10 Manfaat Tisu Basah yang Bisa Meringankan Pekerjaan Kamu

Tisu basah biasanya digunakan untuk membersihkan bokong bayi ketika mengganti popok. Memiliki tekstur yang lembut dan mudah dibawa kemana-mana, membuat orang dewasa juga gemar menyimpan tisu basah di dalam tas ketika bepergian.

Ternyata tisu basah tidak hanya digunakan untuk membersihkan bagian kulit saja lho. Produk yang sangat praktis ini bisa meringankan pekerjaan sehari-hari kamu, bahkan dalam keadaan darurat sekalipun. Cek, yuk apa saja manfaat lain dari tisu basah berikut ini!

10 Manfaat Tisu Basah untuk Sehari-hari

1. Masker Wajah

Masker Wajah

Sebagai orang yang peduli akan penampilan khususnya para wanita, yang namanya skincare itu tidak boleh terlewatkan. Nah, salah satu skincare yang sering digunakan adalah masker wajah. Tapi, buat kamu yang tidak mau repot, terutama saat sedang traveling, kamu bisa menggunakan tisu basah sebagai masker wajah.

Menurut pakar kecantikan dari New York, Dr. Arielle Kuavar dalam wawancara bersama Fashionista, tisu memiliki banyak kandungan pelembab dibandingkan yang ada pada serum atau essence. Jadi, pilihlah tisu basah yang mengandung vitamin E. Letakkan di wajah selama kurang lebih 5 menit. Lalu wajah akan terasa lebih lembab dan segar.

2. Membersihkan Make Up

Membersihkan dan Merapikan Make Up

Biasanya, setelah beraktivitas seharian di luar rumah, wanita akan melakukan night routine nih, salah satunya membersihkan make up dan kotoran yang menempel di wajah. Jika make up remover kamu sedang habis atau saat traveling, kamu bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkannya.

Pilihlah tisu basah yang tidak mengandung sabun. Dengan begitu wajah kamu akan bersih tanpa perlu membilasnya dengan air. Atau, jika kamu sedang make up dan ada bagian yang kurang rapi, kamu bisa mengandalkan tisu basah. Caranya tepuk secara lembut pada wajah kamu, sehingga tidak akan merusak make up dasar di wajah.

3. Mengatasi Kulit Luka dan Terbakar

Mengatasi Kulit Terbakar dan Luka

Jika kamu sedang berada di pantai atau beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari, jangan lupa untuk mendinginkan kulit kamu dengan tisu basah. Pilih tisu basah yang memiliki formula lembut di kulit dan usapkan pada bagian yang terbakar. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa meletakkan tisu basah ke dalam kulkas. Dengan begitu akan mengurangi rasa panas dan terbakar pada kulit.

Atau jika kulit kamu terluka dan tidak memiliki obat merah, tidak perlu panik! Kamu bisa membersihkan luka dengan tisu basah, karena tisu basah bersifat steril dan tidak akan menempel pada luka.

4. Membersihkan dan Merapikan Rambut

Membersihkan dan Merapikan Rambut

Ternyata tisu basah bisa digunakan untuk membersihkan sekaligus merapikan rambut, terutama bagi kamu si pemilik rambut yang sulit diatur. Apalagi jika sedang berpergian dan akan datang ke acara spesial. Tidak mau kan jika mood rusak hanya karena rambut yang berantakan? Untuk tampil sempurna, kamu bisa menggunakan tisu basah.

Caranya sangat mudah, sisir terlebih dahulu rambut kamu kemudian tempelkan pelan-pelan tisu basah untuk merapikan rambut yang mencuat keluar. Atau, jika rambut kamu berminyak dan agak kotor, kamu bisa menggunakan tisu basah dengan cara gosok perlahan ke tiap kulit kepala. Dengan begitu kotoran akan terangkat dan membuat rambut menjadi lebih rapi, segar, dan tidak lepek.

5. Membersihkan Noda di Bahan Kulit

Membersihkan Noda Pada Bahan Kulit

Apakah kamu termasuk orang yang hobi mengoleksi tas, sepatu, dompet, atau benda yang berbahan kulit? Nah, tisu basah bisa menjadi solusi tepat untuk membersihkan noda pada bahan kulit. Selain itu, kamu juga bisa membersihkan noda di jok motor dan mobil hanya dalam sekali usap. Tanpa repot dan tentunya cepat.

6. Membersihkan Mainan Anak

Mainan Anak

Tisu basah sangat cocok digunakan untuk membersihkan mainan anak, karena benda yang sering dipegang anak tersebut harus sering kamu bersihkan secara higienis. Pilih tisu basah yang khusus bayi, karena tisu basah tersebut sangat aman untuk bayi. Atau, kamu juga bisa memanfaatkan kotak tisu basah untuk mainan anak.

Manfaatkan bagian penutupnya, kamu bisa menggunakannya untuk mengenalkan tekstur sambil mengembangkan keterampilan motoriknya. Caranya gunakan penutup tisu basah dan sembunyikan benda dengan tekstur yang berbeda di dalamnya, lalu rekatkan semuanya ke papan busa. Apa yang tersembunyi di baliknya akan membuat anak tertarik untuk membuka dan menutupnya.

7. Mencegah Timbul Jerawat di Tubuh

Mengatasi Jerawat

* sumber: www.miamiobgyns.com

Tidak hanya berfungsi sebagai pembersih kulit, tisu basah juga bisa mencegah jerawat di tubuh lho. Contohnya, ketika kamu selesai berolahraga, tubuh kamu akan berkeringat dan berminyak. Kulit yang berkeringat akan menyebabkan pori-pori yang tersumbat sehingga bisa menimbulkan jerawat. Jadi, segera bersihkan dengan tisu basah ke bagian punggung atau bahu kamu.

8. Membersihkan Noda di Pakaian

Membersihkan Noda di Pakaian

Bagi kamu yang biasanya makan di luar atau sekedar hangout, mungkin pernah mengalami tumpahnya makanan atau minuman ke pakaian. Nah, untuk mengatasinya dengan cepat kamu bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkannya.

Atau, jika kamu memiliki noda deodorant di baju, tisu basah juga bisa kamu gunakan untuk membersihkannya tanpa harus membasahi pakaian. Caranya pun mudah, tekan-tekan dengan pelan supaya noda tersebut bisa menyerap.

9. Pengganti Toilet Spray

pengganti toilet spray

Saat kamu sedang bepergian, traveling atau berlibur, tisu basah sangat coock untuk kamu bawa. Karena, ketika di luar kamu akan sering menggunakan toilet umum, tisu basah bisa menjadi pengganti toilet spray. Caranya lap permukaan dudukan toilet dan shower dengan tisu basah sebelum kamu menggunakannya. Tentunya kamu juga butuh toilet yang bersih dan nyaman, bukan?

10. Membersihkan Telapak Kaki

Membersihkan Telapak Kaki

Setelah berjam-jam bahkan seharian menggunakan sepatu, biasanya akan membuat kaki kamu beraroma tidak sedap. Apalagi jika udara sedang panas, tentu kamu tidak mau kan jika orang sekelilingmu menghindar karena kaki yang bau? Kamu bisa siasati dengan menggunakan tisu basah untuk membersihkan telapak kakimu.

11. Membersihkan Noda di Permukaan

Membersihkan Noda di Permukaan

Ada minuman atau makanan yang tumpah ke karpet? Atau ada noda tumpah ke meja? Jangan khawatir jika kamu tidak punya pembersih spray. Tisu basah bisa kamu gunakan dengan sekali usap pada noda-noda tersebut. Debu dan kotoran pun bisa dengan cepat dihilangkan. Atau ada noda spidol dan krayon di lantai? Tidak perlu repot ambil kain pel, cukup lap saja dengan tisu basah.

12. Mengatasi Hidung yang Mimisan dan Flu

Mengatasi Hidung yang Mimisan dan Flu

Badan sedang tidak fit dan sering bersin-bersin? Kamu perlu menyediakan tisu basah, terutama saat kamu sedang flu. Karena, tekstur lembab dari tisu basah bisa membersihkan lendir flu dengan bersih dan tentunya untuk menjaga daerah sekitar hidung supaya tidak kering. Serta ampuh juga untuk mengatasi mimisan, karena tisu basah bersifat mendinginkan.

Dengan berbagai manfaat tisu basah di atas, tentunya bisa membantu meringankan pekerjaan kamu bukan? Namun, jangan lupa untuk teliti memilih jenis tisu basah yang ada di pasaran karena tidak semua jenis tisu basah bisa kamu gunakan.

Baca terlebih dahulu kandungan pada kemasan sebelum membelinya, karena jika kandungannya tidak aman, kamu tidak bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal. Punya info seputar manfaat tisu basah lainnya? Silakan berbagi dengan kami di kolom komentar, ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram