Kamini.id / Jerawat / 10 Merk Sabun Muka untuk Kulit Berjerawat yang Bagus 2020

10 Merk Sabun Muka untuk Kulit Berjerawat yang Bagus 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sangat mudah untuk menemukan berbagai produk perawatan kulit untuk wajah yang berjerawat. Namun, apakah semua produk tersebut sudah benar-benar tepat dan baik untuk digunakan sehari-hari? Pasalnya, bila Anda memiliki wajah yang mudah berjerawat, maka Anda harus lebih hati-hati dalam memilih produk perawatan kulit wajah, termasuk saat memilih sabun pencuci muka.

Masih bingung memilih sabun yang tepat untuk wajah Anda yang mudah berjerawat? Kamini akan memberikan daftar merk sabun muka untuk kulit berjerawat yang terbaik untuk Anda. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Memakai Sabun Muka yang Benar

Sebelum membahas mengenai rekomendasi merk sabun muka untuk kulit berjerawat, Kamini akan membagikan informasi tentang cara memakai sabun muka yang benar. Untuk mengetahuinya, simak langsung pembahasan di bawah ini.

1. Ikat Rambut Anda

Nah, langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan sabun muka adalah ikat rambut Anda terlebih dahulu. Baik rambut panjang atau rambut pendek, sebaiknya ikat  atau jepit saja karena bagian wajah yang paling dekat dengan rambut rentan terkena jerawat. Gunakan bando atau jepit untuk mengatur posisi poni rambut agar Anda bisa mencuci muka secara menyeluruh.

2. Hapus Make Up

Kalau Anda habis beraktivitas seharian dan masih ada sisa make up di wajah, sebaiknya bersihkan dulu sisa make up-nya dengan memakai make up remover atau cleansing milk dan facial toner yang sesuai dengan kondisi kulit.

3. Mulai Cuci Muka

Sebelum menggunakan sabun mukanya, basahi wajah Anda dengan menggunakan air bersih. Usahakan airnya bersuhu suam-suam kuku. Jangan ggunakan air panas karena bisa menyebabkan kulit muka menjadi kering.

Jika sudah, tuang sabun ke telapak tangan lalu buat busa dengan cara menggosoknya. Kemudian oleskan busa sabun ke wajah Anda dengan gerakan memutar menggunakan jari. Berikan pijatan lembut paling tidak selama 30 detik. Setelahnya, bilas wajah Anda dengan menggunakan air dengan suhu suam-suam kuku hingga bersih.

Untuk mengetahui info menarik lainnya seputar metode mencuci wajah yang benar, silakan baca artikel Cara Menggunakan Sabun Muka dari Kamini.

10 Merk Sabun Muka untuk Kulit Berjerawat Terbaik

Nah, sekarang Kamini akan memberikan rekomendasi 10 merk sabun muka untuk kulit berjerawat terbaik yang bisa Anda pilih. Merk apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. Exposed Skin Care Facial Cleanser

Exposed Skin Care Facial Cleanser

Satu lagi merk sabun muka untuk kulit berjerawat yang kami rekomendasikan untuk Anda. Adalah Exposed Skin Care Facial Cleanser yang bersifat non-comedogenic, yang artinya tidak menyumbat pori-pori kulit wajah. Tak hanya itu saja, sabun ini juga diperkaya dengan Salicylic Acid yang merupakan bahan aktif pembasmi bakteri penyebab jerawat.

Exposed Skin Care Facial Cleanser juga dilengkapi dnegan bahan-bahan alami lainnya, seperti Alpha & Beta Hydroxy Acid dan Ekstrak Daun Olive. Produk ini juga diformulasikan agar dapat menyerap kelebihan minyak di wajah, mengangkat kotoran dan membuat kulit kusam jadi terlihat lebih bercahaya.

2. Neutrogena Oil-Free Acne Wash

Neutrogena Oil-Free Acne Wash Pink Grapefruit Facial Cleanser

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Beberapa waktu lalu, kami juga mengulas Neutrogena Oil-Free Acne Wash di dalam daftar sabun muka untuk kulit berminyak yang terbaik. Kini, produk ini juga menempati daftar merk sabun muka untuk kulit berjerawat yang terbaik. Sesuai dengan namanya, sabun ini memang diformulasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Kedua masalah kulit wajah ini memang sangat umum dialami oleh orang-orang indonesia. Kandungan asam salisilat di dalam sabun inilah yang membuatnya dapat mengatasi jerawat. Neutrogena Oil-Free Acne Wash dapat Anda beli mulai harga 150 ribuan.

3. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selanjutnya, ada Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang merupakan sabun muka untuk kulit berjerawat yang sangat best seller. Sabun yang ringan ini bersifat soap-free dan fragrance free. Jadi, tak heran jika produk ini sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit berjerawat dan sensitif. Cetaphil Gentle Skin Cleanser tidak akan membuat kulit wajah menjadi kasar.

Yang membuat produk ini semakin digemari di pasaran adalah kandungan pelembab di dalamnya sehingga dapat melembabkan kulit wajah yang kering. Produk seharga 160 – 180 ribuan ini bisa diperoleh di berbagai toko online.

4. Dermalogica Special Cleansing Gel

Dermalogica Special Cleansing Gel

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dermalogica Special Cleansing Gel termasuk merk sabun muka untuk kulit berjerawat yang harganya terjangkau. Sabun gel dengan formula soap-free ini cocok untuk semua jenis kulit, bahkan yang bermasalah sekalipun. Sabun ini akan mengangkat kotoran dari kulit tanpa mengganggu keseimbangan kelembaban alaminya.

Sabun muka ini mengandung ekstrak lavender dan calming balm mint yang berfungsi untuk menenangkan kulit. Sedangkan kandungan quillaja saponaria-nya dengan lembut membasuh racun dari kulit. Gunakan air hangat untuk penggunaan.

5. Peter Thomas Roth Acne Clearing Wash

Peter Thomas Roth Acne Clearing Wash

Cek Harga di Shopee

Cari sabun muka khusus kulit berjerawat yang bisa dipakai oleh pria maupun wanita? Peter Thomas Roth Acne Clearing Wash adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, sabun dengan aroma jeruk yang menyegarkan ini sangat direkomendasikan bagi pemilik kulit berjerawat, kusam, dan berminyak.

Kandungan allantoin dan Pro Vitamin B5 di dalam sabun ini dapat menenangkan kulit yang kemerahan akibat jerawat. Selain itu, asam salisilat di dalam produk ini juga terbukti efektif mengurangi jerawat. Peter Thomas Roth Acne Clearing Wash tidak mengandung paraben maupun alkohol.

6. Burt’s Bees Natural Acne Solutions Purifying Gel Cleanser

Burt’s Bees Natural Acne Solutions Purifying Gel Cleanser

Bersihkan semua bakteri, minyak berlebih, dan kotoran penyebab jerawat tanpa membuat kulit iritasi dan jadi kering adalah kehebatan Burt’s Bees Natural Acne Solutions Purifying Gel Cleanser.

Sabun gel ini mengandung asam salisilat yang berasal dari willow bark. Kandungan ini berguna untuk menembus pori-pori tersumbat, mengurangi jerawat, dan membantu mencegah jerawat di masa depan. Sementara kandungan evening primrose dan ekstrak akar bit dengan lembut akan menenangkan untuk menciptakan kulit segar, sehat, dan lebih jernih.

Burt’s Bees Natural Acne Solutions Purifying Gel Cleanser cocok untuk semua jenis kulit, tapi dispesialkan buat pemilik kulit berminyak dan acne-prone. Yuk, tunggu apa lagi? Segera gunakan sabun yang 99.4% natural, telah dites oleh dermatolog, dan non-comedogenic ini.

7. Aveeno Clear Complexion Foaming Cleanser

Aveeno Clear Complexion Foaming Cleanser

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Aveeno Clear Complexion Foaming Cleanser adalah merk sabun muka untuk kulit berjerawat yang selanjutnya. Sabun muka berbentuk foam ini akan membantu mencegah kulit jadi berjerawat, mengobati kulit yang sedang berjerawat, dan mencegah timbulnya noda setelah jerawat menghilang.

Hebatnya, sabun ini melakukan semuanya tanpa menjadikan kulit jadi kering seperti kebanyakan sabun muka untuk kulit berjerawat lainnya. Sabun ini mengandung kedelai yang akan menjaga kelembaban kulit, meningkatkan tekstur kulit, hingga meratakan warna kulit.

Formula sabun ini bebas minyak, hypoallergenic, non-comedogenic dan lembut untuk digunakan setiap hari. Aveeno Clear Complexion Foaming Cleanser dijual dengan harga Rp 200 ribu saja.

8. Olay Foaming Face Wash

Olay Foaming Face Wash

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu penyebab timbulnya jerawat di wajah ada kelebihan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Kotoran pada pori-pori bisa disebabkan karena sabun muka yang tidak membersihkan hingga ke dasar pori-pori. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencuci muka memakai Olay Foaming Face Wash.

Produk yang satu ini dirancang khusus agar aman dan nyaman bagi kulit sensitif. Selain itu, sabun ini juga bersifat oil-free, soap-free, dan fragrance-free. Ini membuktikan bahwa Olay Foaming Face Wash adalah sabun yang cocok untuk kulit sensitif dan tidak menyebabkan jerawat bertambah parah.

9. Clean & Clear Continuous Control Acne Cleanser

Clean & Clear Continuous Control Acne Cleanser

Clean & Clear Continuous Control Acne Cleanser tidak hanya akan mengangkat kotoran dan minyak, tapi juga memiliki teknologi pore-penetrating yang akan menyimpankan obat jerawat pada pori-pori Anda. Dengan penggunaan rutin, jerawat akan berkurang dan tidak akan kembali. Sabun ini cocok untuk kulit normal, berminyak, dan kombinasi.

10. Himalaya Clarina Anti Acne Face Wash Gel

Himalaya Clarina Anti Acne Face Wash Gel

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu merk sabun muka untuk kulit berjerawat yang benar-benar dirancang khusus untuk kulit berjerawat adalah Himalaya Clarina Anti Acne Face Wash Gel. Sabun ini juga diperkaya dengan Salicylic Acid yang merupakan bahan aktif yang banyak dipakai di produk perawatan kulit yang berjerawat.

Sabun yang hadir dalam tekstur gel ini akan menyerap kelebihan minyak di wajah tanpa membuat kulit menjadi terlalu kering. Selain itu, Himalaya Clarina Anti Acne Face Wash Gel juga dilengkapi dengan bahan-bahan alami lainnya yang dapat mencegah jerawat datang kembali.

Selain 10 rekomendasi merk sabun muka untuk kulit berjerawat yang sudah kami review di atas, kami juga memiliki beberapa produk rekomendasi lainnya, lho. Produk ini berasal dari merk lain. Bila Anda belum menemukan sabun yang tepat di daftar yang ada di atas, cek daftar Kamini yang berikut ini, yuk!

11. The Body Shop Seaweed Deep Cleansing Facial Wash

The Body Shop Seaweed Deep Cleansing Facial Wash

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dengan memanfaatkan kebaikan alami rumput laut, The Body Shop menciptakan sebuah sabun muka yang dapat mengurangi jerawat di wajah Anda. Adalah The Body Shop Seaweed Deep Cleansing Facial Wash, yang diklaim dapat mengurangi noda jerawat dan minyak di wajah.

Pembersih ini akan mengangkat sel kulit mati dan kotoran ke dasar pori-pori sehingga mengurangi risiko jerawat. The Body Shop Seaweed Deep Cleansing Facial Wash akan mengontrol sebum di wajah agar produksi minyak di kulit wajah tidak terlalu berlebihan.

12. Acnes Creamy Wash

Acnes Creamy Wash

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selama ini Acnes dikenal sebagai brand yang memproduksi produk untuk merawat kulit yang berjerawat. Jadi, kualitas dari Acnes Creamy Wash ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi sebagai sabun muka yang ampuh atasi masalah jerawat. Sabun ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Di samping itu, produk ini juga akan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Kandungan Vitamin B dan C yang terdapat di dalam Acnes Creamy Wash dapat berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit wajah dari radikal bebas. Penggunaan Acnes Creamy Wash secara teratur dapat mengurangi pertumbuhan jerawat secara optimal. Anda bisa membeli produk ini secara online.

13. Wardah Acne Gentle Scrub

Wardah Acne Gentle Scrub

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sebagai brand dalam negeri yang memproduksi kosmetik dan produk perawatan kulit tubuh maupun wajah, Wardah juga mengeluarkan merk sabun muka untuk kulit berjerawat. Wardah Acne Gentle Scrub adalah solusi bagi Anda untuk mengatasi jerawat yang tak terkendali.

Selain ampuh merawat kulit yang berjerawat, produk ini juga menyerap kelebihan minyak di wajah. Seperti yang kita ketahui, minyak berlebih adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Wardah Acne Gentle Scrub diperkaya dengan butiran scrub halus yang dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati sehingga wajah tidak tampak kusam. Anda bisa membeli produk ini secara online.

14. Vaseline Men Face Anti-Acne Face Wash

Vaseline Men Face Anti-Acne Face Wash

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bukan hanya wanita yang membutuhkan sabun muka khusus untuk kulit berjerawat, tetapi para pria juga membutuhkannya. Nah, bagi para pria yang mencari sabun pencuci wajah khusus untuk kulit yang berjerawat, Vaseline Men Face Anti-Acne Face Wash ini adalah jawaban yang tepat untuk Anda. Vaseline melengkapi produk ini dengan bahan aktif yang dikenal ampuh mengatasi jerawat, seperti Salicylic Acid dan Herbal Clay.

Sabun ini akan membantu untuk mengurangi 99% bakteri penyebab jerawat. Selain itu, Vaseline Men Face Anti-Acne Face Wash akan mengangkat penyumbatan pada pori-pori wajah sehingga risiko jerawat di kemudian hari akan berkurang. Baca sabun muka untuk pria lainnya di artikel Merk Sabun Muka untuk Pria.

Cara Mengatasi Jerawat Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Selain membahas tentang cara memakai sabun muka, Kamini juga punya informasi menarik tentang cara mengatasi jerawat berdasarkan tingkat keparahannya. Untuk mengetahui pembahasan lengkapnya, simak langsung saja di bawah ini.

1. Jerawat Ringan

Salah satu jenis jerawat ringan yang sering muncul di wajah adalah whitehead atau komedo putih. Cara mengatasi jerawat ringan ini adalah dengan cara memakai krim penghilang jerawat, atau menggunakan produk yang mengandung bahan salicylic acid.

2. Jerawat Sedang

Atasi jerawat yang memiliki tingkat keparahan sedang seperti jerawat pustula hingga komedo putih dan hitam dengan mengunjungi dokter kulit. Biasanya, dokter akan memberi resep antibiotik hingga benzoil peroksida untuk mengatasi jerawat sedang.

3. Jerawat Parah

Jika wajah Anda memiliki jerawat dengan tingkat keparahan yang paling tinggi seperti jerawat kistik, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Untuk mengetahui jenis-jenis jerawat berdasarkan tingkat keparahannya, silakan baca artikel Macam-Macam Jerawat dari Kamini.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Kamini juga akan membahas mengenai metode untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah. Untuk mengetahuinya, silakan baca ulasan berikut ini.

1. Rajin Mencuci Muka

Rajinlah mencuci muka dua kali sehari pada pagi dan malam hari supaya wajah Anda bebas dari jerawat yang membandel. Jika Anda menggunakan make up, jangan lupa untuk menghapus sisa make up memakai make up remover atau cleansing milk dan facial toner sebelum mencuci muka.

2. Pakai Pelembab yang Cocok

Pakai pelembab untuk wajah berjerawat secara rutin juga bisa membantu mencegah timbulnya jerawat yang bisa mengganggu penampilan. Terlebih bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah pelembab wajah yang terbaik dan berkualitas, ya.

3. Pastikan Rambut Anda Bersih

Seperti yang kita tahu, rambut kotor bisa menjadi salah satu pemicu utama munculnya jerawat. Banyaknya debu dan kotoran yang menempel di rambut bisa menimbulkan jerawat di wajah. Untuk itu, usahakan agar rambut Anda terjaga kebersihannya dengan cara rajin keramas setiap dua hari sekali.

Jika Anda ingin mengetahui informasi mengenai metode pencegahan timbulnya jerawat di wajah, silakan baca artikel Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat dari Kamini.

Sampai di sini pembahasan Kamini mengenai merk sabun muka untuk wajah berjerawat. Bagi para wanita dan pria yang memiliki masalah jerawat, pilih salah satu merk sabun muka untuk kulit berjerawat di atas. Miliki wajah yang bersih dan bebas jerawat dengan rutin mencuci muka dengan sabun yang tepat. Apa sabun muka untuk jerawat yang biasa Anda pakai sehari-hari?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 April 2020