kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Rambut / Tips Memilih Warna Rambut Ombre Sesuai Warna Kulit

Tips Memilih Warna Rambut Ombre Sesuai Warna Kulit

Ditulis oleh Lady S - Diperbaharui 5 Februari 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor rambutombre.xyz Permanen A1

Gaya rambut dari tahun ke tahun memang tidak akan pernah ada habisnya. Setiap tahun pasti muncul gaya rambut dengan berbagai model dan teknik. Termasuk dalam hair coloring. Baru-baru ini muncul tren yang lumayan bombastis dan mendunia di kalangan remaja dan wanita dewasa, yaitu ombre atau hair dye. Ombre ini adalah teknik pewarnaan rambut dengan memadukan 2 atau bahkan lebih warna dalam rambut.

Mungkin buat kamu yang gak suka ‘macem-macemin’ rambut, mewarnai rambut dengan teknik semacam ini tentu bukan pilihan. Tapi ternyata, banyak juga yang belum pernah mewarnai rambut sebelumnya justru malah tertarik langsung dengan gaya rambut ombre ini. Warna-warna yang ditawarkan pun terkesan nge-jreng dan standout.

Tren gaya rambut ombre ini juga membuat para produsen cat rambut kebanjiran order. Mereka berlomba-lomba menciptakan warna-warni terang agar cocok di rambut customer-nya. Salah satu produsen cat rambut yang ternyata juga penyanyi kenamaan adalah Hayley Williams.

hayley

Hayley Williams adalah vokalis dari grup band besar Paramore. Hayley sejak dulu memang sudah terkenal dengan gaya rambut nyentrik dan gonta-ganti warna rambut. Lewat hobinya tersebut, Hayley akhirnya memulai bisnis cat rambut bernama ‘good dye young’ yang akhirnya semakin melejit seiring dengan munculnya tren rambut ombre sekarang ini.

goodyeyoung

Cara Memilih Warna Rambut Ombre

Nah, buat kamu yang mau mencoba ‘stand out’ seperti Hayley, beberapa pilihan warna rambut ombre sesuai karakter kamu ini bisa kamu coba lho! Tapi sebelumnya ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum kamu memutuskan untuk ombre rambut.

1. Cek kondisi rambut

check hair

Cat rambut mengandung bahan aktif yang kuat banget loh! Kamu bisa rasakan begitu kamu membuka bungkusan cat rambut. Baunya yang kuat bisa sangat menusuk hidung. Itu tandanya cat rambut memiliki kandungan yang sangat kuat.

Kalau kondisi rambutmu sedang bermasalah (seperti kering, mudah patah, tipis, ataupun rontok), kami sarankan untuk perbaiki dulu kondisi rambutmu. Jika tidak, kondisi rambutmu malah akan semakin parah dan hasil ombre pun tidak akan maksimal. Bukannya bagus, bisa jadi rambutmu malah mirip seperti gulali arummanis!

2. Browse and choose!

hair color

Cari tahu perpaduan warna-warna yang bagus agar rambut ombre pertamamu gak failed. Sebelum mulai melakukan ombre pada rambutmu, tentu saja kamu harus memutuskan warna seperti apa yang akan kamu gunakan di rambutmu.

Perlu diketahui juga, kamu harus menyesuaikan warna ombre dengan warna rambut aslimu. Misalnya kalau rambut aslimu berwarna kecoklatan, berarti kamu harus  cari warna yang pas dengan rambut coklatmu. Kecuali kamu mau melakukan perubahan ekstrim dimana kamu mencat seluruh rambutmu dengan warna lain selain warna asli rambutmu.

3. Sesuaikan dengan warna kulit

skin color

Karena kamu akan bermain dengan warna rambut, sangat penting juga untuk memilih warna yang cocok dengan kulitmu. Karena jika kamu salah memilih warna rambut, bisa-bisa malah membuat tampilanmu terlihat kusam dan malah jadi gak cocok di rambutmu. Nah, match dulu warna kulitmu dengan pilihan warna rambut ombre yang bisa kamu coba, berikut ini:

  • Kulit Putih

ombre pada kulit putih

Warna kulit ini termasuk yang ‘flexibel’. Hampir semua warna rambut terlihat cocok dengan warna kulit seperti ini karena warna kulit tipe ini sangat netral. Namun biasanya, pilihan warna rambut yang dicoba adalah warna-warna terang atau light seperti yang dilakukan artis Scarlett Johansson. Kulit putihnya semakin stand out dengan warna rambut light dan berani yaitu blonde dan ungu terang.

  • Kulit Kuning Langsat

ombre pada kuning langsat

Kulit kuning langsat merupakan warna kulit yang kebanyakan dimiliki oleh penduduk Asia. Warna kulit seperti ini juga bisa dikatakan 'flexibel' karena hampir semua jenis warna rambut bisa dicoba. Kebanyakan orang yang berkulit kuning langsat memiliki warna rambut asli hitam, seperti yang dimiliki Kylie Jenner ini.

Kamu bisa memadukan rambut hitammu dengan warna-warna neon seperti hijau neon ini. Atau kalau kamu ingin lebih berani, kamu bisa coba warna yang lebih terang seperti kuning atau merah. Tampilan seperti ini tentu saja membuatmu BEDA dari yang lain. Berani coba?

  • Kulit Sawo Matang

ombre pada sawo matang

Kalau kamu memiliki tone warna kulit yang gelap atau sawo matang, pilihan warna rambut yang terang seperti blonde atau pink agaknya kurang pas untukmu. Karena, warna kulitmu yang gelap akan sangat kontras jika dipadukan dengan warna rambut yang sangat terang.

Pilihlah warna-warna gelap seperti yang dilakukan Rihanna pada rambutnya ini. Ia bermain dengan warna-warna sekitar coklat yaitu chestnut brown, dark brown, dan dengan warna coklat yang lebih light namun tetap satu tone dengan warna lainnya.

Rambut yang sudah diwarnai rentan mengalami masalah-masalah rambut seperti kekeringan dan rontok. Karena itu, setelah melakukan ‘hair coloring’ rambut harus dirawat dengan baik agar rambut tidak rusak dan hasil hair coloring tetap terjaga.

Tips Merawat Rambut Ombre

So, setelah kamu melakukan ombre pada rambut, kamu juga harus pintar-pintar merawatnya. Beberapa tips ini bisa kamu lakukan untuk merawat rambut ombre mu agar lebih sehat, dan warna ombre tahan lama.

1. Shampoo-ing alias Keramas

keramas

Jangan malas untuk keramas minimal 2 hari sekali. Gunakan shampoo khusus coloring yang bisa menjaga warna rambutmu agar tetap seperti semula.

2. Gunakan Vitamin rambut

vitamin rambut

Vitamin rambut memiliki banyak kandungan baik yang dapat mempertahankan kelembaban alami rambut. Vitamin ini kemudian membantu menutrisi rambut. Setelah rambut memiliki kelembaban yang baik dan ternutrisi, otomatis rambut lebih bercahaya dan sehat, warna ombre di rambutmu juga akan bertahan lama.

3. Lengkapi dengan Hair tonic

hair tonic

Hair tonic ini wajib  ada di meja rias kamu kalau rambutmu diombre. Kenapa? Karena hair tonic dapat memperbaiki kerusakan pada rambut dan menutrisinya. Ketika rambutmu diombre, proses hair coloring ini membuat kondisi rambutmu lebih kering, karena itu sangat penting untuk menutrisi rambut dengan hair tonic. Selain itu hair tonic ini juga membantu menyuburkan rambut sehingga rambutmu tetap lebat dan gak kering.

4. Maksimalkan dengan Creambath

creambath

Seperti halnya perawatan masker pada wajah dan tubuh yang membantu menutrisi. Rambutpun perlu di ‘masker’ terutama karena rambutmu baru saja di-ombre. Lakukan creambath minimal seminggu sekali. Kalau dirasa berat pergi ke salon seminggu sekali, kamu juga bisa membeli produk creambath khusus coloring dan melakukannya sendiri di rumah. Lebih hemat dan kamupun bisa melatih kemandirian kamu.

5. Pencatok, hair curler, atau hair dryer terlalu sering? Big No!

styling tool

Dengan rambut ombre-mu kamu juga pasti akan sering ingin eksplor gaya rambut lurus atau yang paling sering adalah curly. Tapi tahukah kamu, alat-alat seperti pencatok atau hair curler itu mengandung panas yang bisa membuat rambutmu kering dan bercabang. Gak mau kan punya rambut kering kerontang meski sudah kece banget warna rambutnya??

Sesekali kamu boleh menggunakan alat-alat tersebut tapi kalau dipakai tiap hari, dijamin ombre mu bisa berubah warna dan rambutmu malah rusak! Penggunaan hair dryer pun harus amat sangat dikurangi ketika rambutmu di-ombre. Baiknya, setelah keramas, biarkan rambutmu kering alami dan jangan langsung disisir ya!

Bagaimana Good Readers, sudah tertarik melakukan ombre untuk rambutmu? Pada dasarnya warna apapun bisa kamu coba untuk rambut ombre-mu. Tidak menutup kemungkinan kalau kamu ingin mencoba lebih pede dengan eksplor berbagai warna rambut meskipun kulitmu hitam, kuning, putih, atau coklat sekalipun.

Yang harus diperhatikan adalah perawatan rambut yang maksimal agar nantinya rambutmu tidak mengalami kerusakan dan kekeringan parah. Untuk informasi lebih lengkap tentang rambut ombre, kunjungi http://rambutombre.xyz

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram