Kamini.id / Model Rambut / 10 Inspirasi Potongan Rambut Pendek yang Rapi untuk Pria

10 Inspirasi Potongan Rambut Pendek yang Rapi untuk Pria

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Potongan rambut pendek pria bisa disebut menjadi potongan rambut yang berkarakter. Dengan potongan rambut pendek, para pria dapat menonjolkan ciri elegan pria. Potongan rambut pendek identik dengan model potongan rambut militer. Tapi seiring berjalannya waktu potongan rambut pendek makin bervariasi.

Hal terpenting dari potongan rambut pendek biasanya dibagi berdasarkan dua kategori. Menurut bentuk dan tatanan rambut serta menurut potongan rambutnya. Maka dari itu, kamu harus teliti untuk memilih bentuk potongan rambut seperti apa yang akan dipilih. Karena model potongan rambut makin berkembang, dengan model unik dan menarik ala K-Pop dan K-Drama.

Nah, kira-kira apa saja sih 10 inspirasi potongan rambut pendek pria yang kekinian? Informasi lengkapnya ada di bawah ini.

1. Buzz Cut

Buzz Cut

Buzz cut adalah potongan rambut ala militer yang tidak lekang akan waktu. kunci utama potongan buzz cut adalah gaya rambut harus sesuai bentuk wajah dan kepala. Buzz cut akan cocok untuk kamu yang memiliki bentuk kepala yang simetris. Potongan buzz cut hanya menyisakan satu hingga dua sentimeter rambut bagian atas, sisanya di potong habis.

Buzz cut cenderung menyisakan sedikit rambut, maka perlu melakukan perlindungan kulit kepala. Selain itu meski rambut tumbuh seiring waktu, tidak akan terlalu mengganggu model rambut. Karena pertumbuhan rambut tetap terlihat rapi dan kamu tetap keren. Diberi nama buzz cut karena pemotongan rambut dengan clipper elektrik dan dibentuk agar garis rambut presisi, tegas dan rapi.

2. Crew Cut

Crew Cut

Potongan rambut militer dengan gaya yang lebih edgy mungkin bisa menjadi pilihan untukmu. Crew Cut memotong rambut tipis bagian samping dan belakang, tapi bagian atasnya lebih panjang 2 sentimeter. Jika kamu memiliki rambut ikal atau keriting, makan potongan crew cut akan terlihat makin bervolume. Potongan rambut klasik ini, banyak disukai oleh para pria dari berbagai kalangan.

Potongan crew cut akan memberikan kelebihan yaitu kamu akan ready untuk berbagai acara. Karena potongan crew cut dapat beradaptasi dengan berbagai acara. Maka dari itu kamu cukup pilih style pakaian yang sesuai dengan acara yang dihadiri.

3. High and Tight Cut

High and Tight Cut

Model rambut militer lainnya yang cukup populer adalah high and tight cut. Model ini memotong rambut bagian samping dan belakang dengan rapi. Tapi menyisakan lebih banyak rambut di bagian atasnya.  Model potongan ini akan cocok untuk kamu yang memiliki rambut keriting. Model potongan high and tight cut ternyata salah satu variasi dari potongan crew cut.

Potongan high and tight cut, sebenarnya cukup sederhana tapi akan membuat kamu terlihat cool. Model potongan ini sangat terkenal dikalangan tentara amerika. Banyak pria yang memilih memakai potongan ini, karena simpel tapi berkarakter.

4. Ivy League Cut

Ivy League Cut

Potongan rambut berkarisma yang banyak digunakan para selebriti dunia yaitu ivy league cut. Potongan rambut yang yang menyisakan rambut lebih tipis di samping dan belakang, tapi panjang di bagian atas. Model ini akan sangat cocok untuk para pria yang ingin terlihat rapi dan bergaya saat bekerja.

Ivy league cut bisa kamu styling dengan mudah. Cukup tambahkan pomade, lalu sisir rambut ke arah atas sedikit menyamping kiri atau kanan. Kamu akan memiliki rambut bak para aktor kenamaan dunia. Sebut saja Zac Efron yang tampil keren dan berkarisma dengan potongan ivy leagues cut di beberapa acara.

5. French Crop

French Crop

French crop bisa jadi model rambut yang mudah ditata untuk sehari-hari. French crop sekilas mirip dengan caesar cut, tapi bagian atas French crop lebih panjang dan berponi. Kelebihan dari model French crop, model rambut ini akan cocok untuk kamu yang berambut keriting, lurus atau tipis. Sehingga rambut akan menjadi lebih mudah diatur dan di styling sesuai keinginan.

Karena kamu bisa menyesuaikan sendiri batas panjang dan pendek rambut, sesuai bentuk wajah. French crop juga akan cocok untuk kamu yang memiliki bentuk wajah panjang. jika kamu berambut tipis, kamu bisa menambahkan poni depan. Hasilnya rambut akan terlihat penuh dan terkesan bervolume.

Baca juga: Model Potongan Rambut Pria yang Keren dan Populer

6. Bowl Cut

Bowl Cut

Bowl cut adalah potongan rambut yang bisa di sukai atau juga dibenci para pria. Model potongan tahun 60-an ini, kini cukup identik dengan K-Pop dan K-Drama. Banyak para selebriti Korea Selatan yang memilih potongan bowl cut. Sehingga model ini cukup terkenal di kalangan pria, karena terkesan manis tapi stylish.

Kini sudah banyak variasi dari potongan bowl cut yang bisa kamu pilih. Model bowl cut dengan undercut, bisa menambahkan tekstur agar rambut lebih bervolume dan stylish. Meski begitu kamu harus tetap memperhatikan panjang rambut dari bowl cut. Jadi kamu harus rajin memotong bawah rambut agar tidak terlalu panjang tapi juga jangan terlalu pendek.

7. Comb Over

Comb Over

Model rambut yang dianggap praktis tapi elegan ini pasti sudah banyak diketahui. Comb over adalah potongan rambut tebal di bagian atas, yang disisir ke belakang. Model rambut ini akan membuat kamu terlihat makin maskulin setiap hari. Kunci utama dari model ini yaitu dengan menyisir rambut dengan sikat yang padat. Sehingga rambut akan terlihat rapi dan keren saat di sisir ke belakang.

Agar rambut tahan lama, kamu bisa menambahkan pomade. Jadi kamu tidak perlu menyisir rambut terlalu sering. Potongan rambut ini akan bagus untuk kamu yang ingin terlihat lebih manly. Apa lagi jika di tambah dengan brewok tipis, kamu akan terlihat makin mempesona.

8. Undercut

Undercut

Undercut mungkin menjadi salah satu model potongan rambut yang tidak lekang waktu. Pasalnya model ini selalu menjadi favorit pria karena sederhana. Kelebihan lainnya, model undercut bisa cocok untuk menghadiri berbagai acara.

Karakteristik model undercut adalah potongan rambut yang sangat tipis di kiri, kanan hingga belakang. Selain itu, undercut ternyata dapat dimodifikasi dengan berbagai jenis potongan rambut lainnya. Misalnya dengan model potongan rambut crop cut, caesar cut atau dengan bowl cut.

9. Pompadour

Pompadour

Untuk kamu yang berwajah oval, kamu bisa memilih pompadour haircut. Kamu bisa tampil maskulin dengan rambut bagian atas yang lebih tebal. Ada banyak model pompadour yang bisa kamu pilih, seperti slick pompadour, medium pompadour hingga undercut pompadour. Semua jenis potongan rambut pompadour dapat membuat kamu tampil keren setiap hari.

Untuk menata model pompadour kamu bisa menambahkan wax atau gel. Kamu bisa menyisir rambut dengan gaya sleek jika ingin terlihat rapi. Model medium pompadour jika ingin terlihat maskulin tapi casual. Sementara itu model undercut pompadour jika ingin terlihat lebih manly dan berkarakter.

10. Afro Fade

Afro Fade

Jika kamu memiliki model rambut keriting dan merasa kesulitan untuk menatanya. Maka kamu bisa memilih model afro fade agar tampilan makin menarik. Karakteristik model afro fade adalah terdapat gradasi potongan dari bagian atas hingga bawah.

Sayangnya untuk mendapatkan potongan rambut sempurna, kamu harus pergi ke kapster profesional. Model afro fade bisa dibilang model potongan rambut yang cukup sulit. Karena perlu ketelitian yang baik untuk membuat potongan rambut bergradasi tebal dan tipis. Pastikan untuk menjaga kebersihan kulit kepala agar tidak lembab, mulailah keramas memakai conditioner.

Potongan rambut pendek mungkin akan terasa simple dan fleksibel saat penataan. Tetapi kamu harus tetap menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Karena rambut pendek akan membuat kulit kepala mudah lembab dan terkena panas matahari. Oleh karena itu pastikan untuk melakukan perawatan rambut setiap minggunya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020