Kamini.id / Rambut Pria / 5 Merk Minyak Rambut Jadul Yang Hits pada Jamannya

5 Merk Minyak Rambut Jadul Yang Hits pada Jamannya

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapat membuat penampilan terlihat lebih tampan dan mempesona, minyak rambut menjadi produk penting bagi pria. Setidaknya pada tahun 70 hingga 90-an, agar dapat terlihat gaul dan eksis, yah wajib pakai minyak rambut. Tentu saja hal ini terinspirasi dari penampilan para selebriti di koran dan televisi yang dilihat.

Meski ngehits, dulu hanya tersedia sedikit produk rambut yang dapat digunakan oleh para pria.  Setidaknya hanya ada lima produk minyak rambut yang paling eksis pada jaman dulu. Meski begitu produk-produk tersebut tidaklah dapat digunakan oleh semua pria. Bahkan beberapa merek hanya diperuntukkan dan dapat digunakan oleh kalangan ekonomi atas saja.

Sebut saja minyak Orang-aring yang pasti sudah dikenal baik oleh pria maupun wanita. Tapi selain minyak Orang-aring ternyata ada beberapa produk minyak rambut hits yang jarang diketahui anak-anak millenials.

Penasaran dong, kira-kira apa saja 5 merk minyak rambut jadul yang hits dulu? Informasinya ada di bawah ini.

1. Minyak Orang-Aring

Minyak Orang-Aring

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Minyak rambut satu ini bisa disebut sebagai minyak rambut yang sangat booming di tahun 90-an. Dulu minyak Orang-aring ini bisa menjadi pembuktian kalau kamu adalah orang yang gaul loh. Minyak Orang-aring dapat booming di tahun 90-an tentu ada penyebabnya. Pasalnya selain dapat menghitamkan rambut, minyak Orang-aring juga dapat memberikan kilap dan volume.

Minyak Orang-aring ini memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dari produk lainnya. Minyak Orang-aring di kemas dalam botol kaca dengan desain botol yang cukup unik. Bukan hanya itu, isi dari minyak Orang-aring juga memiliki warna yang khas yaitu warna hijau pekat. Belum lagi ditambah dengan tutup plastik berwarna kuning yang semakin menambah tampilannya semakin unik.

Minyak Orang-aring mungkin akan menjadi nostalgia tersendiri bagi ayah, paman atau kakak kamu. Mereka pasti akan mengingat minyak rambut legend satu ini. Fakta menarik minyak Orang-aring lainnya, ternyata minyak ini masih diproduksi hingga sekarang. Meski agak sulit di dapat, kamu bisa mendapatkannya di pasar. Sayangnya pengemasannya kini telah diganti dengan botol plastik bukan kaca lagi.

2. Tancho

Tancho

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Minyak rambut lainnya yang ngehits pada zamannya adalah Tancho. Produk yang diproduksi sejak tahun 1933 ini menjadi pomade favorit bagi para pria. Tancho yang terbuat dari bahan alami memiliki manfaat agar tidak mudah untuk merusak rambut. Si pomade hijau ini juga memiliki wangi yang sangat khas, serta daya tahan setnya yang cukup tinggi.

Sebut saja model rambut jambul atau pompadour ala Elvis Presley yang sangat hit pada tahun 70-an. Model rambut bervolume menjadi gelombang trend tersendiri, sejalan dengan musik rock yang di gandrungi. Pompadour sendiri adalah gaya rambut yang membutuhkan minyak rambut dan pomade untuk membuatnya. Tancho hadir sebagai pomade yang ramah kantong namun berkualitas baik saat itu.

Tancho adalah produk pomade pertama di Asia, pomade ini resmi diperkenalkan pada tahun 1933. Saking terkenalnya sang pemilik Tancho Corporation membuka pabriknya di Indonesia. Pabrik tersebut kini lebih dikenal dengan nama Mandom Corporation, yang memproduksi banyak produk kosmetik pria. Pabrik di Indonesia ini menjadi pabrik pertama Tancho yang di buat di luar jepang.

3. Brisk

Brisk

* sumber: www.yukepo.com

Produk favorit pria lainnya pada tahun 90-an adalah pomade dengan nama Brisk. Pomade ini memiliki kemasan produk yang lebih maskulin, di banding produk minyak rambut lainnya. Dikemas dalam botol plastik berwarna putih dengan tutup kaleng hitam. Brisk juga memiliki wangi yang sangat khas dan daya setnya yang tidak begitu kuat membuat produk ini makin disukai.

Pernah menonton film Laskar Pelangi? Dalam film tersebut terdapat satu adegan film dimana ikal meniru gaya rambut Rhoma. Dalam sebuah adegan, Ikal terlihat memakai pomade agar memiliki tampilan rambut yang sama seperti idolanya. Jika dilihat-lihat bentuk pomade dalam film tersebut terlihat mirip dengan kemasan jadul dari pomade Brisk.

Sebenarnya Brisk masih eksis hingga hari ini, hanya saja dengan penampilan terbarunya. Kini Brisk telah berganti nama dan wajah, karena telah bergabung dengan brand shampo Clear. Kini kemasan Brisk terlihat lebih fresh dan kekinian. dijual dengan nama “Clear by Brisk”, produk ini dapat kamu temukan di supermarket terdekat.

Baca juga: 10 Merk Minyak Rambut Cream Terbaik untuk Para Pria

4. Rita Lavender

Rita Lavender

* sumber: cilegonantik.blogspot.com

Cek Harga di Shopee

Produk pomade buatan dalam negeri ini menjadi minyak rambut yang populer sejak tahun 50 hingga 90-an. Rita Lavender adalah produk pomade yang diproduksi di Surabaya, pomade ini sangat klasik pada zamannya. Produk ini eksis bagi para pria yang menyukai tampil dengan rambut klimis dan mengkilap di jamannya. Sehingga memakai produk minyak rambut sangatlah penting dan wajib bagi para pria.

Rita lavender memiliki ciri khas sendiri, dikemas dalam kaleng berbentuk oval sehingga terlihat unik. Badannya berwarna emas dan tutup berwarna hijau atau pink. Pada labelnya terdapat gambar seorang wanita yang menjadi daya Tarik tersendiri. Sebenarnya Rita Lavender mengeluarkan kemasan lain yang lebih eksklusif dengan botol kaca. Hanya saja produk yang paling dikenal adalah kemasan kaleng.

Meski jadul bukan berarti produk ini sudah tidak laku lagi, karena produk lokal ini sangat “underground”. Kini Rita Lavender mulai dijual dan dapat ditemukan di beberapa online shop. Bahkan harganya pun sangat-sangat murah berkisar 10 hingga 20 ribu rupiah saja. Jika ingin mencoba memakai pomade ini, kamu bisa mulai mencarinya secara online.

5. Brylcreem

Brylcreem

Cek Harga di Shopee

Brylcreem adalah produk penataan rambut luar negeri yang sempat booming sebelum tahun 90-an. Brylcreem diketahui telah berproduksi sejak tahun 1928 dan masuk ke pasar kosmetik Indonesia. Produk ini di kemas dalam kemasan plastik berwarna merah dan putih yang sangat mencolok. Bentuknya yang terlihat elegan dengan ciri khas gambar singa putih pada kemasannya.

Pomade Brylcreem memiliki tekstur yang ringan dan lembut saat produk ini di pakaikan ke rambut. Hasilnya rambut menjadi lebih mudah diatur dan di styling dengan gaya yang diinginkan. Pemakaian pomade tidak hanya sebatas untuk rambut saja, tapi untuk jambang, kumis dan jenggot. Manfaatnya agar rambut terlihat lebih mengkilap dan klimis mengikuti trend.

Hingga kini Brylcreem masih dapat kamu beli di beberapa online shop dengan kisaran harga 60 ribu hingga 130 ribu. Yang membuatnya unik, Brylcreem tetap mempertahankan kemasan yang sama sejak tahun 60-an. Brylcreem juga pernah mengontrak pesepak bola terkenal seperti David Beckham sebagai brand ambassador-nya pada tahun 1997.

Produk minyak rambut jadul ini memang sudah kalah saing dari produk-produk minyak rambut terbaru. Meski kalah saing, bukan berarti produk minyak rambut jadul ini sudah tidak disegani oleh orang-orang. Hingga saat ini masih banyak yang memilih memakai minyak rambut jadul. Karena bahannya yang lebih alami serta resiko merusak rambut lebih kecil dibanding produk terbaru.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020