kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Rambut / 5 Jenis Minyak Rambut yang Bagus untuk Pria Masa Kini

5 Jenis Minyak Rambut yang Bagus untuk Pria Masa Kini

Ditulis oleh Kamini.id - Diperbaharui 25 Februari 2020

Menata rambut dengan gaya yang menarik pada dasarnya bukanlah hal sulit, terutama untuk kaum pria yang rata-rata memiliki rambut pendek. Bukan hanya bagi wanita, menata rambut juga merupakan hal yang penting bagi kaum pria karena tatanan rambut yang pas akan sangat membantu dalam menonjolkan tampilan.

Pada dasarnya, pria akan lebih terlihat rapi dan keren jika bisa mengatur tampilan serta model yang sesuai dengan karakter serta gayanya. Entah itu rapi atau amburadul, jika ditampilkan dengan karakter dan gaya rambut yang sesuai pasti dirinya akan terlihat cocok dan modis.

Biasanya, untuk menata rambut, pria akan menggunakan minyak. Memilih minyak rambut yang bagus untuk pria juga bukan sesuatu hal sulit, karena ada banyak sekali produsen minyak rambut dari lokal maupun luar negeri. Namun, apakah Anda sudah tahu kalau minyak rambut itu ada banyak jenisnya? Dan, jenis minyak rambut yang manakah yang cocok buat Anda?

Sebelum membahas minyak rambut yang cocok dan bagus untuk pria, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit pada kepala Anda. Jangan sampai saat Anda menggunakan minyak rambut, bukannya malah membaguskan tetapi malah sebaliknya. Untuk itu, Kamini akan menjelaskan fungsi, kekurangan, dan jenis minyak rambut yang bagus.

Fungsi Minyak Rambut

minyak rambut yang bagus

Sebelum mengenal jenis-jenis minyak rambut, pertama-tama Kamini akan membahas apa saja fungsi dari minyak rambut. Ini dia beberapa manfaat minyak rambut:

  1. Membuat rambut terlihat mengkilap.
  2. Mempertahankan posisi rambut.
  3. Mempermudah styling rambut.

Saat ini banyak iklan yang menjanjikan minyak rambut yang bagus untuk pria. Akan tetapi, dari sekian banyak produk minyak rambut tersebut, produk apa yang sesuai dan cocok untuk gaya rambut Anda? Untuk itu, Anda harus mengetahui jenis-jenis minyak rambut agar tidak salah ketika memilihnya.

Jenis-Jenis Minyak Rambut Untuk Pria

Minyak rambut adalah salah satu dari sekian banyak jenis produk untuk menata rambut. Walaupun namanya "minyak " rambut, produk ini tidak didesain untuk membuat rambut menjadi berminyak atau pun kasar. Justru, minyak rambut akan membuat rambut Anda menjadi rapi dan mudah untuk ditata.

Tapi, tidak semua orang akan cocok dengan satu jenis minyak rambut. Karena, beda style rambut yang diinginkan, beda pula jenis minyak rambut yang digunakan.

Untuk itu, Anda harus bisa memilih minyak rambut yang bagus dan tepat untuk jenis dan gaya rambut anda. Dengan begitu Anda akan bisa memaksimalkan tampilan dan model rambut yang diinginkan. Berikut beberapa jenis minyak rambut yang banyak digunakan saat ini:

1. Hair Pomade

Hellyeah Pomade

Hair pomade merupakan minyak rambut yang berbahan dasar minyak dan wax. Pomade dapat membuat rambut menjadi tampak mengkilap, licin, dan basah tanpa membuatnya menjadi kaku. Minyak rambut ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan gaya rambut rapi dan tertata. Jika Anda ingin tahu merk pomade yang bagus, Kamini punya list-nya di artikel ini.

2. Hair Wax

Holly Hair Styling Wax Hard & Matte

Hair wax merupakan minyak rambut yang dibuat dari bahan minyak wax atau lilin. Hair wax ini cocok untuk berbagai jenis rambut dan sangat mudah untuk ditata. Bahkan setelah memakai helm, rambut dengan hair wax dapat kembali diatur dengan cepat. Hair wax ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan gaya rambut acak-acakan atau tidak terstruktur.

Namun ingat, setelah memakai hair wax ini Anda harus rajin keramas karena jika tidak, maka ketombe akan mudah timbul di kepala Anda. Apalah artinya jika Anda membuat tampilan yang keren dengan minyak rambut tetapi justru malah membuat kulit kepala Anda bermasalah seperti ketombe, kan?

3. Hair Gel

Dayman Hair Gel Strong Hold

Hair gel atau water gloss merupakan minyak rambut yang mengandung resin, sehingga dapat membuat rambut menjadi kaku. Minyak rambut ini juga mengandung unsur air sehingga rambut akan tampak basah dan berkilau. Minyak rambut jenis hair gel ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai gaya rambut berdiri semacam mohawk. Beberapa merk hair gel yang cukup populer juga dapat dengan mudah Anda temukan di minimarket seperti di Indomaret.

Namun ingat, jangan menggunakan minyak rambut ini terlalu banyak dan terlalu lama sepanjang hari karena akan membuat rambut sangat kaku. Hindari juga memakai helm karena gaya rambut yang sudah ditata akan kembali berantakan. Jangan lupa untuk langsung keramas jika sudah selesai beraktivitas, ya!

4. Hair Cream

Hair Cream

Hair cream merupakan minyak rambut yang cukup banyak digemari karena membuat rambut mudah diatur dan juga memberikan efek basah. Saat ini banyak hair cream yang memiliki anti ketombe dan manfaat kesehatan lainnya.

Akan tetapi, hindarilah penggunaan hair cream di saat banyak melakukan aktivitas karena kandungan minyaknya dapat membuat wajah menjadi ikut berminyak.

5. Hair Oil

Confume Argan Oil Hair Mist

Ada satu lagi jenis minyak rambut untuk pria, yaitu hair oil. Sebenarnya minyak ini bukan kepada "penataan" tapi lebih kepada perawatan rambut. Hair oil berfungsi untuk menambah dan menjaga kelembaban alami kulit rambut, sehingga rambut Anda jadi lebih sehat dan terhindar dari masalah seperti ketombe dan kerontokkan.

Hair oil dapat membuat rambut terlihat berkilau, namun tidak bisa dipakai untuk styling. Jadi, kalau Anda punya jenis rambut dan kulit kepala kering sebaiknya menggunakan hair oil saja.

Untuk Anda yang tidak terlalu suka menata rambut pun sebaiknya menggunakan hair oil saja, karena minyak ini 100x lebih sehat daripada minyak yang sudah kami sebutkan di atas. Ada waktu yang tepat untuk menggunakan hair oil, yaitu:

  • Sebelum Mandi

Hair oil dapat membuat rambut terlihat berkilau. Jadi, jika Anda tidak terlalu suka efek kilau yang dihasilkan, gunakan saja hair oil sebelum Anda mandi dan keramas. Tuangkan hair oil secukupnya, lalu ratakan pada kulit kepala, akar dan ujung rambut. Diamkan selama beberapa saat sebelum Anda keramas, ya.

  • Rambut Setengah Kering

Hair oil bagus jika dipakai ketika rambut sedang dalam kondisi 1/2 kering. Karena, hair oil dapat meresap ke dalam rambut lebih baik ketika sedang dalam kondisi tersebut. Hair oil juga tidak akan terlalu kentara kilaunya jika Anda menggunakan saat rambut diambang basah dan kering.

  • Kapan Saja

Sebenarnya hair oil bisa digunakan kapan saja, baik sebelum maupun sesudah keramas. Jika Anda sedang beraktivitas dan merasa rambut sangat kering pun Anda bisa langsung menggunakan hair oil. Namun, jika digunakan di tengah-tengah aktivitas, sebaiknya aplikasikan hair oil dari tengah ke ujung rambut supaya rambut jadi tidak lepek. Pokoknya jangan sampai kena kulit kepala, ya!

Walaupun terdengar menyenangkan karena dapat dipakai untuk menata rambut, minyak rambut juga punya kekurangan, loh. Penggunaan minyak rambut bertujuan untuk membuat rambut tampil menarik. Kita harus sangat memperhatikan pemilihan jenis minyak rambut karena jika salah, maka akan sangat mengganggu serta merusak tampilan model pada rambut Anda.

Selain itu, penggunaan minyak rambut yang tidak benar juga dapat menimbulkan berbagai masalah pada rambut dan kulit kepala. Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering muncul pada seseorang yang memakai minyak rambut:

  • Pemakaian berlebihan akan menimbulkan matinya pigmen rambut alami Anda, rambut yang mati dapat berubah warna jadi kemerahan bahkan putih (uban).
  • Dapat menimbulkan kerontokan.
  • Membuat kepala pusing yang diakibatkan tekanan yang diberikan oleh minyak rambut.
  • Memicu jerawat, hal ini dikarenakan kandungan minyak yang berlebihan dapat mengganggu kelembaban alami kulit kepala.
  • Dapat mendatangkan ketombe. Jika tipe kulit Anda tidak cocok atau sensitif untuk menggunakan minyak rambut, maka kulit kepala Anda berpotensi mengalami masalah ketombe.

Nah, itulah informasi dari Kamini mengenai jenis-jenis, fungsi, dan masalah yang bisa ditimbulkan minyak rambut untuk pria. Dengan memilih minyak rambut yang tepat maka rambut Anda dapat tampil modis tanpa menimbulkan masalah kesehatan pada kulit kepala. Jenis minyak rambut manakah yang paling Anda sukai? Pomade, gel, wax, cream, atau hair oil?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram