15 Merk Foundation untuk Kulit Berjerawat yang Bagus 2022

Ditulis oleh Syuri

Dewasa ini, Anda bisa menjumpai berbagai jenis alas bedak, mulai dari foundation, CC Cream, sampai dengan BB Cream. Namun, sebagian besar orang masih memilih setia menggunakan foundation sebagai alas bedak. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berjerawat, foundation yang bagus saja tidak cukup. Anda harus memilih foundation yang ideal untuk kulit yang mudah jerawatan.

Jenis kulit yang berjerawat lebih sensitif dengan berbagai merk kosmetik. Salah memilih kosmetik bisa membuat kondisi jerawat semakin bertambah parah. Nah, kini Kamini akan memberikan informasi seputar merk foundation untuk kulit berjerawat yang sangat bagus di tahun ini. Yuk, cari tahu produk yang cocok untuk Anda!

Cara Memakai Foundation yang Benar

Sebelum Anda memilih merk foundation terbaik, tidak ada salahnya jika Anda ketahui juga tata cara pemakaiannya. Memakai foundation tidak boleh asal-asalan lho. Kalau Anda mau terlihat lebih "oke" dengan foundation yang digunakan maka ikuti langkah-langkah ini, ya.

1. Pilih Jenis Foundation yang Tepat

Jangan asal pakai foundation, karena Anda juga harus memilih jenis foundation yang memang cocok di kulit wajah Anda. Adapun jenis-jenis foundation sendiri berupa air, minyak, dan ada juga yang mengandung mosturizer. Nah, kalau Anda punya jenis kulit wajah yang berminyak maka kami sarankan menggunakan foundation berbentuk air atau powder. Tapi, untuk kulit normal maka bisa pilih foundation jenis apapun.

2. Pilih Shade yang Cocok

Shade atau bisa dibilang warna dari foundation pun harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar saat mengaplikasikan foundation maka wajah Anda tidak terlihat terlalu putih atau menjadi abu-abu. Maka dari itu, Anda harus tahu skin tone Anda untuk menentukan shade yang cocok di kulit wajah.

3. Siapkan Alat

Memakai foundation juga butuh peralatan agar Anda lebih mudah mengaplikasikannya. Biasanya, alat yang digunakan berupa spons/beauty blender dan brush. Tapi, ada juga yang tidak menggunakan alat melainkan langsung menggunakan jari-jarinya. Nah, bagi yang menggunakan alat maka pastikan tools yang digunakan dalam keadaan bersih, ya.

4. Bersihkan Muka

Anda tidak bisa mengaplikasikan foundation begitu saja ke muka. Pasalnya, muka yang akan menggunakan foundation harus dalam keadaan bersih. Makanya, kami sarankan untuk membersihkan muka terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci muka. Hal ini bertujuan untuk membesihkan sisa kotoran, minyak, dan sisa makeup sebelumnya.

5. Gunakan Primer dan Pelembab

Setelah mencuci muka, Anda bisa melanjutkannya menggunakan primer. Nah, primer ini akan menjaga pori-pori Anda serta membuat foundation Anda menempel lebih sempurna. Jika sudah selesai dengan primer, barulah Anda menggunakan pelembab/skincare rutin Anda seperti biasanya, entah itu pelembab, sunscreen, atau yang lainnya.

6. Color Correcting

Langkah berikutnya adalah color correcting. Ini sebenarnya langkah opsional, bisa Anda skip. Tapi, kalau mau makeup Anda terlihat sempurna maka langkah ini tidak boleh diabaikan. Pasalnya, color correcting ini berfungsi untuk mengoreksi warna kulit agar warnanya terlihat rata.

7. Aplikasikan Foundation

Selanjutnya, Anda bisa langsung mengaplikasikan foundation ke wajah Anda. Nah, pertama Anda perlu menuangkannya di punggung tangan Anda. Lalu, silakan blend ke alat yang akan gunakan dan aplikasikan ke wajah.

8. Set

Langkah terakhir adalah set foundation. Di sini Anda perlu menggunakan setting powder agar foundation Anda tidak luntur. Anda juga boleh melanjutkannya dengan menggunakan setting spray untuk hasil yang lebih maksimal.

Itulah beberapa langkah yang benar dalam pemakaian foundation. Jika Anda ingin tahu tips dan langkah lebih lengkapnya maka Anda bisa baca artikel Cara Menggunakan Foundation ini.

Merk Foundation untuk Kulit Berjerawat Terbaik

Setelah mengetahui tata cara yang benar saat menggunakan foundation, kini saatnya Anda memilih foundation yang bagus untuk muka berjerawat. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel di bawah ini.

1. Bless Acne Liquid Foundation

Bless Acne Liquid Foundation Merk Foundation untuk Kulit Berjerawat

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merk foundation untuk kulit berjerawat yang pertama adalah Bless Acne Liquid Foundation. Alas bedak cair ini dapat menghalangi debu dan kotoran agar tidak menempel pada wajah. Formula dalam produk ini dapat membantu proses mengeringkan jerawat secara cepat.

Akan tetapi, Bless Acne Liquid Foundation bersifat powdery, tapi teksturnya ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Oil control yang ditawarkan foundation ini juga cukup bagus. Make up di wajah jadi tidak mudah luntur meskipun terkena air atau keringat berkat foundation ini. Bless Acne Liquid Foundation dapat dibeli mulai harga 50 – 60 ribu.

2. Rose All day The Realest Lightweight Foundation

merk foundation lokal yang bagus_Rose All Day Cosmetics The Realest Lightweight Foundation_

Dari awal kemunculannya, Rose All Day sudah membuat heboh karena foundation yang mereka punya diklaim super ringan. Menggunakan foundation ini seperti tidak menggunakan apa-apa saking ringannya. Karena itu, foundation ini sempat sold out dimana-mana.

Selain itu, produk ini sudah teruji klinis bersifat non-comedogenic, yang artinya tidak menyumbat pori-pori. Rose All day the realest lightweight foundation ini mampu memberikan daya sebar dari medium to full coverage untuk wajah Anda. Pilihan warnanya juga cukup banyak, jadi bisa disesuaikan dengan warna kulit.

3. By Lizzie Parra Face Base Foundation

merk foundation lokal yang bagus_BLP Beauty Face Base_

Cek Harga di Lazada

Brand lokal ini adalah salah satu brand yang menyuguhkan produk 'base' makeup dengan shade yang paling banyak. Dari mulai untuk kulit tan, yellow, pink atau fair, juga light semua tersedia. Face base dari BLP ini juga dikenal memiliki coverage yang tinggi sehingga produk ini dapat memudarkan kemerahan atau noda bekas jerawat dengan sangat sempurna.

4. Erha ESME Sureface Liquid Foundation

Erha ESME Sureface Liquid Foundation

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kriteria merk foundation untuk kulit berjerawat yang bagus adalah memiliki tekstur ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Erha ESME Sureface Liquid Foundation adalah alas bedak yang memenuhi kriteria tersebut. Foundation ini aman dipakai setiap hari tanpa perlu khawatir jerawat akan bertambah parah.

Tak hanya itu saja, produk ini juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan. Erha ESME Sureface Liquid Foundation turut mengandung SPF 20/PA++ untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Kini, Anda dapat membeli foundation ini secara online dengan harga 214 ribu.

5. Jacquelle Blur Effect Foundation

15 Merk Foundation untuk Kulit Berjerawat yang Bagus [year] 5

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Yang satu ini sudah jelas diformulasikan untuk jenis kulit berjerawat. Pasalnya, Jacquelle Blur Effect Foundation ini mengandung bahan-bahan yang memang dapat mengatasi bakteri penyebab jerawat, mulai dari 2% Niacinamide, Allantoine & Caffeine yang berfungsi untuk merawat dan mencerahkan kulit.

Foundation ini juga sudah dilengkapi dengan beauty blender setiap kamu membelinya. Kemampuannya tak hanya bisa merawat kulit tetapi juga bisa menyamarkan pori-pori yang membuat kulitmu lembut seperti satin. Daya tahan foundation ini juga bagus dan tidak mudah teroksidasi.

6. La Tulipe Liquid Foundation

15 Merk Foundation untuk Kulit Berjerawat yang Bagus [year] 7

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ingin sebuah foundation untuk kulit berjerawat yang praktis? Anda dapat memilih La Tulip Stay Smooth Liquid Foundation. Alas bedak ini hadir dalam pump yang memudahkan penggunaan produknya. Foundation dengan tekstur creamy cair ini dapat menutupi noda hitam di wajah dengan cukup baik.

Di samping itu, produk ini tergolong tahan lama dan bersifat waterproof. Riasan wajah Anda akan tetap awet selama beberapa jam dan tidak luntur ketika Anda berkeringat. Hasil makeup juga bisa lebih smooth dengan formula di dalamnya.

7. Sariayu Honey Fresh Liquid Foundation

Sariayu Honey Fresh Liquid Foundation

Manfaat dari Sariayu Honey Fresh Liquid Foundation adalah mengunci make up wajah Anda agar tahan lama. Namun, siapa sangka jika foundation dari merk lokal ini juga dapat menjaga vitalitas kulit wajah serta menghambat tanda-tanda penuaan dini.

Formula yang terdapat di dalam foundation ini dirancang untuk melindungi kulit wajah dari dampak buruk lingkungan sekitar yang dapat memicu timbulnya jerawat atau masalah lain pada kulit wajah. Baik pemilik kulit berjerawat atau pemilik kulit sensitif dapat menggunakan Sariayu Honey Fresh Liquid Foundation tanpa perlu khawatir mengalami iritasi.

8. Makover Powerstay Weightless Liquid Foundation

15 Merk Foundation untuk Kulit Berjerawat yang Bagus [year] 10

Cek Harga di Shopee

Makeover Powerstay Weightless Liquid Foundation adalah merk foundation untuk kulit berjerawat dengan kualitas yang bagus dan harga yang murah. Formula yang lembut pada foundation ini akan menjadikan kulit wajah terasa lebih lembab, segar, dan tampak natural. Produk ini bebas minyak, sehingga bisa dipakai oleh pemilik kulit wajah yang berminyak.

9. Chlodio Beaute Foundation

15 Merk Foundation untuk Kulit Berjerawat yang Bagus [year] 12

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Foundation yang satu ini punya kemasan yang tampak mewah sehingga banyak orang mengira produk ini bukan produk lokal. Tekstur foundation ini terasa cukup ringan saat menyentuh wajah. Chlodio Beaute mampu mengontrol sebum atau produksi minyak berlebih pada wajah. Dengan menggunakan foundation ini, maka noda jerawat di wajah dapat tersamarkan dengan baik.

10. Dear Me Poreless Fluid Foundation

15 Merk Foundation untuk Kulit Berjerawat yang Bagus [year] 14

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat yang cenderung berminyak, maka Dear Me Airy Poreless Fluid Foundation bisa menjadi solusi untuk memilih alas bedak sesuai dengan jenis kulit Anda. Pasalnya, produk ini punya hasil akhir yang matte sehingga menahan kulit yang berminyak

Selainitu, Dear Me Poreless Fluid Foundation ini juga dapat menyerap produksi minyak berlebih pada wajah. Pori-pori yang tampak besar akan terlihat lebih kecil setelah Anda menggunakan foundation ini. Kulit jadi tampak lebih halus dan natural.

11. YOU Full Makeups Coverage Liquid Foundation

15 Merk Foundation untuk Kulit Berjerawat yang Bagus [year] 16

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Foundation yang satu ini mempunyai tekstur yang sangat ringan dan menetap di lapisan terluar kulit sehingga cocok untuk Anda yang punya kulit berjerawat. Daya sebar foundation ini juga cukup baik yakni medium to full coverage sehingga noda-noda di wajah bisa tertutupi. Hasil penggunaan produk ini juga matte, jadi kulit bisa tampak cantik tanpa minyak seharian.

12. Wardah Luminous Liquid Foundation

Wardah Luminous Liquid Foundation produk wardah untuk menghilangkan bekas jerawat

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Foundation yang satu ini lebih diformulasikan untuk jenis kulit berminyak. Akan tetapi, Wardah Luminous Liquid Foundation memiliki sifat Non-Comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori. Jenis foundation yang seperti inilah yang cocok untuk kulit berjerawat.

Foundation dari Wardah ini semi-waterproof yang artinya bisa menjaga riasan lebih tahan lama dan tidak luntur karena keringat. Wardah turut melengkapi produk ini dengan moisturizer sebagai pelembab kulit dan UV Protection untuk melindungi kulit wajah dari dampak buruk paparan sinar matahari.

13. Neutrogena SkinClearing Liquid Makeup

Neutrogena SkinClearing Liquid Makeup

Foundation bebas minyak ini mengandung Salicylic Acid untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu saja, alas bedak ringan ini dapat mencegah jerawat datang kembali. Neutrogena SkinClearing Liquid Makeup adalah satu-satunya alas bedak cair yang diformulasikan dengan MicroClear® technology yang tidak hanya mampu menyamarkan noda, tapi juga mencegah jerawat.

Foundation dari Neutrogena ini tidak akan menyumbat pori-pori sehingga risiko jerawat juga akan berkurang. Neutrogena SkinClearing Liquid Makeup tersedia dalam 14 varian warna, sehingga Anda bisa lebih leluasa memilih warna foundation yang paling sesuai dengan warna kulit Anda.

14. Clinique Pore Refining Solutions Instant Perfecting Makeup

Clinique Pore Refining Solutions Instant Perfecting Makeup

Cek Harga di Lazada

Satu lagi foundation untuk jerawat yang sangat best-seller, yaitu Clinique Pore Refining Solutions Instant Perfecting Makeup. Foundation yang creamy ini mengandung Salicylic Acid yang dikenal sebagai bahan aktif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Di samping itu, produk ini juga tidak menyumbat pori-pori sehingga tidak memicu timbulnya jerawat baru.

Clinique Pore Refining Solutions Instant Perfecting Makeup hadir dalam berbagai pilihan warna, mulai dari Ivory sampai dengan Espresso. Yuk, pilih warna foundation dari Clinique ini yang paling tepat dengan warna kulit Anda.

15. Bobbi Brown Skin Foundation Mineral Makeup SPF 15

Bobbi Brown Skin Foundation Mineral Makeup SPF 15

Bobbi Brown merilis sebuah foundation berbentuk tabur yang sangat cocok untuk kulit berjerawat. Keunggulan pertama dari merk foundation untuk kulit berjerawat ini adalah kemampuannya untuk menutupi jerawat maupun noda bekas jerawat di wajah. Namun, tak hanya itu saja karena Bobbi Brown Skin Foundation Mineral Makeup SPF 15 juga menawarkan beberapa kandungan yang cocok untuk kulit jerawat.

Foundation ini mengandung Gliserin yang dapat menjadi pelembab yang tidak membuat wajah tampak oily. Di samping itu, ada Vitamin C dan E yang dapat mencegah peradangan akibat jerawat. Bobbi Brown turut menambahkan SPF 15 untuk memproteksi kulit wajah dari sinar matahari.

Macam-Macam Foundation

Sebenarnya foundation bukan hanya diperuntukan untuk kulit berjerawat saja. Pasalnya, foundation juga punya banyak macamnya, seperti berikut ini:

1. Liquid Foundation

Jenis foundation yang satu ini berbentuk cair. Jadi, kalau yang berbentuk cair ini lebih mudah di-blend dan cocok untuk Anda yang baru mulai belajar makeup. Selain itu, foundation jenis ini juga bisa digunakan oleh segala jenis wajah, mau muka kering, normal, atau pun kombinasi.

2. Powder Foundation

Nah, kalau foundation jenis ini lebih mudah lagi diaplikasikannya karena dikemas dalam bentuk seperti bedak. Tapi, foundation jenis ini kurang cocok untuk digunakan oleh wajah berkulit kering. Biasanya, pwder foundation cukup cocok digunakan untuk kulut berminya. Nah, jenis foundation ini dibagi menjadi tiga, yakni Loose Powder Foundation, Compact Powder Foundation, dan Two Way Cake Foundation.

3. Cream Foundation

Untuk jenis foundation yang satu ini memang lebih covarage dan lebih berpigmen. Makanya, jenis foundation seperti ini biasa digunakan untuk makeup pengantin. Kalau untuk dipakai harian, lebih baik menghindari jenis foundation ini, ya.

4. Stick Foundation

Foundation juga ada yang berjenis seperti batang atau stick. Nah, foundation jenis ini juga bisa dibilang lebih tebal. Kelebihannya, foundation ini mudah dibawa kemana-mana dan tidak membuat tangan Anda kotor. Tapi kekurangannya adalah Anda harus jago nge-blend foundation ini agar hasilnya tidak cakey.

5. Mousse Foundation

Untuk yang baru mulai belajar makeup, jenis foundation ini sangat ringan dan halus. Selain itu, mousse foundation juga mudah diratakan karena langsung menyatu dengan dengan kulit.

Itu tadi beberapa jenis-jenis foundation yang perlu Anda ketahui. Nah, kalau Anda ingin tahu jenis foundation lainnya, bisa langsung kepoin artikel Macam-Macam Foundation ini, ya.

Tak perlu bingung mencari merk foundation untuk kulit berjerawat. Dengan rekomendasi foundation dari Kamini di atas, pemilik kulit berjerawat bisa tetap menggunakan foundation tanpa khawatir kondisi jerawatnya semakin parah.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram