15 Merk Sunblock untuk Wajah Berjerawat yang Bagus 2021

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 13 April 2020

Tidak semua sunblock bisa dipakai untuk jenis kulit wajah yang mudah berjerawat. Salah memilih sunblock bisa memperparah kondisi wajah. Jerawat akan semakin bertambah banyak dan susah dihilangkan bila Anda memilih sunblock yang kurang tepat. Oleh karena itu, usahakan untuk memakai merk sunblock untuk wajah berjerawat bila Anda mudah jerawatan atau memiliki kulit yang terlalu sensitif.

Pada kesempatan kali ini, Kamini ingin merekomendasikan beberapa nama produk sunblock yang dikhususkan untuk wajah berjerawat. Produk ini berasal dari brand kecantikan sampai dengan brand medis yang biasa memproduksi obat. Yuk, langsung saja simak rekomendasi selengkapnya!

Cara Memakai Sunblock yang Benar

Sebelum Anda memilih sunblock terbaik untuk wajah berjerawat, sebaiknya ketahui juga beberapa langkah yang benar dalam penggunaan sunblock. Nah, memakai sunblock juga bisa dilakukan pada wajah tanpa makeup dan wajah yang menggunakan makeup.

1. Menggunakan Sunblock di Wajah Tanpa Makeup

Kalau Anda tidak ingin kulit wajah terlihat kusam dan terbakar karena sinar matahari, berarti Anda butuh sunblock untuk melindunginya. Dan, jika Anda sedang tidak menggunakan makeup apapun, sebaiknya tetap menggunakan sunblock dengan cara berikut ini:

  • Pertama, pastikan kulit wajah Anda sudah bersih dari keringat dan kotoran. Anda bisa mencuci muka terlebih dahulu dengan cleanser atau sabun pencuci muka.
  • Lalu, tuangkan sunblock sebanyak dua garis dan oleskan secara merata ke seluruh wajah dan leher.
  • Diamkan sunblock selama 30 menit. Jika sudah, barulah Anda bisa beraktivitas di luar ruangan tanpa perlu khawatir terbakar sinar matahari.

2. Menggunakan Sunblock di Wajah dengan Makeup/Kosmetik

Yang tadi adalah tata cara menggunakan sunblock di wajah yang "polos" alias tanpa makeup. Nah, bagaimana jika Anda menggunakan makeup? Tetap saja butuh sunblock, dan Anda bisa ikuti cara menggunakannya seperti berikut ini:

  • Seperti biasa, sebelum menggunakan sunblock maka pastikan kulit wajah Anda bersih.
  • Selanjutnya, gunakan pelembab wajah untuk menghindari kulit kering saat menggunakan sunblock berjam-jam.
  • Setelah itu, aplikasikan sunblock ke wajah secara merata dan jangan lupakan bagian leher.
  • Diamkan selama 15 menit, baru Anda bisa melanjutkan menggunakan makeup/kosmetik seperti biasa.

Itulah tadi tata cara yang benar dalam menggunakan sunblock di wajah. Sebenarnya kami masih punya beberapa tips lainnya mengenai pemakaian sunblock, tapi untuk penjelasan lebih lengkapnya kami bahas di artikel Cara Menggunakan Sunblock ini.

Merk Sunblock Terbaik untuk Wajah Berjerawat

Setelah Anda mengetahui tata cara menggunakan sunblock, kini saatnya Anda memilih merk sunblock yang tepat dan bagus untuk wajah Anda.

1. Papulex UV High Protection Cream SPF45+ For Acne Prone Skin

Papulex UV High Protection Cream SPF45+ For Acne Prone Skin

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pilihan pertama merk sunblock untuk wajah berjerawat adalah Papulex UV High Protection Cream SPF45+ For Acne Prone Skin. Sunblock wajah yang memang diformulasikan untuk kulit berjerawat ini bersifat non-fotosensitif yang artinya tidak membuat kulit menjadi gelap atau iritasi saat terpapar sinar matahari.

Produk ini akan senantiasa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Tekstur krim ini juga tidak menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo. Anda dapat menggunakan sunblock bebas pewangi dan paraben ini sebagai alas dasar sebelum make up. Anda dapat membeli produk ini secara online.

2. Kiss My Face Sunscreen - Face Factor SPF 30

Kiss My Face Sunscreen - Face Factor SPF 30 Merk Sunblock untuk Wajah Berjerawat

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sunblock wajah yang satu ini ternyata juga bisa menjadi pelembab kulit wajah Anda. Ya, Kiss My Face Sunscreen - Face Factor SPF 30 adalah sunblock sekaligus pelembab yang terasa nyaman di kulit. Produk ini dapat melindungi kulit wajah dari sinar matahari atau radikal bebas. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan Green Tea dan Licorice Extract di dalamnya.

Selain itu, produk ini juga memanfaatkan Hydresia, Aloe, dan Cucumber Extract sebagai pelembab alami dan penenang kulit. Kiss My Face Sunscreen - Face Factor SPF 30 adalah sunblock bebas pewangi dan tahan terhadap air. Anda bisa memakai krim ini sebelum merias wajah.

3. Neutrogena Clear Face Liquid Lotion Sunblock

Neutrogena Clear Face Liquid Lotion Sunblock

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kulit wajah yang berminyak biasanya rentan dengan jerawat. Nah, maka dari itu hadir Neutrogena Clear Face Liquid Lotion Sunblock, sebagai sunblock wajah berminyak dan berjerawat. Produk tabir surya berbentuk lotion cair ini sangat ringan dan tidak menyebabkan pori-pori wajah tersumbat.

Neutrogena Clear Face Liquid Lotion Sunblock menjamin bahwa kulit wajah Anda senantiasa terlindung dari sinar UVA dan UVB ketika Anda beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

4. Banana Boat Natural Reflect Baby Sunscreen Lotion

Banana Boat Natural Reflect Baby Sunscreen Lotion

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Beraktivitas di luar ruangan pada pukul 10:00 – 16:00 bisa membuat kulit wajah dan tubuh jadi terbakar. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan sunblock ketika hendak beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Bila Anda memiliki kulit yang mudah berjerawat, maka gunakan sunblock Banana Boat Natural Reflect Baby Sunscreen Lotion.

Sunblock ini diformulasikan untuk kulit bayi, sehingga lebih aman untuk kulit sensitif yang mudah jerawatan. Selain bersifat tahan air dan keringat, Banana Boat Natural Reflect Baby Sunscreen Lotion ini juga direkomendasikan oleh Skin Cancer Foundation.

5. La Roche-Posay Anthelios 45 Ultra-Light Sunscreen

La Roche-Posay Anthelios 60 Ultra Light Sunscreen Fluid

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sudah menggunakan makeup yang mengandung UV Protection dan SPF bukan berarti ada jaminan bahwa kulit wajah terlindungi 100% dari bahaya sinar matahari. Anda perlu menggunakan La Roche-Posay Anthelios 45 Ultra-Light Sunscreen sebelum memakai makeup. Sunblock yang satu ini bebas minyak dan cocok untuk kulit yang berjerawat.

Produk ini bersifat non-comedogenic, yang artinya tidak menyumbat pori-pori sehingga tidak membuat jerawat bertambah parah. Uniknya, sunblock ini memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit yang berjerawat dan membuat kulit terasa lebih lembut. La Roche-Posay Anthelios 45 Ultra-Light Sunscreen dijual mulai harga 380 ribu.

6. Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly - For Oily and Acne Prone Skin

Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly - For Oily and Acne Prone Skin

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kulit berminyak memang lebih mudah berjerawat. Oleh karena itu, Erha21 merilis sebuah sunblock wajah yang diformulasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Adalah Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly - For Oily and Acne Prone Skin yang merupakan tabir surya bersifat non-comedogenic dan non-acnegenic.

Formula produk ini tidak menyebabkan kulit berkomedo dan berjerawat. Produk ini mengandung SPF 30 PA+++ yang ideal untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly - For Oily and Acne Prone Skin ini dijual seharga 100 ribuan.

7. Clinique Even Better Super City Block Ultra Protection

Clinique Super City Block Ultra Protection SPF 40

Ada beberapa jenis tabir surya yang mengharuskan penggunanya untuk melakukan touch-up atau pemakaian ulang selama beberapa jam sekali. Hal tersebut bisa membuat kulit jadi lebih mudah berjerawat. Nah, solusi untuk menghindari produk tabir surya sejenis itu adalah dengan menggunakan Clinique Even Better Super City Block Ultra Protection.

Krim ini hanya perlu dipakai sekali saja. Sunblock bebas minyak ini memang tidak bersifat waterproof, tetapi Anda tidak perlu memakai krim ini secara berulang sehingga risiko jerawat pun akan berkurang.

8. Blue Lizard Australian Sunscreen

Blue Lizard Australian Sunscreen

Cek Harga di Lazada

Blue Lizard Australian Sunscreen mengklaim bahwa produknya merupakan merk sunblock untuk wajah berjerawat yang memenuhi standar tertinggi tabir surya di dunia. Kandungan SPF 30 + yang melengkapi produk ini akan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Ini adalah merk sunblock yang direkomendasikan oleh para ahli. Bahkan, produk sunblock ini sudah sangat terkenal di Australia. Tabir surya ini juga tahan terhadap air selama 80 menit, sehingga Anda bisa menggunakannya saat berenang.

9. Elta MD UV Shield SPF 45

Elta MD UV Shield SPF 45

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dapatkah Anda menggunakan sunblock sebelum memakai make up? Tentu saja bisa jika Anda menggunakan merk sunblock wajah yang kompatibel terhadap make up, seperti Elta MD UV Shield SPF 45. Sunblock yang mengandung SPF 45 ini sangat aman untuk kulit berjerawat, bahkan untuk kulit yang sensitif.

Formula produk ini tidak menimbulkan lengket di kulit, sehingga terasa nyaman dan cocok untuk kulit berminyak. Gunakan Elta MD UV Shield SPF 45 sebelum merias wajah untuk memberi proteksi pada kulit dari sinar matahari. Sunblock seharga 280 ribuan ini bisa dibeli di toko online.

10. MD Solar Sciences Mineral Tinted Crème

MD Solar Sciences Mineral Tinted Crème

Ingin berjemur di bawah sinar matahari tetapi kulit muka sedang berjerawat parah? Tak masalah karena Anda bisa menggunakan merk sunblock untuk wajah berjerawat terbaik, yakni MD Solar Sciences Mineral Tinted Crème.

Produk ini mampu menenangkan dan menyembunyikan bintik merah atau noda bekas jerawat yang mengganggu penampilan. Sunblock ini tersedia dalam pilihan SPF 30 atau 50. MD Solar Sciences Mineral Tinted Crème langsung melindungi kulit wajah meskipun Anda baru menggunakannya selama beberapa menit.

11. Sebamed Sun Care Multi Protect Sun Cream

Sebamed Sun Care Multi Protect Sun Cream

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sebamed dikenal sebagai merk spesialis produk perawatan kulit sensitif dan berjerawat. Kali ini, Sebamed memperkenalkan sebuah merk sunblock untuk wajah berjerawat yang bagus. Adalah Sebamed Sun Care Multi Protect Sun Cream yang akan melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari.

Produk ini diformulasikan untuk kulit berjerawat, berminyak, dan sensitif. Disebut sebagai salah satu merk sunblock untuk wajah yang terbaik karena Sebamed Sun Care Multi Protect Sun Cream menawarkan kadar SPF yang bisa dipilih oleh penggunanya sendiri. Krim tabir surya ini tidak akan luntur saat terkena air maupun keringat. Anda bisa membeli sun cream ini secara online.

12. The Face Shop Clean Face Oil Free Sun Cream

The Face Shop Clean Face Oil Free Sun Cream

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sulit menemukan merk sunblock wajah yang memiliki kandungan Tea Tree Oil di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, Tea Tree Oil adalah bahan aktif alami untuk membasmi jerawat. Namun, The Face Shop Clean Face Oil Free Sun Cream adalah merk sunblock yang memiliki kandungan Tea Tree Oil.

Tak hanya itu saja, ada kandungan Aloe Vera Gel untuk menenangkan kulit yang iritasi karena jerawat dan menjaga kelembaban kulit saat Anda terpapar sinar matahari. Sunblock wajah yang satu ini bersifat oil-free sehingga tidak menambah kadar minyak di wajah.

13. Wardah Sunscreen Gel SPF 30

Wardah Sunscreen Gel SPF 30 Merk Sunblock Wajah Berjerawat

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Melengkapi produk sunblock untuk wajah, Kamini juga memperkenalkan Wardah Sunscreen Gel SPF 30. Sunblock dari brand kosmetik dalam negeri ini berbentuk gel dingin yang tidak lengket di kulit wajah. Pada awal pemakaian mungkin akan terasa sedikit lengket, tapi karena gel ini mudah diserap oleh kulit wajah, maka kulit tidak akan terasa lengket lagi setelah beberapa saat.

Wardah membekali produk ini dengan SPF 30 untuk memberi proteksi terhadap sinar UVA dan UVB. Tidak hanya itu saja, Wardah juga memberikan kandungan Vitamin E dan Ekstrak Aloe Vera untuk menenangkan iritasi karena jerawat. Produk ini bisa Anda beli secara online.

14. Parasol Face Sunblock Cream SPF 33

Parasol Face Sunblock Cream SPF 33

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Berbeda dengan sunblock wajah lain yang bisa diperoleh dengan mudah di supermarket, Parasol Face Sunblock Cream SPF 33 ini bisa Anda temukan di apotek terdekat. Produk yang satu ini merupakan merk sunblock untuk wajah berjerawat yang aman dan tidak menimbulkan iritasi.

Krim gel tabir surya ini mengandung Ekstrak Aloe Vera dan Vitamin E untuk menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit menjadi lebih halus. Dengan tambahan SPF 33, Parasol Face Sunblock Cream ini dapat melindungi kulit wajah dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari secara lebih efektif. Anda bisa membeli krim ini secara online.

15. Murad Oil Free Sunscreen Broad Spectrum SPF 30

Murad Oil Free Sunscreen Broad Spectrum SPF 30

Cek Harga di Shopee

Tabir surya yang mengandung terlalu banyak pelembab dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Akibatnya, risiko jerawat akan lebih banyak. Jika Anda memiliki kulit yang mudah sekali jerawatan, maka Anda harus mencoba Murad Oil Free Sunscreen Broad Spectrum SPF 30 sebagai krim tabir surya untuk wajah.

Krim tabir surya ini bebas minyak sehingga aman untuk kulit berjerawat. Tak hanya itu saja, sunblock dari Murad ini bisa dipakai sebelum Anda merias wajah.

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Masih bingung memilih antara sunblock dan sunscreen? Memang keduanya memberi kesan yang mirip, namun keduanya sangat berbeda, terutama fungsinya. Ingin tahu penjelasannya? Simak ulasan singkat ini, ya.

1. Definisi

Jika diperhatikan sunblock dan sunscreen ini punya definisi dan arti yang berbeda lho. Seperti sunscreen (as a screen) yang artinya hanya melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari saja tanpa melindungi kulit Anda dari sinar UVA. Berbeda dengan sunblock (block) yang mampu menghalangi atau memblokir segala paparan sinar matahari, baik UVA dan UVB.

2. Fungsi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sunblock dan sunscreen punya fungsi yang berbeda. Sunscreen sendiri lebih berfokus pada sinar UVB saja dimana sunscreen akan menyerap panas sinar UVB agar terhindar masuk ke dalam lapisan kulit terdalam. Sedangkan sunblock ini berfungsi lebih baik untuk memblokir paparan sinar matahari, UVB dan UVA.

3. Tekstur

Selain definisi dan fungsi yang berbeda, sunscreen dan sunblock ini punya tekstur yang berbeda juga lho. Kalau diperhatikan, sunscreen mempunyai tekstur lebih cair dan lebih ringan. Berbeda dengan sunblock, biasanya teksturnya seperti krim dan agak lebih berat.

4. Kandungan

Karena fungsinya berbeda, otomatis kandungan antara sunscreen dan sunblock pun akan berbeda. Sunscreen sendiri memiliki kandungan berupa Octylcrylene, Avobenzone, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T 150, dan Uvinul A Plus.  Tapi, kalau di sunblock ada kandungan mineral zinc oxide dan titanium oxide.

5. Mana yang Lebih Baik?

Kalau dilihat berdasarkan kandungan dan fungsinya, tentu saja sunblock yang lebih baik untuk menghindari panasnya sinar matahari. Tapi, perlu diketahui bahwa kulit yang gosong dan gelap akibat terlalu lama terkena sinar matahari tidak dapat ditahan oleh sunblock maupun sunscreen, ya.

Sebenarnya masih ada perbedaan lainnya antara sunblock dan sunscreen yang bisa Anda baca selengkapnya di artikel Perbedaan Sunscreen dan Sunblock ini, ya.

Sebelum memulai aktivitas apapun di siang hari, usahakan untuk menggunakan sunblock. Pemilik kulit yang mudah jerawatan juga tidak perlu khawatir karena saat ini ada berbagai merk sunblock untuk wajah berjerawat yang berkualitas cukup baik. Kasih tahu Kamini, dong. Apakah Anda pernah memakai sunblock khusus wajah? Merk sunblock wajah apakah yang Anda gunakan di jenis kulit yang berjerawat?

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram