10 Obat Totol Jerawat yang Ampuh Mulai dari 16 Ribuan

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang umum dialami oleh orang-orang. Pemicu dari timbulnya permasalahan ini sangat beragam, mulai dari hormon, produksi minyak berlebih, faktor genetik, produk kosmetik, makanan, hingga cuaca panas dan lembap. Tinggal di negara tropis tentu mempertebal faktor banyaknya orang Indonesia yang menderita permasalahan kulit ini.

Jika jerawat sudah melanda, obat totol jerawat merupakan produk yang paling dicari. Produk tersebut dipercaya sebagai pertolongan cepat untuk membantu meredakan peradangan pada jerawat.

Nah, untuk kalian yang masih mencari rekomendasi obat totol jerawat yang tepat, kali ini Kamini akan membagikan beberapa pilihan terbaik. Ingin tahu apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Acnol Lotion for Acne

Berbicara mengenai rekomendasi obat totol jerawat, rasanya tidak akan menjadi lengkap tanpa membahas produk legendaris dari Acnol. Lotion jerawat milik Acnol ini diperkaya dengan kandungan utama sulfur yang diperkuat dengan asam salisilat, vitamin B3, dan zinc oxide. Mereka bekerja secara intens dalam mengeringkan jerawat, mengempeskan, dan membasmi bakteri penyebab jerawat.

Di dalamnya juga terkandung menthol yang akan memberikan sensasi dingin ketika diaplikasikan pada jerawat. Akan tetapi, menthol bisa menimbulkan reaksi alergi untuk beberapa orang. Jadi, jika kalian salah satu di antaranya, produk ini sayangnya tidak ideal untuk kalian.

Nah, selain ampuh dalam mengatasi jerawat meradang, keunggulan yang ditawarkan oleh Acnol Lotion for Acne adalah dia mudah ditemukan dan harganya yang sangat terjangkau. Untuk bisa membawa pulang satu botol Acnol dengan isi 10ml ini, kalian hanya perlu mempersiapkan uang sekitar 16.000 saja.

2. Acnes Sealing Jell

Acnes Sealing Jell_

Sebagai merk skincare untuk kulit berjerawat, Acnes tentunya menawarkan produk khusus untuk memulihkan jerawat aktif. Acnes Sealing Jell adalah obat totol jerawat yang diperkaya dengan beberapa kandungan musuh jerawat seperti isopropyl methylphenol, salicylic acid, dan sulfur.

Kandungan tersebut diformulasikan supaya produk dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga mengempeskan volume jerawat. Berkat salicylic acid, gel ini juga mampu membantu mengangkat kelebihan minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Selain itu, di dalamnya juga terkandung stearyl glycyrrhetinate yang bisa memberikan efek soothing pada kulit.

Acnes Sealing Jell ini ditemani juga dengan vitamin E dan B6 yang memiliki peran untuk menjaga kelembutan serta kesehatan kulit. Jika tertarik, Acnes Sealing Jell bisa didapatkan dengan harga berkisar 27.500 untuk isi 18 gr.

3. Sariayu Intensive Acne Care

Sariayu Intensive Acne Care_

Sama dengan Acnol, obat totol jerawat klasik dari Sariayu ini juga mengandalkan bahan sulfur alias belerang. Bedanya, Sariayu Intensive Acne Care diperkaya juga dengan ekstrak daun pegagan atau yang lebih populer disebut sebagai centella asiatica.

Ketika diaplikasikan pada jerawat, belerang bekerja dengan mengurangi minyak dan mengeringkan jerawat. Lalu, ia juga akan mengikis sel kulit mati dan membantu mencegah tersumbatnya pori-pori. Belerang juga disebut dapat bekerja dengan baik untuk beragam jenis jerawat, mulai dari jerawat ringan, sedang, komedo hitam maupun putih, hingga jerawat papula.

Sementara itu, anti-inflamasi dan wound-healing dari ekstrak daun pegagan akan mendorong belerang untuk mempercepat pemulihan jerawat. Lalu, ia bersama dengan kandungan gliserin akan membantu mengurangi efek kering yang bisa ditimbulkan oleh belerang. Nah, untuk yang penasaran, Sariayu Intensive Acne Care bisa dibeli dengan harga sekitar 25.000.

4. Emina Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel

Emina Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel_

Emina Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel ini diklaim mampu membantu mengatasi penyebab munculnya jerawat, meredakan kemerahan, mengontrol produksi minyak, dan mengurangi bekas maupun tekstur yang diakibatkan oleh jerawat.

Nah, untuk bisa memberikan seluruh manfaat tersebut, Emina Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel mengandalkan formula Acne Shield Agents dengan kandungan asam salisilat, ekstrak kayu manis, daun pegagan, dan juga ekstrak akar manis.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Emina adalah produk ini bebas dari alkohol sehingga tidak terlalu menimbulkan kering di kulit. Lalu, berdasarkan analisis skincarisma, obat totol jerawat ini aman digunakan untuk yang memiliki kondisi kulit fungal acne atau malassezia folliculitis. Jika tertarik, Emina Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel dibeli sekitar 34.000 untuk isi 15ml.

5. Wardah Acnederm Acne Spot Treatment

Wardah Acnederm Acne Spot Treatment_

Sister brand dari Emina juga turut menghadirkan obat totol jerawat berbentuk gel. Di dalam setiap kemasan Wardah Acnederm Acne Spot Treatment, terkandung formula derma treat actives dengan asam salisilat dan ekstrak willowherb.

Derma treat actives hadir untuk menahan perkembangan bakteri-bakteri yang menyebabkan jerawat. Lalu, asam salisilat akan membantu proses eksfoliasi supaya pori-pori bebas dari sumbatan sekaligus mengatasi permasalahan tekstur. Sementara itu, willowherb yang merupakan anti-inflamasi berperan untuk meredakan kemerahan pada jerawat dan membantu mengurangi tumbuhnya bakteri.

Di samping itu, produk ini juga dibantu dengan kandungan 7 ekstrak tumbuhan lainnya yang memiliki fungsi untuk melembabkan dan mencerahkan. Dengan begini, jerawat akan mereda tanpa meninggalkan rasa kering maupun noda membandel. Sementara untuk harga, Wardah Acnederm Acne Spot Treatment ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, yaitu berkisar 24.000.

6. Verile Acne Gel

Verile Acne Gel_

Acne spot treatment dari brand lokal Verile ini menggunakan vitamin B3 bersama dengan asam salisilat atau BHA sebagai bahan aktif utamanya. Selain dikenal ampuh untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda, vitamin B3 ternyata memiliki sifat anti-inflamasi dan mampu mengontrol kadar minyak. Maka dari itu, vitamin B3 juga dapat digunakan untuk merawat kulit berjerawat.

Lalu, keratolitik dari BHA bertugas untuk meluruhkan sel kulit mati dan minyak-minyak berlebih yang terperangkap dalam pori. Tidak hanya itu, di dalamnya juga terkandungan allantoin yang akan membantu memberikan kelembapan dan juga sensasi menenangkan pada kulit.

Verile Acne Gel memiliki tekstur gel bening yang selain merawat jerawat, ia juga akan memberikan efek sejuk pada bagian kulit yang terdapat jerawat. Jika penasaran, Verile Acne Gel ini bisa ditemukan dengan mudah di apotek dengan harga berkisar 20.000.

7. Skin Game Acne Warrior

Skin Game Acne Warrior_

Berbeda dengan obat totol jerawat di atas yang rata-rata memiliki tekstur lotion maupun gel, Skin Game Acne Warrior hadir dengan bentuk pasta. Obat jerawat ini merupakan hasil dari formulasi berbagai macam kandungan anti jerawat seperti, calamine, bentonite, zinc oxide, kaolin, belerang, dan asam salisilat.

Calamine memang bukan kandungan khusus yang mampu mengatasi jerawat dari akarnya. Namun sifatnya sebagai astringent, membuatnya mampu membantu mengeringkan jerawat. Sementara untuk membasmi bakteri, produk ini mengandalkan zinc oxide dan juga belerang.

Sementara itu, asam salisilat, bentonite, dan kaolin akan membantu meredakan jerawat dengan mengatasi sumbatan pori-pori. Di antara beragam bahan-bahan pembasmi jerawat, terdapat juga kandungan glycerin yang bertugas untuk memberikan kelembapan.  

Skin Game Acne Warrior ini dibanderol dengan sekitar 125.000 dengan isi 30gr. Harganya memang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan obat totol jerawat yang sudah disebutkan di atas. Namun, banyak orang yang menyukai produk ini, karena ia gentle di kulit dan tidak begitu menimbulkan efek kering.

8. Erha Acneact Acne Spot Gel

Erha Acneact Acne Spot Gel_

Obat totol jerawat yang diproduksi oleh klinik kecantikan Erha ini diklaim mampu mengatasi jerawat aktif dan juga noda yang ditinggalkan oleh jerawat. Klaim tersebut bisa diberikan berkat kombinasi asam salisilat dan sulfur yang ada di dalamnya.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sulfur merupakan kandungan yang efektif dalam membunuh bakteri maupun mengeringkan jerawat. Kemudian, asam salisilat akan membantu proses eksfoliasi, mengempeskan jerawat meradang, dan membantu mencegah pembentukan bekas yang ditimbulkan jerawat.

Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat ekstrak akar manis dan lidah buaya yang bisa membantu menenangkan peradangan. Ekstrak akar manis juga disebut-sebut mampu membantu mengatasi tekstur dan noda bekas jerawat. Untuk yang tertarik, setiap kemasan dari Erha Acneact Acne Spot Gel bisa kalian dapatkan dengan harga berkisar 65.000.

9. Dermaluz Acne Spot Treatment

Dermaluz Acne Spot Treatment_

Seperti kebanyakan obat jerawat, Dermaluz Acne Spot Treatment mengandalkan sulfur sebagai kandungan anti-jerawatnya. Bedanya, ia diperkuat dengan minyak biji anggur, asam glikolat, vitamin c, dan ekstrak buah lemon. Minyak biji anggur ini merupakan jenis minyak yang dikenal mampu membantu merawat kulit berjerawat dengan meredakan inflamasi dan melawan bakteri.

Asam glikolat yang merupakan exfoliating acid juga ternyata bisa membantu merawat jerawat dan mengatasi bekasnya. Lalu, anti-inflamasi yang terdapat pada vitamin C diduga bisa membantu menekan peradangan pada jerawat. Terakhir, astringent dan anti-mikroba yang ada di dalam ekstrak lemon juga disebut berpotensi membantu kondisi kulit berjerawat.

Akan tetapi, ekstrak lemon bisa menyebabkan reaksi sensitif pada beberapa orang. Jadi, untuk yang kulitnya sensitif dengan lemon, produk kurang tepat untuk kalian. Namun, apabila tidak, setiap tube obat totol jerawat dari Dermaluz bisa dibeli dengan harga sekitar 57.000.

10. The Body Shop Tea Tree Oil

The Body Shop Tea Tree Oil_

Minyak tea tree dari The Body Shop ini diformulasikan secara khusus untuk merawat area kulit dengan jerawat aktif. Minyak tea tree yang digunakan oleh The Body Shop ini memiliki konsentrasi 15% dan diambil dari Community Trade tea tree oil di Kenya, sehinga sudah dipastikan terjaga kemurniannya.

Tea tree sendiri merupakan jenis essential oil yang bersifat non-comedogenic dan tidak menyumbat pori-pori. Sifatnya sebagai antibakteri, membuat minyak tea tree mampu melawan bakteri p. acnes untuk berkembang biak. Di sisi lain, minyak tea tree juga anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi kemerahan ataupun peradangan.

Kemampuan minyak tea tree dalam mengatasi jerawat bahkan disetarakan dengan kandungan anti-jerawat lain, seperti benzoyl peroxide. Bedanya, minyak tea tree cenderung tidak menimbulkan efek kering pada kulit. Sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati manfaat yang ditawarkan oleh minyak tea tree karena essential oil bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

The Body Shop Tea Tree Oil ini hadir dalam 2 jenis ukuran. Untuk kemasan 10 ml dibanderol sekitar 129.000, sedangkan kemasan 20 ml dijual dengan harga sekitar 229.000.

Itulah kesepuluh obat totol jerawat terbaik yang pastinya mampu membantu kalian dalam mengatasi jerawat aktif. Setiap produk di atas diformulasikan dengan kandungan aktif yang beragam dengan keunggulan dan cara kerja yang berbeda-beda. Kalian hanya tinggal sesuaikan dengan kondisi jerawat dan kesensitifan kulit.

Jadi, obat totol jerawat manakah yang paling membuat kalian tertarik? Atau mungkin kalian mempunyai produk obat jerawat andalan lain yang ingin kalian rekomendasikan? Yuk, bagikan pendapat kalian di kolom komentar!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram