kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Rambut / 10 Model Rambut Bob Pendek yang Kece Banget Buat Dicoba

10 Model Rambut Bob Pendek yang Kece Banget Buat Dicoba

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 10 April 2020

Tahukah kamu pada tahun 1920-an di Amerika Serikat perempuan berambut pendek dianggap tidak feminim? Karena itu cukup berat bagi para wanita Amerika pada zaman tersebut untuk memotong rambutnya menjadi pendek.

Namun seiring berjalannya waktu, stereotype tersebut dapat dipatahkan. Sebagai contoh, karakter kartun Snow White keluaran Disney digambarkan memiliki rambut pendek namun tetap terlihat anggun, lembut dan cantik.

Hingga saat ini rambut pendek sudah memiliki berbagai macam model. Salah satu model rambut pendek yang banyak diminati adalah short bob. Kebanyakan wanita yang memiliki model rambut satu ini kebingungan untuk menata rambut. Bahkan untuk mengingat rambut model short bob saja memerlukan usaha yang ekstra.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa tetap styling short bob milikmu dengan 10 gaya berikut. Beberapa bahkan tidak menuntut kamu untuk mengikat rambut, loh.

1.  Messy Curly

5-messy-curly-bronde-bob

* sumber: therighthairstyles.com

Messy Curl yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu keriting acak-acakan memang terinspirasi dari rambut acak-acakan yang biasa kamu dapatkan tiap bangun pagi. Tapi jangan salah, untuk mendapatkan gaya messy curl kamu tetap harus styling menggunakan curling iron, ya.

Untuk mendapatkan messy curl yang indah ini sangatlah mudah. Caranya, rambutmu yang sudah kering akan diberi mousse untuk mendapatkan kesan keriting. Lalu, hairstylist akan menggunakan teknik putar dan tentu saja menggunakan curling iron pada rambutmu untuk mendapatkan keriting acak-acakan yang indah.

2. Gunakan Jepitan

styling-accessories-for-short-hair-10

* sumber: www.lauraloukola.net

Bila kamu malas untuk mengikat atau curling rambut short bob-mu, coba tambahkan ornamen seperti jepitan untuk menghias rambut, misalnya bobby pin untuk gaya yang kasual. Sedangkan untuk kelihatan trendy kamu bisa pilih snap clip, dan untuk gaya formal kamu bisa pilih jepitan yang memiliki ornamen mutiara atau berlian.

Jangan ragu untuk mix and match warna jepitan dengan warna outfit yang kamu gunakan. Kamu juga bisa bereksperimen dengan jumlah jepitan yang kamu gunakan sesuai dengan seleramu.

3. Half Up dan Half Down

 

Half up and alf down

* sumber: hairstylesboom.blogspot.com

Mengikat setengah bagian rambut tetap bisa dilakukan walau model rambutmu adalah short bob. Kamu juga bisa menggunakan bobby pin atau menggunakan ikat rambut berornamen untuk mengikat rambut agar terlihat makin cantik.

Kamu bisa memodifikasi gaya rambut ini dengan membuat variasi tata letak atau bentuk rambut yang telah diikat. Salah satu contohnya adalah membuat half-up and half-down dengan meletakkan bagian ikatan di bagian atas kepalamu.

4. French Braid untuk Short Bob? Bisa!

2-Double-French-Braids

* sumber: www.ecemella.com

Walau namanya French Braid ternyata jenis model kepang ini bukan berasal dari Prancis. Model kepang ini nyatanya terinspirasi dari model kepang masyarakat Afrika Utara. French braid bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin terlihat agak boyish.

Beruntungnya, untuk model rambut pendek kamu bisa juga tampil cute dengan French braid. Pilih one line french braid bila kamu ingin tampilan tomboy dan two line French braids bila kamu ingin terlihat manis.

One line French braids bisa kamu buat dengan mengepang seluruh bagian rambutmu menjadi satu. Sementara two line French braids didapatkan dengan membelah dua bagian rambut dari tengah, lalu mengepang masing-masing bagian rambut yang berada di sebelah kiri dan  kanan.

5. Bikin agak Bergelombang

2-short-wavy-blonde-bob-hairstyle (Copy)

* sumber: therighthairstyles.com

Berbeda dengan messy curly, untuk gaya rambut yang satu ini kamu gak perlu intens saat curling rambut. Sebab, waktu curling yang digunakan tidak selama waktu curling untuk messy curly, dan lekukan yang harus kamu buat tidak perlu terlalu rapat.

Untuk gaya rambut ini juga kamu tidak diwajibkan memakai mousse. Akan tetapi, sebaiknya kamu tetap menggunakan protectant spray untuk melindungi rambut agar tidak rusak karena panas.

6. Side Braid

8130917-braids-for-short-hair

* sumber: www.styleinterest.com

Jenis kepang lain selain French braid yang dapat kamu terapkan pada rambut short bob adalah Side Braid. Sesuai dengan namanya, side braid dilakukan dengan membuat kepang pada salah satu sisi rambutmu saja dan membiarkan sisa rambut lain terurai.

Ambil sedikit bagian rambut dari salah satu sisi depan, lalu kepang menjadi satu. Setelah itu, tempelkan kepangan ke belakang menggunakan jepit. Style ini termasuk yang bisa kamu gunakan dalam acara apapun, lho.

7. Pakai Bando

1-lace-headband-for-angled-bob

* sumber: therighthairstyles.com

Bando memang harus jadi aksesoris yang wajib dimiliki wanita berambut pendek. Pasalnya, bando merupakan cara cepat untuk menghias rambut bila kamu sedang malas untuk styling. Bando juga tidak melihat jenis potongan rambut. Rambut panjang, medium-lenght, hingga yang paling pendek sekalipun, semua bisa menggunakan bando.

Kamu juga bebas memilih bando jenis apapun untuk menghias short bob, entah berbahan plastik atau kain, berukuran tipis maupun tebal. Sesuaikan dengan style fashionmu, ya!

8. Updo

Updo

* sumber: www.youtube.com

Style yang satu ini cocok digunakan bila kamu ingin membuat rambut pendekmu seolah-olah digelung. Tentu saja, style satu ini sangat cocok digunakan untuk pergi ke kondangan serta acara formal lainnya, bahkan kamu juga bisa menggunakan model rambut ini di hari pernikahanmu, lho.

Untuk mendapatkan updo yang bagus, tarik sebagian rambut depan kebelakang dan tempelkan menggunakan jepit. Lalu, ambil sebagian rambut yang berada di sebelah kiri dan kanan dan tempelkan menumpuk dengan bagian tengah.

Gulung ke atas bagian yang menumpuk. Setelah itu, gulung ke atas sisa rambut yang tidak terjepit dan semprotkan hairspray. Untuk sentuhan akhir, kamu bisa menempelkan rambut menumpuk yang digulung ke atas dengan rambut yang telah disemprot hairspray tadi. Jadilah gelung untuk rambut pendek yang cantik.

9. Slicked-Back

short-brown-slicked-back-bob-hairstyles-2017

* sumber: hairdrome.com

Model rambut klimis yang satu ini memang umumnya digunakan oleh para lelaki. Namun siapa bilang wanita tidak boleh mencobanya? Leighton Meester berhasil membuktikan bahwa slicked back nyatanya bisa juga digunakan untuk wanita. Dengan rambut pendeknya, pemeran serial 'Gossip Girl' ini terlihat begitu anggun dan seksi.

Untuk mendapatkan slicked back yang bagus, pertama kamu harus meluruskan rambutmu terlebih dahulu menggunakan sisir atau catokan. Lalu menggiring bagian depan rambut ke belakang. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan hair gel pada rambut bagian atas lalu menarik kembali rambutmu seolah-olah kamu akan mengikatnya. Terakhir, semprotkan hairspray.

10. Bikin Buns? Bisa!

Top-Knot-Bun-Short-Hair-Style

* sumber: short-hairdo.com

Bikin bun dari short bob tetap bisa kamu lakukan, lho. Hanya bedanya, mungkin bun yang kamu hasilkan tidak akan memiliki volume sebesar bun rambut panjang. Beberapa jenis bun yang bisa kamu buat dari rambut short bob adalah messy bun, two buns dan half-up bun.

Messy bun bisa kamu dapatkan dengan sedikit menarik bun secara tak beraturan. Sedangkan two buns bisa kamu dapatkan tentu saja dengan membagi dua rambutmu dan membuat sebagai rambut dari kedua sisi tersebut menjadi bun. Sementara half-up bun bisa kamu dapatkan dengan teknik half-up and half-down, namun membuat bentuk rambut yang diikat menjadi bun.

Itulah 10 model rambut yang bisa kamu gunakan untuk short bob milikmu. Cukup banyak bukan? Karena itu, jangan bingung untuk styling rambut agar penampilanmu semakin menarik dan kece. Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram