa sakit. Ini merupakan perawatan yang cukup serbaguna.

Sebab, tak hanya membuat kulit jadi kenyal dan kencang tapi juga membantu mengurangi kulit yang lembek, mengencangkan kulit yang kendur, membentuk kontur, serta mengencangkan kulit perut setelah melahirkan.

Selain itu, RF bisa juga membantu untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan (di wajah serta tubuh), mengurangi kelebihan lemak di sekitar pinggul dan paha, bahkan mengangkat dan mengencangkan bokong.

Prosedur RF disukai banyak orang karena tidak melalui operasi maupun suntikan. Sehingga, tidak diperlukan waktu pemulihan dan biayanya pun tergolong lebih terjangkau.

Prosedur Perawatan dengan RF

Pengencangan kulit dengan radio frequency dapat dilaksanakan di klinik kecantikan, rumah sakit ataupun pusat kecantikan. Ini merupakan prosedur rawat jalan, namun pasien harus kembali lagi untuk melakukan prosedur lanjutan sampai 8-10 sesi. Untuk menyelesaikan program perawatan, tiap sesi akan memerlukan waktu treatment sekitar 30-45 menit.

Ketika pasien akan menerima perawatan, pertama-tama akan dibaringkan terlebih dahulu. Kedua, semua area perawatan (misal: wajah dan leher) diukur lalu ditandai. Ketiga, pasien diberikan obat penenang atau obat mati rasa dan juga gel pendingin untuk melindungi kulitnya. Ahli kecantikan akan menekan ujung perangkat radio frequency setelahnya.

Perangkat tersebut akan mengirimkan gelombang panas pada lapisan kulit yang lebih dalam. Untuk mendapatkan hasil maksimal, proses ini akan diulang beberapa kali pada area perawatan.

Supaya keselamatan pasien terjaga, perangkat yang dipakai dalam prosedur setrika wajah mempunyai sistem pendingin internal. Sistem pendingin ini memberikan pendinginan epidermis yang cukup saat dan sesudah perawatan. Dengan cara ini, tujuan dari prosedur tercapai tanpa mengakibatkan cedera pada epidermis atau pada bagian kulit yang terlihat.

Saat ini, beberapa perusahaan yang berbeda telah membuat bermacam-macam perangkat pengencangan kulit radio frequency berdasarkan jumlah elektroda yang digunakan. Elektroda tersebutlah yang akan menentukan kedalaman kulit yang bisa ditembus.

Saat ini, perangkat monopolar radio frequency dianggap sebagai pilihan non-ablatif atau tidak berisiko membuat luka. Perangkat ini paling aman dan paling lembut dikarenakan mampu menghantarkan tingkat panas yang seragam di kedalaman yang terkendali.

Perangkat ini di antaranya ada: Thermage, VelaShape dan Venus Freeze, yang tiap-tiap alat ini dibuat oleh Solta Medical, Syneron dan Venus Concept. Dari contoh perangkat tadi, yang pertama muncul sebagai perangkat pengencang kulit radio frequency adalah Thermage. Saat ini, Thermage sudah digantikan oleh model terbaru, yaitu ThermaCool NXT.

Manfaat Setrika Wajah

Akan ada pasien yang langsung melihat kulit jadi lebih kencang segera sesudah perawatan. Namun, akan ada juga pasien yang baru bisa melihat hasilnya setelah kurang lebih enam bulan. Hasil perawatan ini umumnya bertahan dua sampai tiga tahun. Berikut manfaat dari setrika wajah atau radio frequency.

1. Pengencangan Kulit Jaringan Sekitar Mata (Periorbital)

Pengencangan kulit radio frequency bisa dipakai pada kelopak mata untuk mengurangi kekenduran kulit. Selama prosedur perawatan, mata dilindungi dari energi RF dengan ditutupi oleh lensa kontak khusus. Pada beberapa kasus, dapat digunakan anestesi lokal di daerah periorbita.

Peremajaan wajah di sekitar mata tidak membutuhkan waktu pemulihan (downtime) dan memiliki risiko efek samping negatif yang sedikit atau tanpa risiko sama sekali. Pasien bisa melihat perbaikan ringan sampai sedang pada kekencangan kulit kelopak mata mereka.

2. Mengencangkan Kulit Dahi dan Alis

Radio frequency efektif untuk mengangkat garis alis. Perawatan ini bisa digunakan untuk mengencangkan kulit dengan menarik kembali alis dari garis midpupilary atau bagian tengah mata.

Proses ini akan membuat alis memiliki sudut tajam yang lebih alami. Untuk dahi, perawatan setrika wajah atau radio frequency ini dapat menghaluskan garis-garis di dahi yang sebelumnya terlihat kentara.

3. Mengencangkan Area Pipi

Perawatan setrika wajah atau radio frequency bisa mengencangkan kulit kendur di area pipi. Setelah menjalani perawatan, area permukaan rahang atau kulit kendor di bawah pipi bisa berkurang.

Lipatan nasolabial, yaitu lekukan pada kedua sisi hidung yang umumnya dinamakan sebagai garis senyum atau tawa bisa juga diperbaiki secara efektif. Bahkan, pengencangan lipatan nasolabial sesudah prosedur pengencangan kulit radio frequency merupakan perubahan yang paling dramatis menurut pengamatan para peneliti.

Semua jenis kulit bisa melakukan peremajaan wajah pada pipi dengan menggunakan pengencangan kulit FR ini. Penelitian sudah memperlihatkan bahwa kulit di pipi dan leher yang mengendur menjadi membaik pada 96% pasien sesudah mereka melakukan perawatan.

4. 'Mengecilkan' Wajah

Setrika wajah 6

Beberapa pasien memilih setrika wajah karena ingin mempunyai wajah yang lebih tirus serta terlihat lancip. Ini bisa didapatkan dengan menggunakan perawatan setrika wajah atau RF ini. Nama perawatan ini adalah face contouring treatment. Agar perawatan lebih maksimal, proses ini tak hanya dilakukan di daerah pipi saja, tapi di seluruh wajah.

5. Menghilangkan Double Chin

Terkadang pasien merasa tidak percaya diri dengan double chin karena membuat penampilan juga wajah terlihat kurang proporsional. Salah satu cara untuk menghilangkannya yaitu dengan 'menyetrika' dagu.

Proses pengencangan RF atau setrika wajah ini dilakukan dengan durasi sekitar 45 menit sampai satu jam. Hasilnya, double chin akan menghilang dan bagian bawah dagu menjadi lebih kencang.

Kemungkinan Risiko Serta Komplikasi Setrika Wajah

Pengencangan kulit dengan proses setrika wajah/RF merupakan teknik yang cukup aman dan terbukti bisa mengencangkan juga meremajakan penampilan kulit yang kendur.

Akan tetapi, prosedur ini punya beberapa risiko. Sebagian besar risiko tersebut berhubungan dengan penggunaan teknologi radio frequency berenergi tinggi yang artinya prosedur ini disertai dengan tingkat paparan radiasi.

Tak hanya itu, beberapa pasien yang menjalani prosedur ini melaporkan kalau mereka mengalami rasa sakit sampai membutuhkan obat penenang atau benar-benar menghentikan treatment. Beberapa efek negatif jangka panjang juga sudah dilaporkan dalam beberapa kasus, di antaranya:

  • Nekrosis lemak (kondisi munculnya kerusakan di jaringan lemak)
  • Jaringan parut atrofi (berlubang atau cekung)
  • Deformitas atau depresi kulit, umumnya diakibatkan oleh lemak subkutan yang larut dikarenakan oleh energi radio frequency

Orang yang melakukan prosedur setrika wajah atau RF harus profesional berlisensi juga berpengalaman. Tujuannya yaitu untuk membantu mencegah dan meminimalkan risiko serta komplikasi. Penting juga untuk memberikan informasi yang sebenarnya agar pasien tidak mengalami kekecewaan sebelum prosedur dilakukan.

Pengencangan kulit dengan metode setrika wajah atau radio frequency hasilnya kurang ekstensif dan kurang dramatis daripada teknik bedah yang lebih invasif seperti facelift atau tummy tuck. Beberapa perbaikan bisa terlihat dengan segera sesudah prosedur. Namun, agar efeknya terlihat penuh mungkin diperlukan waktu sampai 6 bulan treatment tanpa putus.

Perawatan kulit dengan setrika wajah atau radio frequency bisa membantu mengatasi kulit kendur dengan mendorong produksi kolagen. Ini merupakan perawatan yang ideal bagi siapa pun yang mengalami kulit kendur ringan di wajah juga leher. Perawatan ini bisa juga digunakan di area tubuh lainnya, seperti perut dan paha, selama berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dulu.

Walaupun hasil setrika wajah atau radio frequency tidak permanen, namun relatif tahan lama serta bisa dipertahankan. Untuk itu, diperlukan beberapa kali perawatan per tahun. Nah, setelah mengetahui semua tentang RF, apakah kamu tertarik untuk melakukan prosedur ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram