kamini.id
Kamini.id / Fashion / Pakaian / 10 Inspirasi Model Baju Lebaran Warna Monokrom yang Trendy

10 Inspirasi Model Baju Lebaran Warna Monokrom yang Trendy

Ditulis oleh Dhini Oktavianti - Diperbaharui 25 April 2021

Baju baru, Alhamdulillah. Tuk dipakai di hari raya. Tak punya pun tak apa apa. Masih ada baju yang lama.

Sepenggal lagu di atas memang identik dinyanyikan saat lebaran semakin mendekat. Beberapa dari kamu mungkin perlu membeli baju lebaran, beberapa lagi tak masalah menggunakan yang lama, selama masih bagus dan layak dipakai. Kalau kamu tipe yang senang berhemat atau ingin minimalis dalam berpakaian, mungkin bisa mencoba hal satu ini.

Mengapa tidak kamu memilih baju lebaran warna monokrom agar bisa dipakai setiap tahun? Apalagi baju warna monokrom tak akan lekang oleh waktu. Tinggal pilih modelnya dan disesuaikan dengan gayamu. Bahkan baju monokrom cenderung mudah sekali dipadu padan. Untuk memberimu inspirasi, simak 10 model baju lebaran warna monokrom yang bisa digunakan untuk sholat Ied sampai silaturahmi.

1. Midi Button Tunik dan Celana Motif Garis

Model baju lebaran warna monokrom_Midi Button Tunik dan Celana Motif Garis

Model baju lebaran warna monokrom pertama yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah perpaduan dari midi button tunik dengan celana motif garis. Kamu bisa memilih midi button tunik berwarna hitam dengan sentuhan warna putih pada kancing. Biar lebih pas, padankan dengan celana motif garis.

Kalau kamu ingin memberikan statement lebih pada penampilan, sebaiknya pilih celana motif garis dengan dasar warna putih. Pilih juga motif garis vertikal untuk menambah kesan jenjang pada tubuhmu. 

Karena ini untuk acara lebaran, sebaiknya pilih pakaian yang lebih longgar di badan, tapi bukan berarti kebesaran. Misalnya saja untuk celana, cari model celana kulot, straight atau wide sehingga terkesan lebih sopan. Tinggal kamu padankan lagi dengan hijab berwarna putih polos untuk kesan kesatuan seluruh pakaianmu. 

2. Sweater dan Rok A-Line

Model baju lebaran warna monokrom_ Sweater dan Rok A-Line

Model baju lebaran satu ini memang terinspirasi dari “kembali ke dasar”. Sehingga perpaduan hitam putih yang pasti membuat gaya monokrom menjadi lebih klasik sekaligus sopan.  Kamu bisa memilih atasan sweater atau crewneck berwarna putih dipadukan dengan rok berpotongan A-Line berwarna hitam. Tampilan ini bisa memberikan kesan modis sekaligus modest digunakan saat lebaran

Agar lebih memberikan statement, kamu bisa menambahkan kalung dengan model yang besar atau motif rantai. Bila ingin kesan jenjang, bisa menggunakan sepatu hak tinggi dengan model boots, atau platform. Tapi kalau ingin menggunakan flat shoes, pastikan roknya jatuh di atas mata kaki. 

Untuk hijabnya, warna hitam polos paling pas untuk memberikan kesan monokrom yang kuat. Gaya lebaranmu pun akan terlihat ‘wah’ walau simpel.

3. Gingham Dress

Model baju lebaran warna monokrom_ Gingham Dress

Berani bermain motif pada gaya fashion? Monokrom juga bisa diaplikasikan pada motif. Kali ini motif gingham bisa memberikan kesan monokrom yang kuat tanpa perlu berusaha maksimal untuk baju lebaran. Pilihan button dress dengan potongan lurus bisa menjadi ‘jalan pintas’.

Motif gingham didapat dengan menciptakan pola kotak pada benang putih. Jadi akan memberikan gradasi transparansi sebuah warna. Kamu bisa melihat adanya warna hitam, putih, dan gradasi dari kedua warna tersebut. 

Biar tak mau memberikan kesan berlebihan, aplikasikan hijab dan sepatu berwarna hitam. Sementara untuk memberikan siluet tubuh, berikan belt ukuran sedang warna hitam di bagian pinggang, sehingga tampilanmu bisa modis tapi tetap sopan saat berlebaran bersama keluarga. 

4. Abstract Puff Sleeve Midi Dress

Model baju lebaran warna monokrom_Abstract Puff Sleeve Midi Dress

Masih ingin mencari motif untuk gaya monokrom saat lebaran? Motif abstrak bisa jadi pilihan. Untuk amannya, kamu bisa memilih motif abstrak kecil dari atas dari bawah dengan potongan dress A-line. Kamu bisa memberikan siluet dengan menyematkan belt berwarna hitam di bagian pinggang. 

Karena lengannya memberikan potongan puff, membuat tampilan lebaranmu lebih unik dan juga menarik. Kalau kamu akhirnya memilih midi dress yang jatuh di area sekitar betis, bisa menutup bagian bawah dengan legging atau stocking tebal hitam. Atau kalau kamu punya high boots bisa menggunakannya sebagai tambahan gaya fashion saat berlebaran. 

Jangan lupa lengkapi dengan hijab berwarna hitam untuk melengkapi penampilan lebaranmu dengan dress midi berlengan puff. 

5. Embroidered Boho Dress

Model baju lebaran warna monokrom_ Embroidered Boho Dress

Bila kamu menyukai gaya boho pada fashion, embroidered boho dress adalah pilihan yang tepat untuk dikenakan saat lebaran. Kamu bisa memilih dress boho selutut dengan warna dasar putih dengan embroidered benang berwarna hitam. 

Untuk menambahkan kesan monokrom, kamu bisa menggunakan celana model straight, cropped, maupun wide warna hitam. Tinggal disesuaikan dengan panjang dressnya. Jangan lupa juga untuk menggunakan hijab warna hitam untuk melengkapi penampilan. 

6. Slit Dress dan Palazo Pants

Model baju lebaran warna monokrom_Slit Dress dan Palazo Pants

Kalau ingin tampilan lebaran kamu tahun ini simpel tapi menimbulkan kesan, bisa memilih slit dress warna hitam. Dress dengan potongan tinggi ini memang menunjukan bagian sisi dari kakimu. Oleh karena itu terkesan “mengintip”. 

Nah, agar lebih sopan tapi bergaya, kamu bisa menggunakan celana berwarna putih. Padankan dengan celana model palazzo atau kulot. Ini dimaksudkan agar tak memberikan kesan terlalu seksi pada penampilan untuk digunakan saat lebaran. 

Untuk hijabnya, kamu bisa memilih hijab motif tentu dengan warna monokrom. Silakan memilih motif checkered, window pane, houndstooth, ataupun abstrak untuk memberikan statement lain pada pakaianmu. 

7. Windowpane Outer 

Model baju lebaran warna monokrom_ Windowpane Outer

Bila kalian lebih menyukai pakaian serba hitam atau gelap dari atas sampai bawah, tak masalah kok. Karena itu semua tergantung selera. Namun, kalau saat lebaran kamu ingin sedikit tampil beda tetapi tidak meninggalkan gaya all-black bisa menambahkan outer motif windowpane dengan sentuhan warna putih untuk kesan monokrom. 

Motif windowpane adalah pola kotak kotak besar seperti panel jendela. Biasanya bentuknya besar. Dengan memberikan outer motif windowpane, penampilanmu akan lebih berbeda saat lebaran nanti. Biar lebih rapi lagi, outerwear bisa ditalikan pada bagian pinggang yang sekaligus membantu memberikan siluet. 

8. Loose Top x Checkered Skirt

Model baju lebaran warna monokrom_ Loose Top x Checkered Skirt

Memiliki rok dengan potongan A-line dan motif checkered jangan hanya digunakan untuk hangout saja. Kamu bisa menggunakan rok tersebut saat lebaran. Padukan dengan blazer warna hitam atau kaos hitam loose sebagai atasan. Pilihan atasan ini bisa kamu sesuaikan, apakah ingin lebih kasual ataupun lebih formal. 

Karena untuk lebaran, kamu bisa memilih atasan kemeja agar lebih simpel tetapi tetap rapih. Kamu juga bisa memilih memasukan kemeja ke dalam rok agar potongan A-line dari rok terlihat jelas dan memberikan kontras siluet. 

Selanjutnya sempurnakan dengan hijab warna putih untuk memberikan kesan lebaran yang lebih fleksibel, atau hijab warna hitam untuk kesan lebaran yang lebih kuat.

9. Tumpuk dengan Long Outerwear

Model baju lebaran warna monokrom_ Tumpuk dengan Long Outerwear

Tidak semua orang menyukai model gamis atau dress panjang. Kalaupun untuk lebaran biasanya orang yang menyukai tipe ini lebih senang menggunakan celana. Tak masalah kok bila ingin pakai celana, tapi sebaiknya pilih celana dengan model palazzo, kulot, straight atau wide. Sehingga kesan lebaran yang sopan masih terasa. 

Nah, agar suasana lebaran lebih dapat dan diaplikasikan ke pakaian, kamu bisa memadukannya dengan penggunaan long outer. Cara memadukan warnanya, kamu bisa menggunakan atasan dan bawahan dengan warna sama. Misalnya saja putih, lalu beri kontras monokrom dengan warna hitam pada long outer. 

Hijabnya pun bisa menggunakan warna hitam atau putih. Namun, bila ingin memberikan statement, bisa dengan memilih hijab motif apapun asal warna monokrom. Tampilan lebaranmu pun akan terlihat simpel, kasual, modis, tetapi sopan. 

10. Maxi Dress Tanpa Lengan Motif Garis

Model baju lebaran warna monokrom_ Maxi Dress Tanpa Lengan Motif Garis

Bila kamu memiliki maxi dress tanpa lengan dengan warna monokrom, bagaimana cara kamu memakainya? Ada beberapa cara, misalnya saja dengan menggunakan maxi dress tersebut di dalam lalu menumpuknya dengan sweater, cardigan atau jaket. Namun, bila kamu ingin tampil beda saat lebaran, maxi dress ini bisa dipakai tanpa memberikan kesan seksi, lho. 

Caranya dengan memadukan maxi dress sebagai luaran, dan menggunakan kaos warna putih sebagai dalaman (inner). Model lengan kaos yang dipilih bisa disesuaikan. Kalau maxi dress milikmu bermotif garis simpel, pilih kaos lengan lurus. Bila ingin memberikan statement, kamu bisa memilih lengan model puff, ruffle, lonceng, bishop atau peasant. 

Kemudian selesaikan penampilanmu dengan hijab warna putih untuk menonjolkan statement dress garis-garis dan jenis lengan yang unik. Kamu pun siap berlebaran dengan bergaya tetapi tetap sopan. 

Setelah melihat model baju lebaran warna monokrom yang bisa diaplikasikan, kuncinya memang back to basic to look classy. Jangan lupa untuk mengecek kembali isi lemari kamu. Kalau memang ada warna monokrom, coba padupadankan dengan menggunakan inspirasi model baju lebaran di atas. Semoga membantu!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram