10 Merk Pembalut Kain yang Bagus untuk Menemani Menstruasi

Ditulis oleh Dhini Oktavianti

Pernahkah kamu menggunakan pembalut kain? Bagi kamu yang alergi dengan bahan yang digunakan pembalut sekali pakai, mungkin sudah beralih ke pembalut kain. Sesuai dengan namanya, produk ini menggunakan kain untuk menahan saat menstruasi datang.

Bagi sebagian orang tentu merasa keberadaan pembalut kain masih belum familiar. Padahal kegunaannya sama dengan pembalut sekali pakai. Nah, agar tak salah pilih, kamu perlu mengetahui merk pembalut kain yang bagus untuk menemani saat menstruasi lebih nyaman. Akan tetapi, intip dulu tipe pembalut kain, yuk.

Tipe Pembalut Kain

Sebelum kamu mengetahui merk pembalut kain yang bagus, sekiranya perlu mengetahui terlebih dulu tipe pembalut kain yang beredar di pasaran. Setidaknya ada tiga tipe pembalut kain yang perlu kamu tahu.

Pertama, tipe lipat. Tipe ini sebenarnya adalah pembalut kain yang sudah banyak digunakan dari jaman dulu. Bentuknya seperti sapu tangan lalu dilipat menjadi tiga bagian. Kelebihan tipe lipat adalah cepat kering saat dicuci karena tipis. Akan tetapi keberadaan pembalut kain tipe lipat jarang ditemukan di Indonesia.

Tipe kedua adalah tipe berlian. Tipe ini mirip dengan pembalut sekali pakai yang menggunakan sayap. Ia memiliki tiga lapis kain menyatu yang menyatu antara bagian dalam dengan bagian luar. Ada kancing pada sisi kiri dan kanan pembalut yang berfungsi untuk mengancingkannya agar tak bergerak ke segala arah.

Selanjutnya ada tipe holder yang bisa kamu pilih untuk pembalut kain. Tipe holder sejatinya adalah gabungan dari tipe lipat dan tipe berlian. Tipe ini menggunakan insert yang dipasangkan pada holder. Kamu bisa menyesuaikan berapa banyak insert, tergantung sedang deras atau tidak.

Merk Pembalut Kain untuk Menstruasi Lebih Nyaman

Setelah mengetahui beberapa tipe pembalut kain, kali ini simak 10 merk pembalut kain untuk menstruasi lebih nyaman.

1. Queen-V Maxi Menspad

Queen-V Maxi Menspad

* sumber: agenpembalutkainwanita.wordpress.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Bila ini pertama kalinya kamu menggunakan pembalut kain, bisa memulainya dengan Queen-V Maxi Menspad. Pembalut kain ini menggunakan tipe berlian yang dibuat mirip dengan pembalut sekali pakai. Bahannya pun memiliki kemampuan untuk menyerap lebih tinggi.

Selain itu, motifnya yang menarik dan menggemaskan bisa membuat mood kamu lebih ceria dan juga lebih senang memakainya. Queen-V Maxi Menspad ini berisi enam buah pembalut dalam satu pak. Ukurannya berkisar 35 cm dengan harga mulai dari Rp 68.500 per pak. Kamu bisa menggunakan pembalut kain ini sampai 36 kali pemakaian dan tak mudah rusak.

2. Sakina Night Menspad

Sakina Night Menspad

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Mencari pembalut kain yang aman digunakan pada malam hari bisa menjatuhkan pilihan kepada Sakina Night Menspad. Tipe pembalut kain yang digunakan adalah tipe holder. Sakina Menspad memiliki bagian bukaan di belakang untuk menambahkan insert. Ini berguna bila menstruasi sedang banyak.

Bahannya pun cukup nyaman digunakan apalagi desainnya yang menggunakan insert memudahkanmu untuk membeli insertnya saja sesuai kebutuhan. Masa pakai pembalut kain satu ini bisa sampai dua tahun. Tertarik? Silahkan membelinya dengan harga mulai dari Rp 18.000 per pc.

3. MWise Menspad

10 Merk Pembalut Kain yang Bagus untuk Menemani Menstruasi 59

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Kalau kamu mencari pembalut kain dengan tanpa motif, bisa memilih MWise Menspad. Pembalut ini menggunakan tipe berlian dan berbagai macam ukuran. Ukurannya mulai dari pantyliner (17,5 cm), day (23 cm), maxi (25 cm), dan night (30 cm).

Bahan luar terbuat dari soft polyester sehingga lembut tapi tetap ada sifat waterproof. Selain itu, permukaan akan lebih cepat kering dan juga mudah dibersihkan. Bagian dalam menggunakan insert yang terbuat dari bahan polar. Daya serapnya pun sampai 200 ml! Kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 34.500 per paket isi 3 buah.

4. Cluebebe Day & Night Menspad

10 Merk Pembalut Kain yang Bagus untuk Menemani Menstruasi 61

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Cluebebe memang sudah dikenal sebagai merk clodi pada anak. Namun, ia juga mengeluarkan pembalut kain yang bisa dipakai oleh sang ibu. Pilihannya bisa polos bisa motif. Ukurannya pun ada dua, yaitu day pad dan night pad.

Tipe berlian yang diusung Cluebebe ini memilih bahan polyester dengan laminasi PUL untuk bagian luar sehingga membuatnya menjadi lebih waterproof. Kemudian bagian dalam menggunakan microfleece bersifat stay dry untuk kulit bebas iritasi dan tak lembab.

Selain itu, insertnya terbuat dari microfiber membuatnya menyerap lebih tinggi. Untuk harga satuan dari pembalut kain keluaran Cluebebe adalah mulai dari Rp 20.000.

5. Klodiz Menspad Day

10 Merk Pembalut Kain yang Bagus untuk Menemani Menstruasi 63

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Saat kamu mencari pembalut kain dengan bagian belakang melebar, Klodiz Menspad bisa kamu pilih. Ini membuatmu akan terasa lebih nyaman dan aman saat memakainya karena tak khawatir bocor ke belakang.

Bahan yang digunakan untuk insert adalah mikrofiber yang waterproof. Selain itu, Klodiz Menspad juga menggunakan bahan microsuede agar mudah diberikan dan tak menyebabkan iritasi.

Mengambil tipe berlian, ia juga mengaplikasikan motif menarik untuk membuat mood kamu lebih baik saat menggunakannya. Harganya cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 28.000 per buah.

6. Baby Oz Night Menspad

10 Merk Pembalut Kain yang Bagus untuk Menemani Menstruasi 65

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Bila kamu tipe dengan kuantitas menstruasi yang cukup banyak dan membutuhkan kenyamanan pada pembalut kain, Baby-Oz Menstrual Pad bisa kamu pilih pasalnya ia menggunakan tiga lapisan.

Lapisan luar menggunakan kain dengan bahan waterproof tapi breathable. Lapisan tengah menggunakan bahan mikrofiber untuk mengikat cairan dan bisa menampung dengan baik. Lalu pada lapisan dalam digunakan bahan microfleece lembut sehingga area kewanitaan tetap kering.

Selain itu, Baby-Oz Menstrual Pad memiliki bagian belakang terbuka untuk menambahkan insert dan mencuci sampai bagian dalam. Ukurannya ada tiga, yaitu Pantyliner dengan panjang 22 cm, Regular dengan panjang 27 cm, serta pad night dan maternity dengan panjang 35 cm.

Tipe holder dengan motif menarik bisa digunakan dalam masa dua tahun. Harganya mulai dari Rp 23.000 per buah.

7. Demi Bumi Menstrual Pad

10 Merk Pembalut Kain yang Bagus untuk Menemani Menstruasi 67

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Demi Bumi bisa kamu pilih untuk pembalut kain yang ingin nuansa monokrom. Bahan yang digunakan terbuat dari katun untuk bagian luar dan dalam lalu ada juga bahan flannel baby. Mencuci pembalut kain ini bisa dengan teknik mencuci menggunakan tangan.

Ada empat ukuran yang disediakan Demi Bumi yaitu Pantyliner dengan panjang 20 cm, S dengan panjang 20 cm, M dengan panjang 25 cm, dan L dengan panjang 32 cm. Harga yang dipatok mulai dari Rp 35.00 per buah dengan tipe berlian.

8. Namu Bali Menstrual Pad

Namu Bali Menstrual Pad

Cek Harga di Shopee

Salah satu merk lokal untuk menstrual pad yang bisa kamu pilih adalah Namu Bali. Merk yang berasal dari Klungkung, Bali ini mengeluarkan menstrual pad handmade yang menggunakan bahan katun dari Phalani Bali.

Lapisan atas menggunakan kain katun dengan bagian dalam menggunakan baby terry dilapisi kain waterproof untuk bagian luar. Tipenya adalah diamond dengan dua ukuran, yaitu ukuran Day dengan panjang 27 cm dan Night dengan ukuran panjang 33 cm.

Motif-motif yang dikeluarkan oleh Namu Bali menarik tapi tak membuat mata sakit walaupun penuh warna. Harga yang bisa kamu bayar untuk membeli pembalut kain dari Namu Bali mulai dari Rp 30.000 per buah.

9. Yuspin

10 Merk Pembalut Kain yang Bagus untuk Menemani Menstruasi 70

* sumber: yuspinofficial.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Bila kamu mencari merk lokal, Yuspin bisa dijadikan pilihan. Merk ini menggunakan bahan kaos nyaman dan handuk dengan kualitas terbaik untuk lapisan dalam dan bahan polyester untuk bagian luar. Pembalut kain satu ini pun memiliki lapisan anti bocor dan juga karakteristik cukup lentur sehingga aman untuk dicuci.

Ada 4 ukuran yang dikeluarkan Yuspin sebagai merk pembalut kain, mulai dari pantyliner, day use, night use, serta super night use. Motif yang diberikan cukup cantik dan mudah dibawa kemanapun. Harganya mulai dari Rp 75.000 untuk tiga buah pembalut kain ukuran day use.

Daya tampung dari pembalut kain satu ini bisa sampai 70 ml, tergantung dari ukuran yang dipilih. Dengan tipe berlian, tentu bisa membuatmu nyaman menggunakannya di hari datang bulan.

10. Hannahpad

10 Merk Pembalut Kain yang Bagus untuk Menemani Menstruasi 72

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Hannahpad merupakan merk pembalut kain dari Korea Selatan yang bisa kamu coba. Produknya sendiri memiliki berbagai jenis ukuran yang diperlukan perempuan, seperti ukuran pantyliner, longliner, small, medium, overnight, ultra, sampai super ultra dengan tipe berlian.

Masing-masing memiliki daya serap berbeda, mulai dari 15 ml sampai 70 ml! Bahan yang digunakan Hannahpad ini berkualitas tinggi sehingga nyaman dan juga tak menyebabkan bau. Menariknya, desain yang diberikan pun cantik dan membuat si pemakai senang memakainya.

Harga yang diberikan untuk merk pembalut kain satu ini mulai dari Rp 108.000 per buah. Namun ini tentu sejalan dengan kamu akan menggunakannya terus menerus dan eco-friendly. Hannahpad ini juga bisa dijadikan alternatif kado lahiran untuk teman atau keluarga, lho.

Memulai untuk menyayangi bumi dengan tidak menambah sampah bisa dengan mengganti pembalut sekali pakai dengan pembalut kain. Kalau kamu sudah mulai menggunakan pembalut kain, yuk bagikan pengalaman dan juga merk apa yang kamu pakai di kolom komentar.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram