Yuk, Intip 9 Inspirasi OOTD Kondangan untuk Remaja!

Ditulis oleh Siti Hasanah

Biasanya selain menghadiri hari bahagia kerabat atau teman dekat, kondangan juga menjadi salah satu ajang reuni atau kumpul bersama teman. Bahkan untuk sebagian para remaja atau muda-mudi yang masih jomblo, menghadiri kondangan adalah ajang mencari jodoh juga. 

Tidak heran jika outfit yang akan dipakai pun terkadang disiapkan jauh-jauh hari agar terlihat stunning, modis, dan stylish. Namun ingat, penampilanmu jangan sampai mengalahkan pengantinnya ya! Berikut adalah beberapa inspirasi yang bisa kalian pilih untuk menghadiri kondangan

1. Ootd Kondangan dengan Kebaya Kutubaru

ootd kondangan remaja-1_

Kebaya kutubaru adalah jenis kebaya tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Kebaya ini memiliki ciri khas ada tambahan kain yang menghubungkan antara sisi kanan dan sisi kiri kebaya yang disebut bef.

Jenis kebaya ini kembali digemari setelah beberapa desainer terkenal memberikan sentuhan-sentuhan kreativitas mereka agar para muda mudi lebih tertarik untuk menggunakannya. 

Memiliki tampilan yang elegan dan klasik, kebaya kutu baru banyak dipakai oleh para wanita Indonesia dari semua kalangan untuk digunakan dalam acara formal seperti kondangan. Untuk kalian yang bingung harus memakai apa untuk menghadiri undangan, kalian bisa memilih kebaya jenis ini agar terlihat anggun.

Kebaya kutu baru ini biasanya disandingkan dengan kain batik yang dililitkan di bagian perut dengan stagen atau korset agar membuat penampilan kalian lebih ramping dan feminim.

Untuk menambah kesan manis, kalian bisa menambahkan aksesoris bros seperti ilustrasi di atas. Kebayanya bisa juga dipadukan dengan selendang kecil yang biasanya terbuat dari kain yang sama dengan kain batik yang dijadikan bawahan kebaya.

Di bagian alas kaki, kenakan selop atau heels yang agak tinggi supaya penampilan kalian juga lebih terlihat jenjang. Untuk yang berhijab, kalian bisa gunakan hijab senada dengan kebaya. Kemudian, untuk yang tidak berhijab, kalian bisa menyanggul rambut ala wanita Jawa.

2. OOTD Kondangan dengan Dress Brokat

ootd kondangan remaja-2_

Brokat memang identik dengan kesan elegan dan mewah. Sebagian orang mungkin merasa tidak lengkap dan tidak percaya diri ketika menghadiri acara formal seperti kondangan jika tidak memakai baju dengan bahan dasar brokat. 

Tidak hanya kebaya, dress berbahan brokat juga menjadi outfit yang banyak diminati dan dipilih oleh kaum remaja untuk menghadiri kondangan agar terlihat stylish. 

Nah, kali ini kalian bisa memilih gaun mix brokat berwarna peach seperti ilustrasi di atas yang dihiasi belt di bagian perut agar semakin terlihat modis dan feminim. Padukan juga heels dan sling bag senada dengan dress agar penampilan kalian semakin stunning.

3. OOTD Kondangan dengan Dress Organza 

ootd kondangan remaja-3_

Selain menggunakan menggunakan baju berbahan dasar brokat, dress berbahan organza juga bisa kalian pilih untuk membuat penampilan kalian terlihat anggun dan mewah saat menghadiri kondangan. 

Organza memang memiliki bahan yang agak kaku, tetapi dapat memberikan volume pada bentuk tubuh kita. Bahan jenis ini juga ringan dan tidak mudah kusut. Jadi kalian bisa tampil rapi terus sepanjang pesta berlangsung. 

Seperti ilustrasi di atas, kalian bisa menggunakan gaun organza dengan detail ruffle di bagian dada agar memberikan kesan modis dan mewah pada penampilan kalian.

Padukan hijab berwarna senada dengan dress. Lalu ikatkan kedua sisi kerudung ke belakang agar tidak mengganggu performa dari ruffle di gaun kalian.

Untuk yang tidak berhijab, kamu bisa membuat tatanan rambut yang simpel mengingat organza sudah termasuk dress yang terbilang complex.

Kalian bisa berikan sentuhan waves pada rambut. Pilihan lainnya, kalian bisa juga memakai gaya side braid atau kepangan dari belahan samping rambut untuk membuat penampilan kalian makin memukau.

4. OOTD Kondangan dengan setelan batik

ootd kondangan remaja-4_

Mendengar kata “Batik” salah satu yang terngiang dalam pikiran kita pasti adalah kondangan. Nah, gaya outfit selanjutnya yang bisa kalian pakai untuk menghadiri hari bahagia kerabat atau rekan kalian adalah dengan setelan batik. 

Batik adalah salah satu pakaian tradisional Indonesia yang sudah dikenal di seluruh dunia. Batik juga identik dengan acara-acara formal. Banyak designer yang mulai meng-upgrade batik dengan sentuhan kreativitas sehingga batik menjadi lebih bervariasi, catchy, dan banyak diminati oleh para kawula muda.

Setelan batik dengan potongan asymmetric sekarang sedang hype dan banyak dicari. Model setelan batik ini bisa membuat kalian tampak anggun dan berkelas ketika menghadiri kondangan. 

Kombinasikan hijab berwarna senada atau jika tidak berhijab kalian bisa menyanggul modern rambut agar lebih terlihat klasik. Padukan juga dengan clutch dengan warna senada atau netral seperti hitam agar penampilan klasik kalian semakin sempurna. 

5. OOTD Kondangan dengan Memadukan Tunik dan Kulot

ootd kondangan remaja-5_

Untuk kalian yang tidak suka mengenakan gaun atau rok dan ingin tampil lebih simpel dan bebas gerak, kalian bisa memadukan tunik dan kulot sebagai outfit untuk menghadiri kondangan. Celana kulot akan membuat penampilan kalian terlihat anggun namun tetap nyaman untuk bergerak ke sana-ke sini. 

Paduan atasan full motif dengan celana kulot berwarna putih akan membuat penampilan kalian simpel tapi tetap catchy. Tambahkan belt di pinggang untuk menambah kesan ramping pada penampilan kalian. 

Pakai hijab dengan gaya yang simpel serta warna senada dengan kulot atau tunik. Jangan lupa juga clutch dengan warna senada dengan hijab agar semakin mempermanis penampilan kalian pada saat menghadiri kondangan. 

6. OOTD Kondangan dengan Long Outer

ootd kondangan remaja-6_

Bosan menggunakan kebaya atau dress brokat? Kalian bisa memadukan celana dan long outer agar penampilan kalian beda dan tidak monoton saat pergi kondangan. Outer adalah salah satu fashion item yang sering kali dipakai untuk menunjang penampilan agar lebih memukau. 

Tidak hanya dipakai untuk office look atau casual look, outer juga bisa dipakai untuk acara formal seperti kondangan. Dengan mix and match yang baik, penampilan kalian bisa terlihat stunning.

Pilihlah long outer dengan detail yang cantik lalu padukan dengan celana. Jangan lupa untuk memakai heels yang agak tinggi supaya penampilan kalian tidak terkesan tenggelam. 

7. OOTD Kondangan Dengan Rok Plisket

ootd kondangan remaja-7_

Rok Plisket merupakan fashion item yang sedang digandrungi oleh banyak kalangan wanita atau para hijabers. Banyak yang memilih rok jenis ini untuk dijadikan outfit sehari-hari, ke kantor, jalan-jalan bahkan untuk pergi menghadiri pesta pernikahan. 

Untuk tampil clear dan classy, kalian bisa mencontek gaya outfit referensi di atas. Pertama pilihlah tunik berbahan silky dan bermotif bunga dengan cutting asimetris agar terlihat mewah dan elegan. 

Padukan dengan rok plisket dengan warna senada. Kemudian, pakailah high heels agar penampilan kalian semakin memukau. 

8. OOTD Kondangan dengan Jumpsuit

ootd kondangan remaja-8_

Memakai kebaya, dress brokat atau batik merupakan hal lazim ketika menghadiri kondangan. Nah, apakah kalian ingin tampil beda dari biasanya? Kalian bisa memilih jumpsuit sebagai alternatif outfit kondangan. 

Untuk yang senang tampil dengan gaya vintage, kalian bisa coba jumpsuit warna pink yang dilengkapi dengan puff sleeve seperti foto di atas.

Untuk aksesorisnya kalian bisa tambahkan big belt warna senada dan lengkapi juga dengan sling bag. Jangan lupa percantik penampilanmu dengan heels-nya. Dengan look ini kalian akan terlihat stylish dan anggun saat datang ke acara kondangan kerabat atau teman. 

9. OOTD Kondangan dengan Rok Tutu

ootd kondangan remaja-9_

Selain rok plisket, rok tutu juga sedang booming dan banyak diminati oleh para muda-mudi untuk dijadikan OOTD mereka. Bukan hanya cocok untuk daily look, rok tutu juga bisa dijadikan salah satu fashion item untuk menemani kalian pergi ke acara kondangan. 

Look di atas bisa kalian contek untuk dijadikan inspirasi outfit kondangan agar terlihat modis. Kalian bisa melakukan mix and match rok tutu warna hitam dengan tunik berbentuk asimetris dan bermotif floral. Tidak lupa juga hijab warna hitam dan high heels berwarna hitam yang bisa menambah keanggunan. 

Itulah beberapa outfit yang bisa kalian jadikan alternatif untuk tampil anggun dan stunning saat menghadiri pesta pernikahan atau kondangan. Semoga dapat menginspirasi kalian yang masih bingung harus memilih outfit untuk pergi kondangan.

Jangan lupa, sesuaikan dengan tema atau dress code yang sudah ditentukan oleh pemilik acara ya guys!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram