Kamini.id / Sepatu Vans / 8 Model Sepatu Vans yang Wajib Dibeli oleh Vans Lovers 2019

8 Model Sepatu Vans yang Wajib Dibeli oleh Vans Lovers 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Juni 2019

Sejak berdiri pada tahun 1966, Vans telah mengeluarkan banyak model sepatu yang digemari orang-orang di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Beberapa model memang terkait dengan olahraga tertentu, seperti skateboard dan BMX, namun sepatu Vans tetap keren digunakan untuk berbagai kegiatan.

Tidak hanya mengeluarkan sepatu untuk kegiatan di musim panas saja, Vans juga merilis sepatu yang khusus untuk aktivitas luar ruangan di musim salju, yaitu Vans Snowboard Boot. Bahkan, Vans menawarkan bagi para desainer di seluruh dunia untuk membuat sepatu Vans Customs mereka sendiri. Penasaran dengan model-model sepatu Vans lainnya? Yuk, langsung baca saja artikelnya di bawah ini.

8 Model Sepatu Vans yang Keren

1. Vans Authentic

Vans Authentic

Sepatu Vans yang ini lahir segera setelah pendirian Van Doren Rubber Company pada 16 Maret 1966 di Anaheim, California dengan nama Vans #44 Deck Shoe. Di pagi pertama perusahaan sepatu itu buka, ada 12 pelanggan yang membeli Vans #44 Deck Shoe yang dibuat hari itu juga dan diambil sore harinya.

Pada saat itu, perusahaan hanya memajang 3 tipe sepatu Vans Authentic di toko mereka (sekaligus pabrik pembuatan) dengan harga mulai dari 2,49 dolar hingga 4,99 dolar. Karena tidak ada stok sepatu yang siap dijual, maka perusahaan langsung memproduksi sepatu Vans #44 Deck Shoe yang telah dipilih oleh ke 12 pelanggan tadi.

Pada saat para pelanggan datang untuk mengambil sepatu pesanan mereka di sore harinya, perusahaan tidak mempunyai cadangan uang cash untuk memberikan kembalian kepada mereka. Jadi, mereka tetap membawa pulang sepatu pesanannya namun datang kembali keesokan harinya untuk membayar dan mereka semua melakukannya.

Saat ini terdapat banyak varian dari Vans Authentic, baik itu model untuk pria maupun model untuk wanita. Jika tertarik, silakan kunjungi Bukalapak di link ini untuk membelinya.

2. Vans Era

Vans Era

Setelah kesuksesan Vans Authentic, perusahaan ingin membuat produk hit lagi. Pada tahun 1974-an, permainan olahraga skateboarding sedang booming di California. Para skateboarder meminta Van Doren Rubber Company untuk membuat sepatu bagi pegiat olahraga itu. Sebagai jawabannya, lahirlah sepatu Vans baru yang bernama Vans #95 atau lebih dikenal dengan sebutan Vans Era.

Sepatu yang didesain oleh para skateboarder profesional yang bernama Tony Alva dan Stacy Peralta ini memiliki beberapa perbedaan dengan sepatu Vans Authentic. Kerah Vans Era dibuat empuk untuk memberikan kenyamanan ekstra saat digunakan oleh para pemain skateboard. Selain itu, sepatu ini datang dengan kombinasi warna yang berbeda dan perusahaan juga memberikan opsi warna lainnya kepada para pelanggan mereka.

Selain menjadi sepatu pilihan para skateboarder, Vans Era juga telah melambungkan nama permainan tersebut sehingga menjadi kegiatan yang dilakukan secara global. Kamu bisa membandingkan sepatu Vans Era dan Vans Authentic melalui gambar di atas. Sepatu ini tersedia di Bukalapak lewat link ini.

3. Vans Sidestripe

Vans Old Skool

Pada tahun 1977, sepatu Vans #36 Old Skool diperkenalkan kepada dunia dan kini terkenal dengan sebutan nama Vans Sidestripe. Old Skool adalah sepatu skate pertama Vans yang menggabungkan panel kulit untuk meningkatkan daya tahan. Strip pada sepatu ini awalnya dicorat-coret oleh Van Doren sendiri yang disebut dengan ‘Jazz Stripe’. Dan sejak saat itu, strip menjadi ciri khas dari sepatu Vans.

Pada pertengahan tahun 90-an, Vans melakukan kolaborasi dengan Supreme untuk membuat Vans Old Skool menggunakan bahan-bahan premium, pola mutakhir, dan dengan jumlah yang terbatas yang cocok dipajang di butik-butik serta dicari oleh para kolektor dan penggemar dari seluruh dunia.

Pada saat itu, James Jebbia dari Supreme berkata “Vans Old Skool adalah sebuah ikon, sepatu skate klasik. Pada tahun 1966, Vans Old Skool adalah salah satu sepatu terbaik yang ditawarkan oleh Vans dan benar-benar telah teruji oleh waktu.” Untuk yang ingin membelinya, bisa kunjungi Bukalapak di link ini.

4. Vans Classic Slip-Ons

Vans Classic Slip-Ons

Pada tahun 1977 Vans juga mengenalkan sepatu Vans #98 atau Vans Classic Slip-Ons dengan bantuan para pemain skateboard dan BMXers. Pada saat itu, sepatu Vans Classic Slip-Ons menjadi kegemaran di California Selatan baik untuk skateboarders atau BMXers. Hingga saat ini sepatu tersebut tetap menjadi siluet Slip-On original yang paling ikonik dan dikenal dari generasi ke generasi.

Bisa dikatakan bahwa Vans Classic Slip-On tetap mampu mempertahankan posisinya dalam budaya olahraga dan gaya hidup sejak memulai debutnya pada tahun 1977. Dan untuk informasi, pada akhir tahun 70-an, Vans sudah memiliki 70 toko di California dijual melalui para pedagang di Amerika maupun di seluruh dunia.

Dan setelah dipakai oleh aktor Sean Penn dalam film Fast Times at Ridgemont, Vans Classic Slip-On jadi mendapatkan perhatian dari dunia internasional loh. Hal ini terjadi pada tahun 1982. Tertarik? Silakan beli di Bukalapak lewat link ini.

5. Vans Sk8-Hi

Vans Sk8-Hi

Vans Sk8-Hi diperkenalkan pada tahun 1978 sebagai ‘Style 38’ dan sekarang menjadi salah satu model paling ikonik dari Vans. Sepatu ini juga menjadi pilihan utama bagi para pemain skateboard dengan membawa gaya terobosan baru yang membawa fungsi skate ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Sepatu ini didesain tinggi di atas pergelangan kaki!

Sepatu ini tidak hanya melindungi tulang saat bermain skateboard, tetapi juga membawa tampilan baru yang keren ke taman-taman skateboarding. Sepatu ini tetap menjadi pilihan yang paling relevan baik bagi olahraga skateboard maupun BMX.

Bersama dengan beberapa model Vans Classics lainnya, Sk8-Hi tetap mengukuhkan dirinya sebagai duta klasik dari estetika sidestripe dan heritage brand Vans itu sendiri. Tertarik untuk memiliki sepatu Vans model ini? Bisa beli di Bukalapak lewat link ini.

6. Vans Steve Caballero/Vans Half Cab

Vans Half Cab

Vans Steve Caballero adalah sepatu skate bertandatangan pertama yang dikenalkan pada tahun 1988. Steve Caballero adalah bintang untuk sepatu ini. Pria yang lebih dikenal dengan sebutan Cab ini terdaftar sebagai salah satu skater paling berpengaruh sepanjang masa oleh Transworld. Walaupun usia Cab terus bertambah, dia terus menerus mendominasi kontes skateboard hingga memasuki usia 50-an.

Pada tahun 2017 lalu, Vans Half Cab yang merupakan versi sepatu Vans Steve Caballero level menengah ke atas merayakan ulang tahunnya yang ke-25 dan menjadikannya sebagai sepatu skate yang paling bertahan lama dan terhebat sepanjang masa. Dan sebagai informasi, Steve Caballero inilahir pada 8 November 1964 dan kini tinggal di Campbell, California. Kamu bisa beli sepatu ini di Bukalapak lewat link ini.

7. Vans Snowboard Boot

Vans Snowboard Boot

Vans Snowboard Boot memiliki sejarah yang panjang dalam olahraga snowboarding dan memainkan peran yang penting sebagai brand sepatu yang legendaris untuk olahraga tersebut. Sepatu ini diperkenalkan Vans pada musim semi tahun 1993 dan musim dingin yang bersalju pada tahun 1994.

Vans Snowboard Boots memiliki beberapa model yang tersedia, baik bagi pria maupun wanita. Selain sepatu boot untuk snowboarding, Vans juga memproduksi produk terkait seperti celana snowboard, jaket, dan aksesorisnya seperti beanies atau hoodies.

Setiap musim, salah satu taman salju terbesar di Eropa, Taman Vans Penken di Pegunungan Alpen Austria, menarik perhatian para pembalap snowborading elit dunia setiap tahunnya. Tempat tersebut menawarkan berbagai rintangan baik untuk beginner, intermediate, dan pro riders untuk meningkatkan keterampilan mereka ber-snowboard.

8. Vans Customs

Vans Cutoms

Ini sebenarnya bukan bagian dari model sepatu Vans, namun penulis tetap memasukannya ke dalam daftar ini. Pada tahun 2004, Vans meluncurkan Vans Customs di website mereka www.vans.com, yang memungkinkan para perancang busana untuk membuat Vans Classic Slip-On mereka sendiri menggunakan ratusan kombinasi warna dan pola yang berbeda.

Jadi, jika kamu seorang perancang busana yang ingin membuat sepatu Vans dengan desain hebat dan keren, kamu bisa melakukan Vans Customs. Bukan tidak mungkin karyamu akan memiliki banyak penggemar dan dibeli jutaan orang di seluruh dunia.

Sebagai informasi tambahan, pada bulan Juni 2004, Vans resmi dijual dan jadi milik VF Corporation dengan harga hampir 400 juta dolar. Ingin tahu sejarah lengkapnya tentang perusahaan Vans? Silakan kunjungi artikel Sejarah Menarik Sepatu Vans ini.

Itulah beberapa model sepatu Vans yang bisa penulis kumpulkan. Jika ada model yang terlewatkan di daftar ini, silakan para penggemar sepatu Vans untuk menambahkannya di kolom komentar. Oh iya, sebelum memutuskan membeli sepatu Vans, ada baiknya jika kamu ketahui juga Cara Membedakan Sepatu Vans Asli dan Palsu ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar