Kamini.id / Cincin / Unik! Inilah 10 Model Cincin Nikah yang Anti-Mainstream

Unik! Inilah 10 Model Cincin Nikah yang Anti-Mainstream

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menikah adalah sebuah momen yang hanya ingin dilewati satu kali dalam sepanjang hidup. Dua insan manusia akan diikat dalam sebuah tali kasih, dan cincin menjadi simbol pernikahan. Biasanya, para pengantin akan memilih cincin idaman mereka untuk dikenakan ketika hari pernikahan.

Maka tak heran selain memikirkan konsep pernikahan, memilih jenis dan model cincin tidak boleh terlewatkan. Ada banyak toko perhiasan yang menyediakan berbagai jenis dan model cincin, mulai dari yang biasa saja, mewah, sampai unik sekalipun ada.

Kalau kamu dan pasanganmu suka dengan hal yang berbeda serta unik, 10 rekomendasi model cincin unik di bawah ini bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi pilihanmu nanti. Berikut model cincin unik untuk pernikahanmu nanti. Check this out!

1. Cincin Batik

Cincin Batik

* sumber: vncojewellery.com

Cincin batik merupakan inovasi terbaru di dunia perhiasan. Dengan menggunakan cincin bermotif batik ini, kamu dan pasanganmu nampak sangat menghargai warisan budaya Indonesia, yakni batik.

Ada banyak jenis cincin batik yang bisa kamu gunakan, mulai dari emas kuning sampai emas putih semua bisa disulap menjadi motif batik dengan motif batik yang kamu suka.

Dengan menggunakan cincin batik juga, kamu dan pasanganmu akan terlihat sempurna. Apalagi kalau konsep pernikahanmu ditambah dengan adat nusantara. Pilihan yang pas, bukan?

2. Cincin Vintage

Cincin Vintage

* sumber: www.popbela.com

Vintage selalu identik dengan kesan jadul. Namun ternyata, kalau kamu dan pasangan memilih model cincin vintage, akan membuat kalian berdua beda dari pasangan yang lain.

Cincin dengan kesan sederhana namun mewah ini bisa jadi pilihan untuk pernikahan kamu. Tidak hanya itu, cincin vintage ini juga bisa kamu desain sesuka hati. Akan lebih mewah lagi kalau ditambah batu permata di tengah cincin. Hal itu akan membuat penampilan cincin semakin elegan!

3. Cincin Finger Print

Cincin Finger Print

* sumber: jewelryrider.com

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata finger print? Finger print merupakan sebuah alat yang menerapkan sensor scanning untuk mengetahui sidik jari seseorang guna keperluan verifikasi identitas. Lantas, apa jadinya jika finger print menjadi model cincin?

Setiap orang tentu memiliki karakteristik sidik jari yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat cincin finger print menjadi unik. Ketika kamu memilih cincin ini, maka kamu akan melihat bentuk hati saat kedua cincin disatukan. Ini melambangkan kisah cinta kamu dan si dia kan?

4. Cincin Rustic

Cincin Rustic

Rustic merupakan sebuah desain yang menonjolkan sisi kasar pada permukaan sebuah benda, dan menunjukkan sisi alami alam. Biasanya, rustic banyak digunakan untuk konsep dekorasi sebuah rumah. Namun, seiring berkembangnya zaman kini rustic juga bisa dijadikan model untuk pembuatan cincin.

Cincin nikah tidak melulu memiliki permukaan yang halus, justru dengan model rustic, cincin jadi  semakin unik. Model cincin rustic sangat beragam, misalnya cincin berwarna hijau dengan gemerlap emas, cincin menyerupai dahan pohon yang melingkar tidak teratur, bahkan cincin dengan hiasan layaknya tandu rusa pun ada.

5. Cincin Palladium

Cincin Palladium

* sumber: vncojewellery.com

Emas putih sejatinya banyak digunakan oleh pasangan pengantin sebagai bahan cincin pernikahan mereka. Namun, bagaimana jadinya jika emas putih diganti dengan bahan jenis lain yang harganya lebih terjangkau?

Yap, logam palladium bisa menjadi pilihan pengganti emas putih. Jika dilihat, sekilas mungkin keduanya sama saja ya. Namun ternyata, kualitas logam palladium enggak kalah hebat lho dari emas putih.

Ketika kamu menggunakan cincin palladium, akan terasa lembut di jari. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memodifikasi palladium dengan berbagai bentuk dan desain yang menarik.

Baca juga: Cara Mengukur Jari untuk Cincin Supaya Pas

6. Cincin Tungsten Carbide

Cincin Tungsten Carbide

Pernahkah kamu mendengar cincin terbuat dari tungsten carbide? Apa itu tungsten carbide? Tungsten carbide adalah jenis logam yang memiliki titik lebur tinggi.

Dengan begitu, jenis logam ini menjadi sebuah logam yang kuat, enggak muda tergores, dan mempunyai kemampuan mempertahankan bentuk dengan baik. Selain itu, cincin tungsten carbide ini bisa dibentuk sesuai dengan keinginanmu, serta dengan warna yang elegan.

Walaupun dalam sebuah pernikahan, cincin tungsten carbide biasa oleh laki-laki. Namun, tidak ada salahnya jika cincin model ini juga dipakai oleh mempelai perempuan. Berani tampil beda?

7. Cincin Batu Akik

Cincin Batu Akik

* sumber: vncojewellery.com

Pada masanya, batu akik pernah diburu oleh para kolektor batu dan perhiasan untuk menjadi koleksi. Batu akik sendiri merupakan sebuah batu yang terbentuk secara alami dari hasil prosedur geologi, yang unsurnya terdiri atas beberapa komponen kimiawi dengan harga jual sangat tinggi.

Kalau kamu berpikir menggunakan cincin batu akik adalah hal yang kolot, eits kamu salah. Ada banyak pasangan yang menikah menggunakan cincin bermatakan batu akik, karena ingin beda dari yang lain.

Tentunya hal tersebut menjadi sebuah keunikan pada pernikahan mereka. Dengan berbagai bentuk dan juga warna pada batu akik, akan menimbulkan kesan mewah dan cantik ketika dipakai di jari manis kamu dan pasangan.

8. Cincin Inisial Nama

Cincin Inisial Nama

Meskipun cincin dengan ukiran nama sudah biasa, namun cincin model ini selalu menjadi pilihan terbaik bagi para pasangan yang akan menikah. Dengan adanya ukiran nama atau inisial nama pada cincin, tentu akan membuat pasangan menjadi saling mengingat satu sama lain.

Kamu bisa mengukir nama inisial kamu dan pasanganmu. Selain dengan ukiran, jajaran berlian juga bisa didesain hingga membentuk inisial nama kamu dan pasangan.

9. Cincin Kayu

Cincin Kayu

* sumber: www.thewoodhut.co.uk

Siapa sangka, ternyata kayu yang notabenenya batang dari pohon bisa menjadi bahan untuk membuat cincin dengan model yang unik. Saat memutuskan untuk membuat cincin dari kayu, kamu harus mencari material kayu yang memang cocok. Biasanya kayu jati menjadi pilihan yang bagus.

Tidak hanya cincinnya saja, kamu juga bisa membuat kotak cincin dari kayu. Di samping unik, kamu dan pasangan juga tidak perlu mengeluarkan budget mahal untuk sebuah cincin. Berani, coba?

10. Cincin Menyatu

Cincin Menyatu

Cincin yang merupakan simbol menyatunya dua insan tak ayal selalu dibuat dengan model yang unik. Bahkan terkadang, modelnya juga memiliki makna tersendiri bagi pasangan. Seperti halnya cincin satu ini. Cincin yang memiliki model menyatu ini, akan berbentuk  hati jika digabungkan keduanya.

Tidak hanya simbol hati, kamu dan pasangan kamu juga bisa menggantinya dengan bentuk lain yang lebih unik. Bahan untuk cincin menyatu ini juga bebas kamu tentukan.

Nah, itulah 10 rekomendasi model cincin yang bisa menjadi pilihanmu ketika akan menikah nanti. Saat memilih cincin, pastikan sesuai dengan kepribadian dan keinginan kamu dan pasangan ya. Hal ini dikarenakan cincin yang kamu pilih akan digunakan seumur hidup melingkar di jari kamu dan pasangan. Selain itu, tak lupa untuk menyesuaikan dengan budget yang ada.

Coba diskusikan bersama pasanganmu, kira-kira model cincin nikah model apa yang mau kalian pilih. Beri jawabannya di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *