kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 10 Merk Setting Powder Terbaik dengan Harga Terjangkau

10 Merk Setting Powder Terbaik dengan Harga Terjangkau

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 25 Desember 2020

Semakin maju zaman, semakin berkembang pula dunia kosmestik di luar maupun dalam negeri. Beragam produk bermunculan dengan membawa istilah-istilah barunya. Sering kali majunya perkembangan dunia makeup membuat orang yang masih awam jadi kesusahan ketika mengenali suatu produk dan kegunaannya. Salah satunya bedak atau powder.

Saat ini, powder saja sudah terbagi menjadi beberapa jenis dengan fungsinya masing-masing. Sekarang Kamini mau membahas tentang setting powder dan finishing powder yang tak jarang disalah bedakan oleh pemula. Meskipun jenisnya sama-sama bedak, finishing powder biasanya digunakan setelah makeup selesai. Sedangkan setting powder sering kali digunakan seusai memakai foundation atau untuk touch-up setelah beberapa jam menggunakan makeup.

Namun, fungsi utama setting powder adalah untuk mengunci makeup agar tetap set dan tahan lama. Setting powder juga berguna untuk mengurangi minyak berlebih dan kilap pada kulit, sehingga hasil makeup akan lebih matte. Nah, setting powder sendiri terbagi menjadi dua jenis lagi, yaitu loose powder (bedak tabur) dan compact powder (bedak padat), yang berwarna (tinted) dan tidak berwarna (translucent).

Biasanya setting powder berbentuk loose powder dipakai di tengah-tengah waktu ber-makeup supaya lebih tahan lama, sedangkan yang bentuknya compact powder digunakan ketika ingin touch-up. Semua jenis setting powder ini tetap menghasilkan makeup yang bagus, asalkan tidak diaplikasikan secara berlebihan dan merata.

Cara Mengaplikasikan Setting Powder

cara menggunakna bedak marcks_sebagai setting powder (Copy)

* sumber: www.lorensworld.com

Ada dua cara untuk mengaplikasikan setting powder agar lebih awet dan bagus di wajah. Untuk mengetahuinya, silakan baca penjelasan di bawah ini, ya.

1. Dengan Powder Brush

Pemakaian bedak tabur untuk set makeup menggunakan kuas bedak biasanya berfokus pada T-zone untuk memaksimalkan riasan agar lebih tahan lama. Berikut tata caranya.

  • Pertama-tama, pilih produk yang mau digunakan. Lalu, siapkan aplikatornya. Di sini kita akan memakai kuas bedak.
  • Kedua, set area T-zone dan sapukan juga area rawan minyak (jika kulitmu oily). Langkah ini akan membuat makeup kamu tetap di tempatnya, tanpa peduli cuaca dan kegiatanmu.
  • Terakhir, dusting alias sapu sisa bedak setting sampai habis. Kamu juga bisa menyapukannya ke seluruh wajah kamu untuk ekstra matte agar highlighter, eyeshadow, dan concealer kamu nggak luntur seharian.

2. Dengan Makeup Sponge

Jika kamu tidka punya powder brush, tidak apa-apa. Biasanya produk setting powder datang dengan spons bawaan. Atau, mungkin kamu sudah punya spons favorit sebelumnya. Kamu bisa menggunakan yang mana saja. Berikut tata caranya.

  • Pertama, pilih produk setting powder favoritmu.
  • Langkah kedua, jangan langsung aplikasikan bedak ke wajah, tapi ke punggung tanganmu dulu. Hal ini dilakukan agar kamu tahu seberapa banyak produk yang ada di spons. Kamu tidak mau wajah kamu terlalu banyak bedak, kan? Kalau kelebihan kan sudah ke-dust ke punggung tangan, tapi kalau kurang kamu bisa tambah lagi bedaknya.
  • Barulah dari spons itu kamu tap-tap ke area kulit wajah yang rawan minyak. Tidak perlu menekan terlalu kencang takutnya foundation kamu geser. Beberapa tepukan saja sudah cukup untuk membuat makeup tampak alami tanpa caking.

Merk Setting Powder yang Bagus

Setelah mengetahui cara memakainya, di bawah ini adalah kumpulan merk setting powder yang direkomendasikan Kamini, yuk, mari simak sampai habis!

1. Focallure Flawless Setting Powder

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

  • Ukuran: 11 gr
  • Harga: Rp 160.000
  • Benefit: anti cakey, matte, cocok pada kulit berminyak

Tampil dengan 4 varian yaitu Transparent Chiffon, Ivory, Coralline Color dan Classic Rose. Dilengkapi pula oleh formula vegan, setting powder ini diklaim mampu membuat makeup anti cakey. Selain itu, produk Foccalure ini berguna juga untuk mengurangi kilap dan minyak berlebih pada wajah. Sehingga, hasil akhir yang diperoleh adalah matte dan tahan lama.

2. L.A. Girl Pro Powder HD Setting Powder

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

  • Ukuran: 5 gr
  • Harga: Rp 180.000
  • Benefit: Memudarkan noda di wajah, matte dan flawless, tekstur ringan

Jika wajahmu ada banyak flek hitam dan bekas jerawat, setting powder dari L.A. Girl ini merupakan pilihan yang tepat. Karena, produk ini mampu menyamarkan noda, kemerahan, bahkan mata panda. Teksturnya pun ringan dengan 2 pilihan warna: Translucent dan Banana Yellow. Dijamin, seusai pemakaiannya, wajah akan tampak flawless, matte, dan natural.

3. NYX Can't Stop Won't Stop Setting Powder

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

  • Ukuran: 6 gr
  • Harga: Rp 290.000
  • Benefit: Anti kilap, matte, tekstur ringan, cocok untuk wajah berminyak

Setting powder dari NYX Cosmetics ini memiliki tekstur yang ringan dan halus. Seusai digunakan pun hasilnya tampak matte dan bisa menyerap minyak di kulit. Dengan produk ini juga make up jadi bebas kilap maupun tahan lama. Pilihan warnanya beragam mulai dari Banana, Deep, Medium, Medium to Deep, Light to Medium dan Light.

4. Make Over Powerstay Mattifying Transparent Powder

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

  • Ukuran: 11 gr
  • Harga: Rp 120.000
  • Benefit: Tahan lama, tanpa warna, cocok untuk segala kulit

Masih dengan setting powder yang tanpa warna, produk yang dikeluarkan Make Over ini dilengkapi Oil Control, sehingga cocok digunakan pada kulit normal hingga kulit berminyak. Meskipun meminimalisir adanya minyak, tapi produk ini tidak akan membuat wajahmu menjadi kering, kok. Selain itu juga, hasil yang diperoleh tahan lama walaupun dipakai seharian.

5. LT Pro Translucent Powder

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

  • Ukuran: 30 gr
  • Harga: Rp 130.000
  • Benefit: Cocok untuk segala kulit, melembabkan, matte dan natural

Dalam setting powder yang cocok dipakai pada segala jenis kulit ini terdapat kandungan Silica yang berguna untuk menyerap minyak pada wajah. Selain itu, juga terdapat formula vitamin E yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Ada pula Avocado Oil yang menjaga kondisi kulit tetap lembab. Jika digunakan, setting powder ini memberi hasil yang matte dan natural. Bisa dipakai sehari-hari maupun untuk acara penting!

6. Ultima II Delicate Translucent Face Powder

*

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

  • Ukuran: 24 gr
  • Harga: Rp 120.000
  • Benefit: Cocok bagi kulit kering, warna natural, mengandung soluble collagen

Jika merk lain lebih menunjukkan produknya untuk kulit normal sampai berminyak. Produk satu ini lebih ditujukan pada kulit wajah yang kering dengan warna yang natural. Di dalamnya terkandung Mineral Oil dan Soluble Collagen yang berguna menutrisi kulit agar tetap sehat. Selain itu, harganya juga tidak terlalu mahal, cukup terjangkau sekitar 120 ribuan saja.

7. Revlon Anti-Pollution Setting Powder

*

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

  • Ukuran: 15 gr
  • Harga: Rp 115.000
  • Benefit: anti pollution, anti aging, cocok pada kulit berminyak, tekstur ringan

Dari namanya saja "Anti-Pollution", tentu produk ini memiliki kandungan anti polutan yang bakal melindungi kulit kamu dari polusi udara dan sekitar. Terus, Revlon Anti-Pollution Setting Powder mengandung anti oksidan hingga anti blue light juga.

Sehingga, powder ini dapat mencegah penuaan sekaligus melindungi kulit dari paparan negatif lainnya. Cocok banget bagi kamu yang sering beraktivitas di lapangan. Teksturnya juga ringan dan bisa mengurangi produksi minyak berlebihan. Bedak ini hadir dalam tiga varian, yaitu Translucent, Medium, dan Deep.

8. Y.O.U Make Up Crystal Loose Setting Powder

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

  • Ukuran: 6,8 gr
  • Harga: Rp 70.000
  • Benefit: UV protection, matte, waterproof, cocok bagi wajah berminyak

Meskipun harga Y.O.U Make Up Crystal Loose Setting Powder tergolong lebih murah dibandingkan merk lainnya, produk ini kaya kandungan seperti Ekstrak Licorice, misalnya. Terus, ada juga teknologi Oil Control, sehingga setting powder ini dapat menutrisi sekaligus melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah hiperpigmentasi.

Tak sampai di situ saja, Y.O.U juga melengkapi powder ini dengan formula waterproof agar semakin bertahan lama. Jika kamu mencari bedak setting yang mampu menyerap minyak dan memberi hasil tampilan yang matte, segera coba Loose Setting Powder Y.O.U ini, yuk!

9. Etude House Play 101 Setting Powder

*

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

  • Ukuran: 5 gr
  • Harga: Rp 125.000
  • Benefit:
    • Kemasannya unik berbentuk tabung dengan brush bawaan
    • Tersedia dalam 6 varian
    • Dengan 6 kegunaan: mencerahkan, memudarkan noda, tampak bersinar, natural, dan meminimalisir minyak

Berbeda dari yang lainnya, setting powder ini memiliki manfaatnya masing-masing menurut varian produk. Di antaranya varian Banana untuk mencerahkan kulit namun tampak natural, Strawberry yang berguna mencerahkan kulit wajah yang pucat.

Terus ada Sebum Control bagi wajah berminyak, Apricot Beam untuk yang ingin tampil glowing dengan glitter. Lalu, Salmon jika ingin menutupi noda hitam, dan yang terakhir Mint untuk menyamarkan kemerahan.

10. Lakme Absolute Argan Oil Translucent Setting Powder

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

  • Ukuran: 14 gr
  • Harga: Rp 180.000
  • Benefit: Polos, melembabkan kulit, tekstur ringan, matte

Jika setting powder umumnya hadir membawa beragam varian warna, produk ini justru tampil dengan tanpa warna. Itu mengapa namanya Translucent Powder. Walaupun begitu, produk yang memiliki kandungan Argan Oil ini juga mempunyai kelebihan. Yaitu, dapat menjaga kelembaban kulit, tapi hasilnya tetap matte. Dengan teksturnya yang ringan dan anti cakey, bedak dari brand lokal ini wajib kamu coba.

Semua merk setting powder di atas dapat digunakan dengan mudah. Caranya ambil puff dan tempelkan pada setting powder, lalu tekan-tekan hingga powder tampak menempel pada puff. Selanjutnya aplikasikan ke wajah dengan menepuk-nepuk puff secara merata.

Setting powder bisa juga dipakai untuk nge-set lipstik kamu agar jadi matte dan lebih tahan lama, dan juga untuk meningkatkan bulu mata. Jadi, kamu bisa mengoleskan sedikit setting powder pada sela-sela lapisan maskara. Hal ini akan memberikan kamu look bulu mata yang lebih tebal.

Kini kamu bisa tentukan produk mana yang akan digunakan, sudah menemukan setting powder yang sesuai atau belum Baiknya, sebelum membeli, pastikan dahulu kamu memilih produk setting powder yang cocok dengan kondisi kulit wajahmu, karena kebutuhan tiap kulit itu berbeda-beda.

Pastikan juga warna yang kamu pilih cocok dengan kulit warnamu agar hasil makeup dapat menyatu dan tampak sempurna. Jika ragu, lebih baik gunakan setting powder dengan jenis translucent powder saja, karena jenis itulah yang paling aman dipakai pada segala jenis dan semua warna kulit. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram