Kamini.id / 5 Tips Memilih Moisturizer yang Tepat untuk Pemilik Kulit Berminyak

5 Tips Memilih Moisturizer yang Tepat untuk Pemilik Kulit Berminyak

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Moisturizer adalah salah satu step dalam rejimen perawatan kulit yang tidak boleh dilupakan bagi siapapun. Pasalnya, moisturizer merupakan produk yang cukup berperan besar dalam membuat pertahanan alami kulit berfungsi dengan baik.

Walau sudah banyak produk moisturizer yang bertebaran di pasaran, ternyata memilih moisturizer yang tepat dan sesuai dengan jenis serta keadaan kulit bukanlah hal yang mudah. Terutama untuk pemilik kulit berminyak.

Bahkan, ada anggapan bahwa pemilik kulit berminyak tidak perlu menggunakan moisturizer sehubungan dengan produksi minyak berlebih yang sudah menjadi moisturizer alami bagi kulit. Sayangnya, anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Kulit berminyak memang cenderung memiliki produksi minyak alami (sebum) yang lebih banyak dibandingkan kulit normal maupun kering. Minyak alami ini juga bukan semata-mata berperan sebagai residu saja lho pada wajah.

Alasan Pemilik Kulit Berminyak Masih Memerlukan Moisturizer

moisturizer untuk kulit berminyak_alasan kulit berminyak butuh moisturizer (Copy)

Minyak alami sangat baik dalam memperkuat acid mantle kulit untuk menghindarkan kontak langsung antara kotoran, bakteri dan polusi dengan kulit. Sehingga meminimalisir terjadinya peradangan ataupun infeksi. Minyak alami ini juga bermanfaat dalam menjaga kulit agar tidak kehilangan kelembaban. Oleh karena itu, minyak alami ini disebut juga sebagai natural occlusive.

Akan tetapi, peran menjaga kelembaban tersebut tidak berarti bahwa minyak alami benar-benar dapat melembabkan. Karena faktor utama yang mempengaruhi kelembaban kulit adalah hidrasi, atau kadar air dalam kulit.

Maka dari itu, kulit berminyak tidak benar-benar bisa dikatakan memiliki kelembaban yang cukup bila tidak terhidrasi dengan baik. Dan, ya, kulit berminyak juga bisa kekurangan hidrasi. Inilah mengapa produk moisturizer untuk kulit berminyak masih banyak diproduksi hingga saat ini.

5 Tips Memilih Moisturizer untuk Kulit Berminyak

Walau sudah banyak produk moisturizer yang dapat digunakan oleh pemilik kulit berminyak, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih produk yang tepat. Pemilihan produk yang tepat ini sangat berguna agar manfaat moisturizer dapat dirasakan dengan optimal tanpa membuat keadaan kulit menjadi semakin berminyak.

1. Pilih Produk yang Ringan

moisturizer untuk kulit berminyak_pilih produk yang ringan (Copy)

Memilih produk yang ringan (lightweight) ketika digunakan adalah pilihan yang paling baik untuk dilakukan saat memilih moisturizer untuk kulit berminyak. Kamu juga dapat memilih produk dengan klaim tidak membuat kulit lengket maupun berminyak. Ketiga klaim ini menyatakan bahwa formulasi dari moisturizer tersebut cenderung bersahabat dengan jenis kulit apapun. Termasuk kulit berminyak.

2. Pilih Produk yang Menghidrasi

moisturizer untuk kulit berminyak_produk yang menghidrasi (Copy)

Selain menjadikan klaim lightweight sebagai patokan, kamu juga perlu memastikan bahwa moisturizer yang dipilih memang menawarkan manfaat hidrasi. Untuk mengetahui apakah moisturizer yang kamu pilih memiliki manfaat hidrasi atau tidak, kamu perlu membaca infromasi yang tertera pada produk atau dengan melakukan sedikit langkah ekstra dengan membaca ingredients list.

Bila terdapat senyawa-senyawa seperti hyaluronic acid, gliserin, urea atau alpha hydroxyl acid dalam formulasi, artinya moisturizer yang kamu pilih memang dapat memberikan hidrasi pada kulit.

3. Cari Produk dengan Kandungan Oil-Controlling Agent

moisturizer untuk kulit berminyak_kandungan oil controling agents (Copy)

Beberapa ingredients yang dipercaya berperan sebagai oil-controlling agent adalah dimethicone, kaolin clay, hyaluronic acid, asam salisilat, dan glycolic acid.

Mudahnya, untuk mengetahui apakah produk moisturizer memiliki oil-controlling agents atau tidak, kamu dapat mencari klaim manfaat menyerap kelebihan minyak dari produk tersebut. Klaim ini merupakan salah satu klaim krusial bagi pemilik kulit berminyak.

4. Pilih Produk dengan Tekstur yang Tepat

moisturizer untuk kulit berminyak_pilih tekstur yang tepat (Copy)

Walau pada umunya produk moisturizer memadukan minyak dan air, namun ada beberapa tekstur produk yang lebih baik kamu pilih bila jenis kulitmu berminyak. Tekstur yang dimaksud adalah gel atau water-based cream. Pasalnya, produk-produk ini tidak akan meninggalkan kesan lengket ataupun greasy pada kulit.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan produk dengan tekstur lotion karena proporsi air dan minyak pada tekstur ini sangat baik dalam menghidrasi tanpa menyebabkan penumpukan minyak berlebih pada permukaan kulit.

5. Cari Produk Non-Comedogenic

moisturizer untuk kulit berminyak_noncomedogenic (Copy)

Terdengar seperti memilih produk untuk kulit acne-prone? Jangan salah, klaim non-comedogenic tidak hanya berguna bagi pemilk wajah rentan jerawat saja. Pemilik oily skin pun bisa memanfaatkan klaim ini.

Selain membantu pori-pori terbebas dari sumbatan apapun, klaim non-comedogenc juga dapat mengontrol produksi minyak, menjaga kelembaban yang diperlukan kulit, dan mencegah timbulnya jerawat. Produk dengan klaim non-comedogenic juga bisanya mengandung bahan yang dapat menutrisi dan menenangkan kulit, bebas dari pengharum berlebih, serta ramah digunakan untuk semua jenis kulit.

Beberapa moisturizer untuk kulit berminyak yang dapat dipilih adalah produk dari Kiehl’s. Tak hanya bersahabat dengan jenis kulit berminyak, produk-produk ini juga menawarkan manfaat lainnya yang dapat membantu menuntaskan permasalahan kulitmu.

  • Kiehl’s Ultra Facial Oil-Free Gel Cream

Produk ini hampir ideal memenuhi kriteria moisturizer untuk kulit berminyak. Kiehl’s ultra Facial Oil-Free Gel Cream bahkan mengandung ekstrak akar Imperata Cylindrica dan Antarcticine yang membantu mempertahankan kelembaban kulit.

Produk satu ini merupakan moisturizer yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit, dari normal hingga berminyak. Mositurizer ini akan melembabkan kulit sekaligus merawatnya dengan tekstur yang ringan dan formulasi oil-free. Produk ini juga non-comedogenic serta terbebas dari pewangi tambahan.

  • Kiehl’s Rare Earth Pore Minimizing Lotion

Produk lainnya yang hampir mendekati kata sempurna sebagai moisturizer kulit berminyak adalah lotion ini. Selain dapat menyerap kelebihan minyak karena kandungan Amazonian White Clay, moisturizer ini juga memiliki formula yang lightweight dan oil-free. Tidak akan ada ceritanya wajah menjadi greasy setelah pemakaian produk.

Sebaliknya, moisturizer ini menawarkan hasil akhir matte. Kiehl’s Rare Earth Pore Minimizing Lotion ini juga akan membantu menyamarkan tampilan pori-pori besar yang biasanya sering dimiliki oleh pemilik kulit berminyak. Benar-benar produk impian pemilik kulit berminyak!

  • Kiehl’s Calendula Serum-Infused Water Cream

Tekstur krim berbasis air dari moisturizer satu ini juga dapat menjadi pilihan bagi pemilik kulit berminyak. Tak hanya sangat baik dalam menghidrasi kulit, produk ini juga memiliki kandungan ekstrak Bungan Calendula yang dapat membuat kulit terasa nyaman.

Moisturizer ini juga dapat membantu kulit dengan tanda-tanda penuaan seperti garis halus. Selain itu, bila kebetulan kamu memiliki warna kulit yang tidak merata disamping kulit berminyak, maka kamu perlu mencoba Kiehl’s Calendula Serum-Infused Water Cream ini.

  • Kiehl’s Super Multi-Corrective Cream

Masih ingat kalau hyaluronic acid adalah salah satu ingredients yang perlu dicari oleh pemilik kulit berminyak? Benar, selain dapat memberikan hidrasi, senyawa ini juga berfungsi sebagai oil-controlling agent.

Kabar baiknya, kamu dapat menemukan kandungan hyaluronic acid dalam Kiehl’s Super Multi-Corrective Cream. Selain hyaluronic acid, produk ini juga diperkaya dengan Beech Tree Extract yang berperan dalam mengencangkan kulit, serta Jasmonic Acid yang baik untuk menyamarkan kerutan, garis halus, serta membuat kulit selalu elastis.

Bagaimana? Tak sulit bukan memilih moisturizer untuk kulit berminyak yang tepat? Selain produk-produk yang telah disebutkan tadi, Kiehl’s juga menyediakan produk lain yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit, lho. Tinggal pilih saja yang sesuai dengan permasalahan dan kondisi kulitmu. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *