15 Merk Pembersih Wajah untuk Kulit Berminyak Terbaik 2021

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 21 Oktober 2020

Pembersih wajah atau cleanser sangat bermanfaat untuk membersihkan sisa make up. Di samping itu, pembersih wajah juga efektif untuk mengangkat kotoran dan debu pada wajah. Kulit wajah jadi terlihat lebih cerah dan segar setelah Anda menggunakan cleanser.

Akan tetapi, apakah pemilik kulit berminyak bisa memakai produk pembersih wajah? Tentu saja bisa. Ada beberapa merk pembersih wajah untuk kulit berminyak dari brand lokal maupun internasional. Anda bisa memakai produk ini untuk membersihkan make up. Yuk, langsung saja kita intip daftar produk pembersih wajah yang diformulasikan untuk kulit berminyak versi Kamini!

Cara Merawat Wajah Berminyak

Eits, jangan buru-buru memilih produk pembersih wajahnya, ya, karena Anda juga perlu tahu beberapa cara yang ampuh untuk merawat wajah berminyak. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Rajin mencuci muka

Rajin bukan berarti sering, ya. Nah, waktu ideal mencuci muka itu sebelum beraktivitas dan saat mau tidur. Selain dua waktu itu, sebaiknya jangan cuci muka, ya. Pasalnya, jika Anda terlalu sering mencuci muka maka kulit wajah Anda akan semakin menipis dan justru wajah akan memproduksi minyak lebih banyak.

2. Gunakan pelembab wajah

Selain rajin cuci muka, Anda juga bisa mengandalkan rangkaian produk perawatan wajah lainnya, yakni pelembab wajah. Meskipun berminyak, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kelembapan wajah. Namun, untuk masalah kulit berminyak maka Anda harus memilih produk pelembab wajah khusus kulit berminyak, ya.

3. Terapkan gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat ini bukan hanya rajin olahraga, ya, tapi juga meliputi mengatur pola makan. Anda harus punya pola makan yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Selain itu, untuk masalah kulit bermiyak sebaiknya perbanyak minum air putih dan kurangi makanan gorengan.

4. Terapi air hangat

Anda juga bisa mengandalkan air hangat untuk mengurangi minyak di wajah. Pasalnya, air hangat ini mampu mengangkat kotoran dan minyak di wajah karena akan membuka pori-pori Anda. Tapi, setelah Anda terapi air hangat ini pastikan untuk menggunakan toner agar pori-pori di wajah tertutup kembali, ya.

5. Manfaatkan kentang

Ya, kentang yang biasa dipakai sebagai bahan makanan ini bisa diandalkan untuk mengurangi minyak di wajah lho. Caranya mudah, Anda bisa mengiris kentang tipis-tipis, lalu tempelkan di wajah Anda. Sangat mudah, kan?

Nah itulah beberapa cara mencegah wajah berminyak. Sebenarnya Kamini masih punya cara lainnya, tapi semuanya sudah kami bahas secara lengkap di artikel Cara Merawat Wajah Berminyak ini.

Merk Pembersih Wajah untuk Kulit Berminyak

Kini Anda sudah mengetahui cara merawat wajah berminyak, saatnya Anda memilih merk pembersih wajah yang bagus untuk kulit berminyak. Yuk, simak ulasannya!

1. Corine de Farme Micellar Gel Refreshing

Corine de Farme Micellar Gel Refreshing Merk Pembersih Wajah untuk Kulit Berminyak

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tahukah Anda bawah pembersih wajah dengan formula misel sangat digemari saat ini? Pasalnya, pembersih dengan formula tersebut diklaim dapat mengangkat sisa make up dan kotoran secara lebih optimal. Corine de Farme Micellar Gel Refreshing hadir dalam bentuk gel yang juga berasal dari formula misel.

Tak hanya membersihkan wajah, produk ini juga membuat wajah jadi lebih segar karena ada kandungan Cornflower dan Hibiscus di dalamnya. Anda bisa memakai produk ini dengan atau tanpa kapas. Corine de Farme Micellar Gel Refreshing bisa Anda beli mulai harga 120 ribuan di toko online.

2. Paulas Choice Skin Balancing Oil-Reducing Cleanser

Paula's Choice Skin Balancing Oil-Reducing Cleanser

* sumber: www.paulaschoice.com

Cek Harga di Shopee

Merk pembersih wajah untuk kulit berminyak yang seterusnya adalah Paula's Choice Skin Balancing Oil-Reducing Cleanser. Produk ini merupakan perpaduan antara skin care dan penghapus makeup. Dalam sekali usapan, kotoran, minyak berlebih, dan sisa riasan wajah akan terangkat, meninggalkan kulit wajah yang lembab.

Tekstur cleanser ini agak unik, karena ketika dituangkan ke tangan akan berbentuk krim. Akan tetapi, setelah digunakan langsung berubah menjadi busa. Produk ini cocok untuk kulit berminyak dan kulit kombinasi dengan special concern pori-pori besar. Anda dapat membeli pembersih wajah ini di Bukalapak melalui link ini.

3. Kiehl's Blue Herbal Gel Cleanser

Kiehl's Blue Herbal Gel Cleanser

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ada yang berbeda dari Kiehl's Blue Herbal Gel Cleanser. Pembersih wajah yang hadir dalam bentuk gel ini berwarna biru, sangat kontras dengan produk pembersih lain yang umumnya berwarna putih atau bening. Ini adalah cleanser terbaik untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat.

Terdapat kandungan Salicyd Acid untuk mengurangi jerawat di wajah. Selain itu, produk ini dapat meresap ke dalam pori-pori untuk mengangkat kotoran dan minyak. Tidak perlu khawatir karena pembersih ini tidak akan membuat wajah menjadi kering. Kiehl's Blue Herbal Gel Cleanser bisa diperoleh dengan harga mulai dari 12 ribuan saja.

4. Lancôme Gel Pure Focus

Lancome Gel Pure Focus

Sebuah merk pembersih wajah untuk kulit berminyak yang satu ini dapat membuat kulit wajah terasa lebih segar, lho. Adalah Lancôme Gel Pure Focus yang diklaim sebagai cleanser yang inovatif. Pasalnya, tidak hanya sekedar membersihkan wajah, produk ini juga dapat mengurangi kilap dan sebum di wajah.

Keunggulan lain dari produk ini adalah kemampuannya dalam mengecilkan pori dan mencerahkan rona alami wajah. Lancôme Gel Pure Focus dibandrol dengan harga Rp 350 ribuan.

5. Skinceuticals Simply Clean Gel

Skinceuticals Simply Clean Gel

* sumber: www.dermacaredirect.co.uk

Mencari merk pembersih wajah untuk kulit berminyak yang paling bagus? Tentu Anda tidak boleh melupakan Skinceuticals Simply Clean Gel. Cleanser pembersih makeup ini diformulasikan dengan amino acid surfactant system, HEPES, gliserin, kamomil, ekstrak gel lidah buaya, minyak jeruk, dan citric acid.

Semua kandungan tersebut akan mengangkat kotoran dan sel kulit mati secara lembut bagaimanapun kondisi kulit Anda, apakah sedang iritasi atau sedang baik-baik saja. Tekstur cleanser-nya berbentuk gel, namun tetap kuat menangkat makeup yang waterproof sekalipun.

6. IT Cosmetics Bye Bye Makeup™ 3-in-1 Makeup Melting Cleansing Balm

IT Cosmetics Bye Bye Makeup™ 3-in-1 Makeup Melting Cleansing Balm

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cleanser tidak hanya bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan sisa make up saja, lho. IT Cosmetics Bye Bye Makeup™ 3-in-1 Makeup Melting Cleansing Balm membuktikan bahwa cleanser bisa menjadi serum anti-aging untuk mencegah penuaan dini. Wajah akan terlihat lebih muda dan segar bila Anda memakai produk ini.

Di samping itu, pembersih wajah dari IT Cosmetics ini juga memiliki kemampuan untuk mengangkat sisa make up hingga ke pori-pori wajah. Produk ini bisa dipakai untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang berminyak.

7. Clinique Acne Solutions Cleansing Gel

Clinique Acne Solutions Cleansing Gel

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Punya kulit yang berminyak dan kusam? Kembalikan kesegaran alami wajah Anda dengan Clinique Acne Solutions Cleansing Gel. Sabun pembersih wajah ini berbentuk gel dan tidak mengandung minyak. Produk ini juga sudah terbukti secara medis dapat mengurangi jerawat dan komedo.

Uniknya, Anda juga bisa menggunakan Clinique Acne Solutions Cleansing Gel untuk membersihkan tubuh. Kulit akan menjadi lebih segar, halus, dan cerah alami dengan pembersih dari Clinique ini. Produk ini dijual di pasaran dengan harga sekitar 270 ribuan.

8. philosophy Cleansing Gel & Eye Makeup Remover

Philosophy Cleansing Gel & Eye Makeup Remover

Yang satu ini bukan sekedar merk pembersih wajah untuk kulit berminyak biasa. Philosophy Cleansing Gel & Eye Makeup Remover dirancang agar dapat digunakan sebagai sabun cuci wajah sekaligus pembersih make up mata.

Produk yang akan menciptakan sensasi segar pada kulit wajah ini dapat mengangkat kotoran, minyak, dan juga sisa make up. Tak perlu ragu menggunakan Philosophy Cleansing Gel & Eye Makeup Remover. Pasalnya, produk ini aman untuk membersihkan riasan mata. Pembersih ini dijual dengan harga sekitar 311 ribuan.

9. Babor Cleansing CP Mild Cleanser

Babor Cleansing CP Mild Cleanser

Meskipun dijual dengan harga yang sedikit mahal, Babor Cleansing CP Mild Cleanser menawarkan kualitas yang sangat bagus. Produk ini dapat membersihkan segala jenis kotoran hingga ke dasar pori-pori secara maksimal.

Terdapat kandungan Ekstrak Detoksifikasi di dalamnya untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Selain itu, Babor juga menambahkan Halia, Bisabolol, dan Panthenol untuk menenangkan kulit wajah. Babor Cleansing CP Mild Cleanser dijual mulai harga 300 ribuan.

10. Clarins Cleansing Milk with Gentian

Clarins Cleansing Milk with Gentian

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Satu lagi krim pembersih yang diformulasikan untuk kulit kombinasi yang cenderung berminyak. Adalah Clarins Cleansing Milk with Gentian yang diklaim efektif untuk mengangkat segala jenis kotoran pada kulit wajah. Krim ringan ini tidak menyumbat pori-pori, justru akan mengangkat kotoran hingga ke pori-pori.

Clarins Cleansing Milk with Gentian adalah pilihan yang tepat untuk membersihkan wajah yang berminyak. Krim ini akan mengangkat kotoran, minyak, dan sisa make up. Wajah akan menjadi lebih segar dan halus bila Anda rutin membersihkannya dengan Clarins Cleansing Milk with Gentian.

11. NEOGEN Real Fresh Green Tea Cleansing Stick

NEOGEN Real Fresh Green Tea Cleansing Stick

* sumber: sokoglam.com

Cek Harga di Shopee

NEOGEN Real Fresh Green Tea Cleansing Stick merupakan pemenang Teen Vogue Acne Awards pada tahun 2017 lalu. Produk ini memenangkan penghargaan karena kualitasnya bagus dan praktis ketika dipakai dan bisa dibawa ke mana saja.

Produk ini diformulasi dengan 13 minyak alami untuk melunturkan dan mengangkat makeup. Sedangkan kandungan daun teh hijaunya akan mengangkat sel kulit mati dan kotoran. Lalu, formula rendah pH-nya akan membuat kulit Anda jadi lebih lembab dan sehat.

Cara menggunakan NEOGEN Real Fresh Green Tea Cleansing Stick adalah dengan memutar bagian bawah stik untuk mengeluarkan produk secukupnya. Lalu, gunakan stik pada wajah yang basah. Massage wajah Anda menggunakan tangan untuk membuat produk jadi berbusa. Terakhir, bilas wajah menggunakan air hangat-hangat kuku atau air dingin.

12. Sensatia Botanicals Natural Facial Cleanser Acne Clarifying

Sensatia Botanicals Natural Facial Cleanser Acne Clarifying

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Berikutnya, ada merk pembersih wajah yang memanfaatkan bahan-bahan botani alami. Sensatia Botanicals Natural Facial Cleanser Acne Clarifying juga tidak mengandung wewangian, sehingga aman untuk dipakai pada kulit yang sensitif.

Kandungan yang terdapat pada produk ini antara lain adalah geranium, rose petal, dan hibiscus. Bahan-bahan botani alami ini diklaim dapat membuat wajah yang kusam jadi terlihat lebih cerah. Dapatkan Sensatia Botanicals Natural Facial Cleanser Acne Clarifying dengan harga 130 ribu.

13. Acnes Oil Control Milk Cleanser

Acnes Oil Control Milk Cleanser

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kulit berminyak disertai dengan jerawat? Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan Acnes Oil Control Milk Cleanser. Susu pembersih ini terbuat dari ekstrak tanaman herbal dan olive oil yang berfungsi untuk mengurangi minyak di wajah.

Produk ini juga sesuai dengan kulit yang berjerawat. Pasalnya, Acnes memang dikenal sebagai merk produk perawatan khusus kulit wajah yang jerawatan. Kombinasikan Acnes Oil Control Milk Cleanser ini dengan toner-nya agar wajah menjadi lebih bersih dan segar. Anda dapat membeli produk ini dengan harga 35 ribuan saja.

14. Mustika Ratu Pembersih Sari Jeruk Nipis

Mustika Ratu Pembersih Sari Jeruk Nipis

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pembersih dari Mustika Ratu yang satu ini diformulasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Adalah Mustika Ratu Pembersih Sari Jeruk Nipis yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman dipakai setiap hari. Produk ini mengandung Aromatic Essential Lime Oil yang berfungsi sebagai toning dan antiseptik.

Di samping itu, Mustika Ratu turut melengkapi produk ini dengan Vitamin E yang berperan sebagai antioksidan. Usapkan Mustika Ratu Pembersih Sari Jeruk Nipis ini di wajah hingga leher untuk mengangkat debu, minyak, dan sisa makeup. Cleanser seharga Rp 15 ribuan ini dapat Anda temukan di toko online.

15. Sariayu White Aromatic Pembersih All In One Normal-Berminyak

Sariayu White Aromatic Pembersih All In One Normal-Berminyak

  * sumber: www.thesilvertreasure.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Melalui produk ini, Sariayu memperkenalkan produk pembersih sekaligus toner, yakni Sariayu White Aromatic Pembersih All In One. Bila Anda memiliki kulit berminyak, maka disarankan untuk memilih varian Normal-Berminyak yang berwarna biru. Pembersih ini akan terasa segar saat menyentuh kulit Anda.

Meskipun produk ini berbentuk cair, tetapi kemampuannya untuk mengangkat kotoran dan sisa make up sangat baik. Ini adalah salah satu pembersih wajah yang sangat praktis. Pasalnya, Anda tidak perlu memakai toner atau penyegar lagi setelah Anda menggunakan Sariayu White Aromatic Pembersih All In One ini.

Penyebab Wajah Berminyak

Sudah rajin merawat wajah tapi muka tetap berminyak? Nah, sebenarnya wajah bisa berminyak karena ada beberapa faktor dan penyebabnya berikut ini.

1. Hormonal

Kalau Anda selalu berminyak padahal sudah sering melakukan perawatan, berarti mungkin ada ketidakseimbangan pada hormon Anda. Nah, kalau kondisi hormonal seperti ini agak sulit dihindarinya karena setiap orang punya kadar hormon yang berbeda.

2. Keturunan

Selain hormonal, penyebab wajah berminyak juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Nah, kalau sudah faktor keturunan, memang agak sulit dihilangkan. Mungkin Anda bisa konsultasikan dengan dokter.

3. Lingkungan

Tidak seperti faktor keturunan dan hormonal, kalau faktor lingkungan ini masih bisa dicegah dengan cara rajin membersihkan wajah. Selain membersihkan wajah, Anda juga bisa mengelap wajah dengan tisu khusus wajah berminyak.

4. Stres

Kalau Anda sedang stres akibat apapun itu, biasanya minyak di wajah akan diproduksi secara berlebih. Makanya, disarankan untuk bisa mengelola dengan baik, ya.

5. Terlalu sering mencuci muka

Niat hati ingin membersihkan muka justru malah menjadi "kilang minyak". Nah, hal itu bisa saja terjadi jika Anda terlalu sering mencuci muka. Pasalnya, setelah Anda mencuci muka maka wajah Anda akan kering. Nah, saat wajah Anda kering maka secara otomatis akan memproduksi minyak. Makanya, semakin sering mencuci muka maka semakin banyak minyak yang diproduksi oleh wajah.

Sebenarnya bukan hanya 5 faktor tadi saja yang bisa membuat wajah Anda berminyak, karena masih ada penyebab lainnya yang bisa Anda ketahui di artikel 10 Faktor Penyebab Wajah Berminyak.

Punya kulit berminyak? Pilih salah satu merk pembersih wajah untuk kulit berminyak di atas untuk membersihkan wajah dari kotoran atau sisa make up setiap hari. Apakah Anda tertarik dengan produk pembersih wajah yang ada di atas? Yuk, dapatkan produk-produk tersebut di supermarket atau situs belanja online.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram