kamini.id
Kamini.id / Fashion / Intip Berbagai Inspirasi Model Hijab untuk Rayakan Lebaran

Intip Berbagai Inspirasi Model Hijab untuk Rayakan Lebaran

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 16 April 2021

Tampil berbeda saat lebaran tentu menjadi hal yang diinginkan banyak wanita. Salah satu yang bisa membuat tampilan berbeda tidak melulu soal pakaian yang dikenakan. Memilih gaya hijab yang cocok untuk pakaian juga bisa merubah penampilan lho. Kalau biasanya kamu tampil dengan basic hijab, mungkin untuk lebaran ini kamu bisa lebih berani menggunakan hijab yang bervariasi.

Karena sekarang, gaya dan model hijab sudah lebih bervariasi dibandingkan dengan sebelumnya. Apalagi industri fashion hijab di Indonesia memang sedang berada di puncaknya sekarang ini. Banyak sekali desainer menampilkan kreasi hijab yang bisa membuat penampilan makin modern. Bahkan tutorialnya pun sudah banyak tersebar di jejaring media sosial.

Kira-kira gaya hijab seperti apa sih yang bisa kamu coba saat berlebaran nanti? Dari pada penasaran, simak list berikut!

1. Loose Hijab

model hijab untuk lebaran_loose hijab

Gaya hijab pertama yang akan langsung membuat kamu terlihat berbeda adalah Loose Hijab. Gaya ini biasanya banyak digunakan dan populer di kalangan hijabers di Eropa. Loose hijab sangat cocok dan direkomendasikan jika kamu memiliki pipi chubby. Pasalnya, dengan gaya hijab ini pipi akan terlihat lebih tirus dibanding sebelumnya.

Loose hijab cocok digunakan jika kamu tidak ingin wajah terlihat bulat dan ingin menonjolkan bagian rahang agar wajah terlihat lebih simetris. Untuk mendapatkan gaya ini sebenarnya sangatlah mudah, kamu hanya memerlukan ciput ninja dan pashmina. Ciput ninja ini akan menutupi bagian kepala hingga ke bagian leher dengan sempurna.

Setelah itu, kamu bisa memakai pashmina seperti biasa. Pastikan bagian sisi kanan dan kiri kerudung sama atau rata. Agar tidak mudah lepas, kamu bisa menyematkan jarum pentul di atas kepala sehingga pashmina akan bertahan lama.

Terakhir, kamu cukup menyilangkan sisi kanan dan kiri pashmina yang tersisa secara menyilang. Pastikan untuk tidak menyilangkan pashmina terlalu ketat, loose hijab ini lebih terkesan longgar dan sedikit messy.

2. Unfinished Hijab

model hijab untuk lebaran_Unfinished Hijab

Gaya hijab yang sedang menjadi trend dan kerap digunakan oleh para selebgram di Indonesia adalah unfinished hijab. Gaya hijab satu ini memang akan membuat kamu terlihat lebih trendi dan modern. Karena itulah gaya ini akan cocok jika kamu ingin terlihat berbeda saat berlebaran nanti bersama keluarga besar.

Dengan memakai gaya unfinished hijab, kamu bisa menonjolkan bagian pipi dan dagumu. Pasalnya, gaya ini memang mengekspos bagian pipi dan dagu, sehingga cocok untuk bentuk wajah kotak, oval dan hati. Hampir sama dengan loose hijab, unfinished hijab ini terkesan sedikit messy tapi akan membuat kamu jadi terlihat nyentrik dan fashionable.

Karena sangat populer di kalangan selebgram, kini sudah banyak video tutorial menata gaya unfinished hijab di berbagai jejaring media sosial. Yang kamu butuhkan untuk mendapatkan look ini hanyalah ciput ninja dan pashmina. Kamu hanya perlu menyematkan bagian sisi dan bawah pashmina ke belakang kepala, lalu ikat kedua sisinyaa.

3. Hijab ala Turki

model hijab untuk lebaran_Hijab ala Turki

Selain trend-trend hijab yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat trend hijab lain yang sedang digandrungi wanita indonesia. Trend hijab tersebut adalah hijab ala wanita Turki yang terlihat simple namun membuat wajah seakan lebih lancip. Gaya hijab ala Turki ini meski simpel tapi akan membuat setiap pakaian yang kamu pakai terlihat lebih fashionable.

Masih mengandalkan ciput ninja sebagai dalaman hijab, kamu juga akan membutuhkan pashmina untuk membuatnya.

Caranya adalah dengan memakai pashmina ke kepala dan pastikan kedua sisinya sama. Setelah itu, kamu hanya perlu melipat sedikit di bagian samping telinga kiri dan kanan kerudung. Pastikan juga bagian atas kerudung terlihat lebih lancip. Biasanya wanita Turki tidak memakai jarum pentul, tapi jika ingin lebih kuat kamu bisa memakainya.

Selanjutnya, kamu cukup mengambil kedua sisi yang menjuntai dan menyilangkan kedua sisi tersebut. Buat agar silangan di leher tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar agar bisa nyaman. Setelahnya kamu bisa mengikat sisa pashmina yang menjuntai di belakang agar kerudung tidak mudah rusak.

Gaya ini akan cocok jika kamu memiliki dahi yang tidak lebar dan ingin membuat wajah terlihat lebih panjang.

4. Hijab kreasi Hana Tajima

model hijab untuk lebaran_Hijab kreasi Hana Tajima

Gaya hijab satu ini adalah kreasi dari gaya hijab turban yang lebih modern karya seorang desainer hijab ternama. Hana Tajima mengembangkan gaya hijab turban agar terlihat lebih feminim, santai dan modis di waktu bersamaan. Hijab model ini sempat menjadi trend di Indonesia selama beberapa tahun lalu, karena kerap digunakan para selebriti.

Kamu membutuhkan inner hijab atau ciput ninja dan satu buah pashmina untuk mendapatkan look yang modis ini. Untuk tutorial hijabnya pun sudah banyak bertebaran di media sosial, apalagi semenjak Hana Tajima dan Uniqlo berkolaborasi. Berbagai gaya hijab ala Hana Tajima bisa kamu saksikan di YouTube channel Uniqlo Thailand.  

Hana Tajima sendiri adalah seorang desainer yang lahir dan besar di UK. Ia kerap menggebrak industri fashion dengan karya-karyanya. Hana Tajima ini ternyata seorang mualaf lho. Setelah menjadi mualaf, ia mulai menekuni dunia fashion hijab. Gaya hijab kreasi Hana Tajima ini cocok untuk kamu yang ingin tampil berbeda dengan gaya hijab yang unik.

5. Tucked in Hijab

model hijab untuk lebaran_Tucked in Hijab

Gaya berhijab satu ini memang sudah menjadi salah satu model hijab yang paling disukai oleh banyak wanita. Tucked in hijab ini hanya membuat pashiman yang diatur rata, lalu menyilangkan kedua sisinya ke belakang kepala. Sisa hijab dibiarkan menjuntai ke belakang sehingga membuat gaya ini terlihat sangat elegan.

Gaya tucked in hijab memang sangat praktis, kamu hanya membutuhkan ciput ninja atau inner hijab. Hijab yang simpel dan praktis ini memang terlihat biasa saja, tapi kamu bisa mengakalinya dengan memakai pashmina yang lebih bermotif. Kini sudah banyak produsen pashmina yang menjual pashmina plisket, pashmina crinkle, pashmina crochet hingga pashmina payet.

Jadi meski gaya kerudungnya sederhana, kamu bisa membuatnya menjadi lebih spesial dengan berbagai aksen tambahan. Sehingga tampilanmu saat berlebaran ini tidak akan terlihat membosankan, malah membuat hijab makin keren.

6. Hijab Syar’i

model hijab untuk lebaran_Hijab Syar’i

Siapa bilang hijab syar’i itu terlihat membosankan? Faktanya, hijab syar’i yang menutupi area dada bisa terlihat fashionable dan elegan untuk digunakan saat berlebaran.

Jika sebelumnya kamu hanya memakai hijab berwarna polos, mungkin sekali-sekali kamu bisa beralih ke hijab bermotif. Kamu bahkan bisa mencoba membuat hijab syar’i dengan memakai kerudung segi empat atau square hijab yang memiliki motif.

Motif dari kerudung inilah yang akan menonjolkan dirimu dan membuat penampilanmu terlihat lebih bergaya. Apalagi kini sudah banyak produsen hijab yang mengeluarkan banyak motif pada kerudung, sehingga kamu bisa tetap menutupi bagian dada sekaligus tampil fresh.

Gimana nih, sudah menemukan gaya yang sekiranya cocok untuk dipakai lebaran nanti? Agar terlihat lebih maksimal, kamu harus mencocokkan warna hijab dengan pakaianmu. Selain itu pilihlah bahan hijab yang nyaman dan anti gerah, karena nanti pasti akan banyak bergerak.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram