10 Style Hijab untuk Tubuh Pendek Agar Tampak Lebih Tinggi 

Ditulis oleh Siti Hasanah

Katanya, orang bertubuh mungil alias pendek tidak boleh pakai baju longgar yang akan membuat kamu terlihat tenggelam dalam bajumu. Benarkah demikian?

Sebenarnya mempunyai tubuh pendek itu memberikan keuntungan tersendiri, misal penampilanmu selalu terlihat awet muda, tidak butuh banyak kain untuk membuat baju dan tampak menggemaskan. 

Jika tinggi badanmu termasuk minimalis, kamu masih bisa kok telihat trendi. Percaya diri dengan tubuh sendiri adalah hal yang paling penting sebelum kamu sibuk mencari tips and trick dalam berpakaian yang pas untuk tubuh pendek. Setelah itu, coba cek informasi style OOTD untuk tubuh mungilmu di bawah ini. 

1. Pinafore dengan Kerah V 

style hijab tubuh pendek-1_

Pinafore seringkali disalah artikan sebagai overall. Jenis pakaian ini sama-sama mempunyai tali di bagian pundaknya. Akan tetapi, pinafore dan overall atau dungaree punya ciri khas masing-masing. Pinafore berpotongan rok atau dress, sedangkan overall bisa berupa celana slim fit atau kulot. 

Variasi pada pinafore terletak pada jenis talinya dan bentuk roknya. Beberapa item pinafore mempunyai tali yang tipis dan dihubungkan pada rok seperti suspender. Ada pula tali pinafore yang dibuat lebar sehingga hampir menyerupai atasan. 

Apa pun itu, pakaian model pinafore adalah salah satu pakaian yang cocok dikenakan oleh kamu yang bertubuh pendek. Pinafore dengan jenis kerah V atau kerah yang terbuka lebar di bagian atasnya ini adalah yang palin cocok. Kamu bisa kenakan inner yang menutupi tubuh agar kulitmu tidak terekspos. 

Pinafore kebanyakan mempunyai detail bagian pinggang yang memperlihatkan bentuk tubuh ramping. Bagian ini memberikan berupa siluet ramping dan jenjang pada tubuh mungilmu. So, padankan dengan hijab yang serasi dengan pakaianmu, ya. 

2. Celana Jeans Slim Fit dengan Atasan Motif Stripe Vertikal 

style hijab tubuh pendek-2_

Celana jeans adalah salah satu item pakaian yang cocok dikenakan oleh bentuk tubuh apa pun. Hanya saja kamu perlu sesuaikan potongannya agar terlihat lebih pas dengan ukuran tubuhmu. 

Untuk kamu yang mempunyai tubuh pendek, celana jeans yang paling cocok adalah yang berpotongan slim fit. Slim fit membuat siluet kaki lebih jenjang yang pasti akan menguntungkan bagi kamu pemilik tubuh mini. 

Padankan dengan atasan bermotif garis vertikal. Motif seperti memberikan efek ilusi yang sama seperti celana jeans potongan slim fit, yakni membuat tubuh terlihat lebih panjang. Agar terlihat lebih rapi, kenakan hijab dengan cara diikat ke belakang. Kenakan warna hijab yang serasi dengan pakaianmu. 

3. Flare Skirt dengan Potongan Tidak Terlalu Lebar dan Sweater 

style hijab tubuh pendek-3_

Postur adalah hal yang harus diperhitungkan untuk menentukan jenis pakaian apa yang pas dikenakan. Kamu tidak ingin terlihat aneh ‘kan dengan pilihan pakaianmu? Oleh sebab itu, kamu perlu berhati-hati dengan pilihan outfit-mu. 

Untuk kamu yang cenderung pendek, ada anggapan bahwa rok adalah pilihan yang buruk lantaran bentuknya akan membuat tubuhmu semakin pendek. Anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Pasalnya orang bertubuh pendek boleh kok mengenakan rok asal perhatikan cara pemakaian dan bentuk roknya. 

Salah satu rok yang pas dikenakan oleh mereka yang bertubuh pendek adalah rok flare dengan ukuran yang tidak terlalu lebar. Pilih flare skirt berpotongan high waisted yang dapat membuat tubuhmu lebih panjang. Ilusi ini dihasilkan berkat adanya detail pada bagian pinggang. 

Sebagai penyeimbangnya, kamu bisa kenakan kemeja berpotongan sederhana. Flare skirt dengan kemeja adalah padanan yang tepat bagi wanita berhijab. Lengkapi OOTD-mu dengan hijab segi empat untuk menampilkan kesan rapi dan percaya diri. 

4. Celana Kulot dengan Garis Vertikal 

style hijab tubuh pendek-4_

Lagi-lagi kita bermain dengan motif vertikal. Selain pada atasan, motif vertikal pada celana memberikan kesan lurus dan panjang pada kaki. So, untuk kamu yang mempunyai tubuh pendek, kamu bisa lho memakai celana kulot. Agar lebih terlihat menarik, kenakan celana kulot dengan motif garis vertikal. 

Garis-garis yang memanjang ke bawah ini membuat kamu terlihat lebih tinggi. Garis-garis tersebut dapat membantu sepatu heel-mu memberikan siluet kaki yang lebih panjang. 

Celana kulot adalah item pakaian yang mudah dipadukan dengan atasan lainnya. Tapi jika kamu ingin tampil lebih menarik, coba pilih atasan berwarna monokrom yang serasi dengan celana kulotmu. 

5. Rok Pendek dengan Kemeja 

Wanita berhijab memakai rok pendek? Tidak masalah. Kamu bisa kenakan legging panjang yang menutupi kaki. Rok pendek adalah item pakaian yang pas bagi kamu yang mempunyai tubuh pendek. 

Pastikan rok yang kamu kenakan tidak terlalu mengembang. Salah satu jenis rok pendek yang cocok dengan tubuh pendek adalah rok pendek yang terbuat dari bahan yang jatuh. 

Rok pendek seperti ini memberikan kesan yang kasual dan terlihat nyaman dikenakan. Kamu pun akan tampak segar dan muda. 

6. Midi Dress dengan Motif Kecil-Kecil 

style hijab tubuh pendek-6_Sumber: Instagram

Next, insprasi gaya berpakaian yang juga akan cocok pada tubuh yang tidak begitu tinggi adalah mini dress. Item pakaian ini mempunyai potongan yang membuat tubuh kecil tampak lebih proporsional. 

Pilih mini dress dengan warna yang terang dan mempunyai motif floral agar memberikan siluet tubuh lebih berisi. Motif floral dapat memaksimalkan tinggi pemakainya. Untuk tampilan lebih cute, kamu bisa kenakan legging dan sepatu bersol datar atau sepatu loafer

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram