Kamini.id / Wajah Kering / 8 Masker Wajah Alami Terbaik untuk Merawat Kulit Kering

8 Masker Wajah Alami Terbaik untuk Merawat Kulit Kering

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 September 2019

Salah satu aktivitas yang disukai wanita adalah merawat diri, khususnya merawat kulit wajah. Merawat wajah dengan menggunakan masker menjadi aktivitas yang banyak dilakukan oleh wanita. Tetapi memilih masker untuk memperbaiki masalah pada kulit wajah tidak bisa sembarangan. Masker harus disesuaikan dengan jenis kulitmu.

Khusus bagi kamu pemilik kulit wajah yang kering, kamu memiliki banyak pilihan untuk membuat wajah tampak cerah, halus, dan lembap. Sebaiknya gunakan bahan alami untuk masker wajah kamu ya! Selain menghindari efek samping dari bahan kimia, masker wajah berbahan alami akan membuat kulit wajahmu menjadi lebih nyaman sekaligus mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, Kamini akan memberikan beberapa masker wajah alami yang tepat untuk kulit kering. Silakan disimak informasinya berikut ini.

1. Alpukat, Minyak Zaitun, Yogurt, dan Madu

Alpukat, Minyak Zaitun, Yogurt, dan Madu

* sumber: fustany.com

Alpukat dikenal sebagai salah satu sumber lemak baik sekaligus mampu melembabkan kulit. Alpukat sangat bagus kamu gunakan sebagai masker wajah alami yang berfungsi untuk menghidrasi sekaligus melembutkan kulit wajah.

Cara membuatnya, hancurkan alpukat sampai halus dan tambahkan 2 sendok makan yogurt tawar, satu sendok teh minyak zaitun dan satu sendok makan madu organik ke dalam mangkuk masker. Aduk semua bahan alami tersebut sampai tercampur rata.

Sebaiknya gunakan lebih banyak daging alpukat untuk mengentalkannya. Rangkaian masker wajah ini menganduk asam lemak omega yang membantu menyembuhkan keretakan di antara sel-sel kulit yang terjadi saat kamu mengalami dehidrasi. Sedangkan madu dan yogurt membantu menenangkan, melembapkan sekaligus melembutkan kult wajahmu.

Gunakan masker ini selama 15 hingga 20 menit. Setelah mengering. basuh wajah dengan air hangat dan kamu bisa langsung merasakan sendiri manfaatnya.

2. Pisang, Madu, dan Gandum

Pisang, Madu, dan Gandum

* sumber: wildaboutbeauty.com

Pisang kaya akan vitamin A yang dapat membantu mendorong pergantian sel agar kulit tetap lembut dan bebas serpihan. Selain itu terdapat madu yang membantu melembapkan kulit dan memiliki sifat anti-bakteri alami untuk menenangkan kulit yang kering. Sedangkan gandum adalah pengelupas alami yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kering dari wajah kamu.

Cara membuatnya kupas pisang dan potong menjadi dua bagian. Haluskan setengah bagian pisang ke dalam mangkuk dan campurkan 1 sendok makan madu serta 4 sendok makan gandum. Oleskan semua campuran bahan tersebut pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat pakai waslap secara lembut dan perlahan. Untuk memaksimalkan hasilnya, kamu bisa mengoleskan pelembab setelah membilas makser ini.

3. Labu, Yogurt, dan Madu

Labu, Yogurt, dan Madu

* sumber: fustany.com

Jika biasanya labu sering diolah menjadi kolak, ternyata labu juga bermanfaat untuk melembabkan sekaligus melembutkan kulit wajah kamu, lho. Karena labu mengandung antioksidan dan vitamin A dan C. Jika kamu sulit menemukan buah labu, kamu bisa membeli labu kalengan yang tersedia di supermarket.

Untuk membuat masker wajah alami ini, campurkan 2 cangkir labu dengan 4 sendok makan yogurt dan 4 sendok makan madu. Aplikasikan masker tersebut ke wajahmu sambal dipijat dengan lembut. Lalu biarkan menempel pada wajah selama 10 hingga 15 menit. Setelah kering bilas wajah dengan air hangat, gunakan kain mikrofiber yang lembut untuk membantu menghilangkan sisa masker yang menempel di wajah.

4. Susu

Susu

* sumber: findpics.pw

Susu tidak hanya nikmat dijadikan sebagai minuman, susu juga memiliki manfaat baik untuk kulit wajah kamu. Susu dapat bekerja dengan baik untuk melembabkan kulit kering dan sangat membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit kering. Kamu bisa menggunakan susu bubuk.

Gunakan ¼ cangkir susu bubuk dengan air yang cukup hingga membentuk pasta yang kental. Susu juga dapat menyegarkan dan membantu menjaga kulit paling kering sekalipun. Oleskan masker susu pada seluruh wajah kamu dan biarkan hingga kering. lalu bilas dengan air hangat. Wajah kamu akan terasa segar dan kenyal lho!

5. Shea Butter dan Minyak Kelapa

Shea Butter dan Minyak Kelapa

* sumber: www.healthline.com

Kombinasi shea buter dan minyak kelapa bermanfaat untuk melembabkan, melebutkan, meratakan warna kulit dan mengembalikan elastisitas kulit wajah. Ini adalah masker wajah alami yang sangat efektif dan dapat digunakan setiap minggu.

Untuk membuatnya kamu bisa menggunakan 1 sendok shea butter dan 1 sendok minyak kelapa ke dalam mangkuk. Aduk sampai merata lalu oleskan ke kulit wajah kamu. Biarkan masker mengering selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Anggur

Anggur

* sumber: www.bestbeautyinfo.com

Anggur mengandung asam lemah yang bertindak sebagai exfoliator lembut, secara efektif mampu mengangkat sel kulit mati. Selain itu anggur juga mengandung vitamin E untuk membantu kulit mempertahankan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit kering. Sehingga anggur bermanfaat sebagai pengelupasan sel kulit mati sekaligus hidrasi secara bersamaan.

Gunakan 12 anggur dengan tepung dan campur kedua bahan tersebut. Setelah membuat pasta dengan anggur dan tepung, biarkan masker selama 15 menit. Setelah kering, basuh wajahmu dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang lembut. Kamu bisa merasakan kulit wajah yang terasa lebih kencang dan halus.

7. Gel Lidah Buaya dan Timun

Gel Lidah Buaya dan Timun

* sumber: www.fashionlady.in

Gel lidah buaya telah populer digunakan sebagai perawata wajah. Karena lidah buaya bermanfaat untuk melembabkan, menyembuhkan, dan membantu membalikkan proses penuaan dibanding bahan alami lainnya. Gel lidah buaya juga sering digunakan pada kulit yang sehat untuk memperbaiki kulit kering. Selain itu, timun bermanfaat sebagai pendingin dan pembersih.

Untuk membuat masker ini, kamu memerlukan 2 sendok makan gel lidah buaya dan setengah buah timun. Blender kedua bahan tersebut hingga mengental. Untuk hasil yang terbaik pijat masker secara merata ke wajah kamu. Setelah 30 menit, bilas masker dengan air dingin dan keringkan wajah dengan handuk lembut. Kulit kamu akan terasa segar kembali!

10. Stroberi, Sari Lebah, Madu, Mayones, dan Minyak Lavender

Stroberi, Sari Lebah, Madu, Mayones, dan Minyak Esensial Lavender

* sumber: www.beautyglimpse.com

Stroberi mengandung vitamin C dan kaya akan asma alfa hidroksi yang membantu mengelupas sel kulit mati dari kulit kering. Sari lebah membantu mengelupas kulit kering juga, serta madu yang melembapkan dapat lebih mudah menembus kulit.

Selain itu minyak zaitun dan mayo membantu melembapkan dan melembutkan kulit. Serta minyak esensial lavender memberikan efek aromaterapi. Jika kamu tidak menyukai aroma lavender, kamu bisa menggunakan minyak esensial aroma lainnya.

Untuk membuat masker ini kamu memerlukan 10 buah stroberi segar, seperempat gelas sari lebah, 3 sendok makan madu, 1 sendok makan mayones dan minyak zaitun, dan beberapa tetes minyak esensial lavender.

Campur aduk semua bahan tersebut. Kemudian oleskan masker ke wajah kamu selama 20 menit untuk mendapatkan hasil yang optimal. Lalu bilas dengan air hangat untuk melepas masker dengan lembut. Kemudian kamu bisa melanjutkannya dengan pelembab favoritmu.

Semua bahan alami di atas bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan alami yang segar supaya kulit wajah bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Bagi kamu yang tahu mengenai masker wajah alami lainnya, bisa berbagi dengan kami di kolom komentar ya! Cari tahu sejumlah faktor pemicu kulit wajah kering dalam artikel penyebab wajah kering ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar