10 Ide OOTD Kondangan yang Simpel dan Casual

Ditulis oleh Suci Maharani R

Dulu, kita harus pakai baju formal seperti kebaya dan gaun kalau mau kondangan. Sekarang, jaman sudah berubah. Tidak perlu tampil terlalu formal, gaya kasual dengan outfit  sehari-hari juga cocok. Syaratnya, outfit yang digunakan harus rapi dan sopan. Meski begitu, penampilanmu tetap bisa terlihat menonjol meski bergaya simple dan natural. 

Mau tau caranya? Ini dia 10 ide OOTD kondangan yang simpel dan kasual yang bisa kamu coba. Yuk, lihat inspirasinya di sini!

1. Blouse Batik dan Celana Kulot

blouse batik dan celana kulot_

Kalau mau tampil simpel tapi tetap elegan, coba deh gaya OOTD kondangan ini. Apalagi kamu hanya perlu mix and match outfit yang pasti ada di lemari. 

Caranya gampang, tinggal kenakan blouse batik yang biasanya jarang dipakai. Warna bebas sih, tapi Kamini sarankan pilih yang warna coklat aja. Soalnya, bawahan yang cocok adalah kulot warna beige yang simpel dan adem. 

Biarpun simpel, gaya ini tetap chic kok. Apalagi kalau kamu tambahin stiletto warna coklat dan sling bag warna beige yang matching sama kulot. Jam tangan warna gold juga bisa bikin penampilan kamu lebih mewah. Kalau kamu pakai hijab, pilih saja warna beige atau coklat yang sesuai sama outfit tadi.

2. Blouse Floral dan Celana Straigh Cut

blouse floral dan celana straigh cut_

Tidak perlu ragu untuk memakai OOTD kondangan dengan memakai outfit warna merah. Warna ini bisa membuat kamu terlihat menarik dan berani, asalkan kamu tahu cara memadukannya dengan baik. 

Salah satu contohnya adalah blouse warna merah dengan motif bunga-bunga seperti yang ada di gambar. Blouse ini sangat cantik dan cocok untuk acara formal. Kamu bisa mengenakannya dengan celana bahan polos berwarna senada yang modelnya straight cut. 

Untuk aksesori, pakailah sepatu stiletto warna nude dan handbag warna hitam. Jika kamu berhijab, kamu bisa menyesuaikan warna hijab dengan warna outfit. Hijab segi empat warna hitam bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyeimbangkan warna merah yang mencolok.

3. Blouse Kimono dan Rok Batik

blouse kimono dan rok batik_

Siapa bilang rok batik terlihat membosankan dan jadul? OOTD kondangan berikut ini akan menampilkan look yang modis dan simpel. Misalnya, kamu bisa memakai rok batik berwarna coklat sebagai bawahan. Umumnya, pasangan rok batik itu adalah kemeja atau kebaya. 

Kali ini, Kamini akan memadukan rok batik dengan blouse kimono berwarna merah. Meski dipadukan dengan atasan yang biasa digunakan sehari-hari, ternyata look ini terlihat santai namun tetap elegan. 

Untuk melengkapi penampilan, kamu bisa memakai open toe heels dan shoulder bag berwarna hitam. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan aksesoris seperti anting dan gelang berwarna emas yang akan membuat kamu terlihat lebih glamor dan cantik.

4. Blouse dengan Celana Cutbray

floral long dress dan clutch_

Salah satu tantangan saat menghadiri pesta pernikahan adalah memilih outfit yang sesuai dengan tema. Jika temanya adalah garden party, Kamini punya tips OOTD kondangan agar kamu bisa tampil cantik dan tetap nyaman seharian. 

Kamu hanya perlu mengenakan long dress berwarna beige yang memiliki motif bunga dan ruffle. Memakai dress ini saja, secara otomatis penampilanmu akan terlihat feminin dan anggun. 

Untuk menambah kesan elegan, padukan dress ini dengan open toe heels dan clutch bag berwarna merah atau warna netral lainnya. Jangan lupa juga untuk memakai aksesoris seperti anting dan gelang berwarna emas. Gimana? OOTD kondangan satu ini terlihat menarik bukan?

5. Kebaya Modern dan Celana Satin

kebaya modern dan celana satin_

Salah satu tren fashion Indonesia yang sedang populer adalah kebaya modern. Kebaya modern ini memiliki desain yang simpel, namun tetap elegan dan anggun. Oleh karena itu kamu bisa memakai kebaya modern sebagai OOTD kondangan yang simpel dan casual. 

Kali ini, Kamini memilih kebaya modern warna hijau army sebagai atasannya. Kebaya ini bisa dipadukan dengan celana panjang berbahan satin yang berwarna senada. Celana satin ini akan memberikan kesan mewah dan glamor lho

Agar lebih stylish, kamu bisa memilih fashion item dan aksesoris yang sederhana. Misalnya sepatu stiletto dan tas selempang berwarna hitam. Jangan lupa juga pakai jam tangan dan anting berwarna emas. Kalau kamu berhijab, bisa memakai hijab pashmina hitam yang simpel.

6. Outer Kimono dengan Celana Bahan

Kebaya modern dan Rok Span_

Kalau kamu suka gaya yang pastel dan feminim, kamu bisa coba OOTD kondangan yang satu ini. Outfit utamanya adalah kebaya modern berwarna peach yang manis dan cantik. Kebaya ini ada bordiran bunga-bunga di sekelilingnya yang membuatnya lebih menarik. 

Kamu bisa padukan kebaya ini dengan rok putih yang lurus dan simpel. Rok putih akan memberikan kesan segar dan cerah pada look kamu. Jangan lupa pakai open toe heels dan hand bag berwarna emas untuk menambah kesan elegan dan classy. Warna emas akan cocok banget dengan warna peach dan putih yang kamu pakai.

7. Kemeja Oversize dan Rok Batik

Kemeja oversize dan rok batik_

Salah satu cara untuk tampil menarik saat kondangan adalah dengan memadukan rok batik dengan kemeja oversize

Kamu tidak perlu membeli baju baru, cukup gunakan rok batik yang sudah ada di lemari dan kemeja yang ukurannya lebih besar dari biasanya. Kamu bisa membuat gaya ini lebih fashionable dengan menyelipkan bagian depan kemeja ke dalam rok, sedangkan bagian belakang kemeja dibiarkan menggantung. 

Setelah itu, pakailah open toe heels dan jam tangan berwarna silver yang bisa menambah kesan modis. Jangan lupa untuk memilih tas yang sesuai dengan warna rok batikmu, misalnya warna biru. Untuk para hijabers, kamu bisa menggunakan hijab warna beige yang akan membuat kontras warna yang cantik.

8. Long Dress dan Outer Floral

Long dress dan outer floral_

OOTD kondangan yang cocok untuk acara semi formal atau formal adalah long dress satin berwarna beige. Dress ini akan membuat kamu tampak elegan dan classy dengan warna yang lembut. 

Kamu bisa menambahkan open toe heels dan jam tangan berwarna gold untuk mempercantik penampilan. Kalung mutiara juga cocok jadi aksesoris yang memberikan kesan elegan. Jangan lupa bawa clutch bag berwarna hitam agar look ini tidak terkesan membosankan.

Kalau kamu mau datang ke acara pernikahan yang formal, bisa menambahkan outer floral berwarna senada dengan dress-mu. Outer floral ini memiliki motif bunga berwarna emas yang akan membuat look ini semakin classy dan menarik perhatian.

9. Obi Belt dan Kemeja Polos

Obi Belt dan Kemeja Polos_

Tren fashion lainnya yang cocok untuk OOTD kondangan adalah memakai Salah satu obi belt. Fyi, obi belt adalah aksesoris yang mirip dengan ikat pinggang kimono. Obi belt bisa membuat penampilanmu lebih menarik dan stylish. Di Indonesia, obi belt dibuat lebih bervariatif, salah satunya memakai kain batik yang beraneka warna. 

Cara memakainya, kamu bisa mengenakan kemeja putih oversize dengan rok satin warna ungu. Outfit ini terlihat biasa saja, tapi kalau ditambahkan obi belt di atas kemeja, kamu akan terlihat lebih fashionable dan chic

Melengkapi gaya feminim ini, kamu bisa memilih high heels warna rose pink. Tas anyaman kecil berwarna hitam juga cocok untuk memberikan tekstur pada OOTD kondangan yang simpel dan casual ini.

10. Rok Batik dan Outer Brokat

rok batik dan outer brokat_

Kebaya brokat dan kain batik memang sudah menjadi pilihan klasik untuk menghadiri acara kondangan. Namun, siapa bilang gaya klasik itu membosankan? Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa membuat tampilan kondangan yang lebih casual dan trendy

Lihat saja contoh di gambar, bagaimana rok batik berwarna hijau ini dipadukan dengan kebaya berwarna hijau tua yang lebih elegan. Kebaya ini tidak digunakan sebagai atasan utama, melainkan sebagai outerwear yang memberi kesan chic. Untuk inner-nya, kamu bisa memilih tank top putih polos yang simpel dan nyaman. 

Agar tampilan ini lebih playful dan fun, tidak perlu mengenakan sepatu hak tinggi yang formal, cukup gunakan sepatu converse hitam yang sporty. Warna hitam juga bisa disesuaikan dengan sling bag yang kamu bawa. Nah, bagaimana? Tidak kalah keren kan dengan OOTD kondangan yang lainnya?

Nah, itulah beberapa ide OOTD kondangan yang simpel dan casual untuk kamu jadikan inspirasi. Sebetulnya, menghadiri undangan bisa jadi salah satu kesempatan untuk menjajal kreativitasmu dalam menciptakan tren baru dalam berbusana. Kira-kira kamu punya ide apalagi untuk OOTD kondangan?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram