kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Rambut / 10 Model Rambut Pendek Sebahu yang Lagi Trend di 2020

10 Model Rambut Pendek Sebahu yang Lagi Trend di 2021

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 20 Juli 2020

Model rambut sebahu adalah potongan yang nanggung, pendek tidak, tapi panjang juga tidak. Tapi, tidak ada yang salah dengan itu. Ada orang yang memang menyukai rambutnya nanggung seperti ini.

Ada juga yang mencari penyegaran setelah bosan rambutnya panjang, diperintahkan kantor untuk potong rambut, setelah melihat potongan rambut artis favorit dan ingin menirunya, atau mungkin baru putus cinta.

Potongan rambut yang baru juga bisa dibutuhkan ketika Anda salah potong sebelumnya, atau ada masalah dengan rambut Anda seperti ujung yang bercabang dan ingin Anda hilangkan. Aturannya, gaya rambut medium length itu berarti panjangnya menengah, sekitar bawah dagu sampai ke bahu. Model rambut ini disukai karena serbaguna dan perawatannya mudah. Panjangnya cocok untuk di-style dengan berbagai macam gaya.

Apa pun itu, jangan stuck dengan model rambut yang itu-itu saja. Karena, potongan rambut sebahu itu ada banyak juga modelnya. Ini dia diantaranya yang sudah Kamini kumpulkan untuk Anda, Beauties.

1. Lob

* sumber: www.southernliving.com

model rambut pendek sebahu yang kekinian pertama adalah lob. Lob adalah singkatan dari long bob, alias bob panjang. Ini adalah bentuk potongan rambut varian bob yang panjangnya antara rambut panjang dan potongan bob normal, alias di tengah-tengah. Potongan lob tepat di atas bahu, setinggi bahu atau tepat di bawah bahu.

Sedikit sejarah mengenai model rambut lob. Pada tahun 1920-an, banyak wanita memotong rambut mereka menjadi bob. Menjelang akhir dasawarsa, penampilan yang lebih 'feminin' dianggap lebih fashionable.

Para wanita yang sudah memiliki potongan rambut bob pun memanjangkan rambut mereka. Akhirnya gaya rambut lob pun lahir. Gaya rambut ini kembali in pada tahun 1960-an dan tetap populer hingga abad ke-21.

Kini, potongan lob pun tidak cuma lurus begitu saja, tapi sudah banyak inovasinya. Seperti Choppy Lob atau Shaggy Lob yang dimiliki model di atas. Anda bisa menambahkan atau mengurangi layer-nya sesuai keinginan. Poninya juga terserah Anda, tidak harus 'poni Dora' seperti identik bob pada umumnya.

2. Straight Bob

Ini adalah potongan bob tradisional. Sejak pertama muncul hingga kini, rasanya orang-orang selalu terlihat bomb dengan model rambut ini. Tak ada zamannya, bob akan selalu 'diterima' masyarakat.

Ingat istilah polem alias poni lempar? Gaya rambut ini sempat ngehits banget dikalangan anak SMA dan kuliahan pada tahun 2010-an. Anda kangen dengan potongan rambut ini? Tak ada yang menghalangi Anda untuk mendapatkannya!

3. Medium Length Layered

* sumber: www.hairstylery.com

Rambut layer dengan panjang sedang akan selalu cantik di kepala siapa saja. Rambut yang berlapis-lapis alias layer cocok diaplikasikan pada tipe rambut apa saja. Mau itu lurus, keriting, kering, berminyak, tipis, tebal, semuanya bisa dipotong layer.

Model rambut ini terlihat bagus karena adanya ombak ringan yang berkumpul di atas dan semakin menipis ke bawah. Tak hanya tampak bagus dari depan, potongan layer juga cantik dari samping dan belakang.

Kalau Anda tak mau potong rambut jadi lebih pendek, tapi ingin refresh gaya, bisa banget minta ke hairdresser tolong di-layer saja tanpa mengurangi panjangnya. Biasanya potongan layer juga memberikan sedikit ikal (jika rambut Anda asalnya lurus), dan ikalnya mudah dibentuk/dipertegas dengan bantuan hairdini, jedai (jepit badai), atau curling iron.

4. Side Bang Bob

Masih termasuk polem alias poni lempar, kali ini poninya tidak membelah di tengah tapi di samping. Kalau Anda merasa tidak percaya diri dengan dahi yang lebar, sebaiknya Anda memilih gaya ini. Jangan lupa selalu sedia roll rambut supaya poni Anda bisa di'touch up' setiap saat.

5. Short Layer for Curly Hair

Punya rambut keriting alami? Bersyukurlah, karena banyak sekali orang yang 'merusak' rambut mereka setiap hari menggunakan curling iron, atau menggunakan bahan kimia di salon, untuk mendapatkan rambut keriting. Walaupun, itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan pengeriting rambut yang bagus.

Jika Anda merasa rambut keriting Anda 'terlalu berat', potong saja jadi layer seperti model di atas. Potongan rambut ini membentuk lapisan pendek yang membingkai wajah yang membuat volume maksimum untuk rambut ikal. Lapisan-lapisan (layer) ini tidak hanya membantu menahan bentuk ikal, tapi juga membantu menciptakan siluet yang seragam di seluruh rambut secara merata.

6. Bowl Cut

*Sumber: https://www.pinterest.de/pin/431360470530134499/

Bowl cut sebenarnya potongan rambut pendek, sangat pendek malah, yaitu di atas telinga. Biasanya panjang poni dan rambut sama. Tapi, Anda bisa juga memotongnya agak panjang yaitu sebahu. Ini memang potongan rambut jadul, tapi tak ada salahnya Anda coba kalau berani tampil beda.

7. Shaggy Natural Curl

* sumber: www.southernliving.com

Mirip dengan model potongan layer untuk rambut keriting, ya? Tapi, layer dan shaggy itu berbeda, loh. Layer (lapisan) adalah model potongan rambut yang memberikan ilusi rambut yang lebih panjang dan bervolume. Rambut model ini sangat mudah diatur. Tak perlu disisir, tak perlu ditata, sudah berbentuk umpakan yang cantik.

Sedangkan istilah shaggy mengacu pada potongan rambut pendek hingga menengah. Shaggy pada umumnya berada di antara dagu dan bahu. Cara memotong rambutnya juga berbeda. Shaggy dipotong menggunakan panduan stasioner dengan menyisir rambut ke atas untuk menyelaraskan rambut dengan yang di bagian atas kepala. Gunting yang digunakan pun khusus untuk thinning bagian bawah rambut.

Model rambut shaggy yang populer pada tahun 1970-an ini memang mirip seperti potongan layer, tapi lebih soft. Kalau layer kan umpakannya dari pipi sampai bawah, kalau shaggy tidak harus begitu. Yang penting rambut menumpuk di atas dan menipis di bawah. Dan, tingkat ketipisannya pun tidak harus melulu sampai rambut Anda terlihat seperti kaki ubur-ubur, sekarang sudah modern.

8. Layered Balayage Bob

* sumber: hairstyleology.com

Kalau Anda bosan dengan potongan rambut sedang yang gitu-gitu aja, mungkin ini saatnya Anda bereksperimen dengan warna, bukan dengan model potongannya. Anda bisa coba balayage ini. Sebenarnya balayage bukan model potongan rambut, tapi teknik mengecat rambut. Cat rambut ala balayage cocok dengan model potongan rambut apa saja!

Balayage diambil dari bahasa Prancis yang berarti painting alias melukis. Balayage dibuat tanpa alumunium foil atau pun alat bantu cat lainnya. Hasilnya adalah rambut dengan warna highlight yang lebih merata dari akar ke ujung rambut daripada highlight tradisional. Warna balayage tidak melulu hitam dan orange-beige, loh. Bisa saja hitam dan silver atau warna lainnya, asal kontras.

9. Ley Perm

Tidak hanya menginvasi entertainment, industri makeup dan kuliner saja, hallyu wave juga membuat orang-orang ingin tampil seperti artis Korea dari ujung kepala hingga kaki. Ada satu teknik men-style rambut ala Korea yang beken banget, yaitu ley perm.

Pendiri Soko Glam, Charlotte Cho, mengatakan bahwa sumber tren rambut yang selalu up-to-date seantero Seoul adalah Jenny House yang terletak di daerah Cheongdam. Semua orang yang tertarik tentang Korea pasti tahu kalau pusat fashion ada di Seoul.

Nah, Jenny House sendiri adalah salon eksklusif langganan banyak selebriti Korea dan artis internasional yang sedang berkunjung ke negara tersebut. Gaya rambut terkini yang sedang ngetren adalah perm layered cut atau yang lebih sering disebut ley perm.

Tidak ada patokan khusus untuk ley perm, karena potongan rambut ombak manis ini bisa diaplikasikan pada rambut sedang atau pun panjang. Perm gaya bebas ini cocok untuk pelanggan yang free spirited. Gelombangnya yang natural itu sangat simpel namun terlihat cantik.

10. Medium Wolf

*Sumber: https://www.instagram.com/p/BppKbQAHt68/

Ini agak mirip dengan gaya rambut Ji Eun Tak dalam drama Korea "Goblin", cuma ujungnya lebih panjang dan perpotongan poninya lebih jelas terlihat dan membentuk seperti shaggy. Nama model rambut ini adalah wolf atau wind cut. Ciri-cirinya adalah ada perpotongan di pipi, tapi panjang sisanya terserah. Jadi seperti perpaduan shaggy dan lob dengan poni lempar yang cantik.

Potongan rambut panjang menengah di atas bisa menjadi lebih trendi dibandingkan dengan gaya rambut lainnya. Jika Anda ingin tampilan yang funky, Anda bisa menggunakan potongan rambut yang berombak.

Lapisan-lapisannya yang memiliki panjang berbeda dapat membantu membingkai kedua sisi wajah Anda secara bersamaan. Untuk gadis-gadis yang lebih menyukai gaya yang calm, bisa memotong rambut jadi bob atau wolf. Jadi, mana gaya rambut yang ingin Anda coba?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram