Kamini.id / 3 Minuman Kocok Lezat yang Sehat dan Praktis untuk Dibuat

3 Minuman Kocok Lezat yang Sehat dan Praktis untuk Dibuat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Minuman kocok (shake) populer dengan nama milkshake. Benar, milkshake adalah salah satu minuman yang sangat disukai banyak orang. Selain rasanya yang manis, milkshake dapat dibuat dengan berbagai bahan tambahan yang akan memperkaya rasanya. Milkshake tak hanya sangat disukai oleh anak-anak, orang dewasa pun tak sedikit yang mengonsumsi minuman satu ini.

Milkshake biasanya dibuat dengan dairy base atau krim seperti es krim, yogurt, atau susu. Minuman ini juga bisa dikombinasikan dengan bahan pelengkap lain seperti buah-buahan, coklat, karamel, kacang-kacangan, atau bahan yang mengandung gula lainnya. Minuman ini juga sering tertukar dengan minuman sejenis yaitu smoothie. Benar, milkshake dan smoothie adalah dua jenis minuman yang berbeda.

Pada umunya, smoothie merupakan perpaduan antara buah, kacang-kacangan, puree, oatmeal, dan yogurt. Smoothie juga biasanya dibuat dengan menggunakan blender ataupun mixer. Sementara milkshake biasanya hanya dibuat dengan blender.

Dari sisi nutrisi, smoothie menawarkan minuman yang kaya akan kandungan utama karbohidrat. Inilah mengapa smoothie sangat sering dijadikan menu sarapan pengganti nasi ataupun sebagai pre-workout meal. Milkshake sendiri memiliki kandungan utama protein sehubungan dengan dairy base yang digunakan. Selain itu, terdapat pula kandunga kalori dalam milkshake.

Milkshake yang sehat biasanya dikonsumsi pada post-workout karena kandungan proteinnya sangat baik untuk membangun dan recovery otot. Meski begitu, baik smoothie maupun milkshake bisa sama-sama benutrisi terutama dengan pemilihan bahan-bahan yang tepat dan kaya akan nutrisi.

Bila Anda mencari resep milkshake yang lezat, sehat dan praktis untuk dibuat dalam menemani aktivitas, Kamini akan memberikan referensinya untuk Anda. Silahkan simak resep berikut!

1. Banana Cream Cheese Milkshake

Minuman shake yang lezat dan sehat_Banana Cream Cheese Shake (Copy)

* sumber: www.runtastic.com

Pisang merupakan buah yang tinggi kandungan kalium. Kalium dapat menormalisasikan detak jantung dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Kandungan natrium yang rendah dari pisang juga memungkinkan buah ini cocok dikonsumsi penderita hipertensi. Nah, salah satu cara mengonsumsi pisang adalah dengan menjadikannya minuman kocok.

Bila Anda bosan dengan banana milkshake biasa, Anda bisa coba menambahkan cream cheese untuk sensasi dan rasa yang berbeda. Selain mengubah rasa banana milksahke menjadi lebih kaya, krim keju juga dapat menjadi sumber vitamin A serta vitamin B2 dalam bentuk riboflavin.

Anda hanya perlu menyiapkan satu buah pisang berukuran sedang, susu sebanyak 200 mL, dan krim keju 1 sendok makan. Bila menyukai minuman dinigin, Anda bisa menambahkan es batu secukupnya atau membekukan pisang terlebih dahulu bila takut milkshake menjadi terlalu encer. Campurkan semua bahan tersebut dalam sebuah blender. Kemudian sajikan dalam gelas. Anda juga bisa menambahka topping tambahan berupa potongan pisang di atasnya agar semakin cantik.

Ingat, untuk mendapatkan manfaat baik dari milkshake sebaiknya Anda menghindari penggunaan gula tambahan. Anda bisa menggunakan substitusi gula seperti madu atau kurma bila menginginkan rasa yang lebih manis dari milkshake. Pengganti gula ini juga bisa berkontribusi pada nutrisi yang terkandung dalam milkshake, lho.

2. Summer Berry Shake

Minuman shake yang lezat dan sehat_Summer berry shake (Copy)

* sumber: www.thekeediet.co.uk

Kala musim panas tiba, minuman yang menyegarkan tentu saja menjadi salah satu minuman yang sangat ingin dikonsumsi. Namun, tak sedikit minuman musim panas yang kita konsumsi mengandung kalori terlalu tinggi. Ini karena minuman-minuman tersebut tinggi akan kandungan gula tambahan di dalamnya. Alih-alih disebut sebagai penambah rasa, gula tambahan ternyata disebut sebagai white poison dalam makanan dan minuman sehat. Pasalnya, gula tambahan tidak mengandung niai nutrisi apapun.

Seperti dilansir dari laman Tarla Dalal, konsumsi gula yang berlebihan malah akan mengantarkan pada level gula darah yang tinggi dan mematikan proses pembakaran lemak. Inilah mengapa milkshake tidak benar-benar dikatakan sehat bila masih mengandung gula tambahan di dalamnya.

Tetapi jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati kesegaran musim panas dengan meminum milkshake yang sehat, kok. Salah satu resep yang bisa Anda coba adalah Summer Berry Shake. Minuman ini memadukan raspberry dan/atau buah berry apapun, pisang, susu, delima serta rasa asam dari perasan jeruk segar. Rasa yang ditawarkan minuman ini akan mengingatkan Anda pada kesegaran musim panas.

Cara membuat Summer Berry Shake juga cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 64 gram (setengah cangkir) raspberry atau jenis berry lain yang telah beku, setengah buah pisang beku berukuran sedang, 32 g buah delima segar, dan susu rendah lemak sebanyak 200 mL. Kemudian campurkan semua bahan tersebut dalam blender terbaik Anda. Anda bisa menambahkan air bila dirasa milkshake terlalu kental. Kemudian sajikan dalam gelas favorit Anda.

Anda bisa mengonsumsi minuman ini kala berjemur di bawah sinar matahari musim panas, atau sekedar saat bersantai di dalam rumah. Pokoknya, Summer Berry Shake sangat cocok dikonsumsi dalam aktivitas apapun.

3. Chocolate, Peanut, and Banana Shake

Minuman shake yang lezat dan sehat_Chocolate peanut banana shake (Copy)

* sumber: www.blendtec.com

Minuman kocok ini merupakan salah satu protein milkshake yang sehat. Dalam satu kali penyajian, Anda akan mendapatkan nutrisi sebanyak 585 kalori, 59 g protein, 22 g lemak, serta sejumlah serat. Selain lezat, minuman ini dapat dikonsumsi untuk Anda yang tengah melakukan program diet karena kalori yang terkandung akan membuat Anda kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Karena sangat sehat, bahan-bahan yang digunakan pun sangat kaya akan nutrisi. Anda bisa menggunakan susu atau yogurt rendah lemak sebanyak 350 mL sebagai base. Kemudian bubuk protein rasa coklat seberat 35 g untuk memenuhi kebutuhan proteinmu. Bubuk protein ini sebenarnya opsional, namun sangat disarankan digunaan bagi Anda yang sedang melakukan diet ataupun sedang membangun otot.

Campurkan pula satu buah pisang beku dengan satu cangkir bayam. Setelah itu, masukan 2 sendok makan kacang yang telah digerus (atau selai kacang rendah kalori), serta 1 sendok makan bubuk cocoa dalam blender. Campurkan semua bahan hingga membentuk larutan, lalu sajikan dalam gelas.

Walaupun terdapat bayam dalam resepn ini, perpaduan rasa coklat, pisang dan kacang akan menutupi rasa dari bayam tersebut. Anda hanya akan merasakan minuman ini seperti minuman yang disukai anak kecil. Shake satu ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai afternoon-snack.

Itulah 3 minuman kocok sehat yang bisa Anda buat sendiri untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Minuman ini juga sangat praktis dan bisa menjadi substitusi yang jauh lebih sehat dibandingkan makanan ringan yang Anda beli dari supermarket.

Ingat, kunci membuat milkshake yang sehat adalah menggunakan susu atau yogurt rendah kalori, mengganti gula dengan madu atau kurma, dan menghindari bahan-bahan lain yang memiliki kandungan pemanis buatan. Milkshake dengan bahan yang tepat bahkan dapat dikonsumsi untuk penderita diabetes, lho.

Bila Anda memiliki resep milkshake lain yang tak kalah sehat dan praktis, jangan ragu untuk berbagi dengan Kamini di kolom komentar, ya. Kamini juga memiliki rekomendasi makanan sehat lain yang dapat Anda konsumsi terutama saat diet. Mulai dari biskuit, oatmeal, dan camilan lainnya. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *