11 Manfaat The Body Shop Tea Tree Oil untuk Kulit

Ditulis oleh Sera Serinda A

Tea tree oil dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Karena itu sejak zaman dahulu kala, tanaman tea tree oil sudah dijadikan obat untuk berbagai masalah kulit. Bahkan dokter dan para ahli medis juga percaya akan khasiat dari tea tree oil ini sebagai pengganti pengobatan modern.

Manfaat tersebut yang mendasari The Body Shop mengeluarkan produk tea tree oil. Produk ini tak hanya memiliki kandungan tea tree oil yang sangat bermanfaat untuk kulit, tetapi terdapat bahan-bahan tambahan lain yang juga memiliki manfaat baik.

Tochoferol yang terkandung dalam bahan campuran ini merupakan salah satu agen antioksidan yang baik. Tak hanya itu, Colophylum Inophyllum Seed (Minyak Biji Nyamplung) yang terdapat dalam produk ini juga memiliki manfaat baik bagi kulit. Pasalnya minyak ini sangat bermanfaat dalam melembabkan kulit.

Walaupun memiliki nama “Tea tree” yang berarti pohon teh, jenis minyak ini bukan berasal dari tanaman teh biasa. Tee tree oil diekstraksi dari daun tanaman Melaleuca alternifolia yang merupakan tanaman endemik Australia.

Namun perlu diingat, tea tree oil tidak bisa langsung diaplikasikan pada kulitmu. Para ahli menyarankan untuk menyampurkan tea tree oil dengan bahan lain seperti carrier oil atau air. Beberapa carrier oil yang bisa dicampurkan dengan tea tree oil adalah coconut oil, almond oil, jojoba oil, dan masih banyak lagi.

Selain itu, perlu kehati-hatian ketika menggunakan tea tree oil pada area sekiar mata. Ini dikarenakan tea tree oil bisa saja menyebabkan iritasi pada daerah sekitar matamu sehubungan dengan tipisnya kulit yang berada di area sekitar mata.

Terakhir, lakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui kecocokan produk ini pada kulit. Apabila kulitmu menunjukkan reaksi yang tak diinginkan seperti kemerahan, gatal, bahkan alergi, sebaiknya hentikan penggunaan produk ini. Nah, bila ternyata produk ini cocok pda kulitmu, saatnya untuk mengetahui manfaat lain yang ditawarkan oleh the body shop tea tree oil ini.

1. Membersihkan dan Menenangkan

Tea Tree Oil

*

Tea tree oil yang bersifat anti inflamasi dan anti mikroba memungkinkan produk ini menjadi pembersih yang cukup baik. Tak hanya itu, produk ini juga memberikan efek menenangkan ketika diaplikasikan pada kulit. Buktinya sudah banyak produsen pembersih wajah yang menjadikan tea tree oil dalam formulasi produknya.

2. Melawan Jerawat

Produk satu ini memang terkenal karena digadang-gadang ampuh dalam menangani permasalahan jerawat. Sifat anti bakteri yang dimiliki tea tree oil dapat mengurangi rasa gatal dan kemerahan pada jerawat. Produk ini juga cocok digunakan bagi pemilik kulit acne prone dan berjerawat karena dapat mencegah terjadinya pertumbuhan jerawat kembali.

Gunakan tea tree oil sebagai air basuhan wajah ataupun toner. Bila ingin digunakan sebagai toner, campurkan tiap 25 mL air dengan 10 tetes tea tree oil dan 5 tetes essensial oil. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab setelah itu, ya.

3. Menyembuhkan Bekas Sengatan

Mengobati Rasa Gatal Akibat Gigitan Serangga

*

Jika kamu tersengat serangga, tea tree oil bisa jadi solusinya. Tea tree oil berguna dalam mencegah pembengkakan yang terjadi pada kulit akibat sengatan serangga. Tak hanya itu, infeksi lebih lanjut tak akan terjadi apabila kamu menggunakan produk satu ini.

4. Make-up Remover

Kapas kecantikan eye makeup remover

*

Manfaat membersihkan dari tea tree oil juga memungkinkan produk ini digunakan sebagai makeup remover. Untuk menggunakan tea tree oil sebagai makeup remover, campurkan 10 tetes tea tree oil dengan 60 mL canola atau olive oil lalu aplikasikan pada wajahmu yang dipenuhi makeup. Makeup remover dari tea tree oil ini juga tidak akan menyumbat pori-pori lho.

5. Menyembuhkan Luka Kecil

*

The Body Shop mengklaim bahwa produk ini juga berguna dalam menyembuhkan luka-luka kecil. Kemampuan antiseptik dari tea tree oil memungkinkan produk ini menghentikan infeksi dari luka dan membuat luka menjadi cepat kering tanpa takut terjadi inflamasi lebih lanjut pada bagian yang terluka.

Tapi ingat, jangan langsung meneteskan tea tree oil pada luka. Kamu harus menyampurkan tea tree oil dengan air terlebih dahulu, barulah kamu bisa mengaplikasikannya pada luka menggunakan cotton bud.

6. Mengatasi Masalah Kulit Kepala

*

Campurkanlah beberapa tetes tea tree oil dengan shampo favoritmu. Para ahli rambut dan kulit kepala mengklaim bahwa campuran ini dapat menutrisi rambut dan kulit kepala, menangani masalah rambut rontok, bakteri, serta jamur yang menjadi penyebab rasa gatal pada kepala. Kulit kepala dan rambut kamu akan menjadi lebih sehat setelah menggunakan campuran ini.

7. Mempercepat pertumbuhan rambut

Penyebab Rambut Kering

*

Tak hanya menangani masalah higienitas kulit kepala dan rambut, tea tree oil ternyata bisa mempercepat pertumbuhan rambut juga. Tea tree oil dapat menutrisi akar rambut dan mencegah terjadinya penyumbatan pada folikel-folikel rambut kamu. Cukup campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan minyak kelapa lalu gunakan sebagai masker rambut.

8. Mengatasi Psoriasis

psiosaris

*

Psoriasis merupakan keadaan dimana kulit meradang yang ditandai dengan ruam kemerahan, kulit kering, bersisik dan mudah mengelupas. Penyakit kulit ini biasanya terjadi pada beberapa bagian tubuh yaitu kulit kepala, lutut, siku dan punggung bagian bawah.

Dalam mengatasi penyakit kulit satu ini, kamu dapat mencampurkan tea tree oil dengan air lalu mengoleskan bagian kulitmu dengan campuran tersebut menggunakan cotton bud dan didiamkan selama semalam. Cara lainnya bisa kamu lakukan dengan mencampurkan tea tree oil dengan air mandi.

9. Menghilangkan Bau Kaki

foot soaks

*

Bagi kamu yang suka merendamkan kaki saat pamper night, tea tree oil bisa digunakan sebagai campuran air rendaman, lho. Tea tree oil mengeluarkan efek aromaterapi yang dapat meminimalisir bau tak sedap pada kaki. Tinggal campurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam campuran air yang biasa kamu gunakan untuk merendam kaki.

10. Menghilangkan Bau Badan

Bau Badan

*

Efek antibakteri dari tea tree oil memungkinkan produk ini mengontrol bau yang dihasilkan dari keringat pada ketiak. Bila kamu menyukai DIY, kamu bisa menjadikan tea tree oil sebagai campuran deodoran yang biasa kamu buat. Atau bila kamu penyuka hal-hal instan dan serba cepat, kamu bisa membeli deodoran dengan variasi tea tree oil. Deodoran ini sudah cukup banyak beredar di pasaran kok.

11. Melancarkan Hidung Tersumbat

uap hidung

Efek aromaterapi yang ditimbulkan dari produk the body shop tea tree oil ini ternyata dapat digunakan sebagai inhaler, lho. Bila flu sedang menghadang aktivitasmu karena menyebabkan penyumbatan pada hidung, cukup campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan air panas. Lalu hirup uap campuran tersebut. Dijamin bakal bikin hidung tersumbat kamu hilang.

Itulah 11 manfaat yang bisa didapatkan dari the body shop tea tree oil untuk kecantikanmu. Tea tree oil secara keseluruhan sangat baik digunakan oleh pemilik kulit acne prone dan berminyak. Tak hanya itu, tea tree oil juga dapat menjadi solusi permasalah bau badan, rambut serta kepalamu. Tertarik untuk mencoba?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram