kamini.id
Kamini.id / Fashion / 10 Model Indonesia yang Pernah Ikut Asia Next Top Model

10 Model Indonesia yang Pernah Ikut Asia Next Top Model

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 26 Mei 2021

Belakangan masyarakat di Indonesia sedang rajin mengikuti Indonesia Next Top Model yang di tayangkan di NET TV. Kehadiran ajang ini di Indonesia tentu mendapatkan sambutan yang sangat meriah dari para model dan masyarakat. Sebelum ini beberapa model Indonesia juga sudah banyak yang dikirim untuk mengikuti Asia Next Top Model.

Setidaknya selama 6 cycle berturut-turut, Indonesia selalu mengirimkan model-model terbaiknya untuk melawan model dari negara lainnya. Jangan salah, Indonesia ternyata pernah mendapatkan posisi tertinggi di ajang Asia Next Top Model ini lho. Salah satunya yaitu Ayu Gani model kelahiran Solo ini berhasil memenangkan Asia Next Top Model cycle 3.

Berisikan model-model ternama dari berbagai negara di Asia, kira-kira siapa saja sih model Indonesia yang pernah bersaing di Asia Next Top Model? Jangan sampai ketinggalan, informasi lengkapnya ada di bawah ini.

1. Ayu Gani

Sumber: Instagram @ganegani

Ayu Gani menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang berhasil mendapatkan posisi teratas di Asia Next Top Model cycle 3. Pada awalnya Ayu Gani ini tidak pernah di jagokan akan bisa menjadi juara di Asia Next Top Model cycle 3. Namun wanita kelahiran Solo ini berhasil membuktikan bahwa ia memiliki kualitas sebagai model kelas atas.

Di Indonesia sendiri Ayu Gani ternyata sudah sering mengikuti ajang-ajang modeling. Pasalnya, Ayu Gani ini ternyata pernah mendapatkan pemenang favorit Wajah Femina tahun 2011.

Tak hanya itu, Ayu Gani juga pernah menjadi ikon dari Jakarta Fashion Week tahun 2012. Hingga sekarang, Ayu Gani sudah pernah menghiasi berbagai majalah ternama seperti Grazia, HighEnd hingga Harper’s Bazaar Singapura.

2. Patricia Gouw

Sumber: Instagram @patriciagouw

Wanita satu ini pasti sudah banyak yang mengenal dong, yaitu Patricia Gunawan atau yang kini lebih dikenal dengan Patricia Gouw. Presenter, model dan influencer yang dikenal dengan gayanya yang nyentrik dan khas. Ternyata Patricia Gouw ini juga pernah dikirim untuk mewakili Indonesia di Asia Next Top Model cycle 4.

Meski tidak bisa meneruskan kemenangan dari seniornya Ayu Gani di cycle 3, Patricia berhasil mendapatkan posisi kedua kala itu. Kini selain menjadi host, Patricia Gouw juga menjadi juri untuk Indonesia Next Top Model yang baru pertama kali diadakan. Uniknya Patricia Gouw ini memang selalu memiliki tampilan yang berani yang menunjukkan bahwa ia adalah model sejati.

3. Valerie Krasnadewi

Sumber: Instagram @valerie.twns

Beralih ke Asia Next Top Model cycle 5, Indonesia mengirimkan tiga wakilnya untuk berlomba. Uniknya di cycle 5 ini Indonesia mengirimkan peserta kembar pertama yang berhasil mengikuti ajang bergengsi ini. Valerie Krasnadewi dan Veronika Krasnasari, adalah kakak-beradik yang menjadi model kembar pertama yang berhasil masuk Asia Next Top Model.

Sayangnya Valeria Krasnadewi harus pulang terlebih dahulu karena ia harus tereliminasi di episode ke 7. Valeria meninggalkan kembarannya Veronika dan Clara Tan yang juga menjadi perwakilan Indonesia kala itu. Meski dikenal sebagai model, ternyata Valeria ini adalah model yang berhasil lulus dari universitas ternama, yaitu ITB Bandung lho.

4. Veronika Krasnasari

Sumber: Instagram @veronika.twns

Setelah kepulangan sang kembaran Valerie di episode 7, Veronika Krasnasari juga ternyata harus merasakan sakitnya tereliminasi. Pasalnya hanya berbeda satu episode saja, Veronika Krasnasari harus pulang di episode 8 Asia Next Top Model cycle 5.

Meski keduanya tereliminasi, ternyata mereka berhasil menarik perhatian penonton sebagai kembar pertama di ajang ini. Saat kembali ke Indonesia, Valerie dan Veronica kini lebih dikenal sebagai host dari salah satu infotainment di TV nasional. Keduanya dikenal sebagai kakak-adik goals, karena selalu tampil bersama dan sangat dekat satu sama lain.

5. Clara Tan

Sumber: Instagram @clarasutantio

Di Asia Next Top Model cycle 5 ini Indonesia memang mengirimkan tiga perwakilan yaitu Veronica, Valeria dan Clara. Veronica dan Valerie dikenal sebagai kembar pertama yang pernah mengikuti ajang bergengsi ini. Sedangkan Clara, dikenal sebagai salah satu model yang memiliki sifat manja dan cengeng selama mengikuti ajang ini.

Pasalnya Clara pernah menangis karena rambut panjangnya dipangkas jadi pendek dalam tantangan make over. Hebatnya, ternyata pengalaman modeling Clara ini bukan main-main lho, apalagi ia berkeinginan menjadi model kelas dunia. Kamu mungkin sering melihat wajah Clara di layar kaca karena kini ia menjadi salah satu model dari merk ternama Maybelline.

6. Filantropi Witoko

Sumber: Instagram @filantropi_w

Tidak lengkap rasanya jika kita membicarakan Asia Next Top Model tanpa Filantropi Witoko di dalamnya. Filantropi adalah model Indonesia yang dikirim untuk mengikuti ajang bergengsi ini di cycle pertamanya. Wanita yang memiliki tinggi 175 cm ini berhasil menjadi model Indonesia pertama yang mengikuti Asia Next Top Model.

Lucunya, ternyata filantropi ini sudah bercita-cita menjadi model sejak ia masih anak-anak. Dalam wawancara dengan wolipop, Filantropi membagikan kisah masa kecilnya.

Ia kerap bermimpi menjadi salah satu model yang berlenggak-lenggok di atas catwalk dengan gaya tomboynya. Berkat sang Ayah, Filantropi masuk sekolah modeling, tujuannya sih agar ia jadi lebih feminim dan tidak tomboy lagi.

7. Janice Hermijanto

Janice Hermijanto adalah salah satu model yang mengikuti Asia Next Top Model cycle 2. Hebatnya, Janice ini ternyata memiliki banyak pengalaman mengikuti kontes-kontes besar di Indonesia. Sebut saja MTV VJ hunt hingga kontes kecantikan Miss Indonesia pernah Janice ikuti. Wanita berdarah Filipina ini sayangnya harus menghentikan langkahnya di Asia Next Top Model di peringkat ke 9.

Janice Hermijanto ini memang dikenal sebagai salah satu peserta Asia Next Top Model yang banyak haters-nya. Alasannya karena ia dikenal sebagai peserta yang menyebalkan dan dimusuhi oleh banyak kontestan lainnya. Namun Janice sempat mengklarifikasi bahwa sikapnya itu dikarenakan tekanan dari berbagai tantangan yang harus dihadapi saat mengikuti perlombaan.

8. Aldilla Zahraa

Sumber: Instagram @adillazahraa

Dikirim di tahun yang sama dengan Patricia Gouw, sayangnya Aldilla harus tereliminasi terlebih dahulu di peringkat 8. Aldilla Zahraa ini dikenal dengan sosoknya yang selalu terlihat tenang, kalem dan tidak banyak bicara. Hal ini jelas sangat kontras dengan kepribadian kawannya Patricia Gouw yang dikenal sangat aktif dan nyentrik ini.

Tapi tahu tidak, ternyata Aldilla Zahraa ini memiliki keturunan Inggris dan Palestina dari kakeknya. Meski kini dikenal sebagai seorang model, ternyata Aldilla Zahraa ini ternyata bercita-cita menjadi makeup artis. Dikutip dari Wolipop, Aldilla ini juga ternyata diam-diam memiliki rasa ketertarikan dengan desain interior dan bersekolah di salah satu Universitas di Malaysia.

9. Iko Bustomi

Sumber: Instagram @ikobustomi

Bagi masyarakat awam, nama Iko Bustomi mungkin terdengar sangat asing. Tapi jika kamu adalah penggemar majalah mode, kamu pasti tidak akan asing dengan wajah Iko Bustomi. Pasalnya model yang memiliki warna kulit eksotis ini kerap menjadi model langganan para desainer ternama Indonesia. Bahkan di tahun 2018, Iko Bustomi berhasil menjadi The Face of Jakarta Fashion Week.

Di tahun yang sama Iko Bustomi juga pernah menjadi brand ambassador untuk Xiaomi A2. Ia juga pernah menjadi model untuk brand makeup Wardah dan Blibli Fashion. Masih aktif menjadi model hingga sekarang, sepertinya Iko ini bukanlah tipe yang aktif di media sosial. Pasalnya Iko terlihat jarang memposting foto, ia hanya membagikan momen-moment penting dalam hidupnya saja.

10. Jesslyn Lim

Sumber: Instagram @jesslyn_limm

Jesslyn Lim mungkin akan menjadi model yang membuat tatapan orang langsung tertuju padanya karena tingginya 178 cm. Model yang kini berusia 28 tahun ini sempat membuat kehebohan, pasalnya ia pernah melakukan salah pengucapan. Hal ini terjadi ketika Jesslyn sedang memandu acara infotainment di mana ia malah mengucapkan selamat pada selebriti yang positif Covid-19 dan sudah meminta maaf.

Jesslyn Lim adalah model yang menjadi perwakilan di Asia Next Top Model cycle 6 bersama Iko Bustomi. Jesslyn Lim ini juga pernah muncul dalam Indonesia Next Top Model sebagai mentor para model. Jesslyn Lim membantu mengarahkan para model agar bisa mendapatkan foto yang bagus dalam tantangan “Race Photoshoot.”

Sebenarnya selain 10 nama di atas, masih ada beberapa model lain yang mengikuti Asia Next Top Model. Karena biasanya dalam setiap cycle Indonesia terkadang memiliki dua hingga tiga perwakilan yang mengikuti ajang ini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram