Kamini.id / Haid / 10 Minuman yang Efektif Membantu Atasi Haid Tidak Lancar

10 Minuman yang Efektif Membantu Atasi Haid Tidak Lancar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Agustus 2019

Ladies, jangan anggap sepele masalah haid tidak lancar. Pasalnya, haid tidak lancar juga bisa menjadi penyebab infertilitas. Nah, infertilitas bisa menghambat rencana untuk memiliki keturunan, lho. Jadi, ketika siklus haidmu tidak teratur, cobalah segera mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Ada beragam cara mengatasi haid tidak lancar, baik itu secara medis maupun alami. Kali ini, Kamini akan memberikan cara alami, yakni dengan mengonsumsi beberapa jenis minuman tertentu. Minuman-minuman ini akan membantu mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Yuk, cek daftar minuman pelancar haid berikut ini.

1. Kayu Manis

Kayu Manis

* sumber: www.publicdomainpictures.net

Biasanya kayu manis dipakai untuk memasak atau membuat kue. Namun, untuk mengatasi masalah datang bulan yang tidak lancar, kamu harus meracik kayu manis ini menjadi minuman. Siapkan air panas, lalu seduh kayu manis yang masih utuh ke dalamnya. Tunggu sampai airnya berubah warna menjadi cokelat, lalu minumlah air seduhan kayu manis ini selagi hangat.

Jika kamu terbiasa mengonsumsi teh, kamu juga bisa menambahkan kayu manis ini saat menyeduh teh. Khasiat yang akan kamu peroleh tetap sama. Bahkan, selain untuk melancarkan haid, seduhan kayu manis ini juga bisa meredakan rasa nyeri atau kram ketika sedang datang bulan.

2. Kunyit

Kunyit

* sumber: fajar.co.id

Rempah yang satu ini biasa dipakai untuk memberi warna alami pada makanan. Selain bisa dipakai sebagai pewarna makanan alami, kunyit ternyata juga bisa menjadi bahan untuk membuat minuman pelancar haid.

Cara membuat minuman pelancar haid dari kunyit adalah dengan merebus 2 rimpang kunyit bersama dengan ½ sdm ketumbar, ½ sdm biji pala, dan ½ genggam daun srigading. Rebus semua bahan tersebut dalam 1 liter air. Ketika airnya sudah berubah warna menjadi kekuningan, matikan api dan saring air rebusannya ke dalam gelas. Minumlah air rebusan kunyit ini selagi hangat.

3. Jus Wortel

Jus Wortel

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Siapa bilang tidak ada minuman pelancar haid yang segar dan nikmat? Jus wortel juga menjadi salah satu minuman yang dapat membantumu memiliki siklus menstruasi yang lebih teratur, lho. Di dalam wortel terdapat Vitamin A, C, kalsium, dan iron yang dapat menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Tentu saja hal ini berpengaruh pada kelancaran menstruasimu.

Buat jus wortel ini dengan menggunakan wortel yang segar. Selain itu, hindari penambahan gula atau jenis pemanis lainnya ke dalam jus wortel yang kamu buat ini. Wortel sudah memiliki rasa manis alami kok sehingga kamu tidak perlu menambahkan pemanis lagi.

4. Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Cuka sari apel memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk membantu kaum hawa memiliki siklus haid yang lebih teratur. Buat kamu yang tidak sempat merebus rempah atau bahan alami untuk membuat minuman pelancar haid, cuka sari apel ini bisa menjadi alternatif yang lebih praktis.

Aturan mengonsumsi cuka sari apel sebagai minuman pelancar haid adalah dengan meminumnya 1-2 sendok makan setiap hari atau mencampurkannya dengan air hangat dan madu. Menariknya, cuka sari apel juga dapat membantu menurunkan berat badan. Sedikit informasi, obesitas juga bisa menjadi penyebab haid tidak lancar, lho.

5. Asam Jawa

Asam Jawa

* sumber: fajar.co.id

Asam Jawa adalah minuman yang segar. Namun, siapa sangka di balik rasanya yang segar ternyata minuman ini menyimpan manfaat positif, yakni untuk melancarkan haid. Sejak zaman dulu, Asam Jawa dipercaya dapat mencairkan darah yang menggumpal sehingga menstruasi jadi lebih lancar tanpa rasa nyeri.

Proses pembuatan minuman Asam Jawa terbilang mudah. Rendah buah asam yang sudah dikupas ke dalam air hangat. Untuk menetralisir rasa asamnya, tambahkan sedikit gula pasir dan garam. Aduk sampai gula dan garamnya larut, lalu minumlah sampai habis. Minuman Asam Jawa sebaiknya diminum sebanyak dua kali sehari selama satu minggu.

6. Jahe

Jahe

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Air seduhan jahe dikenal sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh. Bahkan, ketika badan terasa pegal dan demam, air seduhan jahe atau yang biasa dikenal dengan nama wedang jahe bisa menjadi minuman alami yang mengembalikan stamina dan energi tubuh.

Terlepas dari manfaatnya untuk menghangatkan tubuh ternyata jahe juga menyimpan manfaat lain, yakni untuk melancarkan siklus datang bulan. Bukan cuma untuk melancarkan haid saja, konsumsi air jahe mampu meringankan gejala PMS yang mengganggu. Untuk memperoleh hasil yang optimal, minumlah air seduhan jahe setiap hari.

7. Air Tebu

Air Tebu

* sumber: www.wanita.me

Ketika cuaca sedang panas, segelas air tebu dingin bisa menjadi minuman pelepas dahaga yang nikmat. Akan tetapi, selain dapat menjadi minuman pelepas dahaga, ternyata air tebu juga bisa dikonsumsi untuk membantu melancarkan haid.

Tebu mengandung nutrisi, seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium, dan sejumlah vitamin yang dapat melancarkan siklus menstruasi. Untuk hasil yang terbaik sebaiknya konsumsi air tebu sendiri tanpa tambahan pemanis. Air tebu sudah memiliki rasa manis alami kok.

8. Daun Pepaya

Daun Pepaya

* sumber: fajar.co.id

Enggan menyantap daun pepaya karena rasanya pahit? Namun, jika kamu ingin memiliki haid yang teratur, kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun pepaya. Di antara sekian banyak bahan alami untuk melancarkan haid, daun pepaya inilah salah satu yang paling ampuh melancarkan menstruasi.

Agar rasa pahitnya tidak terlalu terasa, kamu boleh mencampurkan air rebusan daun pepaya ini dengan Asam Jawa. Rebus daun pepaya dan Asam Jawa dalam 2 gelas air, tambahkan sedikit garam untuk meminimalisir rasa pahit. Biarkan air berkurang hingga satu gelas, lalu minum ketika air rebusan daun pepayanya sudah dalam kondisi hangat.

9. Air Kelapa Hijau

Air Kelapa Hijau

* sumber: coconutwateraustralia.com

Sudah menjadi rahasia umum jika selama ini air kelapa hijau diklaim sebagai detoks alami untuk membuang racun di dalam tubuh. Tak heran jika air kelapa hijau masuk dalam daftar minuman pelancar haid.

Dengan mengonsumsi air kelapa hijau setiap hari, siklus menstruasi wanita bisa menjadi lebih lancar. Akan tetapi, hati-hati dalam membeli air kelapa hijau karena tidak semua pedagang menjual kelapa hijau asli.

10. Minyak Ikan

Minyak Ikan

* sumber: thehorse.com

Yang satu ini sejatinya tidak termasuk dalam kategori minuman. Namun, mengingat bentuknya cair dan dikonsumsi dengan cara diminum, maka minyak ikan bisa dianggap sebagai salah satu minuman pelancar haid.

Minyak ikan mengandung omega-3 yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah di ovarium guna mencegah kerusakan yang dapat mengacaukan siklus haid. Konsumsi minyak ikan setiap hari dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi yang selama ini tidak teratur.

10 minuman pelancar haid ini bisa kamu coba untuk mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Minuman alami ini juga minim efek samping sehingga kamu tidak perlu khawatir mengonsumsinya. Jika menstruasi tetap tidak lancar setelah mengonsumsi minuman ini, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memperoleh diagnosis yang lebih tepat.

Baca juga artikel makanan pelancar haid ini untuk mengatasi masalah haid teratur dengan mengandalkan cara non-medis.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar