Inilah 13 Manfaat Toner Wardah yang Tak Banyak Diketahui

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 24 April 2020

Toner sudah menjadi salah satu step membersihkan wajah yang cukup populer namun kontroversial. Mengapa kontroversial ? Sebab banyak pro kontra soal penggunaan skincare yang satu ini.

Toner memang memiliki fungsi utama untuk membersihkan sisa facial cleanser yang tertinggal di wajah, mengecilkan pori, dan mengembalikan keseimbangan pH kulit. Toner juga konon sangat berguna untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

Namun kebanyakan produk toner ternyata meninggalkan kesan terlalu kering pada kulit, dikarenakan kandungan alkohol yang dinilai tinggi. Inilah yang menjadi alasan mengapa produk toner cukup kontroversial.

Tetapi seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, kini sudah banyak produk toner yang diformulasikan tanpa alkohol atau dengan penggunaan alkohol yang diminimalisir. Sehingga tidak akan membuat wajah terasa terlalu kering setelah menggunakannya.

Formulasi toner juga kini sudah spesifik mengikuti jenis dan karakter kulit yang berbeda. Dimulai dari toner khusus kulit berminyak, kombinasi, berjerawat, kulit kering, hingga kulit sensitif. Salah satu produk toner yang menjadi pilihan wanita Indonesia adalah toner dari Wardah. Berikut ini adalah manfaat  dari toner produksi Wardah yang akan dirasakan oleh penggunanya.

1. Mengecilkan Pori-Pori

Mengecilkan Pori-Pori

* sumber: hudabeauty.com

Ketika pori-pori pada wajah terisi oleh kotoran, minyak, dan debu, penyumbatan tersebut akan menampakkan ukuran pori yang terlihat besar. Walaupun secara ilmiah pori tidak bisa membuka ataupun menutup, tetapi apabila pori-pori dalam keadaan yang bersih, akan menimbulkan kesan pori yang terlihat kecil.

Toner memiliki peran untuk membersihkan pori-pori tersebut. Toner dapat membersihkan sisa facial cleanser, debu, minyak, dan kotoran yang masih tersisa pada wajah hingga bagian pori. Oleh karena itu, akan didapatkan pori yang bersih dan nampak kecil dengan penggunaan toner yang rutin.

2. Mengembalikan Keseimbangan pH Wajah

mengembalikan pH wajah

* sumber: www.skintest.ch

pH merupakan indikator tingkat keasaman atau kebasaan. Nilai pH berada pada rentang 0-14 yang mana semakin kecil nilainya (mendekati 0) berarti semakin asam, sementara semakin nilainya mendekati 14 berarti semakin basa. Ada pula pH 7 yang berarti netral (tingkat keasaman sama dengan tingkat kebasaannya).

Kulit memiliki pH sekitar 4.7 - 5.7 yang berarti kulit merupakan lingkungan yang asam. Lingkungan asam ini ternyata dapat membunuh bakteri dengan mudah, sehingga kulit akan terbebas dari bakteri dan terlindungi dari jerawat. Namun polusi, produksi minyak berlebih, makeup, dan alkohol ternyata bisa menggeser nilai pH kulit tersebut. Entah menjadi semakin asam ataupun semakin basa.

Pergeseran nilai pH ini dapat membuat kulit mudah dihinggapi bakteri, atau malah membuat kulit menjadi iritasi karena lingkungannya terlalu asam. Karena itu, mengembalikan pH kulit ke rentan 4.7-5.7 sangatlah penting.

Kebanyakan toner diformulasikan dengan pH balancing agents yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH wajah ke rentang yang seharusnya dan membangkitkan kembali fungsi antibakterinya.

3. Menghidrasi Kulit

hidrasi wajah kulit muka bilas cuci

Toner dari Wardah juga ada yang diformulasikan menggunakan bahan-bahan alami yang dapat menghidrasi seperti aloe vera dan witch hazel.

Selain itu, produk toner keluaran Wardah juga ada yang diformulasikan tanpa alkohol sehingga tidak akan membuat wajah menjadi kering dan kesat. Bahan dasar yang digunakan beberapa produk toner dari Wardah merupakan water-based yang mana sangat cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak.

4. Membersihkan Wajah

Inilah 13 Manfaat Toner Wardah yang Tak Banyak Diketahui 24

* sumber: www.lorealparisusa.com

Sebagian besar toner memiliki kandungan utama Asam-Asam Alfa Hidroksi. Salah satunya adalah Asam Glikolat. Asam Glikolat memiliki molekul-molekul yang kecil sehingga dapat membersihkan wajah bahkan hingga ke pori-pori. Molekul-molekul ini juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dengan mudah. Sehingga kulit akan menjadi lebih bersih.

5. Meratakan Warna Kulit

Meratakan Warna Kulit

Keunggulan lain dari toner adalah dapat meratakan warna yang tidak sempurna. Toner juga cukup ampuh dalam menyamarkan noda hitam pada wajah, dengan mekanisme mempercepat regenerasi kulit. Sehingga lapisan kulit baru akan terbentuk dan membuat warna kulit menjadi lebih merata.

6. Menyamarkan Kerutan dan Garis Halus

Inilah 13 Manfaat Toner Wardah yang Tak Banyak Diketahui 27

Asam Glikolat dalam toner juga berperan dalam menyamarkan penuaan pada kulit, seperti garis halus serta kerutan. Toner dari wardah juga ada yang diformulasikan dengan bahan anti-aging yang mana dapat mencegah kerutan serta garis halus terbentuk kembali.

7. Menyegarkan Kulit

Inilah 13 Manfaat Toner Wardah yang Tak Banyak Diketahui 29

* sumber: www.lorealparisusa.com

Di Indonesia toner selalu diartikan sebagai penyegar. Hal ini dikarenakan toner memberikan efek yang menyegarkan ketika diaplikasikan pada wajah. Konon, toner juga memiliki kandungan bahan yang mirip dengan produk face spray atau face mist. Oleh karena itu,  tak heran bila toner disebut sebagai penyegar karena memang terbukti dapat memberikan sensasi menyegarkan pada kulit.

8. Mencegah Ingrown Hair

Ingrown Hair

* sumber: www.beautyepic.com

Ingrown hair merupakan rambut tumbuh yang kembali masuk ke dalam kulit atau rambut yang tumbuh namun tidak menembus lapisan kulit terluar. Rambut ini akan menyebabkan kulit terinflamasi, kemerahan, terasa sakit dan muncul sebagai benjolan-benjolan kecil layaknya jerawat.

Toner yang memiliki kandungan asam-asam alfa hidroksi ternyata dapat mencegah kondisi ini pada kulit. Sehingga kulit akan terbebas dari inflamasi atau benjolan yang terjadi akibat ingrown hair.

9. Detoksifikasi

Inilah 13 Manfaat Toner Wardah yang Tak Banyak Diketahui 32

* sumber: www.chathamhouse.org

Tak hanya menghilangkan debu dan kotoran, toner juga memiliki manfaat dalam menghilangkan racun-racun dari lingkungan seperti polusi, asap rokok, juga sisa residu kimia yang menempel pada kulit. Kemampuan detoksifikasi pada toner ini akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan terbebas dari masalah.

10. Melindungi Kulit dari Jerawat

Menyegarkan Wajah

* sumber: www.popbela.com

Kemampuan toner dalam melindungi dan menghilangkan toksin-toksin dari lingkungan, dalam jangka panjang akan membuat kulit terbebas dari jerawat. Hal ini dikarenakan tidak terjadi akumulasi bakteri, minyak , kotoran, dan racun dalam jangka panjang pada kulit. Sehingga jerawat tidak akan muncul.

11. Menutrisi Kulit

Menjadikan Kulit Sehat dan Bercahaya

* sumber: goldenratiocosmeticclinic.co.uk

Wardah tak hanya memproduksi toner untuk mengatasi permasalahan wajah. Tetapi sudah banyak toner yang diproduksi Wardah diformulasikan dengan bahan tambahan lain yang juga berguna dalam menutrisi kulit. Kulit yang ternutrisi ini akan menjadikan kulit nampak lebih sehat dan terawat.

12. Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit

Masih ingat bila asam alfa hidroksi pada toner dapat mempercepat regenerasi kulit? Manfaat ini ternyata berhubungan erat dengan manfaat mencerahkan. Pasalnya, regenerasi kulit akan menghilangkan hiperpigmentasi yang terjadi akibat produksi melanin yang berlebih. Toner berfungsi untuk mereduksi hiperpigmentasi tersebut sehingga membuat kulit menjadi lebih cerah.

13. Menghaluskan Kulit

Menghaluskan

* sumber: www.youtube.com

Asam Glikolat ternyata tak hanya dapat meratakan warna kulit. Asam ini juga berperan dalam meratakan tekstur kulit yang tak merata. Singkatnya Asam Glikolat pada toner dapat memperbaiki ketidaksempurnaan kulit. Sehingga kulit akan memiliki tekstur yang merata dan terasa sangat halus.

Itulah manfaat luar biasa yang didapatkan dengan menggunakan produk toner dari Wardah. Pastikan untuk memilih produk toner yang sesuai dengan jenis kulit, agar didapatkan hasil yang optimal dan tidak menyebabkan masalah pada kulit.

Selain itu, pastikan pula toner digunakan setelah membersihkan wajah menggunakan facial cleanser. Terakhir, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab setelah menggunakan toner agar wajah semakin lembab, terlihat sehat serta glowing. Selamat mencoba!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram