kamini.id
Kamini.id / Fashion / Pakaian / Intip 10 Inspirasi Model Kebaya Modern untuk Remaja

Intip 10 Inspirasi Model Kebaya Modern untuk Remaja

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 25 Desember 2020

Kebaya merupakan pakaian resmi bagi perempuan Indonesia. Diwariskan oleh budaya dan diikat oleh filosofi, kebaya tidak pernah gagal membuat perempuan Indonesia tampil cantik dan memesona, termasuk para gadis remaja.

Pada beberapa kesempatan atau acara resmi, kebaya juga banyak dipakai oleh para remaja. Sebut saja pesta perpisahan sekolah atau kelulusan, acara pernikahan keluarga dan beberapa kesempatan lain.

Oleh karena hal itu, model kebaya modern untuk remaja pun banyak dicari. Kebaya yang lekat dengan perempuan dewasa, dikreasikan sedemikian rupa hingga tampak cocok untuk gadis-gadis usia belia.

Perbedaan model atau desain pada kebaya wanita dewasa dan remaja, sebenarnya tidak terlalu banyak dan menonjol. Keduanya berangkat dari pola yang kurang lebih sama. Perbedaan antara kedua kebaya tersebut, antara lain bisa terletak pada pemilihan warna dan aksen tambahan.

Kesan ceria pada gadis-gadis remaja diwakilkan oleh warna pastel yang lembut sekaligus menyenangkan. Sementara untuk cutting atau pola, kebaya untuk remaja cenderung lebih sederhana. Seperti apa model kebaya yang cocok untuk kamu? Model-model kebaya berikut ini semoga dapat menginspirasi!

1. Kebaya Model Peplum

Kebaya Model Peplum

Model kebaya modern untuk remaja yang pertama adalah kebaya model peplum. Potongan bergelombang di bagian perut ke bawah serta aksen pita pada pinggang, cocok untuk remaja.

Bila tidak nyaman dengan brokat, kamu bisa menambahkan kain organza sebagai perpaduannya. Pilih warna-warna yang cerah namun tetap formal seperti navy blue atau maroon. Padukan kebaya modernmu dengan rok batik berpotongan duyung.

2. Model Kebaya Berlengan Terompet

Model Kebaya Berlengan Terompet

Lengan terompet memiliki potongan yang melebar dan besar di bagian bawah. Pola lengan seperti ini juga banyak diaplikasikan pada gaun. Kali ini, mengapa tidak mencoba untuk mengaplikasikannya pada kebaya modern?

Kebaya modern berlengan terompet ini cocok untuk gadis remaja. Kesan meriah dan ceria lebih terlihat ketika dipakai olehmu. Agar lebih terkesan muda, pilih kain brokat berwarna baby pink. Padukan dengan heels atau sneakers.

3. Model Kebaya Modern Rempel

Model Kebaya Modern Rempel

Kebaya modern selanjutnya yang pas untuk remaja masih berupa kebaya potongan peplum. Bedanya, peplum kali ini berbentuk rempel atau lipatan. Kesan manis begitu kuat pada kebaya model ini. Sehingga ia sangat pas untuk kamu yang masih remaja.

Gunakan rok batik berbahan satin sebagai bawahan untuk kesan glamour. Jangan lupa pilih sepatu atau sandal yang nyaman dipakai. Kebaya dengan potongan seperti ini pas dipakai untuk menghadiri acara resmi.

4. Kebaya Brokat (Outer)

Kebaya Brokat (Outer)

Model kebaya modern untuk remaja yang satu ini benar-benar simple. Kamu cukup mengenakannya sebagai luaran. Mengingat bahan yang digunakan untuk kebaya yang satu ini adalah brokat, maka jangan lupa pakai baju dalaman berwarna senada berupa kaos yang pas ukuran badan.

Agar semakin terkesan elegan, kamu bisa menambahkan aksesori berupa kalung. Jangan lupa pilih alas kaki yang pas dan nyaman dipakai dalam waktu lama ya!

5. Kebaya Bali Modern

Kebaya Bali Modern

* sumber: bergaya.id

Sebagai pakaian resmi perempuan Indonesia, kebaya banyak jenisnya. Hampir daerah-daerah di Indonesia memiliki kebaya dengan kekhasannya sendiri. Salah satunya adalah kebaya dari Bali atau kebaya model Bali.

Para perempuan Bali kerap terlihat menggunakan kebaya sebagai pakaian sehari-hari, terutama jika sedang melaksanakan upacara keagamaan tertentu. Tidak peduli dewasa atau muda, semua mengenakan kebaya.

Model kebaya Bali yang khas juga bisa diadopsi atau menjadi inspirasi kamu. Ia bisa dipakai untuk berbagai acara resmi. Salah satu ciri khas dari kebaya Bali adalah terdapat obi atau kain di bagian pinggang yang dilengkapi dengan bros.

Baca juga: 10 Rekomendasi Model Kebaya Warna Pastel Terbaru

6. Kebaya Kutu Baru Lengan Pendek

Kebaya Kutu Baru Lengan Pendek

* sumber: bergaya.id

Model kebaya modern untuk remaja selanjutnya yang bisa kamu contek adalah kebaya kutu baru berlengan pendek. Berbahan brokat, kebaya kutu baru ini terkesan elegan sekaligus sederhana. Belum lagi tambahan aksesori berupa bros di bagian dada. Semua itu membuat penampilan kamu tambah ayu.

Padu padankan dengan rok batik lilit dengan aksen menumpuk di bagian depan ya! Jangan lupa kenakan heels yang akan membuat kakimu terlihat semakin jenjang. Kebaya semacam ini pas dipakai untuk upacara perpisahan sekolah.

7. Kebaya Modern Model Panjang di Bagian Belakang (Mermaid)

Kebaya Modern Model Panjang di Bagian Belakang (Mermaid)

* sumber: www.hipwee.com

Selanjutnya, inspirasi kebaya modern untuk remaja yang bisa dicontek adalah kebaya dengan potongan panjang di bagian belakang. Kebaya dengan potongan atau cutting yang seperti itu cukup menjadi trend di kalangan masyarakat.

Kamu bisa meniru dan membuatnya bersama-sama dengan teman satu permainan untuk dipakai pada acara tertentu. Jangan lupa tambahkan aksen pita di bagian pinggang agar terlihat lebih manis. Sementara untuk bahan, kamu bisa memilih brokat agar tidak meninggalkan nilai kebaya yang elegan.

8. Kebaya Modern Cutting Asimetris

Kebaya Modern Cutting Asimetris

* sumber: jabar.idntimes.com

Model kebaya modern untuk remaja yang satu ini memiliki potongan yang khas, yakni asimetris alias sisi satu dengan sisi lainnya tidak sama panjang. Walau demikian, kebaya asimetris punya banyak penggemar, mulai dari tua hingga muda. Potongan yang seperti ini terkesan modern dan pas untuk gadis remaja.

Kamu bisa menambahkan aksen pita atau kancing di bagian depan. Namun, jika ingin tampilan yang lebih sederhana, biarkan saja polos tanpa tambahan apa pun. Jangan lupa untuk pilih rok kain warna senada agar penampilanmu lebih sedap dipandang mata.

9. Kebaya Kutu Baru dan Rok Kain Pendek

Kebaya Kutu Baru dan Rok Kain Pendek

* sumber: mommyasia.id

Selama ini, kebaya banyak dipasangkan dengan rok kain panjang. Padahal dengan rok kain pendek pun, tampilannya tidak kalah cantik. Bagaimana pun, kesan modern bukan hanya diciptakan dari pemilihan model kebaya, melainkan juga dari pilihan rok.

Untuk kamu yang berusia remaja, memadupadankan rok pendek dengan kebaya kutu baru akan memberikan nuansa yang juga baru. Kesan manis serta imut sekaligus feminin bercampur jadi satu. Siapa berani mencobanya?

Referensi kutu baru dan rok kain pendek ini bisa kamu gunakan saat menghadiri acara-acara semi formal. Untuk alas kaki, jika tidak biasa mengenakan heels, kamu bisa menggantinya dengan sneakers. Dijamin keren dan segar!

10. Kebaya Encim dan Rok Batik

Kebaya Encim dan Rok Batik

* sumber: www.grid.id

Model kebaya modern untuk remaja yang jauh dari kesan tua selanjutnya adalah kebaya encim dengan bordir bunga-bunga berwarna cerah. Pilihan lengan pendek membuat model kebaya ini semakin pas untuk para gadis yang ceria dan aktif.

Sementara untuk padanannya, kamu bisa pakai rok batik dengan potongan balon agar semakin leluasa bergerak. Pilih alas kaki yang nyaman namun tetap memberi kesan elegan ya.

Kebaya selama ini identik dengan perempuan dewasa dan paruh baya. Kesan elegan serta glamour dari kain brokat, terkesan “berat” untuk para remaja. Padahal, dengan potongan dan model yang disesuaikan, kebaya juga bisa pas dipakai untuk gadis belia.

Model kebaya modern untuk remaja memiliki desain yang banyak dikreasikan. Berbeda dengan kebaya perempuan dewasa yang terkesan formal, kebaya untuk remaja lebih bervariasi. Terutama dari segi bahan yang digunakan serta warna yang dipilih.

Bagaimana pun, kebaya adalah warisan budaya bagi perempuan Indonesia. Tidak terbatas pada usia, siapa pun sah memakainya. Entah itu dikreasikan hingga menjadi kebaya dengan desain baru atau tetap mempertahankan pakem kebaya tradisional.

Kedua model kebaya tersebut sama-sama membuat siapa pun yang memakainya terlihat cantik. Setuju? Lalu, model kebaya seperti apa yang menjadi pilihanmu?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram