Kamini.id / Telapak Tangan dan Kaki / 10 Tips Melembutkan Telapak Kaki yang Kasar Secara Mudah

10 Tips Melembutkan Telapak Kaki yang Kasar Secara Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Telapak kaki paling banyak bersentuhan dengan lantai. Didalam rumah, biasanya kita jarang menggunakan alas kaki. Begitu juga pada saat mencuci pakaian tanpa menggunakan mesin cuci. Sudah pasti, kaki akan terkena air sabun yang akan menyebabkan telapak kaki mudah kering, kasar bahkan pecah-pecah.

Oleh karena itu, untuk menghindari telapak kaki yang kasar sebaiknya Anda menggunakan alas kaki saat dirumah. Dan saat akan mencuci pakaian pun, sebaiknya Anda menggunakan alas kaki khusus seperti sepatu boot karet untuk mencegah air sabun merusak kaki Anda. Akan tetapi bagi Anda yang telapak kakinya sudah telanjur kasar, mari lakukan beberapa langkah mudah melembutkan telapak kaki yang kasar seperti berikut ini.

1. Scrub dengan menggunakan Garam Mandi

scrub dengan garam mandi

Garam mandi dapat digunakan sebagai scrub pada telapak kaki. Scrub garam mandi dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit, meremajakan kulit, dan memiliki efek antibakteri sehingga dapat membantu mengatasi bau pada kaki. Dan jika Anda merendam kaki dengan menggunakan air yang diberi garam mandi, maka kandungan di dalam garam mandi tersebut dapat meredakan kaki yang lelah dan pegal.

Sebelum meng-scrub telapak kaki Anda, sebaiknya rendam terlebih dahulu telapak kaki Anda dalam air hangat yang diberi garam mandi selama 15 menit. Setelah itu lakukan scrub dengan menggunakan garam mandi, caranya yaitu campurkan 3-5 sendok makan garam mandi dengan 3-5 sendok makan madu atau minyak zaitun, lalu aduk sampai rata.

Oleskan scrub pada seluruh telapak kaki sambil di gosok perlahan dengan gerakan melingkar selama 10 menit pada masing-masing telapak kaki Anda. Kemudian diamkan selama 30 menit lalu cuci sampai bersih.

2. Menggosok dengan menggunakan batu apung

gosok dengan batu apung

Jika Anda kehabisan garam mandi, Anda bisa  menggunakan batu apung untuk menggosok bagian telapak kaki yang kasar. Cara seperti ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu, dan biasanya akan berhasil membuat kaki Anda halus dan lembut apabila dilakukan dengan cara yang benar. Dan lakukanlah setiap kali Anda mandi, untuk menjaga telapak kaki Anda tetap halus dan lembut.

Sebelum Anda memulai menggosok telapak kaki Anda dengan menggunakan batu apung, sebaiknya Anda merendam kaki terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat.Hal ini difungsikan untuk membuat kulit pada telapak kaki Anda menjadi lebih lunak, sehingga proses menggosok kulit mati dan bagian kulit yang kasar bisa dilakukan tanpa melukai kulit telapak kaki Anda. Gosoklah dengan perlahan supaya tidak menimbulkan luka. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

Menggosok telapak kaki juga dapat membuat warna telapak kaki yang semula gelap menjadi lebih bersih dan lebih putih. Untuk tips memutihkan telapak kaki, temukan informasi selengkapnya dalam artikel 10 Tips Memutihkan Telapak Kaki yang Gelap dan Kasar.

3. Oleskan minyak zaitun

oles minyak zaitun

Setelah melakukan proses scrub atau menggosok telapak kaki dengan menggunakan batu apung, keringkan kedua telapak kaki menggunakan handuk bersih. Lalu oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian telapak kaki termasuk sela-sela jari.

Setelah itu pakailah plastic wrap kemudian gunakan kaos kaki bersih untuk membuat minyak zaitun menyerap lebih lama ke dalam kulit. Keesokan harinya, cucilah kaki dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Minyak zaitun mengandung vitamin, dan zat-zat yang diyakini dapat membuat kulit menjadi halus, lembut, dan kencang. Minyak zaitun juga dapat membantu mengatasi infeksi jamur dan bakteri pada kulit dan kuku. Sehingga minyak zaitun juga dapat membantu mengatasi bau tak sedap pada kaki. Sebaiknya melakukan perawatan ini pada setiap malam hari sebelum tidur sampai kaki telah benar-benar menjadi halus dan lembut.

4. Gunakan paraffin wax

paraffin wax

Biasanya paraffin wax digunakan pada saat proses manicure dan pedicure. Tetapi Anda juga bisa menggunakan parafin wax untuk perawatan telapak tangan dan kaki di rumah. Setelah melakukan scrub pada telapak kaki, Anda bisa menggunakan parafin wax selain menggunakan minyak zaitun. Dan sebaiknya lakukan perawatan ini pada setiap malam hari sebelum tidur sampai kaki telah benar-benar menjadi halus dan lembut.

Caranya, Anda harus melelehkan terlebih dahulu paraffin wax dengan menggunakan microwave atau oven. Lalu tambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa murni dengan takaran yang sama dengan paraffin wax kemudian aduk sampai rata.

Oleskan campuran bahan tadi ke seluruh bagian telapak kaki lalu bungkus dengan plastic wrap kemudian gunakan kaos kaki dan biarkan semalaman. Keesokan harinya cucilah kaki dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

5. Oleskan Virgin Coconut Oil

oles vco

Setelah melakukan langkah pada no. 1 atau 2, Anda bisa mengoleskan virgin coconut oil  atau minyak kelapa murni pada seluruh telapak kaki.

Virgin coconut oil mengandung zat-zat yang dapat menghaluskan kulit, melembabkan kulit, membantu mengatasi penuaan dini pada kulit, mengencangkan kulit, serta memiliki kemampuan sebagai anti bakteri dan jamur. Sehingga selain dapat membantu mengatasi kulit telapak kaki yang kasar, juga dapat membantu mengatasi bau tak sedap pada kaki.

Caranya sama yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa murni pada seluruh telapak kaki. Lalu bungkus dengan menggunakan plastic wrap kemudian gunakan kaos kaki bersih, biarkan semalaman supaya nutrisi pada minyak kelapa murni dapat meresap kedalam kulit.

Cucilah kaki keesokan harinya dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Sebaiknya lakukan perawatan ini pada setiap malam hari sebelum tidur sampai kaki telah benar-benar menjadi halus dan lembut.

6. Mengoleskan jeruk nipis atau lemon

oles jeruk nipis

Selain cara-cara diatas, Anda juga bisa menggunakan potongan jeruk nipis atau lemon untuk mengatasi kulit telapak kaki yang kasar. Jeruk nipis dan lemon mengandung vitamin C yang dipercaya dapat mencerahkan dan meremajakan kulit. Anda bisa menggunakan potongan jeruk nipis atau lemon ini jika tidak ada luka terbuka pada kulit di sekitar telapak kaki Anda.

Caranya cukup mudah, Anda cukup membelah atau mengiris tipis-tipis beberapa buah jeruk nipis atau lemon. Lalu oleskan pada seluruh telapak kaki yang sudah dibersihkan dengan menggunakan sabun. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air sampai bersih, tetapi tanpa menggunakan sabun ya.

7. Menggunakan scrub kopi

scrub kopi

Kopi jika digunakan sebagai scrub, dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Kandungan di dalam kopi juga dapat menghaluskan kulit, mengencangkan kulit, mencerahkan kulit, dan memberikan efek menenangkan pada kaki Anda yang mungkin lelah setelah beraktivitas seharian.

Yang pertama kali harus Anda lakukan yaitu, Anda mencuci kedua telapak kaki dengan sabun sampai bersih. Lalu buatlah scrub kopi dengan takaran 3-5 sendok makan kopi hitam yang dicampurkan dengan 3-5 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa murni, kemudian aduk sampai rata.

Setelah itu oleskan ke seluruh bagian telapak kaki sambil digosok perlahan dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

8. Menggunakan scrub strawberry

scrub strawberry

Strawberry mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini diyakini dapat mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, dan meregenerasi sel kulit mati dengan sel kulit baru. Sehingga strawberry bisa Anda gunakan sebagai scrub untuk telapak kaki yang kasar. Cara ini bisa Anda lakukan bergantian dengan cara-cara di atas supaya Anda tidak bosan menggunakan bahan yang sama untuk mengatasi kulit telapak kaki Anda yang kasar.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan 1 mangkuk kecil buah strawberry. Lalu campurkan dengan 3-5 sendok makan gula pasir, dan 2-3 sendok makan madu. Aduk semua bahan menjadi satu, lalu oleskan ke seluruh bagian telapak kaki. Gosoklah dengan perlahan selama 15 menit pada masing-masing telapak kaki dengan gerakan melingkar. Lalu diamkan selama 15 menit, kemudian cuci sampai bersih dengan menggunakan air hangat.

9. Menggunakan scrub coklat

scrub coklat

Selain garam mandi dan kopi, Anda juga bisa menggunakan coklat sebagai scrub untuk telapak kaki Anda. Karena kandungan flavonoid dalam coklat, diyakini dapat meningkatkan elastisitas kulit, mencegah penuaan kulit, meregenerasi sel kulit mati dengan sel kulit baru, dan mencerahkan kulit.  Sehingga coklat dapat membantu mengatasi kulit telapak kaki Anda yang kasar.

Gunakanlah scrub coklat ini setelah Anda membersihkan telapak kaki Anda dengan menggunakan sabun. Cara membuat scrubnya sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 3-5 sendok makan bubuk coklat dengan 3-5 sendok makan gula pasir yang ditambahkan dengan 3-5 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa murni.

Aduk semua bahan sampai rata lalu oleskan ke seluruh bagian telapak kaki, gosoklah perlahan dengan gerakan melingkar selama 10 menit pada masing-masing telapak kaki. Lalu diamkan selama 15 menit kemudian cuci sampai bersih dengan menggunakan air hangat.

10. Menutrisi kulit telapak kaki dengan menggunakan foot cream

footcream

Foot cream adalah salah satu hal penting yang harus Anda lakukan dalam rangkaian perawatan kulit telapak kaki. Foot cream mengandung gliserin dan bahan-bahan lainnya yang dapat menutrisi, melembutkan, dan melembabkan kulit telapak kaki yang kering dan kasar. Jika Anda rutin menggunakannya, maka kulit telapak kaki Anda akan lebih halus, lembut dan kenyal.

Yang perlu Anda lakukan hanya mengoleskan foot cream  pada telapak kaki yang sudah dibersihkan. Gunakan setiap Anda selesai mandi supaya kaki Anda akan selalu terjaga kesehatannya, kelembaban dan kehalusannya dan Anda tidak akan mengalami lagi telapak kaki yang kasar maupun pecah-pecah.

Itulah beberapa langkah mudah melembutkan telapak kaki yang kasar. Apabila kaki Anda sudah terlanjur pecah-pecah, Anda bisa mencoba cara mengobati kaki pecah-pecah yang telah Kamini rangkum. Pilihlah salah satu cara yang Anda sukai dan lakukan dengan rutin. Jika Anda memiliki pengalaman lain dalam mengatasi kulit telapak kaki yang kasar, silahkan berikan pendapat Anda pada kolom komentar yang tersedia.

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. Infonya sangat bermanfaat, thanks

    1. Sama-sama. Terima kasih sudah mengunjungi Kamini.id. ?

  2. Artikel ya bagus dan bermanfaat. Tetap menulis hal-hal bagus dan bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020