kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Rambut / Cara Mengatasi Rambut Tipis, Rontok, dan Kebotakan Parah

Cara Mengatasi Rambut Tipis, Rontok, dan Kebotakan Parah

Ditulis oleh Lady S - Diperbaharui 19 Oktober 2020

Siapa sih yang pengen punya rambut tipis, mudah rontok, apalagi botak?? Mungkin sebagian dari kamu ada yang hopeless banget ngurusin rambut yang sekali sisir, ehh rambutnya nempel di sisir atau berjatuhan di lantai. Atau mungkin kamu pengen banget menata rambut kamu kayak David Beckham, tapi mau disisir aja, rambutnya malah gak ada. Ups..

Jangan dulu buru-buru menyalahkan rambut atau gen keluargamu, siapa  tau memang masalah sebenarnya datang dari apa yang kamu makan. Pernah terpikirkan kalau ternyata makanan yang kamu makan itu mempengaruhi kerontokan rambut atau hair loss?

Relax, Good readers! Kebotakan atau kerontokan bukan akhir dari segalanya. Kamu masih bisa menyelamatkan rambut tipis atau rontok, atau botak sekalipun dengan mengatur makanan yang kamu makan. Pastikan makanan yang kamu makan mengandung zat-zat dibawah ini ya!

1. Protein

protein

Seperti kue yang 90% terbuat dari tepung. Jika kuenya kurang tepung, maka gak bakalan jadi dong kuenya. Rambut pun seperti itu. Rambut terbuat dari protein. Jika kekurangan protein, rambut akan tipis dan rapuh.

Jelas sudah berarti kamu harus mencari makanan yang mengandung protein tinggi. Contoh makanan yang mengandung protein tinggi adalah Ikan, ayam, susu (atau makanan-makanan yang mengandung susu lainnya).

2. Vitamin E

vitamin E

Vitamin E sangat baik untuk kulit dan rambut. Vitamin E mengandung antioksidan, yakni esensial penting yang meregenerasi sel-sel dalam tubuh yang menjaga dan mencegah kerusakan pada rambut. Tidak hanya rambut tetapi kulitpun butuh vitamin E. Karena itu banyak sekali produk-produk skincare yang menggunakan vitamin E sebagai kandungan utamanya.

Kalau kulitmu (termasuk juga kulit kepala) sudah ternutrisi dan terjaga dengan baik, otomatis rambutmu akan lebih mudah tumbuh dan lebih sehat. Kamu bisa mendapatkan vitamin E dari makanan-makanan seperti alpukat, asparagus, brokoli, labu, ubi, manga, tomat, papaya, dan juga sayuran hijau seperti bayam dan lain-lain.

3. Omega 3

omega 3

Omega 3 adalah minyak baik yang sangat membantu menjaga kulit kepala dan rambut sehingga rambut tetap ternutrisi dengan baik. Omega 3 ini bisa kamu temukan di garis kulit kepala. Sehingga, memakan makanan yang mengandung omega 3 akan sangat baik untuk membantu menguatkan rambut dan menyuburkannya. Omega 3 banyak ditemukan dalam ikan-ikan seperti salmon.

4. Iron

iron

Iron merupakan salah satu mineral yang penting untuk rambut. Iron membantu menyerap vitamin-vitamin yang dibawa makanan. Ketika kamu kekurangan Iron, tubuhmu jadi gak memproduksi hemoglobin dalam darah. Sedangkan hemoglobin berfungsi membawa oksigen dan memperbaiki sel-sel dalam tubuh termasuk sel yang merangsang pertumbuhan rambut.

Karena itu, kekurangan Iron dapat menyebabkan kerontokan rambut atau menghambat pertumbuhan rambut. Pastikan kamu tidak kekurangan Iron dengan mengonsumsi makanan yang mengandung iron tinggi contohnya adalah daging merah, ayam, dan ikan.

5. Zinc

zinc

Zinc adalah mineral yang sangat penting untuk kesehatan rambut, kulit, dan juga kuku. Zinc dipercaya memiliki peran penting dalam pembentukan DNA dan RNA dimana pembentukan sel rambut juga termasuk di dalamnya.

Zinc juga dapat membantu menyeimbangkan level hormone sehingga dapat mencegah kerontokan rambut. Asupan Zinc yang cukup dalam tubuh tentu saja dapat memberikan mineral yang baik untuk tubuh. Zinc dapat kamu temukan di makanan-makanan seperti oyster, kacang, telur, ubi, dan lain-lain.

6. Vitamin C

vitamin c

Meskipun tidak berhubungan langsung, tapi ternyata kekurangan vitamin C dapat membantu kerontokan rambut loh! Hal ini karena vitamin C memiliki antioksidan yang mirip dengan vitamin E dan Zinc, dimana antioksidan ini berfungsi untuk mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh. Kalau kamu gak mau kekurangan vitamin C, jangan lupa untuk mengonsumsi mangga, strawberry, paprika hijau, bayam, tomat, dan lain-lain.

7. Biotin

biotin

Nah, ini kunci dari semua resep ampuh agar rambut lebih sehat dan tebal. Biotin! Biotin merupakan salah satu vitamin B complex yang membantu mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh. Biotin hampir tidak memiliki efek buruk, dan dipercaya untuk menyuburkan rambut.

Kamu bisa dapatkan semua kandungan yang baik ini hanya dari satu botol suplemen makanan yang dapat memberikan semua vitamin yang kamu butuhkan untuk rambut yang sehat.

Biotin ini sudah teruji mengandung Vitamin e, c, zinc, yang membantu menyuburkan rambut, menebalkan, dan merangsang pertumbuhan rambut. Pokoknya hampir semua zat-zat yang dibutuhkan untuk kesuburan rambut, ada dalam biotin. Makanya, sangat disarankan buat kamu yang mengalami kerontokan rambut parah ataupun kebotakan untuk memgonsumsi suplemen biotin.

FAQ tentang suplemen Biotin

Q: Apa saja zat-zat yang terkandung dalam Biotin?
A: Suplemen Biotin mengandung vitamin A, B, E C, D, zinc, iron, dan vitamin lainnya yang baik buat tubuhmu.

Q: Apakah suplemen ini aman?
A: Karena ini hanya vitamin tambahan dan penyerapan nutrisinya lebih cepat sehingga aman dikonsumsi asal tidak berlebihan.

Q: Berapa kali sehari saya harus mengonsumsi Biotin?
A: Cukup 1 tablet sehari. Sekali lagi, tidak boleh berlebihan karena khasiatnya malah tidak akan didapat bila dikonsumsi berlebihan.

Q: Apakah ada efek samping?
A: Kemungkinan efek samping selalu ada tergantung kondisi tubuh kita. Yang paling sering adalah kemungkinan berat badan bertambah. Tapi sehat dong yaa? Hehe..

Q: Dimana saya bisa mendapatkan suplemen Biotin yang asli?
A: Biotin sejauh ini hanya baru diproduksi oleh pabrikan Amerika. Tapi, kamu gak perlu jauh-jauh ke Amerika, kamu bisa dapatkan Biotin ini langsung dari supplier trusted dan rekomendasi kami.

Selain itu, kamu juga bisa memaksimalkan pertumbuhan bulu atau rambut kamu dengan serum yang aman dan tanpa efek samping. Minoxidil adalah salah satu serum yang bisa membantu menyuburkan pertumbuhan rambutmu.

minoxidil

Minoxidil ini mengandung bahan-bahan aktif yang ampuh merangsang pertumbuhan rambut. Kalo kamu mengalami kebotakan, minoxidil ini bisa membantu mengembalikan rambutmu tentunya disertai ketelatenan dan perawatan yang baik. Saking ampuhnya, minoxidil ini bisa juga digunakan untuk menumbuhkan kumis atau janggut loh!

Kalau makanannya sudah dijaga, tinggal merawat yang sudah kita punya dengan baik dan terus menerus supaya kerontokan, rambut tipis atau kebotakan ini benar-benar enyah dari hidup kita. Yang harus kita lakukan adalah:

  1. Setelah keramas, biarkan rambut kering alami dan jangan disisir dalam keadaan basah.
  2. Jangan gonta-ganti warna rambut kalau tak ingin rambutmu makin tipis.
  3. Saat rambutmu masih dalam kondisi tipis, jangan coba-coba menggunakan hair dryer, pencatok, atau hot iron Hal itu hanya akan memperparah kondisi rambutmu.
  4. Air putih dapat membantu penyerapan nutrisi yang sudah masuk ke dalam tubuhmu. It’s never wasted to drink water everyday!
  5. Untuk laki-laki, jangan terlalu sering menggunakan penutup kepala (topi, kupluk, peci) setiap saat, setiap hari karena pertumbuhan rambut jadi tidak maksimal. Berikan space atau ruang buat rambutmu untuk tumbuh alami.

Nah, gimana Good Readers, kamu jadi gak buta lagi soal rambut kan? Setelah kamu mengikuti tips-tips diatas, dijamin kondisi rambutmu akan lebih baik. Intinya adalah menjaga apa yang kita makan, memberikan nutrisi, dan juga merawat dengan baik. Jika semua itu kamu lakukan, kamu tak perlu khawatir lagi dengan kerusakan rambut yang menghantuimu selama ini. Selamat mencoba dan beritahu kami jika sudah berhasil ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram