Kamini.id / Kesehatan Wanita / 10 Merk Non Surgical Mask yang Bagus dan Nyaman Dipakai

10 Merk Non Surgical Mask yang Bagus dan Nyaman Dipakai

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat ini, semua umat manusia sedang mengalami musibah secara serentak. Pandemi COVID-19 ini membuat kita tidak bisa beraktivitas seperti biasa lagi. Yang dulunya anak-anak bisa bersekolah dengan tenang, orang tua bisa bekerja di kantor, orang-orang bisa keluar rumah secara bebas, sekarang jadi terbatas.

Waktu awal berita konfirmasi adanya virus ini di Indonesia, banyak orang egois yang stok masker dan hand sanitizer. Bahkan, ketika orang-orang baru tahu cara membuat desinfektan sendiri, produk-produk yang biasanya menumpuk di mini market seperti antiseptik cair, alkohol rub 70%, bahkan pemutih pakaian pun raib, sulit ditemukan di mana-mana.

Untunglah, semua itu sudah berlalu. Barang-barang kebersihan seperti hand sanitizer dan masker sekali pakai sudah bisa kita temukan lagi di swalayan, minimarket, dan apotek walaupun dalam pembelian yang terbatas. Walaupun begitu, Anda mestinya sudah tahu kalau surgical mask (masker sekali pakai) tidak dianjurkan untuk penggunaan sehari-hari, terutama ketika Anda dalam kondisi sehat.

Untuk pemakaian setiap hari, Anda cukup menggunakan masker kain, seperti yang sudah direkomendasikan oleh dokter-dokter. Biarlah stok surgical mask digunakan oleh orang yang lebih membutuhkan, yaitu para tenaga medis yang merupakan gardu depan dalam perang melawan penyakit ini.

Bayangkan jika dokter, suster, dan semua yang bertugas kehabisan medical mask? Lalu siapa yang akan melindungi warga nanti jika mereka sakit juga? Nah, dengan menggunakan non surgical mask, masker kain, atau masker yang bisa dicuci ulang, Anda sama dengan membantu para frontliner kesehatan mendapatkan hak mereka.

Beberapa karakteristik masker kain yang bagus adalah bahannya tebal tapi breathable, tali telinganya elastis, dan ada kantung filter tambahan untuk menyelipkan tisu. Berikut sudah Kamini kumpulkan brand non surgical mask yang berkualitas baik.

Merk Non Surgical Mask Terbaik

Jika membutuhkan masker non surgical yang bagus, aman, dan awet, silakan baca 10 non surgical mask terbaik versi Kamini ini, ya! Ada banyak merk yang bagus dengan harga terjangkau loh.

1. Nexcare 3M Facial Comfort Mask

Nexcare 3M Facial Comfort Mask

Nexcare adalah merk penyedia masker medis yang sudah lama ada masuk ke Indonesia. Tapi, mereka juga mengeluarkan masker kain, yaitu Nexcare 3M Comfort Mask. Masker ini dibuat dari bahan microfiber insulation, cotton surface, lining, ear loops, dan nose clip.

Jadinya, masker ini pas banget melekat di setiap lekukan wajah. Produk ini tersedia dalam tiga ukuran, yaitu Small 15 x 12 (± 0.5) cm, Medium 24 x 16 (± 0.5) cm, dan Large 26 x 16.5 (± 0.5) cm.

Masker dua lapis ini hadir dalam beberapa warna. Ukuran Large ada warna Black, Dark Blue, dan Dark Grey. Ukuran Medium hadir dalam pilihan Black dan Hot Pink saja. Lalu, ukuran Small punya warna Light Pink dan Light Blue yang cocok banget buat anak-anak (tidak direkomendasikan untuk anak di bawah usia 3 tahun).

2. Haihogo DuoMasker

Haihogo DuoMasker

DuoMasker adalah lini masker kain dari Haihogo. Hadir dengan gambar yang lucu-lucu, tapi masker ini tidak cuma tersedia untuk anak-anak saja, loh. Melainkan, bada dalam ukuran dewasa yang bisa dipakai wanita maupun pria.

Kata ‘Duo’ memiliki arti dua lapisan teknologi pada masker ini. Untuk ukurannya tersedia dalam size Kids, Regular, dan Jumbo. Dan, bentuk talinya juga ada dua, yaitu Earloop dan Headloop (hijab).

Haihogo DuoMasker nyaman digunakan, pas di lekukan wajah, dan dapat menyerap keringat juga. Jika bisa menyerap keringat, lalu bagaimana dengan droplets? Tenang saja, inilah yang dimaksud teknologi dua lapisan.


Jadi, bagian luar masker dibuat dari spandex tebal yang diprint lucu-lucu. Kain ini juga telah dilapisi watersplash technology sehingga tahan cipratan air. Sedangkan bagian dalamya terbuat dari soft cotton poly anti bakteri yang bisa menyerap keringat Anda.

3. Artine

Artine

Brand lokal asal Yogyakarta mengeluarkan Color Of Artine Mask. Masker ini terbuat dari kain printed yang dipatenkan milik Artine, jadi tidak akan ada lagi pola yang sama di toko sebelah. Masker ini all size (19 cm x 13,5 cm) dengan bahan katun lembut tapi ada water repellent.

Uniknya, masker ini bisa dipakai bolak-balik karena motifnya sampai di bagian belakang masker juga. Selain fashionable, masker ini bisa melindungi Anda dari debu, air, bakteri, dan virus.

4. Mamaya Mask

Mamaya Mask

Kalian tahu selebgram @ismaaayaaa yang beken dengan style jepit rambut pada hijabnya? Ia juga merupakan owner dari label fashion @ilookroom dan untuk lini maskernya ada Instagram terpisah, yaitu @m.a.m.a.y.a. Sesuai dengan pemiliknya, karya-karya ismaaayaaa sangat colorful.

Masker ini dipatok harga 25 ribuan. Masker gemas yang terbuat dari bahan tencel. Kain ini memiliki keunggulan seperti anti bakteri, misalnya. Ada kantung pinggir yang bisa diselipkan masker lagi atau tisu. Uniknya, bagian tali masker ini ada renda-rendanya gitu, beda dari brand lain. Pokoknya gemash sekali!

5. Brunbrun Paris Mask

Brunbrun Paris Mask

Tidak sedikit brand kosmetik yang turut mengeluarkan produk keperluan kebersihan seperti hand sanitizer dan masker. Brunbrun Paris salah satunya. Mereka meluncurkan aneka macam masker non medis dengan lini Brunbrun Paris Bamboo Mask.

Produk ini dibanderol harga 15 ribuan saja dengan varian warna Black dan Maroon. Masker ini dibuat dengan bahan pelindung tiga lapis, bagian luar anti droplets, bagian tengah filter, dan bahan antimicrobial di bagian dalamnya.

Ada juga Brunbrun Paris Kids Cotton Mask dengan gambar Space dan Planet yang bisa digunakan untuk usia 8 tahun ke atas. Kedua jenis masker dari Brunbrun Paris ini dibuat dari kain bamboo yang ramah lingkungan dan super lembut di kulit. Masker ini kuat dicuci oleh tangan maupun mesin, bisa juga disetrika dengan suhu sedang-panas.

6. Ardenleon

Ardenleon

Arden & Leon Masker Katun Non-Medis hadir dalam dua ukuran, yaitu Dewasa (9 cm x 18 cm) dan Anak (7 cm x 14 cm). Masker ini dibuat dengan dua ply kain katun anti-bacterial.

Di bagian belakang masker ada kantung untuk diselipkan tisu yang berguna sebagai filter ekstra. Earloopnya dibuat dari tali elastis yang nyaman di telinga. Pilihan warnanya universal, yaitu Navy dan Grey yang bisa dipakai wanita maupun pria.

7. Obayito

Obayito

Obayito dan Obytobi adalah brand penyedia tempat tidur bayi berkualitas tinggi yang diproduksi oleh PT. Obayito Indonesia Jaya Perkasa. Tapi, selain kasur dan bedding, Obayito juga menyediakan aneka keperluan bayi dan orang tua.

Melihat kebutuhan masyarakat yang tinggi akan masker non surgical, Obayito pun mengeluarkan masker kain mereka sendiri. Dengan slogan “Selembut kasih ibu”, masker Obayito sangat lembut dan nyaman dipakai. Ada ukuran dewasa dan anak yang bisa Anda pilih.

8. Kimi Indonesia

Kimi Indonesia

KIMI adalah merek fashion pakaian (mostly hijab) dari Bandung, Indonesia. Signature mereka adalah pakaian sehari-hari yang sederhana, alias pakaian jilbab santai harian, dengan gaya androgini.

Mereka dikenal dengan special printed shirt-nya yang motifnya dipatenkan punya mereka sendiri, jadi tidak akan ada yang sama dari merk lain. Begitu pula dengan maskernya yang hadir dengan desain yang lucu-lucu. Cek Instagram mereka di @kimi_indonesia untuk tahu update produk-produk terbaru dari Kimi Indonesia.

9. Little Palmerhaus

Little Palmerhaus

Mencari masker kain katun untuk dewasa dan anak-anak? Little Palmerhaus punya itu semua. Cotton mask ini terbuat dari 100% katun, memberikan kenyamanan material pada kulit. Dengan ukuran yang pas untuk menutupi hidung dan mulut, masker ini breathable, jadi Anda tidak akan merasa pengap ataupun kesulitan bernapas.

Masker ini juga dibuat dari bahan yang kuat akan droplets karena menggunakan kain anti bakteri. Tak hanya itu, Little Palmerhaus juga melengkapi masker ini dengan filter udara untuk mencegah partikel masuk. Sayangnya mereka memiliki tampilan yang ‘boring’ karena cuma ada warna abu dan biru navy saja.

10. Mooi

Mooi

Terakhir, Bacaterus merekomendasikan masker dari Mooi. Washable dan reusable mask ini memiliki lipatan di depan layaknya masker medis. Terbuat dari dua lapis kain katun yang bisa dibuka tengahnya untuk menyelipkan tisu kering.

Ada ukuran dewasa dan anak-anak (fit untuk anak usia 1-5 tahun). Estimasi ukuran maskernya adalah dewasa (17 cm x 17 cm) dan anak (14 cm x 12 cm). Psst, motifnya imut banget dan Anda bisa kembaran dengan anak Anda!

Tips Menggunakan Masker

Nah, setelah mengetahui merk masker terbaik, kini Kamini mau berbagi tips soal masker non surgical ini. Yuk pakai masker dengan cara yang benar agar manfaatnya lebih optimal!

Cara Melepas dan Menyimpan Masker

Cara Melepas dan Menyimpan Masker

Melepas masker juga ada caranya, loh! Setelah digunakan, lepaskan tali masker dari telinga atau kepala Anda. Lalu, lipat masker ke bagian dalam. Perhatikan jika di bagian hidung ada klip untuk menyanggah masker, hati-hati jangan sampai tertekan. Masukkan masker ke kantung plastik atau kantung washable yang Anda punya. Jangan lupa cuci tangan pakai air dan sabun atau hand sanitizer setelahnya.

Perawatan Masker Kain

Perawatan Masker Kain

Walaupun bisa dipakai berkali-kali, masker kain bisa cepat rusak kalau tidak dirawat dengan benar. Dianjurkan untuk mencuci masker dengan tangan, jangan pakai mesin cuci. Karena, bagian yang paling cepat rusak adalah talinya. Si tali ini bisa tersangkut pada pakaian lain dan tertarik-tarik, sehingga longgar atau parahnya lagi, lepas.

Mencuci masker yang dipakai di mulut dan hidung juga kurang bijak rasanya jika digabung bersama pakaian kotor. Jadi, kalau pun mau mencuci masker di mesin, jangan gabung dengan baju-baju kotor yang sudah dipakai di luar.

Panduan mencuci masker kain: Larutkan air dan deterjen (air hangat lebih baik). Cuci masker menggunakan tangan. Biarkan masker mengering (jangan diperas di mesin). Jangan rendam masker dalam deterjen terlalu lama, jangan pakai pemutih pakaian. Jika dicuci di mesin, jangan gabung dengan pakaian lain. Masker boleh disetrika dengan panas medium.

Tips Lainnya

Tips Lainnya

Ya, itulah beberapa merk masker kain yang rekomendit serta cara perawatannya supaya awet dan higienis tentunya. Dan, ingatlah, pemakaian masker kain hanya boleh maksimal 4 jam, ya! Wiku Adisasmito selaku Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker non medis dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Untuk orang sehat, masker kain bisa digunakan hingga 3-4 jam, lebih dari itu harus diganti masker baru yang bersih. Jadi, kalau Anda sekolah, kerja, atau sedang ke luar rumah, selalu bawa beberapa masker cadangan, ya. Kalaupun Anda cuma pergi sebentar, siapa tahu masker Anda kotor atau jatuh, jadi harus diganti juga, kan?

Oh, ya, walaupun orang yang sedang sehat pun disarankan untuk menggunakan masker kain, ada tapinya juga. Kalau Anda berada di ruangan dengan minim ventilasi (tak ada AC, kipas, jendela dan pintu tertutup), sebaiknya jangan pakai masker.

Begitu pula jika Anda sedang merasa kesulitan bernapas atau sedang tidur, lepas dulu masker Anda, ya, asal tetap jaga jarak saja. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita semua sehat selalu, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *