10 Model Celana Jeans Sobek-sobek Terbaru yang Keren

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 20 Agustus 2021

Sepertinya semua orang akan setuju jika mengatakan kalau jeans itu nggak ada matinya. Celana, rok, jaket, atasan, hingga jumper, semuanya bisa dipakai kapan saja tanpa peduli musim. Tapi, tentu jeans yang paling superior adalah celana, bukan?

Celana denim atau jeans adalah benda penting dan versatile dalam fashion. Mau ngampus, hangout, casting, hingga ngantor juga bisa menggunakan jeans (kecuali kamu kerja di kantor atau kuliah di kampus yang 'formal').

Setiap orang pasti punya lebih dari satu celana jeans, mulai dari potongan, model, hingga warna yang berbeda. Ada salah satu jenis celana jeans yang populer, yaitu ripped jeans alias celana jeans sobek-sobek.

Tapi, kalau kamu amati, ternyata ripped jeans juga bisa dibagi lagi jadi jenis yang berbeda-beda, loh. Biasanya namanya diambil dari model potongan celana itu sendiri. Tapi, ada juga yang dinamai dari motif, banyaknya sobekan, hingga warna dari ripped jeans itu.

Dan, ripped jeans juga ada tren-nya tersendiri, walau sebenarnya kalau kamu percaya diri bisa dipakai kapan saja. Namun, Kamini sudah mengumpulkan 10 gaya celana sobek-sobek yang lagi ngehits pada tahun ini buat kamu coba.

1. Color Paint Ripped Jeans

Di Instagram dan e-commerce lagi rame banget sama celana jeans yang digambar lalu dicat seperti ini. Ada yang hanya tulisan saja hingga gambar logo, karikatur, kartun, dan masih banyak lagi. Sepertinya gaya streetwear seperti ini digemari lagi di tahun 2021. Tapi, kayaknya kalau di Harajuku, gaya seperti ini sudah andalan anak-anak mudanya banget.

2. Distressed Jeans

10 Model Celana Jeans Sobek-sobek Terbaru yang Keren 3

Apa perbedaan antara ripped jeans dan distressed jeans? Sebenarnya dua-duanya sama, yaitu celana jeans sobek-sobek. Tapi, distressed jeans sedikit berbeda. Ia memiliki tampilan vintage dan usang. Key point-nya ada di jumbai-jumbai dari lubang sobekan celana. Atau, bahkan sobekannya tidak kentara melainkan hanya jumbai-jumbai saja.

Distressed jeans bisa terjadi akibat proses manufaktur (disengaja) maupun alami. Jika kamu suka look yang santai, atau cuaca sedang panas, kayaknya cocok pakai distressed jeans seperti yang dipakai Jin BTS di atas.

3. Knee Ripped Slim Bootcut

10 Model Celana Jeans Sobek-sobek Terbaru yang Keren 5Sumber: twitter.com

Slim bootcut atau bootcut jeans adalah tren denim yang paling banyak digemari pada tahun 2021. Jika celana flare (lebar, cut bray) terlalu berlebihan buat kamu, atau terlalu jauh mundur zamannya, kamu bisa mencoba boot-cut ramping. Celana ini bahkan bisa dipadukan dengan boots setinggi tumit.

Karena model celana ini mengedepankan potongan paha yang ramping dan kaki yang melebar, maka bagian ripped yang paling pas, ada di lutut (knee-ripped) seperti yang dipakai oleh Malin Akerman di atas. Kalau kamu mau tampil elegant-rock bisa tiru juga atasan Malin, yaitu menggunakan top berbahan satin atau bisa juga menggunakan kemeja alih-alih kaos.

4. Acid Wash Ripped Jeans

10 Model Celana Jeans Sobek-sobek Terbaru yang Keren 7Sumber: forever21.in

Ciri khas celana jeans yang di acid wash adalah warnanya luntur putih-putih seperti ini. Untuk tingkat kelunturannya sendiri bermacam-macam, tergantung cara dan hasil yang diinginkan. Ada yang disemprotkan sehingga bintik putihnya kecil-kecil, ada yang ditumpahkan secara acak seperti foto di atas, ada juga yang dibentuk pola.

Sebenarnya acid wash jeans sendiri sudah menjadi fashion item yang kece, tapi kalau ditambahkan aksen ripped tentunya semakin mantap. Karena acid wash jeans yang sudah robek-robek jarang ditemukan di pasaran, kamu sebaiknya buat sendiri saja, entah itu acid wash-nya atau ripped-nya.

Sedikit tips, kalau acid wash-nya besar-besar, usahakan ripped-nya jangan terlalu lebar karena nanti orang bingung mau melihat ke acid wash atau ripped-nya dari jeans kamu. Sesuaikan saja, jangan berlebihan, karena motif acid wash sendiri sudah terkesan ramai.

5. Frayed Hems

Sebenarnya ini last years banget tapi masih ada juga yang suka pakai di tahun ini, dan kece-kece saja kalau dilihat. Frayed hems berbeda dari ripped jeans kebanyakan, karena aksen sobek-sobeknya hanya di ujung bawah celana jeans. Untuk panjang sobekan, model, dan warnanya beragam. Ada yang pendek, ada juga yang panjang seperti foto di atas.

6. Skater Ripped Jeans

10 Model Celana Jeans Sobek-sobek Terbaru yang Keren 11

Mungkin terkesan aneh, tapi skater sering bermain dalam celana jeans. Padahal bermain papan skate membutuhkan banyak gerakan kaki yang luwes, kan? Makanya, celana jeans skater itu berbeda. Mereka seringkali lebih longgar dan bahannya lebih lentur.

Terus, tak lupa aksen sobekan di mana-mana yang menandakan kalau mereka memang suka main skate, karena robekan itu bisa jadi tanda bekas latihan dan jatuh. Unik, ya?

Walaupun kamu nggak main skateboard, kayaknya nggak apa-apa jadi 'impostor' dengan mengikuti gaya mereka. Karena, para skater selalu memiliki gaya yang menarik, menjadikan mereka sumber inspirasi dalam style fashion.

7. Wide Flare Ripped Jeans

10 Model Celana Jeans Sobek-sobek Terbaru yang Keren 13

Flare out, girls! Gaya berpakaian ala retro mulai digemari kembali sejak tahun 2020, dan masih bertahan di tahun 2021 ini. Retro atau era tahun '70-an identik dengan pakaian yang melebar pada lengan maupun kaki. Kemudian pemilihan corak dan warna yang berani untuk di'tabrak'. Jadi, nggak ada salahnya kamu pakai celana cut bray sobek-sobek sekarang.

8. Light Wash Ripped Jeans

Kalau ini warna celananya yang jadi sorotan, bukan potongan jeans ataupun model sobekannya, ya. Pencucian jeans berwarna 'original' seperti hitam, biru, dan abu-abu cenderung bertahan lebih lama sebagai tren.

Light wash menciptakan kesan denim kasual yang terinspirasi dari gaya tahun '90-an. Berbeda jauh dengan acid wash, light wash berarti mencuci semua celana dengan larutan sehingga warnanya memudar seirama. Sepertinya banyak celana model seperti ini, yang sudah sobek-sobek, jadi kamu tak perlu repot membuat ripped jeans sendiri.

9. Straight-Leg Ripped Jeans

Straight-leg adalah jeans berpotongan lurus dan berpinggang tinggi. Gaya yang vintage banget ini tentunya digemari juga di tahun 2021 bersamaan dengan celana-celana jadoel lainnya. Namun, celana ini hebat karena memiliki kesan modern, padahal sudah ada sejak lama. Sobekan jeans-nya bisa dibuat di mana saja dan akan terlihat oke.

10. Patch Ripped Jeans

10 Model Celana Jeans Sobek-sobek Terbaru yang Keren 19Sumber: lyst.com

Ingat celana jeans kita sewaktu kecil? Saya ngomong kita karena kayaknya hampir semua anak-anak mau cewek atau cowok pernah punya jeans yang ada patch-nya. Setelah dewasa, kita bisa juga kok bermain dengan pattern patch.

Mau yang gambarnya dewasa seperti bunga, ular, dan lainnya ataupun kesan kekanakan seperti tokoh kartun sah-sah saja. Pastikan patch-nya tidak overpowering aksen ripped di jeans kamu.

Celana jeans selalu menjadi pilihan yang sempurna. Mau main? Oke. Mau ngopi? Cocok. Mau party? Bisa. Sebenarnya mau pakai jeans yang seperti apapun juga terserah pada kamu, Kamini hanya mau memberi inspirasi kiranya model ripped jeans seperti apa yang ngehits saat ini.

Jadi, jangan terlalu terpatok pada musim tapi bergayalah sesuai kata hatimu, ya. Apa, nih, model ripped jeans favoritmu saat ini?

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram