8 Merk Exfoliating Toner Lokal untuk Membersihkan Kulit

Proses regenerasi sel kulit yang melambat dimana sel-sel kulit mati menumpuk merupakan trigger dari berbagai macam permasalahan seperti kusam, komedo, jerawat, pori-pori yang terlihat besar, tekstur yang kasar serta penyerapan produk skincare pun menjadi tidak maksimal.

Maka dari itu, eksfoliasi atau mekanisme untuk mempercepat proses peluruhan sel-sel kulit mati merupakan tahapan skincare yang sangat penting. Salah satu cara efektif untuk mengeksfoliasi kulit adalah dengan menggunakan chemical exfoliator yang biasanya berbentuk toner ataupun serum dengan kandungan AHA, BHA dan PHA.

Perbedaan AHA, BHA dan PHA

Perbedaan AHA, BHA dan PHA

AHA atau Alpha Hidroxy Acid yang bekerja untuk mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit. Beberapa jenis AHA dapat mendorong natural moisturizing factors yang artinya ia mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Maka dari itu, AHA lebih sering disarankan untuk kulit kering. Lalu, ia juga bagus untuk mengurangi tanda kerusakan yang disebabkan oleh matahari dan meratakan warna kulit.

BHA (Beta Hydroxy Acids) memiliki sifat oil-soluble atau larut dalam minyak, yang artinya ia dapat melakukan penetrasi ke lapisan kulit dalam.  Maka dari itu, BHA dapat bekerja di permukaan kulit sekaligus di dalam pori-pori untuk mengangkat kotoran dan minyak yang ada di dalamnya.

Selain itu, BHA juga dilengkapi dengan anti inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada jerawat. Hal tersebut membuat BHA cenderung cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

PHA atau Poly Hydroxy Acids ini memiliki mekanisme yang kurang lebih mirip dengan AHA, namun ia memiliki partikel yang lebih besar dari AHA. Karenanya, PHA terasa lebih ringan dan lembut di kulit serta cenderung tidak menimbulkan iritasi. Maka dari itu, PHA dapat digunakan untuk kulit sensitif.

Merk Exfolioting Toner yang Bagus

Nah, bagi pemula yang baru dalam dunia chemical exfoliator disarankan untuk menggunakan exfoliating toner, karena kadar kandungan acid dalam toner cenderung lebih mild dari pada serum.

Selain brand skincare luar, beberapa produsen skincare lokal juga turut memproduksi exfoliating toner yang tak kalah bagus dari brand luar lainnya. Lalu, merk skincare lokal apa saja yang menyajikan produk exfoliating toner? Berikut ini, kami sudah merangkum 8 merk exfoliating toner lokal yang dapat dijadikan referensi. Penasaran apa saja? Yuk kita simak ulasan lengkapnya!

1. Avoskin Miraculous Refining Toner

Avoskin Miraculous Refining Toner

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Avoskin Miraculous Refining Toner merupakan produk exfoliating toner yang mengandalkan 3 kandungan acids yakni 5%AHA, 1% BHA dan 2% PHA sebagai exfoliator-nya.

Selain ketiga acids tersebut, exfoliating toner Avoskin juga diperkaya dengan beberapa kandungan lain seperti niacinamide, tea tree dan witch hazel. Ketiga kandungan itu terkenal akan kemampuannya untuk membantu menumpaskan jerawat.

Tidak hanya bagus untuk jerawat, niacinamide juga dapat membantu kulit menjadi tampak lebih cerah dan menyamarkan hiperpigmentasi. Sedangkan, ekstrak aloe vera disini bertugas untuk menjaga kelembapan pada kulit.

Diantara exfoliating toner yang ada dalam list ini, Avoskin memiliki kadar acid yang paling tinggi. Jadi, Avoskin ini bisa menjadi pilihan bagi yang mencari merk exfoliating toner yang cukup poten dan juga bagus untuk mengatasi jerawat. Untuk yang tertarik, satu botol Avoskin Miraculous Refining Toner berukuran 100ml dijual dengan harga sekitar Rp 169.000.

2. Wardah White Secret Exfoliating Lotion

8 Merk Exfoliating Toner Lokal untuk Membersihkan Kulit 43

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

White Secret Exfoliating Lotion adalah exfoliating toner yang berasal brand yang tak pernah berhenti melakukan inovasi yaitu Wardah. Produk yang masuk dalam lini seri White Secret ini dikemas dengan kandungan AHA natural yang berasal dari beberapa ekstrak tumbuhan.

Karena produk ini bagian dari rangkaian White Secret, exfoliating toner ini didukung dengan Advanced-White Specific System. Formula itu secara khusus dikembangkan oleh Wardah dengan manfaat utama untuk mengoptimalkan proses pencerahan pada kulit.

Wardah White Secret Exfoliating Lotion ini ditawarkan dengan harga yang cukup affordable yaitu sekitar Rp 75.000-an untuk ukuran botol yang cukup besar yakni 150ml. Jadi, bagi kalian yang sedang mencari merk exfoliating toner yang juga dapat mencerahkan kulit, Wardah bisa menjadi solusinya.

3. Inez 900 Exfoliating Lotion

Inez 900 Exfoliating Lotion

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Brand kecantikan yang terkenal dengan harganya yang miring dan kualitasnya yang tidak murahan ini menawarkan produk exfoliating toner yakni Inez 900 Exfoliating Lotion. Exfoliating toner ini mengandalkan salicylic acid atau BHA dan allantoin sebagai exfoliator.

Selain bekerja sebagai exfoliator, allantoin juga berperan sebagai pelembab dan soothing properties. Lalu, terdapat juga Witch Hazel yang memiliki kemampuan untuk mengontrol minyak berlebih, sehingga ia bagus juga untuk kulit berjerawat. Sayangnya dalam exfoliating toner ini masih terkandung ethanol, sehingga bagi yang kulitnya sensitif dengan alkohol sebaiknya tidak menggunakan produk ini.

Inez 900 Exfoliating Lotion tentunya dibanderol dengan harga yang terjangkau yakni sekitar 69.000 dengan berat bersih 169 ml. Jadi, untuk yang sedang mencari merk exfoliating toner ekonomis untuk kulit berminyak, toner dari Inez ini patut dipertimbangkan.

4. The Bath Box Kombucha Gentle Exfoliating Toner

The Bath Box Kombucha Gentle Exfoliating Toner

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rekomendasi merk exfoliating toner selanjutnya berasal dari merk skincare lokal minimalist yakni.The Bath Box. Brand ini menghadirkan 2 jenis exfoliating toner yakni Kombucha Gentle Exfoliating Toner dan Sugar Cane + Calendula Exfoliating Toner. Keduanya sama-sama bebas dari alkohol dan menggunakan fruit AHA sebagai exfoliator-nya.

AHA yang digunakan Kombucha Gentle Exfoliating Toner berasal dari ekstrak lemon, sugar cane, orange serta sugar maple. Lalu, terdapat juga ekstrak kombucha dan bunga edelweiss. Kombucha kaya akan prebiotik dan antioksidan yang bagus untuk melembabkan serta memperkuat fungsi skin barrier. Sedangkan ekstrak bunga edelweiss dikenal baik sebagai anti-inflamasi dan juga anti-aging.

Sugar Cane + Calendula Exfoliating Toner mengunakan AHA yang diekstraksi dari bilberry, sugar cane, sugar maple, lemon dan orange yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati tanpa membuat kulit kering. Selain AHA, terdapat juga ekstrak calendula yang bagus untuk meredakan kulit yang mengalami inflamasi, kering dan merah-merah, sehingga ia bisa digunakan untuk kulit sensitif dan kering.

Kedua exfoliating toner ini dikemas dalam botol berukuran 100ml, namun ditawarkan dengan harga yang berbeda. Kombucha Gentle Exfoliating Toner dibanderol dengan harga berkisar Rp 150.000-an.Sedangkan satu botol Sugar Cane + Calendula Exfoliating Toner ditawarkan dengan harga yang lebih murah yaitu sekitar Rp 80.000-an.

Baca juga: 10 Exfoliating Toner Terbaik untuk Mendapatkan Kulit Glowing

5. Bhumi Resurface Mild Exfoliating Toner

Bhumi Resurface Mild Exfoliating Toner

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Brand skincare dan bodycare natural Bhumi menyajikan dua jenis daily exfoliator toner yaitu Resurface Mild Exfoliating Toner yang ditujukan untuk kulit berminyak dan berjerawat serta Deep Hydration Exfoliating Toner untuk kulit normal dan kering.

Resurface Mild Exfoliating Toner mengkombinasikan 2% AHA dengan 2% BHA. Lalu, terdapat juga kandungan Hyaluronic Acid untuk menghidrasi kulit. Ceramide dalam tonernya berfungsi untuk memperkuat fungsi skin barrier dan membuat kulit menjadi lebih sehat. Sedangkan rosehip oil  membantu menyamarkan hiperpigmentasi seperti bekas jerawat sekaligus mengontrol minyak berlebih.

Deep Hydration Exfoliating Toner mengandalkan 2% AHA sebagai exfoliator-nya. Terdapat juga Hyaluronic Acid untuk membuat kulit menjadi lembab. Vitamin C disini akan bekerja sebagai antioksidan sekaligus membantu mencerahkan dan menyamarkan hiperpigmentasi. Lalu, ekstrak chamomile dan timun yang bagus untuk menenangkan kulit.

Untuk yang penasaran, kedua produk exfoliating toner dari brand Bhumi ini dikemas dalam botol berukuran 100 ml dan dijual dengan kisaran harga Rp 185.000.

6. WMU Beauty Pore Refiner Toner

WMU Beauty Pore Refiner

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Brand makeup dan skincare lokal anyar yaitu WMU Beauty turut meluncurkan produk exfoliating toner yaitu WMU Beauty Pore Refiner. Dalam toner ini terdapat kandungan utama dari dua jenis acids yaitu AHA dan BHA yang ampuh untuk meluruhkan minyak dan sel kulit mati.

Selain acid, ia juga dilengkapi dengan witch hazel yang mampu mengontrol kadar sebum pada kulit sekaligus membantu penampakan pori-pori tampak mengecil. Lalu kandungan pro vitamin B bersama dengan ekstrak aloe vera disini dapat membuat kulit terasa lembab.

WMU Beauty Pore Refiner dikemas dalam botol kecil berukuran 70 ml dan ditawarkan dengan harga berkisar Rp 70.000. Ukurannya yang kecil membuat WMU Beauty menjadi salah satu merk exfoliating toner lokal yang pas untuk yang baru mencoba exfoliating toner.

7. Roro Mendut Herbal Facial Toner

Roro Mendut Herbal Facial Toner

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Herbal Facial Toner dari brand skincare natural Roro Mendut ini memang tidak dikomersilkan sebagai exfoliating toner. Namun, apple cider vinegar atau cuka apel merupakan kandungan utama dari toner ini. Cuka apel sendiri kaya akan malic acid yang merupakan bagian dari AHA, artinya ia juga memiliki fungsi untuk mengekfoliasi kulit.

Selain itu, toner ini juga mengandung bahan-bahan lain seperti witch hazel, teh hijau, lidah buaya, bengkuang, dan rempah-rempah. Maka dari itu, toner ini juga dapat memberikan efek lembab, mengontrol sebum, membantu meredakan jerawat sekaligus memberikan suntikan antioksidan. Untuk yang tertarik, Herbal Facial Toner ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 76.000-an.

8. Erha 3 Balancing Toner

Erha 3 Balancing Toner

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rekomendasi merk exfoliating toner lokal selanjutnya datang dari merk aesthetician clinic ternama yaitu Erha. Meskipun toner ini diberi nama ‘Balancing Toner’, namun ia dapat difungsikan sebagai mild exfoliator, karena ia diperkaya dengan kandungan aktif AHA

Selain itu, allantoin disini dapat berperan sebagai exfoliator sekaligus moisturizer, sehingga toner ini mampu menjaga kadar kelembapan pada kulit. Lalu, witch hazel nya juga berperan untuk menyeimbangkan kadar sebum pada kulit dan juga bagus untuk pori-pori. Dan satu botol toner mungil dengan isi 60ml ini diperjualkan dengan harga yang relatif terjangkau yaitu sekitar Rp 70.000-an.

Nah itu dia 8 pilihan merk exfoliating toner lokal yang dapat kalian pilih sesuai dengan jenis kulit sekaligus skin concern kalian. Jadi exfoliating toner dari merk apa yang akan masuk dalam daftar belanja kalian?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram