Kamini.id / Tips Fashion / 10 Rekomendasi Model Baju Batik untuk Guru yang Fashionable

10 Rekomendasi Model Baju Batik untuk Guru yang Fashionable

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Januari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi seroang guru, pergi mengajar, bertemu kolega atau orang tua murid, tentu harus tampil rapi. Sebagai seseorang yang digugu dan ditiru, sampai pada pemilihan pakaian pun rasanya perlu diperhatikan. Dalam hal ini, batik menjadi salah satu pilihan pakaian paling aman untuk beragam profesi, termasuk guru.

Berpakaian sopan dan rapi bukan berarti membosankan ya. Apalagi jika sudah mendengar kata batik. Kesan tua dan kuno masih sangat identik dengannya. Namun, Anda bisa meniru beberapa model baju batik untuk guru di bawah ini untuk penampilan yang lebih segar.

Batik sebagai salah satu budaya Indonesia bisa dipadukan atau dibuat menjadi beragam bentuk pakaian. Sehingga Anda bisa tetap tampil kekinian sekaligus memelihara salah satu warisan budaya Indonesia. Tanpa perlu lama-lama lagi, ini dia rekomendasi model baju batik untuk para ibu guru yang cantik-cantik.

1. Blus Batik Lengan ¾

* sumber: www.lazada.co.id

Mari mulai dengan model baju batik paling dasar: blus. Model baju batik semacam ini sangat aman dipakai untuk berbagai keperluan formal, termasuk mengajar. Pilihan kerah yang tinggi terkesan sangat sopan, sementara panjang lengan yang hanya ¾ terasa lebih simpel dan ringkas.

Blus batik lengan ¾ bisa dipadupadankan dengan celana bahan berwarna hitam atau rok span warna hitam, baik midi atau panjang. Menambahkan aksesori berupa anting berbentuk bulat besar juga tidak ada salahnya. Anda akan terlihat semakin trendy saat mengajar. Jangan lupa pakai jam tangan agar lebih rapi dan sempurna.

2. Blus Batik Aksen Pita di Dada

* sumber: shopee.co.id

Jika ingin sesuatu yang lebih kekinian, tambahkan aksen pita di bagian dada pada blus Anda. Aksen pita ini tidak akan mengurangi kesan formal, justru terlihat tetap sopan namun lebih segar. Lengan pada blus yang panjangnya ¾ juga sangat aman.

Panjang blus bagian depan dan belakang yang tidak sama persis, menambah kesan fashionable. Jangan ragu untuk memadukannya dengan celana atau rok. Anda bisa memilih kulot warna senada atau pleated skirt atau rok dengan rempel/lipit besar.

3. Blus Batik Asimetris dengan Bell Sleeve ¾

* sumber: www.gotomalls.com

Inspirasi model baju batik untuk guru yang selanjutnya masih berupa blus. Kali ini potongan blus yang bisa Anda contoh adalah asimetris. Blus asimetris termasuk salah satu model batik yang kekinian. Apalagi jika penjahit kepercayaan Anda bisa membuat pola cantik dari corak batik yang ada, seperti gambar di atas.

Pilihan lengan berbentuk lonceng atau bell sleeve berukuran ¾ menambah kesan muda. Lengan seperti ini juga akan terlihat pas dipakai, terutama jika tubuh Anda tergolong mungil. Blouse asimetris dengan lengan lonceng ¾ ini bisa dipasangkan dengan celana palazzo warna hitam.

4. Tunik Model A Line Lengan 7/8

* sumber: www.lazada.co.id

Bosan dengan blus, kita cari inspirasi baju batik model tunik, yaitu tunik model A line dengan lengan 7/8. Sebagai salah satu model baju, tunik sebenarnya juga cukup mendasar. Ia aman dipakai untuk berbagai keperluan. Selain itu modelnya juga sederhana dan tetap elegan, seperti pada inspirasi tunik di atas.

Panjang tunik yang menutupi tubuh bagian belakang akan membuat Anda merasa nyaman. Selain itu juga terkesan sangat sopan sebab panjang lengan hampir menutupi seluruh bagian lengan Anda. Pasangkan tunik cantik ini dengan celana model pensil berwarna hitam atau krem.

5. Tunik Panjang Lengan 7/8

* sumber: bergaya.id

Satu lagi model baju batik untuk guru yang sangat aman dipakai mengajar adalah tunik batik panjang dengan lengan 7/8. Panjang baju yang menutupi setengah badan pasti memberikan rasa nyaman. Anda akan cukup bebas bergerak saat mengenakan tunik panjang model ini.

Panjang lengan juga 7/8 sehingga dapat menutupi lengan Anda dengan lebih baik. Tunik semacam ini juga pas dipakai ketika menghadiri rapat atau pertemuan dengan pihak sekolah atau wali murid. Anda akan terkesan sebagai guru yang rapi dan memedulikan kesopanan.

6. Blus Batik Model Kimono

* sumber: naishahijrah.com

Selama ini kita mengenal kimono sebagai pakaian khas dari Jepang. Nah! Mengapa Anda tidak mengadopsi dan memadukannya dengan kain batik? Hasilnya pasti cantik! Seperti pada gambar di atas. Selain cantik, blus kimono tersebut juga cocok-cocok saja untuk dipakai ke sekolah.

Sesekali bergaya di luar pilihan aman, rasanya tidak salah. Lagipula blus kimono ini tidak berlebihan dan tetap terkesan sopan. Pasangkan blus kimono Anda dengan celana palazzo berwarna putih atau sesuai warna batiknya. Gunakan heels yang nyaman agar Anda dapat lebih percaya diri saat berhadapan dengan murid atau rekan guru.

7. Tunik Aksen Ruffle di Lengan

* sumber: review.bukalapak.com

Model baju batik untuk guru yang satu ini terkesan agak santai. Aksen ruffles di bagian lengan juga terlihat sangat manis. Oleh karena itu, Anda bisa memakainya di hari Jum’at atau mendekati libur. Jika tidak, Anda bisa memakainya saat mengadakan pertemuan dengan murid di luar sekolah. Misalnya ketika les tambahan atau yang lain.

Model baju batik ini tetap terkesan sopan dengan panjang baju yang aman. Jika tidak suka dengan tipe batik motif penuh seperti pada gambar, Anda bisa menggantinya dengan batik yang lebih sederhana. Padankan tunik lucu ini dengan celana panjang warna putih ya. Pasti segar!

8. Tunik Panjang Asimetris dengan Lengan Pipa

* sumber: www.idntimes.com

Inspirasi selanjutnya masih berupa tunik. Namun, kali ini yang bisa Anda pakai adalah tunik panjang asimetris dengan lengan potongan pipa. Model baju batik untuk guru ini juga terhitung aman dan sopan namun tetap kekinian. Anda bisa mengenakannya saat mengajar di hari Rabu atau Kamis.

Pasangkan tunik panjang cantik ini dengan celana pipa berwarna senada. Gunakan sepatu heels yang tertutup. Penampilan Anda ini pasti membuat murid suka karena selain sopan, juga fashionable. Apabila Anda menggunakan hijab, pilih hijab segi empat warna senada dengan tunik ya!

9. Midi Dress Batik Asimetris Cap Sleeve

* sumber: id.carousell.com

Bila Anda mulai merasa perlu variasi dalam penampilan, selain mengenakan blus dan tunik, coba pakai midi dress batik asimetris seperti pada gambar di atas. Dress yang tidak terlalu panjang, juga tidak terlalu pendek tersebut sama-sama sopan untuk dipakai mengajar.

Pilih lengan potongan cap, tidak pendek tidak juga panjang, untuk kesan simpel. Aksen seperti diikat pada bagian pinggang menambah kesan feminin pada penampilan Anda. Sempurnakan dengan stiletto heels warna senada!

10. Batik Luaran Panjang Lengan Panjang

* sumber: id.pinterest.com

Inspirasi terakhir model baju batik untuk guru adalah baju luaran. Luaran yang dimaksud bisa berupa jubah berlengan panjang seperti gambar di atas. Sebagai baju dalaman, Anda bisa pakai shirt dan rok span warna hitam. Tambahan aksen pita di bagian perut, menambah cantik penampilan!

Long outer berbentuk jubah ini juga pas dipakai untuk pergi ke sekolah dan mengajar, terutama ketika cuaca sedang dingin. Ia bisa sekaligus berfungsi sebagai baju hangat. Untuk pilihan alas kaki, Anda bisa pakai heels yang tertutup.

Sepuluh model baju batik untuk guru di atas semoga bisa menjadi inspirasi. Anda bisa membuatnya sendiri dengan bantuan penjahit langganan. Mengenakan baju batik sebagai seragam sehari-hari, lebih segar jika modelnya bervariasi. Sebagai guru, Anda jadi bisa tampil fashionable dan kekinian tapi tetap sopan. Tertarik untuk membuat baju dengan model yang sama?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *