Kamini.id / Softlens / 12 Merk Cairan Softlens Terbaik dan Aman untuk Mata 2020

12 Merk Cairan Softlens Terbaik dan Aman untuk Mata 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Orang-orang yang menggunakan softlens (kontak lensa) pasti memerlukan yang namanya contact lens solution. Seperti halnya tetes mata yang berfungsi untuk mengatasi iritasi dan membersihkan mata, benda ini adalah cairan yang berguna untuk membersihkan dan mendesinfeksi softlens sebelum dan sesudah digunakan. Cairan ini juga diperlukan untuk menyimpan softlens di dalam tempat, karena softlens tidak boleh disimpan dalam keadaan kering.

Makanya, keberadaan cairan ini tidak bisa dilepaskan dari para pengguna softlens. Akan tetapi, sebelum membeli, ketahuilah terlebih dahulu bahwa ada beberapa jenis contact lens solution. Berikut adalah macam-macam cairan softlens yang ada di pasaran yang telah dirangkum oleh Kamini.

Jenis Cairan Softlens

1. Multipurpose Solution

Multipurpose Solution bio true

Yang pertama adalah Multipurpose Solution. Dari namanya mungkin sudah bisa ditebak, kalau cairan ini serbaguna, bisa dipakai sebagai apa saja, mulai dari membersihkan, mendesinfeksi, hingga menyimpan softlens. Cairan ini paling populer dan paling banyak ada di pasaran karena kepraktisannya. Kamu tidak perlu membeli cairan pembersih dan penyimpan softlens secara terpisah lagi.

2. Hydrogen Peroxide Solution

Hydrogen Peroxide Solution

Yang kedua ada Hydrogen Peroxide Solution. Cairan ini bekerja untuk membersihkan dan mendesinfeksi lensa kontak, tidak bisa untuk menyimpan. Tipe cairan softlens ini biasanya dianjurkan untuk orang yang matanya sensitif terhadap bahan pengawet pada cairan softlens lainnya.

Ketika mencuci softlens dengan cairan hidrogen peroksida, kamu tidak bisa langsung menggunakannya ke mata, karena bahan kimianya dapat membuat iritasi. Bereskan rangkaian proses desinfeksi dan penetralan sebelum menggunakan softlens. Hydrogen Peroxide Solution hadir dengan botol pembersih khusus (lihat botol mungil di samping cairan).

Botol pembersih ini biasanya terbagi menjadi dua bagian, satu untuk mendesinfeksi dan satu lagi untuk menetralisir. Agak ribet memang, tapi kalau kamu peduli dengan kebersihan sesuatu yang ditempelkan pada organ penglihatanmu, maka cairan hidrogen peroksida ini bisa kamu pertimbangkan.

3. Saline Solution

Saline Solution merk cairan softlens terbaik

Selanjutnya ada Saline Solution. Cairan ini tidak bisa dipakai sebagai disinfektan, karena fungsinya hanya untuk membilas lensa kontak yang sudah dibersihkan dan didesinfeksi dengan larutan lainnya. Contohnya, lensa kontak pertama-tama dibersihkan dengan cairan hidrogen peroksida, setelah itu dinetralkan kembali menggunakan saline solution. Diskusikan dengan dokter mata apakah kamu membutuhkan cairan saline ini atau tidak.

4. Daily Cleaner

Daily Cleaner

Jenis cairan softlens yang selanjutnya adalah Daily Cleaner. Sesuai namanya, cairan ini berfungsi sebagai pembersih, bukan disinfektan. Fungsinya adalah untuk mengendurkan dan menghilangkan endapan serta puing-puing kotoran dari lensa kontak. Cara menggunakannya, tuangkan daily cleaner ke telapak tangan secukupnya, lalu gosok kedua sisi lensa kontak dengan lembut.

Cairan ini tidak bisa melengkapi kebutuhan kesterilan lensa kontak, sehingga kamu masih membutuhkan cairan lainnya seperti multipurpose solution untuk mendesinfektan dan membasuh lensa kontak setelah dibersihkan menggunakan daily cleaner. Cairan multipurpose solution juga dibutuhkan untuk menyimpan lensa kontak di tempatnya.

5. Enzymatic Protein Remover

Enzymatic Protein Remover

Enzymatic Protein Remover membersihkan benda-benda yang menumpuk di lensa kontak dari waktu ke waktu. Tentu penumpukan benda ini tak bisa kamu lihat dengan kasat mata, tapi sesungguhnya mereka ada di sana dan dapat mengganggu. Banyaknya benda yang menumpuk tergantung dari jenis lensa kontak yang kamu gunakan.

Pembersih enzymatic protein remover ini tersedia dalam bentuk cair dan tablet. Digunakan sehari-hari atau mingguan, tergantung keterangan yang ada pada kemasan enzymatic protein remover. Tanyakan dokter matamu sebelum menggunakan pembersih ini, ya.

6. Rigid Gas Permeable (RGP) Care System

Rigid Gas Permeable (RGP) Care System

Jenis cairan pembersih softlens yang terakhir adalah Rigid Gas Permeable (RGP) Care System. Jadi, lensa kontak juga sebenarnya ada dua jenis, yaitu yang lembut (softlens) dan yang keras (Rigid gas permeable lens—RGP atau GP lens). Lensa kontak rigid ini menggantikan bentuk alami kornea mata dengan permukaan pembiasan baru.

Lensa kontak kaku berbentuk bulat ini berguna untuk memberikan tingkat penglihatan yang lebih baik pada orang yang memiliki astigmatisme atau bentuk kornea terdistorsi seperti keratoconus. Para penggunanya membutuhkan periode adaptasi sebelum merasa nyaman menggunakan lensa kontak ini, karena teksturnya sangat berbeda dengan softlens yang selama ini lebih dikenal.

Lensa kontak rigid yang keras berbeda cara perawatannya dengan softlens. Lensa kontak keras memerlukan beberapa cairan berbeda untuk membasahi, membersihkan, dan mendesinfeksi. Jika kamu memakai lensa kontak keras, bicarakan dengan dokter mata tentang sistem perawatan mana yang terbaik. Jangan pernah menggunakan produk perawatan lensa kontak keras pada lensa kontak lunak, ya.

Nah, itulah beberapa jenis cairan softlens yang ada di pasaran. Ternyata ada banyak juga macamnya, ya? Jadi, sesuaikanlah cairan dengan softlens yang kamu kenakan dan kebutuhan yang diperlukan. Bicaralah dengan penyedia perawatan mata atau dokter mata mengenai softlens dan cairan yang paling pas buatmu. Sekarang, mari ketahui 10 merk cairan softlens yang paling bagus menurut Kamini.

12 Merk Cairan Softens Terbaik

1. X2 Bio HA Multi-Purpose Contact Lens Solution

  • Jenis: Multipurpose solution
  • Ukuran: 100 mL
  • Benefit:
    • Membersihkan dan membilas kotoran lemak, air mata, dan garan organik dari softlens
    • Mematikan kuman dan bakteri pada softlens
    • Bisa digunakan sebagai cairan penyimpan softlens
  • Cara pemakaian:
    • Cuci tangan menggunakan sabun dan air, kemudian keringkan menggunakan handuk lint-free
    • Bilas secara menyeluruh tiap sisi lensa dengan cairan selama 5 detik
    • Tempatkan lensa kontak tang bersih pada wadah lensa, kemudian isi dnegan cairan
    • Rendam minimal 6 jam, ingat selalu untuk menggunakan larutan yang fresh
    • Lihat pentunjuk selengkapnya pada kemasan

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cairan X2 Bio Multi-Purpose Solution HA ini bukan hanya berfungsi membersihkan softlens atau lensa kontak dari protein, lemak, kotoran, dan garam anorganik yang terdapat pada mata dan mengontaminasi softlens. Akan tetapi, cairan ini juga bisa membunuh banyak mikroorganisme karena juga bersifat desinfektan.

Tak hanya sebagai cairan pembersih, produk ini juga bisa digunakan untuk menyimpan softlens agar tetap steril dan higienis. Meski demikian, sebaiknya X2 Bio HA tidak digunakan pada pemilik mata sensitif. Produk ini hanya cocok digunakan pemilik mata normal. Walaupun begitu, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

2. Complete Multi-Purpose Solution

merk cairan softlens terbaik_complete mps (Copy)

  • Jenis: Multipurpose solution
  • Ukuran: 350 mL
  • Benefit:
    • Membersihkan, men-disinfkesi dan membilas softlens
    • Dapat digunakan sebagai cairan penyimpan softlens
  • Cara pemakaian:
    • Bersihkan tangan dengan sabun dan air lalu keringkan menggunakan handuk lint-free
    • Sebelum menggunakan lensa kontak, bilas setiap sisi lensa menggunakan cairan ini selama 5 detik
    • Bilas dan rendam untuk disinfeksi yang efektif
    • Setelah melepas lensa kontak: cuci tangan dengan sabun dan keringkan menggunakan handuk lint-free. Lalu tempatkan 3 tetes atau lebih cairan pada lensa dan gosokkan lensa secara lembut dari tengah ke pinggir selama minimal 10 detik. Kemudian bilas setiap sisi lensa selama 5 detik dan rendam. Tempakan lensa pada wadah yang telah berisi cairan bila ingin disimpan.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Nah, kalau yang satu ini memiliki formula yang lembut untuk mata. Semua protein dan kotoran akan terangkat sempurna dari softlens hanya dengan mencelupkannya pada cairan ini. Sungguh berbeda dengan klaimnya sebagai Multipurpose Solution (MPS).

Sebab, biasanya membersihkan softlens menggunakan MPS memerlukan penggosokan khusus agar semua kotoran dan protein yang mengontaminasi terangkat. Sebagai cairan serbaguna produk ini memang berperan sekaligus dalam membersikan, desinfeksi, membilas, juga sebagai cairan penyimpan kontak lens. Serbaguna bukan?

3. Opti-Free Puremoist

Opti-Free Puremoist Multi-Purpose Contact Lens Solution

  • Jenis: Multipurpose solution
  • Ukuran: 300 mL
  • Benefit:
    • Membersihkan, men-desdinfeksi, membilas softlens
    • Sebagai larutan penyimpan softlens
    • Menjaga mata terhidrasi dan nyaman
  • Cara pemakaian:
    • Cuci tangan terlebih dahulu lalu keringkan
    • Isi wadah lensa kontak dengan cairan
    • Basahi tiap sisi lensa kontak dengan cairan
    • Gosok perlahan tiap lensa menggunakan jari yang bersih selama 20 detik
    • Bilas tiap sisi dari lensa selama 10 detik dengan aliran cairan
    • Tempatkan lensa pada wadah, tutup rapat, biarkan semalaman atau setidaknya 6 jam

Cek harga di Shopee

Cek harga di Lazada

Merk cairan softlens terbaik lainnya adalah Opti-Free Puremoist Multi-Purpose Contact Lens Solution. Cairan ini dibuat dari HydraGlyde® Moisture Matrix yang menciptakan bantalan antara lensa kontak dan kornea, menjaga matamu terhidrasi dan nyaman sepanjang hari.

Cairan ini juga dilengkapi dengan sistem disinfektan ganda Polyquad® dan Aldox® untuk menyingkirkan mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi mata. Opti-Free Puremoist Multi-Purpose Solution bagus digunakan untuk lensa hidrogel silikon. Kamu dapat membeli cairan ini secara online.

4. AOSept Plus

merk cairan softlens terbaik_AOSept Plus (Copy)

  • Jenis: Hydrogen peroxide-based
  • Ukuran: 360 mL
  • Benefit:
    • Membunuh kuman dan mikroorganisme pada softlens
    • Meningkatkan keterbasahan softlens
    • Produk bebas dari pengawet
  • Cara pemakaian:
    • Cuci tangan terlebih dahulu lalu keringkan
    • Isi wadah lensa kontak dengan cairan
    • Tempatkan lensa pada wadah khusus pembersih lensa atau langsung basahi tiap sisi lensa kontak dengan cairan
    • Bilas tiap sisi dari lensa selama 10 detik dengan aliran cairan
    • Tempatkan lensa pada wadah, tutup rapat, biarkan semalaman atau setidaknya 6 jam
    • Lensa dapat langsung digunakan keesokan harinya

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merupakan larutan hydrogen peroxide-based, kekuatan AOSept Plus dalam membersihkan softlens bisa dibilang sangat baik dan unggul. Produk ini juga diklaim telah mengandung HydraGlyde Mositure Matrix yang merupakan teknologi dalam meningkatkan wettability (keterbasahan softlens) sehingga tak mudah kering. AOSept Plus juga menggunakan 3 aksi pembersihan yang menjamin softlens bersih dan steril. Produk ini juga konon bebas dari pengawet, lho.

Tapi perlu dicatat ya, larutan hydrogen peroxide-based system sebaiknya tidak digunakan untuk membilas softlens. Karena beresiko menyebabkan mata merah dan iritasi. Sebaiknya sebelum mengaplikasikan softlens pada mata, kamu membilasnya terlebih dahulu menggunakan larutan saline.

5. Bausch + Lomb Biotrue Multipurpose Solution

Bausch + Lomb Biotrue Multi-Purpose Solution

  • Jenis: Multipurpose solution
  • Ukuran: 60 mL, 300 mL
  • Benefit:
    • Membersihkan, men-disinfkesi dan membilas softlens
    • Dapat digunakan sebagai cairan penyimpan softlens
    • Menghidrasi lensa kontak
    • Kerja disinfektan ganda dalam membunuh kuman dan bakteri
  • Cara pemakaian:
    • Cuci tangan menggunakan sabun dan air, kemudian keringkan menggunakan handuk lint-free
    • Tempatkan minimal 3 tetes cairan pada tiap sisi lensa kontak dan gosok perlahan selama 20 detik
    • Bilas secara menyeluruh tiap sisi lensa dengan cairan selama 5 detik
    • Tempatkan lensa kontak tang bersih pada wadah lensa, kemudian isi dengan cairan
    • Rendam minimal 4 jam, ingat selalu untuk menggunakan larutan yang fresh

Cek harga di Shopee

Cek harga di Lazada

Bausch + Lomb Biotrue Multi-Purpose Solution bekerja seperti mata alami. Menggunakan softlens dapat menjadi berat, apalagi kalau dipakainya setiap hari. Dengan Biotrue Multi-Purpose Solution, memakai lensa kontak menjadi terasa menyenangkan. Cairan softlens ini mengandung contains hyaluronan (HA) yang bekerja dengan menghidrasi lensa kontak dengan cara yang sama seperti cara matamu menghidrasi secara alami.

Cairan softlens Biotrue ini memiliki tingkat pH yang sama seperti air mata sehat, sehingga memungkinkan kinerja optimal dari disinfektan ganda.

6. BC Be Seen All-in-One Solution

merk cairan softlens terbaik_BC Be Seen Softlens Solution (Copy)

 

  • Jenis: Multipurpose solution
  • Ukuran: 80 mL, 120 mL
  • Benefit:
    • Membersihkan, men-disinfkesi dan membilas softlens
    • Dapat digunakan sebagai cairan penyimpan softlens
    • Memberikan kelembaban pada softlens
    • Tahan terhadap lemak dan minyak yang tertimbun
  • Cara pemakaian:
    • Cuci tangan menggunakan sabun dan air, kemudian keringkan menggunakan handuk lint-free
    • Bilas secara menyeluruh tiap sisi lensa dengan cairan selama 5 detik
    • Tempatkan lensa kontak tang bersih pada wadah lensa, kemudian isi dengan cairan
    • Rendam minimal 6 jam atau semalaman, ingat selalu untuk menggunakan larutan yang fresh
    • Lihat pentunjuk selengkapnya pada kemasan

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merk cairan softlens terbaik berjenis MPS lain yang bisa kamu pilih adalah BC Be Seen Softlens Solution. Cairan serbaguna ini menggunakan Hidroksipropil Metilselulosa (HPMC) dalam formulasinya yang mana mampu memberikan kelembaban pada softlens juga bersifat tahan terhadap lemak dan minyak.

Sehingga larutan ini akan sangat baik dalam membersihkan protein, debu, dan kotoran yang menempel pada softlens. Tentu saja kuman juga akan tuntas oleh larutan ini. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi pemakaiannya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

7. ICE Contact Lens Solution

merk cairan softlens terbaik_Ice Softlens Solution (Copy)

  • Jenis: Multipurpose solution
  • Ukuran: 60 mL, 120 mL
  • Benefit:
    • Membersihkan, men-disinfkesi dan membilas softlens
    • Dapat digunakan sebagai cairan penyimpan softlens
    • Mencegah mata kekeringan, kelelahan, dan iritasi
  • Cara pemakaian:
    • Cuci tangan menggunakan sabun dan air, kemudian keringkan menggunakan handuk lint-free
    • Bilas secara menyeluruh tiap sisi lensa dengan cairan selama 5 detik
    • Tempatkan lensa kontak tang bersih pada wadah lensa, kemudian isi dnegan cairan
    • Rendam minimal 6 jam, ingat selalu untuk menggunakan larutan yang fresh
    • Lihat pentunjuk selengkapnya pada kemasan

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mencari cairan soflens berjenis MPS dengan harga terjangkau? Jawabnnya adalah ICE Contact Lens Solution. Dan walau harganya ramah, produk ini tidak bisa diremehkan dari sisi kualitas. Karena produk ini diklaim mengandung pro vitamin B5 dalam formulasinya.

Pro vitamin B5 sangatlah baik dalam menunjang kesehatan mata. Saat digunakan pada softlens, pro vitamin B5 akan berperan dalam mencegah mata dari kekeringan dan iritasi. Bahkan mata kelelahan juga akan dicegah dengan kandungan pro vitamin B5 ini. Hebat sekali, bukan?

8. a+ Multipurpose Solution

merk cairan softlens terbaik_a+ Multipurpose Solution for All Soft Contact Lenses (Copy)

  • Jenis: Multipurpose solution
  • Ukuran: 100 mL
  • Benefit:
    • Membersihkan, men-disinfkesi dan membilas softlens
    • Dapat digunakan sebagai cairan penyimpan softlens
    • Halal
  • Cara pemakaian:
    • Cuci tangan menggunakan sabun dan air, kemudian keringkan menggunakan handuk lint-free
    • Bilas secara menyeluruh tiap sisi lensa dengan cairan selama 5 detik
    • Tempatkan lensa kontak tang bersih pada wadah lensa, kemudian isi dnegan cairan
    • Rendam minimal 6 jam, ingat selalu untuk menggunakan larutan yang fresh
    • Lihat pentunjuk selengkapnya pada kemasan

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cairan pembersih softlens satu ini juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau dengan kualitas yang tentu saja tidak murahan. Hadir sebagai multipurpose solution, produk ini dapat membersihkan, men-disinfeksi, membasahi kembali, menyimpan dan membilas softlens sekaligus. Jadi kamu tak perlu repot-repot menggunakan larutan lain jika menjadikan produk ini sebagai pemebrsih softlens. Produk ini juga telah mendapati setifikasi halal MUI, lho.

9. Bausch + Lomb Re-Nu Fresh for Colour

merk cairan softlens terbaik_Bausch + Lomb Renu Fresh Colour (Copy)

  • Jenis: Multipurpose solution
  • Ukuran: 355 mL
  • Benefit:
    • Membersihkan, men-disinfkesi dan membilas softlens
    • Dapat digunakan sebagai cairan penyimpan softlens
    • Sangat cocok digunakan softlens berwarna
  • Cara pemakaian:
    • Cuci tangan menggunakan sabun dan air, kemudian keringkan menggunakan handuk lint-free
    • Tempatkan minimal 3 tetes cairan pada tiap sisi lensa kontak dan gosok perlahan selama 20 detik
    • Bilas secara menyeluruh tiap sisi lensa dengan cairan selama 5 detik
    • Tempatkan lensa kontak tang bersih pada wadah lensa, kemudian isi dengan cairan
    • Rendam minimal 4 jam, ingat selalu untuk menggunakan larutan yang fresh

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Untuk kamu penggemar softlens berwarna, sebaiknya kamu memilih pemebrsih softlens yang memang khusus direkomendasikan untuk softlens warna. Contohnya seperti produk dari Bausch + Lomb ini. Ranu Fresh Color adalah pembersih softlens yang sudah teruji secara klinis dapat membersihkan sekaligus menjada softlens warna dengan efektif.

Produk ini memiliki teknologi dual desinfektan yang berasal dari Polyhexamethylene biguanide (PHMB) dengan sifat antibakteri juga antivirus, serta Para-Aminobenzoic Acid yang disebut-sebut memiliki potensi mengobati infeksi mata akibat herpes. Bukan itu saja, produk ini juga diklaim dapat menjaga kelembaban dan meningkatkan kenyamanan softlens.

Produk ini juga mengadaptasi enzymatic protein remover karena mengandung enzim protease yang bisa mengangkat sisa protein dan kotoran yang terakumulasi pada softlens bila disimpan dalam jangka waktu lama. Keren sekali!

10. Avizor Aquasoft Comfort

merk cairan softlens terbaik_Aquasoft Comfort (Copy)

  • Jenis: Enzymatic protein remover
  • Ukuran: 350 mL
  • Benefit:
    • Membersihkan, men-desinfkesi dan membilas softlens
    • Dapat digunakan sebagai cairan penyimpan softlens
    • Bisa digunakan untuk semua tipe lensa kontak
  • Cara pemakaian:
    • Cuci tangan menggunakan sabun dan air, kemudian keringkan menggunakan handuk lint-free
    • Bilas secara menyeluruh tiap sisi lensa dengan cairan selama 5 detik
    • Tempatkan lensa kontak tang bersih pada wadah lensa, kemudian isi dnegan cairan
    • Rendam minimal 6 jam, ingat selalu untuk menggunakan larutan yang fresh
    • Lihat pentunjuk selengkapnya pada kemasan

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Brand AVIZOR juga memilik merk cairan softlens terbaik mereka, yaitu Aquasoft Comfort. Cairan ini bahkan bisa digunakan untuk membersihkan debu, lemak dan protein pada semua jenis softlens. Baik softlens bening, berwarna, hingga softlens hydrogel-based. Kamu juga dapat menyimpan softlens dengan cairan ini.

Akan tetapi, produk ini tidak memiliki kemampuan desinfeksi untuk menghilangkan kuman. Jadi kamu harus menggunakan larutan desinfektan softlens terpisah bila memilih produk ini.

11. Nitilens All-in-one

merk cairan softlens terbaik_Nitilens All-in-one (Copy)

  • Jenis: Multipurpose solution
  • Ukuran: 350 mL
  • Benefit:
    • Membersihkan, men-disinfkesi dan membilas softlens
    • Dapat digunakan sebagai cairan penyimpan softlens
    • menghilangkan tumpukan lemak pada softlens
  • Cara pemakaian:
    • Cuci tangan menggunakan sabun dan air, kemudian keringkan menggunakan handuk lint-free
    • Bilas secara menyeluruh tiap sisi lensa dengan cairan selama 5 detik
    • Tempatkan lensa kontak tang bersih pada wadah lensa, kemudian isi dnegan cairan
    • Rendam minimal 6 jam, ingat selalu untuk menggunakan larutan yang fresh
    • Lihat pentunjuk selengkapnya pada kemasan

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sesuai dengan namanya, Nitilens All-in-One ini berjenis multipurpose solution yang bisa digunakan dari mulai membersihkan, men-disinfeksi, menyimpan dan membilas softlens milikmu. Produk ini juga telah dilengkapi sengan protein remover yang mengandung partikel untuk menghilangkan tumpukan lemak pada softlens.

12. FreshKon Clear Refreshing Drops

merk cairan softlens terbaik_FreshKon Clear (Copy)

  • Jenis: Multipurpose solution
  • Ukuran: 10 mL
  • Benefit:
    • Membersihkan, men-disinfkesi dan membilas softlens
    • Dapat digunakan sebagai cairan penyimpan softlens
    • Membuat permukaan softlens tetap lembut dan lembab
  • Cara pemakaian:
    • Cuci tangan menggunakan sabun dan air, kemudian keringkan menggunakan handuk lint-free
    • Bilas secara menyeluruh tiap sisi lensa dengan cairan selama 5 detik
    • Tempatkan lensa kontak tang bersih pada wadah lensa, kemudian isi dnegan cairan
    • Rendam minimal 6 jam, ingat selalu untuk menggunakan larutan yang fresh
    • Lihat pentunjuk selengkapnya pada kemasan

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Multipuprose solution dengan merk Fresh Clear ini juga merupakan salah satu cairan softlens tebaik karena dapat membersihkan, membersihkan protein dan lemak, mendesinfeksi, dan menyimpan berbagai jenis softlens. Tak terkecuali softlens silicone hydrogelbased. Produk ini juga mengangdung HPMC yang membuat permukaan softlens tetap lembut dan lembab sehingga akan terasa tetap nyaman ketika digunakan pada mata.

Nah, itulah beberapa macam cairan pembersih softlens serta merk yang rekomenditnya. Ternyata ada banyak sekali tipe cairan pembersih, ya? Semuanya berbeda tergantung fungsi dan mau dipakai pada softlens jenis apa. Pilihlah cairan yang paling pas dengan kebutuhanmu. Untuk kamu yang ingin membeli softlens buarkualitas, cari tahu rekomendasinya di artikel 10 Merk Softlens Terbaik ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *