kamini.id

4 Model Rambut Keriting Gantung dan Cara Membuatnya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Desember 2020

Berbicara mengenai rambut memang tidak akan pernah ada habisnya. Mulai dari perawatan rambut dan tatanannya selalu saja ada hal menarik untuk dibahas. Layaknya fashion item lainnya, tatanan rambut pun sering mengalami perubahan setiap tahun.

Dulu, tren rambut pendek sempat merebak, belakangan tren rambut keriting gantung banyak dikenakan. Model rambut keriting gantung seperti ini menguntungkan bagi kamu yang memiliki rambut tipis lurus. Pasalnya model seperti ini menghasilkan tampilan rambut yang terlihat lebat.

Rambut Keriting Gantung VS Rambut Keriting Biasa

Rambut Keriting Gantung VS Rambut Keriting Biasa

* sumber: wanita22.com

Ada yang perlu kamu garis bawahi mengenai rambut keriting gantung. Rambut Keriting seperti ini berbeda dengan rambut keriting lainnya.

Meskipun sama-sama masuk ke dalam kategori rambut ikal, tingkat keikalan rambut keriting biasa bisa mencapai 50% atau lebih dan cenderung susah diatur. Aksen keriting dan lekukannya juga lebih banyak.

Sedangkan rambut keriting gantung memadukan rambut lurus dengan rambut keriting atau gelombang di ujung rambut. Lekukan dan aksen gelombangnya tidak terlalu rapat, hanya mencapai 10% dan ada di beberapa titik saja.

Rambut keriting gantung dibiarkan lurus dari pangkal sampai tengah. Baru dari bagian tengah tersebut rambut dibuat bergelombang. Aksen dari gelombang atau keriting tersebut biasanya berbentuk spiral.

Demi mendapatkan model rambut keriting gantung seperti ini banyak wanita yang rela menghabiskan banyak uang di salon kecantikan. Tampilannya yang cantik dan anggun dari rambut yang dibuat keriting menggantung tersebut mampu membuat orang tergiur.

Tapi, sebenarnya kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menata rambut keriting gantung. Dengan cara sederhana berikut ini kamu bisa mendapat gaya rambut keriting gantung yang indah alami.

Jenis-Jenis Model Rambut Keriting Gantung

Model rambut keriting gantung merupakan model yang bisa cocok dengan ukuran rambut panjang maupun pendek, rambut tipis atau tebal, semua ukuran rambut bisa menggunakan model keriting gantung. Berikut model-model keriting gantung yang bisa kamu aplikasikan.

1. Model Rambut Keriting Gantung Pendek

Model Rambut Keriting Gantung Pendek

* sumber: womantalk.com

Model rambut keriting gantung pendek seperti ini mempunyai efek tebal yang maksimal. Ditambah dengan rambut yang diwarnai akan membuat kamu menjadi lebih menarik. Kamu bisa mengaplikasikan potongan bob pada rambut pendek keriting gantungmu.

Untuk kamu yang mempunyai bentuk muka bulat, model rambut seperti ini sangat cocok digunakan. Terlebih bagi kamu yang suka dengan rambut pendek berponi, ini akan membuat bentuk wajah lebih tirus.

2. Model Rambut Keriting Gantung Sebahu

Model Rambut Keriting Gantung Sebahu

* sumber: womantalk.com

Model rambut berikut ini paling adalah model rambut favorit kaum hawa. Selain membuat kesan trendi, potongan rambut seperti ini terkesan mewah. Kamu yang mempunyai bentuk wajah sedikit lonjong akan tampak lebih menarik dengan model rambut seperti ini.

3. Model Rambut Keriting Gantung Spiral

Model Rambut Keriting Gantung Spiral

* sumber: www.dove.com

Berbahagialah kamu yang mempunyai bentuk muka bulat dan pipi chubby, pasalnya rambut model ini akan membuat bentuk wajahmu lebih menarik. Dengan model rambut seperti ini, garis wajah bulat akan tersamarkan.

Sedangkan untuk bentuk wajah yang cenderung kotak, garis wajah akan tampak lebih tegas. Selain itu kesan glamour terpancar dari model rambut keriting gantung spiral ini.

4. Model Rambut Keriting Permanen

Model Rambut Keriting Permanen

* sumber: www.cantika.com

Untuk mendapatkan bentuk keriting gantung yang permanen kamu perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp 200.000. Kalau rambut kamu panjang akan lebih mahal lagi.

Menata rambut keriting gantung permanen dari salon kecantikan membutuhkan proses dan treatment agar rambut keritingmu bisa bertahan lama. Tak heran kamu harus membayar cukup mahal untuk itu.

Namun, tidak mustahil kamu menata rambutmu keriting permanen di rumahmu. Kamu cukup membeli obat pengeriting rambut dan alatnya. Ikuti petunjuk pemakaian agar hasil maksimal.

Cara Mengeriting Rambut

Rambut keriting mempunyai tampilan unik tersendiri yang membuat si pemilik rambut tampil menarik. Dari visualnya saja rambut keriting gantung sudah terlihat menonjol apalagi jika bentuk keritingnya tampak unik.

1. Gunakan Catok Dengan Roll Pengeriting Rambut

Gunakan Catok Dengan Roll Pengeriting Rambut

* sumber: www.garnesia.com

Catok rambut, selain digunakan untuk membuat rambut lurus agar terlihat lebih rapi, juga bisa digunakan untuk membuat detail keriting pada ujung rambut. Menggunakan catok rambut elektrik seperti ini terbilang praktis namun harga alatnya relatif mahal.

Pengeriting rambut atau curling iron ini menggunakan panas dengan suhu tertentu yang membuat keriting pada rambut tahan lama. Meskipun tergolong butuh biaya untuk membeli alat ini, namun hasilnya memuaskan dan mudah menggunakannya.

Saat ini banyak catok rambut multifungsi yang bisa digunakan untuk menata rambut dengan model apapun. Rambut lurus, rambut bergelombang sampai rambut keriting gantung. Gaya-gaya rambut seperti itu dihasilkan dari jenis roll rambut yang berbeda-beda.

Untuk menggunakan alat, kamu perlu memanaskan alatnya agar mencapai suhu yang dirasa cukup. Sambil menunggu kamu bisa menyisir rambutmu agar tidak sulit ditata nanti. Ambil beberapa bagian kecil rambut, gulung menggunakan alat tersebut.

Ulangi sampai semua rambut mendapatkan keriting yang diinginkan. Meski alat ini memberikan hasil yang memuaskan, namun kamu perlu berhati-hati menggunakannnya.

Rambut yang terlalu sering ditata menggunakan styling tool seperti pengeriting rambut berpotensi merusak kesehatan rambut. Efek panas yang dihasilkannya membuat rambut kering. Maka dari itu kamu perlu memakai perawatan rambut dan produk pelindung rambut.

2. Gunakan Roll Rambut

Gunakan Roll Rambut

* sumber: blog.elevenia.co.id

Alat ini merupakan alat pengeriting rambut yang sering digunakan dan muncul lebih dulu sebelum catok rambut tercipta. Dari segi harga, roll rambut relatif lebih murah dibanding dengan alat pengeriting rambut elektrik seperti catok dan lain-lain.

Saat ini tersedia banyak jenis rambut dan ukurannya. Untuk mendapatkan rambut keriting gantung, kamu memerlukan roll rambut berukuran besar. Pastikan rambutmu bersih dalam kondisi bersih. Bagi rambut menjadi beberapa bagian. Roll masing-masing bagian.

Untuk membuat rambut keriting gantung menggunakan roll, kamu memerlukan roll rambut yang berbeda dari roll rambut untuk mengeriting model rambut lainnya. Dalam membuat rambut keriting gantung bergantung pada ketebalan rambutmu.

Semakin tebal rambut, semakin banyak roll rambut yang kamu butuhkan. Langkah awal, siapkan roll rambut, kemudian gulung rambut ke arah dalam. Gulung rambut sampai 1/2 atau 3/4 bagian. Lakukan cara yang sama terhadap bagian rambut lainnya.

Memakai roll rambut untuk mendapatkan rambut keriting gantung memang butuh waktu lama. Biasanya rambut diroll malam hari dan dibiarkan semalaman.

Ketika roll rambut dilepaskan keesokan paginya, rambutmu akan terbentuk keriting gantung yang indah alami. Sisir rambutmu dengan menggunakan jari.

3. Keriting Rambut dengan Cara Dikepang

Keriting Rambut dengan Cara Dikepang

* sumber: www.hipwee.com

Setelah rambut dikepang, biasanya rambut akan menjadi keriting bergelombang. Bentuk keritingnya bervariasi tergantung dari jenis kepangannya. Untuk rambut keriting gantung, kamu bisa gunakan cara mengepang rambut dengan model kepangan biasa.

Caranya, bagi rambut menjadi dua bagian kanan dan kiri. Agar hasil keritingnya sempurna kamu harus mengepang rambut agak lama. Jika ingin hasil keritingnya tahan lama, semprotkan hair spray atau air biasa dan diamkan selama 30 menit sampai satu jam.

4. Keriting Rambut dengan Cara Dicepol

Keriting Rambut Dengan Cara Dicepol

* sumber: www.allthingshair.com

Rambut yang dicepol menyebabkan gelombang-gelombang dan keriting akibat ikatan-ikatan pada rambut. Beberapa orang berpendapat bahwa keriting-keriting rambut setelah dicepol menghasilkan gaya keriting gantung yang bagus. Terlihat alami dan indah.

Maka dari itu, untuk mengeriting rambut gantung seperti ini kamu bisa gunakan cara mencepol rambut. Butuh waktu 2-3 jam agar hasil maksimal.

5. Gunakan Jepit dan Karet Rambut

Gunakan Jepit dan Karet Rambut

* sumber: diy.dunnlumber.com

Lakukan saat rambut masih dalam keadaan basah. Namun, pastikan air pada rambut tidak menetes. Gunakan jepit dan karet rambut untuk mengikat rambut. Bagi rambut menjadi beberapa bagian kecil. Buat jepitan-jepitan kecil menggunakan jepit dan karet rambut.

Setelah semua rambut selesai dijepit, diamkan sampai rambut mengering. Lepaskan jepitan-jepitan rambut tersebut setelah rambut benar-benar kering. Gunakan hair spray untuk mempertahankan bentuk keriting gantungnya.

6. Gunakan Kertas

Gunakan Kertas

* sumber: www.artnews.com

Untuk membuat rambut keriting gantung biasanya kamu butuh alat pengeriting. Namun, jika tidak punya kamu bisa gunakan kertas. Mengeriting rambut menggunakan kertas termasuk cara yang paling muda. Karena Kertas merupakan benda yang sering dijumpai.

Jenis kertas yang digunakan untuk mengeriting rambut bisa terbuat dari kertas apa saja. Kertas dari buku tulis, kertas koran, kertas HVS bisa kamu gunakan. Sesuaikan dengan ketebalan rambutmu. Semakin tebal rambut, kamu butuh kertas lebih lebar.

Pertama-tama, siapkan kertas yang sudah dipotong-potong kurang lebih panjang 10 cm dan lebar 5-7 cm. Gulung semua kertas yang sudah dipotong memanjang tersebut. Sisir rambut agar tidak kusut saat menggulung. Gunakan pelembab rambut agar rambut mudah ditata.

Setelah semuanya rapi, ambil sebagian kecil rambut dan kertas yang tadi dipotong. Gulung rambut dari ujung hingga 1/2 bagian. Ikatkan kertas tadi sehingga rambutmu membentuk bulatan. Aplikasikan cara tersebut pada seluruh rambut.

Setelah semua rambut selesa digulung, kemudian diamkan semalaman. Kamu bisa menggulung rambut dengan kertas seperti ini sebelum tidur supaya kamu tidak cape menunggu.

Keesokan harinya, lepaskan bulatan-bulatan rambut tersebut secara perlahan satu demi satu. Cukup sisir rambutmu dengan jari. Hindari menggunakan sisir yang bergigi rapat karena berpotensi membuat rambut keriting rambut rusak.

7. Gunakan Hairdini

Gunakan Hairdini

* sumber: stylo.grid.id

Hairdini merupakan sejenis roller rambut yang berbentuk lurus. Alat ini biasanya terbuat dari busa. Pada dasarnya, cara menggunakan hairdini sama dengan cara menggunakan hair roller lainnya.

Pertama, pastikan rambutmua bersih dan lebih baik gunakan pelembab rambut. Penggunaan pelembab rambut akan mempermudah menata rambut.

Langkah pertama, sisir rambut agar tidak kusut, lalu bagi menjadi beberapa bagian kecil. Gulung bagian kecil rambut tersebut menggunakan hairdini sampai setengah bagian rambut. Kaitkan hairdini sampai semua bagian rambut tergulung sempurna.

Buat gulungan-gulungan rambut dari bagian rambutmu yang lain. Setelah itu, diamkan selama 3-5 jam. Menggulung rambut menggunakan hairdini ini menghasilkan keriting gantung yang manis dan menawan.

Tidak sulit kan menciptakan gaya rambut keriting gantung dengan alat sederhana? Kamu tidak perlu merogoh kocek dalam untuk mendapatkan tatanan rambut seperti ini. Rambut yang rapi dan tertata dengan baik tentu akan membuatmu lebih percaya diri.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram