Kamini.id / Gigi / 10 Merk Dental Floss Terbaik untuk Membersihkan Sela Gigi

10 Merk Dental Floss Terbaik untuk Membersihkan Sela Gigi

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memelihara kebersihan rongga mulut, tak hanya dilakukan dengan gosok gigi saja. Ada langkah-langkah lain yang bisa dilakukan, seperti berkumur menggunakan mouthwash kemudian dilanjutkan dengan menggunakan dental floss untuk membersihkan sela gigi.

Membersihkan sela gigi diperlukan agar sisa makanan tak berubah menjadi plak bahkan membuat lubang pada gigi. Namun memilih dental floss pun tak bisa sembarang. Kamu perlu mengetahui jenis dental floss yang beredar di pasaran lalu memilih merk yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Bentuk Dental Floss

Bentuk Dental Floss

Pada dasarnya, dental floss memiliki dua bentuk, yaitu bentuk bertangkai dan tidak bertangkai. Bentuk dental floss bertangkai memiliki bentuk F dan Y. Keduanya paling cocok digunakan untuk pemula. Bentuk F ini bisa digunakan untuk membersihkan gigi bagian depan. Nah, kalau ingin membersihkan gigi bagian belakang, paling pas dengan bentuk Y.

Sedangkan dental floss tidak bertangkai bisa kamu gunakan bila sudah ahli menggunakannya. Nah, ada tiga jenis dental floss tidak bertangkai. Pertama yang dilapisi lilin. Kegunaannya agar benang lebih licin dan dapat meluncur di sela gigi lebih mudah serta tidak mudah putus. Kalau gigimu cukup rapat, bisa memilih dental floss tidak bertangkai yang dilapisi lilin.

Kedua adalah berjenis expanding. Kalau kamu memiliki struktur gigi berjarak, bisa menggunakan dental floss satu ini. Pasalnya benangnya akan membesar saat terkena air liur. Namun kalau kamu punya struktur gigi yang rapat, sebaiknya tidak memilih jenis expanding.

Ketiga yaitu dental floss tak bertangkai dan tak dilapisi lilin. Jenis ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan sekaligus membersihkan plak gigi secara maksimal daripada yang dilapisi lilin. Jenis ini paling sering kamu temukan di dokter gigi, lho.

Merk Dental floss Terbaik

Setelah mengetahui bentuk dental floss sekaligus jenis-jenisnya, berarti sudah tahu mana yang kamu butuhkan, kan? Saatnya melihat merk-merk dental floss yang ada agar kebersihan gigi kamu lebih maksimal, senyum makin cemerlang, percaya diri pun meningkat.

1. Young Living Thieves Dental Floss

Young Living Thieves Dental Floss

Cek Harga di Shopee

Young Living adalah merk terkenal yang mengeluarkan minyak essensial. Ada berbagai jenis minyak essensial yang dikeluarkan Young Living untuk membantu menyemarakkan hidup kamu. Dengan kekhasan merk, ia pun mengeluarkan produk berupa dental floss dengan minyak essensial.

Young Living Dental floss merupakan benang gigi yang dilapisi dengan bahan lemon, rosemary, kayu manis, cengkeh sampai Eucalyptus radiata. Fungsinya untuk memberikan kesegaran pada mulut tanpa bahan kimia. Bahan alaminya sendiri pun memang cocok untuk kebersihan mulut sehingga nafas menjadi lebih segar dan benangnya tak mudah putus.

2. Listerine Gentle Gum Care

Listerine Gentle Gum Care

Listerine sudah terkenal dengan merk mouthwash andalan. Ia memang mengeluarkan berbagai jenis mouthwash dengan kebutuhan berbeda-beda. Ternyata, Listerine juga mengeluarkan dental floss bernama Listerin Gentle Gum Care.

Jenisnya tanpa tangkai dengan benang bertekstur lembut serta aman untuk gusi. Nah, kalau kamu memiliki gigi sensitif, sering berdarah maupun terluka saat menggunakan dental floss, bisa memilih produk satu ini.

Ada aroma mint disematkan pada produk membuat rongga mulut terasa segar, sekaligus kandungan kayu manis yang bagus untuk gigi. Kamu bisa menggunakan dental floss ini untuk seluruh keluarga, termasuk si kecil. Namun tetap awasi penggunaannya, ya.

3. Oral-B Essential Floss

Oral-B Essential Floss

Cek Harga di Shopee

Kalau kamu mencari dental floss yang dilapisi lilin sekaligus mampu mengangkat plak bandel, bisa mencoba Oral-B Essential Gloss. Ini karena Oral-B Essential Floss memiliki tekstur anti-shred yang bisa mengangkat plak bandel. Selain itu benangnya cukup kuat serta nyaman digunakan.

Menariknya ada aroma mint disematkan pada produk ini. Jadi setelah menggunakannya, rongga mulut akan terasa lebih segar. Dalam satu produk ini ada benang sepanjang 50 meter yang siap digunakan dalam waktu lama. Tentu akan lebih hemat, bukan?

4. Watsons Charcoal Flat Thread Dental Floss

Watsons Charcoal Flat Thread Dental Floss

Cek Harga di Shopee

Beberapa dari kamu mungkin senang membeli kosmetik, obat, ataupun produk kesehatan lain di Watsons. Tapi tahukah kamu bahwa Watsons memiliki berbagai produk dari merk sendiri? Salah satunya adalah dental floss. Watsons Charcoal Flat Thread Dental Floss memiliki kandungan arang aktif.

Arang aktif pada dental floss ini berguna sebagai pembersih serta penghilang bau mulut. Apalagi bila kamu perokok, suka minum teh dan kopi, ataupun gigi kuning pada sela gigi sudah cocok menggunakan dental floss satu ini. Selain itu, arang aktif ini bisa mencegah kerusakan gigi dan gusi, menyegarkan mulut, sampai menyeimbangkan kadar keasaman pada mulut.

5. Gum Expanding Floss

Gum Expanding Floss

Cek Harga di Shopee

Salah satu jenis dental floss yang bisa digunakan adalah berbentuk expanding. Bentuk ini bisa kamu temukan pada Gum Expanding Floss. Dental floss ini bisa membesar saat terkena air liur untuk membersihkan sela gigi yang kurang rapat ataupun gigi implan.

6. CharMi Dental Floss & Tooth Pick Art 188

CharMi Dental Floss & Tooth Pick Art 188

Cek Harga di Shopee

Bila kamu mencari dental floss yang memiliki kegunaan lain, bisa memilih CharMi Dental Floss & Tooth Pick Art 188. Produk satu ini memiliki bentuk dental floss bertangkai F dengan harga terjangkau. Selain membersihkan sela gigi, ujung satunya bisa kamu gunakan sebagai tusuk gigi. Cukup multifungsi, ya.

7. Century Value Dental Floss Toothpick

Century Value Dental Floss Toothpick

Cek Harga di Shopee

Century Value Dental Floss Toothpick bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang mencari benang gigi sekaligus tusuk gigi pada satu produk. Desain produknya merupakan kombinasi benang dan ujung lancip ramping seperti tusuk gigi. Ini cocok sekali digunakan untuk kamu yang masih belum terbiasa menggunakan dental floss.

Kemasannya ekonomis dan bisa dibawa kemana pun di dalam tas. Selain itu satu kotak berisi 50 buah yang bisa ditutup. Dijamin plak gigi maupun kotoran bisa terangkat maksimal menggunakan Century Value Dental Floss Toothpick.

8. Jordan Dental Floss

Jordan Dental Floss

Cek Harga di Shopee

Cari dental floss travel friendly? Jordan Dental Floss jawabannya! Jordan merupakan merk dental floss yang mengeluarkan banyak varian benang gigi. Varian ini disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa diantaranya adalah Expand Floss untuk gigi jarang karena benangnya bisa membesar bila terkena air liur. Benang ini juga sudah dilumuri lilin dan juga ada sensasi rasa mint dan fluoride.

Kemudian ada Whitening Dental floss. Dental floss keluaran Jordan satu ini tak hanya bisa membersihkan makanan di sela gigi tetapi juga memutihkan! Ada rasa mint, fluoride dan xylitol di dalamnya sekaligus ditambah dengan bahan yang efektif melawan tartar pada gigi.

Selanjutnya ada Easy Slide Floss yang diperuntukkan untuk gigi bergigi rapat, ada lagi Everyday Floss untuk semua jarak gigi yang ada dan bisa digunakan setiap hari. Ada lagi 3-in-1 Flosser yang memiliki bentuk F dengan kegunaan sebagai pembersih plak, tusuk gigi, sekaligus pembersih lidah.

Jenis Brace Floss dikeluarkan Jordan untuk pengguna behel. Bila gigi kamu mengalami cavities, perlu memilih Easy Reach Flosser. Kalau ingin penggunaan yang lebih mudah bisa memilih Easy Clean Flosser. Bahkan Jordan mengeluarkan benang gigi untuk anak-anak yang diberi nama Kids’ Flosser.

9. Colgate Total

Colgate Total

Cek Harga di Shopee

Merk yang sudah terkenal akan produk kebersihan mulut, yaitu Colgate mengeluarkan produk berjenis dental floss bernama Colgate Total. Ada empat varian dari Colgate Total, yaitu Colgate Total Mint Waxed Dental Floss yang bisa menghilangkan plak karena tartar, dilindungi oleh lilin sehingga bisa membuat benang masuk ke sela gigi dengan mudah, ditambah dengan mint untuk menyegarkan mulut dengan panjang benang 100 meter.

Selanjutnya ada Colgate Total Tartar Control Dental Floss. Produk ini mirip dengan Colgate Total Mint Waxed Dental Floss dari kegunaan, hanya saja tidak mengandung mint dan panjang benang 25 meter.

Bila kamu tak merokok tapi memiliki plak karena konsumsi sehari-hari, bisa menggunakan Colgate Total Waxed Dental Floss. Produk ini juga diselimuti oleh lilin agar proses pembersihan lebih lancar. Selanjutnya ada Colgate Total Charcoal Dental Floss yang mengandung bamboo charcoal. Benang gigi ini bisa mengurangi tooth decay sekaligus melindungi gusi, dan membersihkan plak di antara gigi maupun diatas gusi.

10. Pearlie White FlossCare

Pearlie White FlossCare

Cek Harga di Shopee

Pearlie White adalah merk negeri Singapura yang mengeluarkan dental floss. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih pada merk satu ini. Tiap produknya memiliki antibakteri, fluoride, whitening serta kandungan rasa mint untuk membuat rongga mulut lebih segar. Pertama adalah Pearlie White FlossCare Classic yang memiliki panjang benang 100 meter atau 200 meter serta mengandung shred-resistant.

Kalau mencari dental floss keluaran Pearlie White untuk gigi rapat bisa memilih Pearlie White FlossCare Plus. Benang giginya bisa membersihkan dengan lembut dan mudah di sela gigi sekaligus nyaman. Selanjutnya ada Pearlie White FlossCare Hi-Tech untuk kamu yang memiliki gigi dengan jarak cukup besar.

Setelah mengetahui rekomendasi dental floss, tak ada alasan untuk tak membersihkan gigi secara maksimal dan menyeluruh. Kira-kira merk dental floss mana yang akan kamu pilih? Yuk, bagikan pilihanmu di kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *