10 Merk Minyak Rambut Urang Aring yang Bagus

Ditulis oleh Syuri

Walaupun tidak semua memilikinya, tapi perempuan Indonesia terkenal memiliki rambut hitam yang lebat, sehat dan indah berkilau. Itu semua berkat resep perawatan rambut alami turun temurun dari nenek moyang kita, yaitu minyak rambut urang aring.

Urang aring terkenal sebagai bahan alami untuk membuat rambut menjadi lebih hitam berkilau, sehat, kuat dan bervolume. Ingin rambut Anda menjadi seperti itu juga? Bisa, kok! Anda tinggal menggunakan 10 minyak rambut urang aring yang bagus ini.

Cara Memakai Minyak Rambut yang Benar

Sebelum membahas mengenai merk minyak rambut yang bagus, Kamini akan membahas mengenai cara memakai minyak rambut atau hair oil yang benar. Penasaran? Simak langsung saja pembahasan berikut untuk mengetahuinya.

1. Pastikan Rambut Anda Sudah Kering

Sebelum memakai minyak rambut, sebaiknya pastikan rambut Anda dalam keadaan kering terlebih dulu. Usahakan untuk mengeringkan rambut secara alami ketimbang menggunakan alat styling. Namun, bila perlu Anda juga boleh memakai hair dryer.

2. Aplikasikan Minyak Rambut

Nah, sekarang waktunya memakai minyak rambut. Caranya, tuanglah hair oil secukupnya ke telapak tangan Anda, kemudian usapkan ke seluruh bagian rambut. Aplikasikan minyak rambutnya dari akar hingga ujung, ya.

Hindari menuangkan langsung minyak rambut ke kepala Anda agar tidak lengket. Usahakan untuk memberi pijatan ringan pada kepala agar minyak rambut semakin meresap ke rambut.

3. Lakukan Steaming

Selanjutnya, Anda bisa melakukan proses steaming sederhana. Caranya tergolong mudah, bungkus kepala Anda dengan menggunakan handuk yang sebelumnya sudah direndam dalam air panas. Setelah satu jam, bukalah bungkusan handuknya. Jika sudah selesai, Anda bisa keramas dengan menggunakan shampo sebanyak 2 hingga 3 kali sampai bersih.

Setelah itu, biarkan rambut Anda sampai setengah kering, lalu aplikasikan hair tonic yang bagus secukupnya ke rambut. Kemudian, biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya. Untuk mengetahui informasi menarik lainnya seputar pemakaian minyak rambut, silakan baca artikel Cara Memakai Minyak Rambut dari Kamini.

10 Minyak Rambut Urang Aring yang Bagus

Nah, sekarang Kamini akan membahas mengenai 10 merk minyak rambut urang aring yang bagus. Merk apa sajakah itu? Simak langsung saja pembahasan berikut untuk mengetahui daftarnya.

1. Minyak Rambut Seger Urang Aring

Minyak Rambut Seger Urang Aring

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Minyak Rambut Seger Urang Aring adalah legend-nya minyak urang aring. Mulai dari buyut, nenek, hingga orang tua Anda pasti tahu dengan minyak rambut yang kemasannya bergelombang seperti cangkang kerang ini. Minyak rambut ini tidak abal-abal, loh. Anda pasti familiar dengan salah satu produk yang berasal dari pabrik yang sama, yaitu pelembab Seger Snow. Yup, kedua produk ini sama-sama diproduksi oleh PT Seger Surya.

Selain pelembab wajahnya, minyak rambut dari Seger sudah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia. Kalau Anda ingin memiliki rambut hitam yang lebat, panjang, dan kuat seperti leluhur, gunakanlah Minyak Rambut Seger Urang Aring. Produk ini dibuat dengan proses maserasi daun urang aring asli, jadi benar-benar alami tanpa tambahan apapun lagi.

Bagi Anda yang mengalami masalah rambut tipis, susah panjang, mudah rontok, berketombe, dan ingin mencegah uban datang, rutin-rutinlah pakai Minyak Rambut Seger Urang Aring. Anda dapat membeli minyak rambut seharga Rp 10 – 30 ribuan ini secara online.

2. Niagara Minyak Orang Aring

Niagara Minyak Orang-aring

*

Cek Harga di Shopee

Niagara Minyak Orang Aring adalah merk minyak rambut urang aring yang bagus selanjutnya. Perawatan rambut tradisional ini dibuat dari white mineral oil, ekstrak orang aring, dan bahan natural lainnya. Cara menggunakannya adalah, oleskan minyak ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Pijat perlahan-lahan dengan tujuan minyak meresap lebih baik ke dalam akar rambut. Diamkan selama kurang lebih 1 jam sebelum Anda keramas.

Jangan khawatir, Niagara Minyak Orang Aring telah memiliki izin resmi dari BPOM RI NA18131001385. Jadi, produk ini dijamin aman. Minyak ini secara efektif dapat menghitamkan dan menyuburkan rambut, menguatkan akar rambut, mencegah kerontokan, memberikan sensasi sejuk di kepala, menghambat pertumbuhan rambut putih (uban) dan merangsang pertumbuhan rambut.

Minyak ini cocok untuk dipakai rambut yang kering dan mengembang. Dan, produk ini juga aman dipakaikan pada anak-anak, balita, maupun bayi. Anda bisa membeli minyak rambut ini di toko online. Harga yang ditawarkan adalah 10 – 15 ribu saja.

3. Happy Minyak Urang Aring

Happy Minyak Urang Aring

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Happy Minyak Urang Aring telah dipercaya turun-temurun oleh orang Indonesia untuk menjaga kilau hitam rambut dan mencegah kerontokan rambut. Mengandung ekstrak urang aring asli, membuat produk yang satu ini begitu laris di pasaran.

Sama seperti minyak urang aring kebanyakan, Happy Minyak Urang Aring ini dijual dalam harga yang terjangkau, yaitu Rp 6 ribuan saja. Murah sekali, bukan?

4. Viva Minyak Rambut Urang Aring

Viva Minyak Rambut Urang Aring

*

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merek minyak rambut urang aring yang bagus yang pertama ada Viva Minyak Rambut Urang Aring. Viva terkenal sebagai brand kosmetik dan perawatan kulit yang diciptakan khusus untuk orang-orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Tapi, ternyata mereka juga punya rangkaian perawatan rambut seperti minyak rambut urang aring ini.

Produk ini dibuat dari ekstrak urang aring yang dapat membantu membuat rambut Anda jadi tampak hitam berkilau. Diperkaya dengan vitamin A dan E yang membantu melindungi rambut dan kulit kepala dari kekeringan dan kerusakan lainnya. Cara menggunakan minyak urang aring ini sangat mudah, cukup diusapkan pada kulit kepala setiap setelah keramas (tidak perlu dibilas lagi).

Viva Minyak Rambut Urang Aring dapat Anda beli secara online. Harga minyak urang aring yang bagus ini sangat terjangkau, yaitu Rp 10 – 30 ribuan.

5. Mirabella Urang Aring

Mirabella Urang Aring

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ingin rambut menjadi kuat, tidak mudah rontok dan hitam berkilau alami? Gunakanlah Mirabella Urang Aring. Minyak rambut urang aring ini dibuat dari ekstrak urang aring dan vitamin E yang dapat merawat rambut Anda agar menjadi lebih sehat dan kuat. Kelebihan lain dari Mirabella Urang Aring Hair Lotion ini adalah tidak akan meninggalkan rasa lengket setelah digunakan.

Cara menggunakan minyak rambut urang aring ini adalah dengan menggosok kulit kepala dan rambut Anda setiap sehabis keramas dengan minyak ini. Mirabella Urang Aring Hair Lotion bisa digunakan sebagai pengganti pomade untuk penampilan wet look. Produk ini dapat digunakan oleh wanita maupun pria.

Mirabella Urang Aring Hair Lotion bisa Anda beli di situs belaja online. Produk minyak rambut urang aring ini dijual dengan harga Rp 20 ribuan per buah.

6. Fora Minyak Orang Aring

Fora Minyak Orang Aring

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Untuk rekomendasi minyak rambut urang aring yang ke-2, Kamini punya Fora Minyak Orang Aring. Produk dari Semarang, Indonesia, ini dibuat dari urang-aring (Eclipta Alba), yaitu tumbuhan yang kebanyakan ditemukan liar sebagai gulma. Tumbuhan ini terkenal oleh kegunaannya sebagai penyubur rambut.

Kemasan minyak rambut urang aring yang bagus ini masih sama sejak dulu, sangat 'minyak urang aring sekali', dengan bentuk yang tinggi bergelombang dan berwarna hijau. Fora Minyak Orang Aring ini mengandung parfum, ya, jadi untuk Anda yang tidak suka wangi alami urang aring, Anda bisa mencoba menggunakan minyak yang satu ini.

Manfaat Fora Minyak Orang Aring diantara lain adalah untuk menyuburkan rambut, mencegah kebotakan, membuat rambut menjadi lebat dan hitam, serta mencegah ketombe. Fora Minyak Orang Aring bisa Anda beli dengan harga Rp 10 ribuan saja.

7. Vadik Herbs Bringraj Hair Oil

minyak rambut urang aring Vadik Herbs Bringraj Hair Oil

Minyak rambut urang aring yang bagus selanjutnya hadir dari merek luar negeri, yaitu Vadik Herbs Bringraj Hair Oil. Produk ini dibuat dari 100% bahan-bahan alami seperti herbal oil yang dapat membantu mengatasi kerontokan rambut.

Tidak hanya itu, Vadik Herbs Bringraj Hair Oil juga bermanfaat untuk mengontrol pertumbuhan uban menjadi lebih lama dan membuat rambut menjadi lebih lebat. Gunakan hair oil untuk rambut rontok ini, dan rasakan hasilnya dalam 1 minggu saja.

8. Silk & Stone Bhringraj Hair Oil

Silk & Stone Bhringraj Hair Oil

Satu lagi merek minyak rambut urang aring dari luar negeri, yaitu Silk & Stone Bhringraj Hair Oil. Minyak rambut ini dibuat dari 100% bahan-bahan natural seperti botanical bhringraj (eclipta alba alias urang aring). Minyak urang aring ini bekerja secara aktif untuk menguatkan akar rambut, menghambat pertumbuhan uban atau gray hair, menuntaskan masalah rambut rontok serta meremajakan rambut Anda.

Tidak hanya itu, Silk & Stone Bhringraj Hair Oil juga dapat memberikan kelembaban alami untuk kulit kepala serta membuat rambut Anda tumbuh lebih panjang dan bervolume. Sayangnya produk ini masih sulit dicari di Indonesia. Jika Anda ingin membelinya, Anda bisa mencarinya di situs belanja internasional seperti Amazon.

9. Natur Hair Serum

Natur Hair Serum

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rekomendasi minyak rambut urang aring yang ke-8 ada Natur Hair Serum. Natur terkenal sebagai merek perawatan rambut anti rontok yang berfungsi untuk menguatkan rambut sekaligus membuatnya menjadi lebih tebal. Serum ini mengandung natural active oil untuk membantu merawat, menutrisi dan menjaga kelembaban rambut.

Natur Hair Serum juga dapat membuat rambut Anda menjadi berkilau alami. Dilengkapi juga oleh vitamin E sebagai antioksidan yang dapat merawat kekuatan rambut akibat patah dan bercabang. Minyak urang aring ini memiliki aroma yang enak dan tahan lama. Poin plus lainnya dari produk ini adalah tidak lengket baik di tangan maupun di rambut Anda. Setiap satu buah minyak rambut urang aring (60 mL) dijual dengan harga Rp 80 – 100 ribuan.

10. Mustika Ratu Cem Ceman

Mustika Ratu Cem Ceman

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mustika Ratu Cem Ceman dibuat dari minyak kelapa dan diolah secara tradisional dengan bahan-bahan alami lainnya seperti urang aring, kernel oil dan minyak kemiri. Produk ini mengklaim dapat merawat rambut Anda dengan membantu merawat kilau hitam alami rambut dan merawat kekuatan akar rambut agar tidak mudah patah apalagi rontok.

Cara mengaplikasikan minyak kelapa + urang aring ini adalah dengan menggosokkannya pada rambut dan kulit kepala satu jam sebelum keramas atau sebelum tidur. Dengan rutin menggunakan minyak rambut urang aring ini, Anda bisa terhindar dari berbagai masalah rambut seperti ketombe, rontok dan split hair. Mustika Ratu Cem Ceman dijual di pasaran dengan harga Rp 20 ribuan saja per botolnya.

Rekomendasi Minyak Urang Aring Lainnya

Jangan ke mana-mana! Kamini masih punya beberapa merk minyak rambut urang aring lainnya yang bisa Anda gunakan. Uniknya, beberapa produk ini tidak berbentuk minyak urang aring murni. Penasaran? Langsung saja simak selengkapnya.

11. Sariayu Hijab Hair Tonic Lotion

hair tonic untuk menebalkan rambut Sariayu Hijab Hair Tonic Lotion

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rekomendasi minyak rambut urang aring yang ke-11 adalah Sariayu Hijab Hair Tonic Lotion. Hair tonic lotion ini dibuat dari lidah buaya, urang aring, daun mangkokan, cabe rawit dan daun mint yang diformulasikan untuk membantu menjaga kehitaman dan kekuatan rambut serta mengurangi kerontokan.

Hair lotion ini juga dapat memberikan keharuman yang menyegarkan dan tahan lama. Walaupun diciptakan karena terinspirasi dari wanita berhijab, produk ini bisa dipakai oleh semua orang, kok. Anda bisa membeli minyak rambut ini dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 20 ribuan saja.

12. Mustika Ratu Penyubur Rambut

merk hair tonic yang bagus Mustika Ratu Hair Tonic (Penyubur Rambut)

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mustika Ratu Penyubur Rambut bukanlah perawatan rambut yang murni dibuat dari urang aring, akan tetapi minyak rambut ini memiliki kandungan ekstrak kina dan urang aring di dalamnya. Sehingga, minyak rambut ini dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut, menutrisi, sekaligus menjaga kekuatan akar rambut agar tidak mudah rontok. Anda bisa membeli minyak rambut ini seharga Rp 20.000-an.

Produk ini juga dilengkapi dengan climbazole (agen antijamur) yang berfungsi untuk mengurangi dan memberantas ketombe agar tidak kembali lagi. Jika Anda tak suka dengan minyak urang aring karena akan membuat rambut jadi lepek, berarti Anda harus pakai Mustika Ratu Penyubur Rambut. Soalnya, produk ini meresap dengan cepat ke dalam kulit kepala sehingga rambut Anda tidak jadi lepek.

13. Mitu Baby Hair Lotion

Mitu Baby Hair Lotion minyak rambut urang aring

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tidak hanya orang dewasa yang membutuhkan minyak urang aring, bayi dan balita juga membutuhkannya agar pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan lebat. Mitu Baby Hair Lotion merupakan hair lotion dengan ekstrak lidah buaya, kemiri dan urang aring yang dapat membantu pertumbuhan rambut bayi agar tampak tebal, hitam dan lebat. Dengan botol seberat 100 mL, Mitu Baby Hair Lotion ini dijual dengan harga Rp 20 ribuan saja.

14. Natur Urang Aring Extract Shampoo

Natur Urang Aring Extract Shampoo

*

Kali ini bukan minyak urang aring yang berbentuk minyak, tapi merupakan campuran pada sampo. Adalah Natur Urang Aring Extract Shampoo. Produk ini mengklaim dapat menjaga dan merawat rambut agar nampak hitam berkilau. Kalau Anda ingin mendapatkan manfaat minyak urang aring tapi malas menggunakannya, sampo ini bisa menjadi alternatif karena Anda pasti keramas hampir setiap hari, bukan?

15. BQ4 HairVita

BQ4 HairVita

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk minyak rambut urang aring yang terakhir adalah BQ4 HairVita. Jadi, ini adalah vitamin dan pelembab rambut yang memiliki sistem sama seperti leave-in conditioner, Anda tidak perlu membilasnya lagi. Ada beberapa varian dari BQ4 HairVita, salah satunya adalah yang mengandung urang aring dengan kemasan warna hijau muda.

Minyak rambut ini akan merapikan rambut tanpa membuatnya jadi lepek atau pun lengket. Tak ada lagi rambut yang beterbangan, kasar, dan sulit diatur kalau menggunakan BQ4 HairVita. Beli varian BQ4 HairVita yang urang aring sekarang juga. Harganya mulai dari 2.500 saja untuk kemasan sachet.

Manfaat Menggunakan Minyak Rambut

Memakai minyak rambut tentu memiliki fungsi serta manfaatnya tersendiri. Nah, kali ini, Kamini juga akan membagikan informasi mengenai beberapa manfaat memakai minyak rambut. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Menyehatkan Rambut

Memakai minyak rambut secara rutin tentu memiliki manfaatnya tersendiri. Ya, bila Anda memakai minyak rambut dengan teratur, rambut Anda akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah kering juga rusak.

Perlu diketahui, penggunaan minyak rambut juga dapat membantu pembentukan lapisan pelindung batang rambut yang menjaga rambut tetap aman dan sehat meski sering ditata dengan alat styling.

2. Merevitalisasi Jaringan Rambut

Manfaat dari minyak rambut yang lainnya adalah dapat merevitalisasi jaringan kulit kepala. Nah, kalau Anda ingin memiliki kulit kepala yang sehat dan bebas dari kerusakan, rajin-rajinlah untuk menggunakan minyak rambut, ya.

3. Melawan Rambut Rontok

Tidak hanya membantu menyehatkan rambut dan merevitalisasi kulit kepala, minyak rambut juga dapat digunakan untuk melawan kerontokan pada rambut Anda. Untuk mengetahui manfaat dan fungsi lainnya dari minyak rambut, silakan baca artikel Manfaat Minyak Rambut dari Kamini.

Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Kamini juga akan membahas mengenai cara merawat rambut yang baik agar rambut Anda tetap sehat. Simak ulasan berikut untuk mengetahui metode merawat rambut yang benar.

1. Keramas dengan Frekuensi yang Tepat

Keramas dengan frekuensi yang tepat setiap dua hari sekali dapat membantu merawat rambut agar tetap sehat. Ya, keramas setiap hari tidak berarti baik untuk kesehatan rambut. Jangan lupa gunakan shampo yang sesuai dengan kondisi rambut Anda, ya.

2. Pakai Conditioner

Memakai produk conditioner yang bagus adalah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk merawat rambut Anda. Conditioner bisa membuat rambut menjadi lebih halus, lembut dan mudah diatur. So, gunakanlah conditioner setiap sehabis keramas.

3. Hindari Pemakaian Alat Styling

Jika Anda ingin rambut Anda tetap sehat dan terhindar dari kerusakan meski sering ditata dengan alat styling, gunakanlah masker rambut yang berkualitas dan aplikasikan vitamin rambut yang bagus, agar rambut Anda ternutrisi dengan baik dan tetap sehat.

Sampai di sini pembahasan tentang merk minyak rambut urang aring yang bagus, beserta informasi bermanfaat dan menarik seputar minyak rambut dari Kamini. Dengan pemakaian minyak urang aring secara rutin, rambut Anda akan menjadi lebih sehat, kuat, lebat, berkilau cantik dan indah. Dari sekian banyak produk di atas, manakah yang menjadi kesayangan Anda?

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram