kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 12 Merk Foundation yang Bagus untuk Kulit Berminyak

12 Merk Foundation yang Bagus untuk Kulit Berminyak

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 18 Juli 2020

Problem bagi pemilik kulit berminyak adalah harus mencari foundation dan bedak yang memang diformulasikan untuk kulit berminyak. Mengapa? Karena produk kosmetik biasa tidak bisa menyerap minyak, sehingga make up dapat luntur dengan mudah karena produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Nah, bagi Anda yang sampai saat ini belum menemukan merk foundation untuk kulit berminyak yang terbaik, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, Kamini akan memberi informasi mengenai foundation yang bagus untuk kulit berminyak. Yuk, langsung simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. MAC Studio Fix Fluid Foundation

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Foundation yang direkomendasikan pertama adalah MAC Studio Fix Fluid Foundation. Alas bedak yang satu ini memiliki formula utama pengontrol minyak di wajah. Inilah mengapa foundation dari MAC sangat baik digunakan oleh jenis kulit berminyak. Walaupun begitu, MAC mengklaim bahwa produk ini tetap bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Tak hanya dapat mengontrol minyak, formulasi foundation ini juga bebas minyak serta telah teruji secara klinis tidak akan menimbulkan jerawat, dan tahan terhadap keringat serta kotoran. Kemampuan coverage foundation ini dalam menyamarkan ketidaksempurnaan juga lumayan baik, yaitu medium to sheer.

Ketika digunakan, produk ini juga tak akan sulit untuk diratakan. Kombinasi bahan-bahan dalam foundation ini akan terasa nyaman di wajah. Satu lagi, produk ini juga sudah mengandung tabir surya untuk melengkapi keunggulannya yaitu SPF 15 dan PA++.

2. Estee Lauder Double Wear Stay in Place Foundation

Estee Lauder Double Wear Stay in Place Makeup

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk ini juga cukup banyak direkomendasikan belakangan ini sebab kualitasnya yang menakjubkan. Meski bukan produk baru, nyatanya foundation ini masih banyak diminati oleh masyarakat karena keunggulan-keunggulannya. Keunggulan-keunggulan apa yang dimaksud? Simak ya!

Pertama, produk ini diklaim memiliki ketahanan hingga 15 jam setelah pemakaian, bahkan tanpa perlu melakukan touch up. Sehingga Anda tidak perlu khawatir menghaburkan produk karena touch up yang terlalu sering.

Lalu, ketika diaplikasikan, foundation ini tidak akan meninggalkan kesan dempul di wajah, alias akan membuat wajah terlihat tetap natural dengan kesan semi matte walaupun digunakan build up demi menutupi ketidaksempurnaan secara maksimal.

Produk ini juga bebas minyak dan bebas pewangi, jadi tak akan dikhawatirkan menimbulkan reaksi alergi pada kulit. Dan kabar baiknya, produk ini sudah teruji secara dermatologis tak akan menyumbat pori dan menimbulkan jerawat. Coverage foundation ini adalah medium to full dengan 25 shade yang bisa disesuaikan dengan semua jenis undertone.

3. Shu Uemura The Lightbulb Fluid Foundation

Shu Uemura The Lightbulb Fluid Foundation

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sesuai dengan namanya, Shu Uemura The Lightbulb Fluid Foundation adalah foundation yang dilengkapi dengan spons yang berbentuk menyerupai bola lampu. Produk ini dapat menekan produksi minyak pada wajah, sehingga kulit wajah tampak bercahaya dan segar.

Shu Uemura The Lightbulb Fluid Foundation menawarkan daya tahan selama 12 jam. Anda tak perlu khawatir make up menjadi luntur jika sudah mengaplikasikan foundation ini. Foundation yang bersifat non-comedogenic ini akan memberikan tampilan natural glow pada wajah.

4. L’Oreal Infallibe Pro-Matte Foundation

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mencari foundation untuk kulit berminyak yang ringan ketika digunakan? Produk dari L’Oreal ini jawabannya. Selain teksturnya yang creamy, foundation ini juga memiliki ketahanan yang cukup baik dengan klaim ketahanannya saja hingga 24 jam. Foundation ini juga memiliki hasil akhir matte sehingga tak akan membuat kilap pada wajah, sangat cocok digunakan pemilik kulit berminyak.

Anda bisa mengaplikasikannya menggunakan kuas make up atau pun dengan tangan. Tetapi ingat, pastikan tangan sudah steril dan bersih untuk menghindari terjadinya kontaminasi bakteri ketika diaplikasikan pada wajah.

5. NARS All Day Luminous Weightless Foundation

NARS All Day Luminous Weightless Foundation Merk Foundation untuk Kulit Berminyak

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tahukah Anda bahwa merk foundation untuk kulit berminyak yang bagus dan tahan lama adalah foundation yang tidak memiliki kandungan minyak di dalamnya? Kriteria foundation tersebut bisa Anda temukan di NARS All Day Luminous Weightless Foundation.

Foundation ringan yang bebas minyak ini menawarkan daya tahan selama 16 jam. NARS menjamin make up Anda tidak mudah luntur saat terkena keringat. Kemampuan coverage yang ditawarkan produk ini juga sangat tinggi. Dapatkan NARS All Day Luminous Weightless Foundation secara online.

6. The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation

The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kebanyakan produk kompleksi mengandung formulasi bahan anorganik yang terkadang membuat alergi dan menjadikan tekstur produk tersebut terasa berat ketika digunakan. Untungnya, The Body Shop mengusung tema vegan untuk banyak produknya, termasuk foundation ini.

Matte Clay Skin Clarifying Foundation dari The Body Shop diformulasikan sangat ringan namun tetap long lasting. Ketahananya diklaim hingga seharian penuh. Produk ini juga mengandung oil-absorbing properties, karena itu cocok sekali digunakan untuk kulit berminyak. Coverage dari foundation ini adalah full dengan hasil akhir matte tetapi tak meninggalkan kesan sesak pada kulit penggunanya.

7. Ultima II Wonderwear Foundation

Ultima II Wonderwear Make Up

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk foundation tanpa wewangian dan cocok digunakan untuk kulit berminyak salah satunya adalah alas bedak dari brand lokal Ultima II. Foundation ini bertekstur cair tetapi tak mudah luntur. Konon, ketahanan produk ini tak kalah dengan produk foundation brand luar yaitu sampai 18 jam. Produk ini sangat cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak karena formulasinya yang oil-free.

Shade dari Ultima II Wonderwear Foundation memiliki total 10 shade, dari warna yang paling terang hingga yang paling gelap. Tinggal cocokkan dengan jenis undertone Anda. Anda bisa mendapatkan prouduk ini melalui toko online sekarang juga.

8. Make Up For Ever Ultra HD Foundation

Make Up for Ever Ultra HD Liquid Foundation

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bila bicara soal foundation untuk kulit berminyak yang tahan lama Make Up For Ever Ultra HD Foundation tak boleh terlewatkan. Ini adalah foundation yang bagus dan merupakan salah satu dari 5 merk foundation yang sering dipakai make up artist profesional.

Alas bedak ini membuat make up terlihat lebih natural dan dapat membaur dengan kulit wajah. Kulit wajah jadi terlihat flawless, sehingga Anda bisa merias wajah dengan tidak terlalu menor. Kandungan hyaluronic dalam produk ini bantu menghidrasi kulit wajah. Selain itu, tidak ada kandungan minyak di dalam foundation ini.

9. Wardah Luminous Creamy Foundation

Wardah Luminous Creamy Foundation

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Brand kosmetik asal Indonesia yang halal, Wardah, menghadirkan sebuah krim foundation yang bisa dipakai oleh pemilik kulit berminyak. Adalah Wardah Luminous Creamy Foundation yang dapat mengontrol kelebihan minyak pada wajah.

Make up Anda tidak akan mudah luntur saat berkeringat jika Anda menggunakan foundation ini sebelumnya. Wardah Luminous Creamy Foundation dapat menyamarkan noda bekas jerawat dengan sangat baik. Bahkan, produk ini juga cocok untuk kulit yang berjerawat.

10. Maybelline Fit Me! Matte Poreless Foundation

 

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Teknologi dari foundation ini terbilang cukup modern dan unik karena terdapat micro-powders yang berfungsi menyerap minyak berlebih di wajah. Foundation ini juga diklaim dapat mengecilkan tampilan pori-pori di wajah dengan hasil matte finish. Klaim lain dari produk ini adalah sudah teruji secara dermatologi tidak akan menyebabkan alergi pada kulit dan non-comedogenic.

Dengan semua klaimnya tersebut, ternyata foundation ini tidak memberikan kesan dempul pada wajah. Sebaliknya, semakin lama foundation ini akan terlihat semakin menyatu dengan warna dasar kulit. Sehingga tampilan makeup akan terlihat natural, halus, dan lembut. Sayangnya, foundation ini hadir dengan bentuk tube tanpa pump, sehingga Anda harus berhati-hati saat mengeluarkannya agar produk tidak boros.

11. Revlon Colorstay for Combination Oily Skin

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Revlon Colorstay Foundation sebenarnya hadir dengan dua varian, yaitu untuk kulit normal-kering serta kulit normal-berminyak. Yang membedakan keduanya tentu saja kandungan dan teknologi yang digunakan tiap produk. Secara spesifiknya, varian yang ditujukkan untuk kulit berminyak memiliki teknologi Time Release agar kulit dapat menyerap minyak berlebih namun tetap nampak berkilau alami.

Formulasi produk ini juga tetap dibuat ringan, tak mudah luntur atau pun terhapus dengan coverage tahan lama hingga 24 jam. Bukan itu saja, foundation ini juga dilengkapi dengan SPF 15 yang dapat membantu meminimalisir penetrasi sinar UV pada makeup.

12. NYX Total Control Drop Foundation

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sesuai dengan namanya, foundation dari NYX ini digunakan dengan cara diteteskan pada wajah seperti serum. Tekstur foundation ini tentu saja cair sehingga mudah di-drop dan diratakan. Selain itu, foundation ini cocok digunakan untuk build up karena teksturnya yang sangat ringan dan tak akan membuat wajah terlihat terlalu cakey.

Oleh karena itu coverage dari foundation ini dapat disesuaikan dengan preference Anda, apakah Anda menginginkan sheer atau full coverage, produk ini senantiasa memberikan hasil akhir velvety matte dengan kesan tetap natural.

NYX Total Control Drop Foundation sangat cocok untuk semua jenis kulit, tak terkecuali kulit berminyak. Bahkan, produk ini dapat dicampurkan dengan produk skincare lain seperti pelembab, essence, atau serum untuk sekaligus merawat kulit penggunanya.

Sampai di sini pembahasan Kamini tentang merk foundation untuk kulit wajah berminyak beserta informasi menarik lainnya seputar cara memakai foundation serta cara mengatasi dan mencegah kulit berminyak. Yuk, pilih foundation yang tepat untuk kulit berminyak Anda!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram