10 Cara Ampuh Menghilangkan Permen Karet di Rambut

Ditulis oleh Randi Mulyadi

Permen karet bisa menjadi teman kala bosan menyerang. Jika dikonsumsi secara benar, malahan bisa bermanfaat bagi kesehatan rahang. Tapi, kamu tidak bisa menelannya karena tidak baik untuk kesehatan perut.

Kamu bisa bermain-main dengan permen karet. Membuat gelembung layaknya balon, atau menarik-nariknya seperti karet pada umumnya. Tapi kalau tidak berhati-hati, bermain permen karet bisa merugikan orang lain dan diri sendiri.

Permen karet bisa menempel pada pakaian atau sepatu yang sangat susah untuk membersihkannya. Apalagi jika sudah menempel pada rambut, sangat menyebalkan. Maka dari itu, Kamini memberikan beberapa tips yang bisa dicoba untuk membersihkan permen karet saat menempel pada rambut kamu.

10 Cara Menghilangkan Permen Karet di Rambut

1. Selai Kacang

Selai Kacang

* sumber: pixabay.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sudah menjadi rahasia umum kalau selai kacang dapat membantu membersihkan permen karet dari rambut. Hal ini dikarenakan kandungan lemak dan minyak pada selai yang cukup banyak.

Namun jika dilihat lebih dalam lagi, selai kacang terdiri dari karbon dan hydrogen, sehingga menjadikannya hidrofobik. Permen karet juga bersifat hidrofobik. Keduanya akan larut bersamaan.

Caranya, oleskan beberapa sendok makan selai kacang. Ingat ya, selainya yang basah atau creamy, tidak kering. Biarkan menggumpal di rambut. Kemudian, tunggu sekitar delapan hingga 10 menit. Setelah selesai, keluarkan permen karet dari rambut dengan hati-hati. Beli selai kacang secara online.

2. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

* sumber: pixabay.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bagi siapa pun yang alergi kacang, kamu bisa membersihkan permen karet pada rambut dengan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki sifat pelarut. Untuk menggunakannya, oleskan minyak zaitun pada rambut cukup banyak. Diamkan beberapa menit agar minyak menyerap untuk menetralkan lengketnya.

Setelah itu, mulai bersihkan permen karet secara lembut. Kamu bisa menggunakan jari, sisir, atau sikat gigi. Disamping minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan minyak sayur biasa. Tapi yang baru ya, jangan bekas menggoreng makanan.

3. Cuka

Cuka

* sumber: pixabay.com

Cuka bisa dijadikan sebagai pembersih rumah yang bersifat antimikroba. Sangat serbaguna. Untuk membersihkan permen karet dari rambut, kamu harus memulai dengan memanaskan cuka sedikit.

Setelah itu, basahi rambut dengan cuka. Gosok perlahan, jangan sampai terlalu keras karena bisa merusak rambut. Kamu juga bisa menggunakan, sikat untuk membersihkannya. Dalam waktu kurang dari satu menit, sisa permen karet akan terlepas.

4. Pembersih Makeup

Cara Menghilangkan Permen Karet di Rambut

* sumber: www.flickr.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pembersih makeup yang bisa digunakan untuk membersihkan permen karet di rambut adalah yang berbahan dasar minyak. Sekarang telah banyak pembersih berbahan dasar minyak mineral yang sangat murni, kaya akan hidrokarbon jenuh.

Pembersih ini paling disarankan karena tidak akan berbahaya jika terkena kulit kepala. Bahkan beberapa perusahaan pembersih makeup atau lotion mengiklankan produknya sebagai penghilang permen karet yang efektif, dan meminta seorang blogger kecantikan mengujinya.

Cara menghilangkan sama seperti sebelumnya. Oleskan pembersih pada rambut yang terkena permen karet dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, permen karet baru dibersihkan.

5. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly

* sumber: www.amazon.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Petroleum jelly yang banyak ditemukan pada Vaseline, merupakan pelumas yang aman dan non-abrasif. Bahan ini juga direkomendasikan untuk menghilangkan banyak zat yang lebih keras, salah satunya permen karet.

Solusi ini sama seperti sebelumnya, lebih ramah untuk kulit kepala. Bahan ini akan bekerja lebih baik ketika rambut kamu kering. Jadi ketika rambut kamu terkena permen karet, jangan disiram dengan air karena itu akan sangat sia-sia.

6. Alkohol

Alkohol

* sumber: medicom.co.id

Kamu pasti pernah melihat atau orangtua kamu memiliki alkohol dalam kemasan. Ingat ya, ini bukan minuman. Alkohol seperti ini mengandung isopropil yang bagus sebagai antiseptik. Cairan ini juga mampu merusak beberapa zat, termasuk yang terkandung dalam permen karet.

Untuk menggunakannya, tuangkan alkohol pada rambut yang terkena permen karet. Kalau bisa, rendam beberapa menit. Setelah itu, gosok rambutmu hingga permen karet benar-benar hilang.

7. Es Batu

Es Batu

* sumber: pixabay.com

Sangat simpel dan murah. Es batu ternyata mampu mengeluarkan benda lengket menjengkelkan itu dari rambut kamu. Ambil beberapa es batu. Gosokkan pada permen karet yang menempel pada rambut kamu. Lakukan berulang.

Setelah itu, biarkan 10 hingga 15 menit. Es akan mengeraskan permen karet dan memungkinkan kamu untuk memecahnya.

8. Hair Mousse

Hair Mousse

* sumber: www.racked.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram