Kamini.id / Masker Wajah / Cara Mudah Membuat Masker Alami untuk Wajah Berminyak

Cara Mudah Membuat Masker Alami untuk Wajah Berminyak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Agustus 2019

Sedih banget, kan, kalau kamu memiliki masalah kulit wajah berminyak dan sudah mencoba mengatasinya dengan segala cara, namun tetap gagal. Tapi tenang, Kamini punya solusinya, nih. Kamu bisa menggunakan masker alami untuk wajah berminyak, supaya kulit wajah kamu tampak lebih cantik, sehat dan penampilanmu makin sempurna.

Ingin tahu cara mudah untuk membuat masker dari bahan-bahan alami yang mudah didapat ? Yuk, simak langsung saja pembahasan Kamini berikut ini!

Cara Memakai Masker Wajah yang Benar

Sebagai Masker Wajah

* sumber: caracepatmemutihkanwajah.com

Sebelum menuju pembahasan utama, Kamini akan membagikan informasi mengenai cara menggunakan masker wajah yang benar. Penasaran? Simak langsung saja ulasan berikut untuk mengetahuinya.

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dulu

Nah, sebelum menggunakan produk masker wajah, ada baiknya kamu bersihkan wajah terlebih dulu dengan cara mencucinya menggunakan sabun muka untuk kulit berminyak. Jangan gunakan masker saat wajah kamu masih dalam keadaan kotor, ya.

2. Eksfoliasi Wajah

Setelah selesai mencuci muka, lakukan proses eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang ada pada pori-pori wajah kamu. Tujuan dilakukannya proses ini adalah supaya masker wajahnya bisa bekerja secara optimal.

3. Aplikasikan Masker

Kalau proses eksfoliasi sudah selesai dilakukan, gunakan alat steamer atau kompres wajahmu dengan menggunakan handuk hangat agar pori-porinya terbuka. Setelahnya, pakai toner dengan cara menuangkannya ke kapas dan mengusapnya ke wajah atau langsung aplikasikan dengan cara menepuk-nepuknya dengan menggunakan tangan. Namun, sebelumnya pastikan tangan kamu sudah dalam keadaan bersih, ya.

Nah, selanjutnya, aplikasikan masker di wajah Anda dengan menggunakan kuas. Tunggulah selama kurang lebih 15-20 menit. Bilas dengan air hangat atau pun dingin. Oh ya, untuk mengetahui informasi lainnya seputar metode pemakaian masker wajah, silakan baca artikel Cara Menggunakan Masker Wajah dari Kamini.

Masker Alami untuk Wajah Berminyak

Nah, sekarang Kamini akan membahas mengenai masker alami untuk wajah berminyak. Kamu penasaran? Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini untuk mengetahuinya.

1. Putih Telur

Masker Putih Telur untuk Wajah Berjerawat

Sejak dulu, putih telur sering digunakan sebagai masker wajah untuk membuat kulit kencang dan tampak lebih halus. Nah, putih telur juga bisa digunakan sebagai masker alami untuk kulit wajah berminyak, lho. Berikut cara membuatnya.

  • Putih Telur dan Lemon

Untuk membuat masker dari putih telur dan lemon, siapkan putih telur di dalam wadah, kemudian beri perasan jeruk lemon. Nggak usah terlalu banyak, ya. Secukupnya saja. Kemudian, aplikasikan campuran putih telur dan lemonnya ke wajah menggunakan gerakan memutar. Usahakan untuk mengaplikasikannya dengan menggunakan kuas, ya. Kalau ingin pakai jari tangan, jangan lupa cuci tanganmu terlebih dahulu.

Setelah selesai, diamkan maskernya selama 15 hingga 20 menit sampai mengering. Jika sudah, cuci wajahmu dengan air hangat hingga bersih. Jangan lupa aplikasikan pelembab kala wajah kamu sudah kering.

  • Putih Telur dan Susu Bubuk

Selain dengan perasan jeruk lemon, kamu juga bisa mencampur putih telur dan susu bubuk. Siapkan putih telur lalu campur dengan susu secukupnya, dan aduk sampai merata. Setelah itu, aplikasikan ke wajahmu dengan menggunakan kuas atau jari tangan yang sudah dicuci sebelumnya. Jika sudah, tunggu selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas wajah kamu dengan menggunakan air hingga bersih.

  • Putih Telur Murni

Untuk membuat masker dari putih telur murni, cukup siapkan satu butir telur, ambil putihnya saja dan taruh dalam wadah. Setelah itu, aplikasikan putih telur ke wajah kamu. Hindari bagian mata dan bibir, ya. Lalu. tunggu sampai maskernya mengering dan bilas dengan menggunakan air hangat. Mudah sekali, bukan?

2. Madu

Madu

* sumber: www.alive.com

Madu pun terkenal sebagai bahan alami yang mampu mengatasi segala masalah yang menimpa kulit. Termasuk kulit wajah berminyak. Kamini akan membagikan cara membuat masker dari madu dan campuran bahan lainnya. Mari simak ulasan berikut.

  • Madu dan Lemon

Madu dan lemon bisa dijadikan masker alami untuk menghilangkan jerawat dan mengurangi minyak di wajah. Caranya mudah. Cukup peras buah lemon, kemudian campurkan air perasannya dengan dua sendok makan madu hingga merata.

Lalu, oleskan masker madu dan lemon tersebut ke wajah kamu dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Sebelum mengaplikasikan masker, jangan lupa bersihkan dulu wajah kamu dari kotoran yang menempel, ya.

  • Madu dan Susu

Kamu juga bisa mencampurkan madu dengan susu untuk mengatasi wajah berminyak. Caranya, campurkan sesendok makan susu dan madu dalam sebuah wadah. Kemudian, aplikasikan maskernya ke wajah kamu. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas menggunakan air hingga bersih.

  • Madu dan Yoghurt

Selain lemon dan susu kamu juga bisa memakai yoghurt sebagai bahan campuran masker madu untuk kulit berminyak. Caranya, cukup siapkan sesendok makan yoghurt dan madu. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu oleskan pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan.  Setelah itu, diamkan selama 10 sampai dengan 15 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Bengkuang

Bengkuang

* sumber: fashion.telegraph.co.uk

Selain bisa membuat wajah menjadi lebih cerah, bengkuang juga punya manfaat lainnya, lho. Yaitu, mengecilkan pori-pori dan mengurangi kadar minyak di wajah. Untuk membuat masker dari bengkuang, cukup blender saja bengkuangnya. Lalu, aplikasikan maskernya di kulit wajah secara merata. Diamkan selama setengah jam dan bilas dengan air hingga bersih.

4. Buah Alpukat

alpukat

* sumber: www.sickchirpse.com

Buah alpukat pun bisa kamu jadikan masker untuk mengurangi minyak di wajah. Caranya, cukup haluskan buah alpukat, kemudian oleskan secara langsung di wajah kamu. Diamkan selama kurang lebih setengah jam. Jika sudah, bilas dengan menggunakan air bersih.

5. Tomat

Tomat

* sumber: www.crystalphuong.net

Selanjutnya, ada masker dari buah tomat yang juga efektif untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Cara menggunakan tomat sebagai masker pun terbilang mudah. Cukup potong tomat menjadi dua bagian, lalu ambil sarinya dan aplikasikan langsung ke wajah kamu yang sebelumnya sudah dibersihkan. Kemudian, biarkan selama 15 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Cara Mencegah Wajah Berminyak

* sumber: www.beautycrew.com.au

Setelah membahas tentang masker alami untuk wajah berminyak, Kamini akan membagikan informasi mengenai cara mencegah wajah yang berminyak. Yuk, simak langsung saja ulasan berikut untuk mengetahuinya.

1. Jangan Mencuci Wajah Lebih dari Dua Kali

Jagalah kebersihan wajah dengan cara mencucinya sebanyak dua kali sehari agar wajah kamu terbebas dari kadar minyak berlebih. Nah, ingat, jangan sampai kamu mencuci wajah lebih dari dua kali dalam waktu satu hari. Mengapa? Karena mencuci wajah lebih dari dua kali tidak akan membuat wajah jadi makin bersih, melainkan malah memicu produksi minyak yang lebih banyak lagi.

2. Kurangi Konsumsi Makanan Berminyak

Kurangi konsumsi makanan yang mengandung kadar minyak yang banyak dan terapkan pola hidup sehat agar kulit wajah tetap cantik sempurna. Jangan lupa untuk selalu rajin berolahraga dan konsumsi makanan yang menyehatkan kulit serta tubuh, ya.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Kalau kamu   sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung. Karena paparan sinar matahari langsung bisa membuat kulit kita menghasilkan lebih banyak keringat dan membuatnya menjadi tambah berminyak. Jadi, usahakanlah untuk memakai penutup kepala saat beraktivitas di luar ruangan.

Jika kamu ingin mengetahui informasi lainnya seputar metode pencegahan terbaik agar kulit tak berminyak, silakan baca artikel Cara Mencegah Wajah Berminyak dari Kamini.

Itulah tadi pembahasan kamini tentang masker alami untuk kulit berminyak beserta cara mencegah kulit berminyak dan cara menggunakan masker yang benar. Gimana, tertarik untuk membuat sendiri maskernya di rumah? Ingat, sehabis menggunakan masker, jangan lupa pakai pelembab, ya.

Kalau kamu punya informasi menarik lainnya seputar cara membuat masker alami untuk kulit berminyak, silakan sampaikan langsung melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar