Kamini.id / Model Baju Pria / 8 Tips Berpakaian untuk Interview Pria Agar Tampil Memukau

8 Tips Berpakaian untuk Interview Pria Agar Tampil Memukau

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Desember 2019

Sudah dapat panggilan untuk interview kerja? Selain mempelajari tentang perusahaan, Anda juga perlu mempersiapkan pakaian yang akan digunakan saat interview nanti. Bukan hanya berlaku bagi wanita, dalam prakteknya pria juga perlu berpenampilan maksimal. Terlebih dalam menghadiri acara penting seperti interview kerja.

Walaupun terlihat gampang, memilih pakaian interview bagi pria juga perlu disiasati loh. Ketidaksesuaian dalam berpakaian bisa menghilangkan kesan yang baik saat Anda bertemu orang lain. Maka dari itu, diperlukan pertimbangan yang matang sebelum memilih pakaian untuk interview.

Di beberapa menit pertama, orang yang mewawancarai Anda tentu menilai Anda dari pakaian yang dikenakan. Selanjutnya, barulah penilaian lain yang tercermin saat Anda melakukan percakapan dengan orang tersebut. Itulah mengapa penampilan yang baik sangat penting dalam menunjang keberhasilan sebuah interview kerja.

Jika Anda sudah mempelajari materi interview dan berlatih menjawab pertanyaan, hal selanjutnya yang tak kalah penting yaitu pemilihan pakaian untuk interview. Berikut ini beberapa tips dalam memilih pakaian interview khusus bagi kaum pria. Silahkan disimak ya.

1. Gaya Sesuai Jenis Perusahaan

Gaya Sesuai Jenis Perusahaan

* sumber: www.pexels.com

Ketika menerima panggilan interview kerja dari sebuah perusahaan, ada baiknya Anda terlebih dahulu melakukan observasi mengenai perusahaan tersebut. Jenis perusahaan, budaya kerja, sistem penggajian, termasuk soal pakaian yang digunakan, tentu harus Anda ketahui dengan baik.

Biasanya perusahaan besar seperti perusahaan internasional, multi nasional, atau BUMN memiliki pakaian bisnis formal atau bahkan berseragam. Berbeda dengan perusahaan startup, advertising, atau perusahaan sejenis lain yang lebih santai dan casual dalam hal pakaian.

Karena tiap perusahaan memiliki budaya berpakaian atau dress code yang berbeda, Anda tentu harus pertimbangkan gaya yang cocok dengan perusahaan yang dituju saat akan menghadiri interview kerja. Jangan sampai salah kostum.

Pihak perusahaan atau employers merupakan orang asing yang sama sekali belum mengenal kita. Hal pertama yang dijadikan bahan penilaian tentu pakaian yang kita gunakan saat interview. Maka dari itu penting bagi Anda untuk menampilkan kesan pertama yang terbaik dengan cara mengenakan pakaian interview yang sesuai.

2. Jas

Jas

* sumber: www.peakpx.com

Penggunaan jas berlaku bagi Anda yang ingin berpenampilan formal saat menghadiri interview. Apa yang perlu diperhatikan saat akan menggunakan jas? Yang utama tentu ukuran yang sesuai. Mungkin membeli jas di pusat perbelanjaan terdekat atau membeli secara online adalah hal yang paling mudah.

Namun, sangat penting bagi Anda untuk mengenakan jas yang paling pas dengan postur tubuh. Bila diperlukan, Anda bisa memesan jas yang sesuai. Selanjutnya adalah perhatikan bahan, warna, dan desain jas yang digunakan.

Untuk bahan, jas berbahan kain wol merupakan pilihan terbaik untuk acara formal. Berbeda dengan bahan kain sintetis yang seringkali terlihat pasaran dan kurang cocok dengan acara formal. Pilih warna yang netral seperti hitam, navy, atau abu-abu. Untuk desain jas, carilah desain yang paling klasik dan tidak terlalu banyak detail. Ini akan menambah kesan profesional.

3. Kemeja

Kemeja

* sumber: pxhere.com

Bagi pria, mungkin kemeja menjadi satu-satunya atasan yang cocok digunakan untuk interview kerja. Sama halnya dengan jas, perhatikan pula bahan dan warna kemeja yang akan digunakan. Gunakan kemeja dengan bahan yang paling membuat Anda nyaman.

Untuk warna, Anda bisa pakai warna putih atau warna terang, baik polos maupun kemeja bermotif. Penggunaan kemeja putih memang paling umum, karena paling mudah dipadukan dengan item pakaian yang lain.

Namun, penggunaan kemeja berwarna terang atau bermotif untuk interview kerja juga tidak ada salahnya, loh. Kemeja warna biru terang atau kemeja dengan motif garis vertikal bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

4. Dasi

Dasi

* sumber: pxhere.com

Jika ingin berpenampilan formal, tambahkan dasi sebagai pelengkap penampilan Anda, terlebih jika Anda menggunakan jas. Pelengkap pakaian ini sangat banyak macamnya. Yang harus Anda perhatikan saat memilih dasi yaitu bahan, warna, motif dan cara mengikatnya.

Dasi berbahan sutra paling dianjurkan untuk acara formal. Sedangkan untuk warna dan motif, gunakan warna-warna dan motif klasik untuk menampilkan kesan profesional. Warna navy bisa jadi salah satu pilihan Anda.

Dasi bermotif juga boleh digunakan untuk interview. Namun jangan gunakan motif yang berlebihan dan terlalu “ramai”. Hindari pula motif karakter animasi, lambang keagamaan, dan motif lain yang tidak sesuai.

5. Celana

Celana

* sumber: www.pxfuel.com

Celana bahan merupakan celana yang paling umum digunakan untuk interview. Walaupun perusahaan yang Anda tuju cocok dengan gaya pakaian casual, rasanya kurang pantas jika Anda menghadiri interview kerja dengan menggunakan celana berbahan denim.

Usahakan menggunakan celana dengan warna gelap. Jika menggunakan jas, Anda bisa gunakan celana bahan dengan warna yang sama dengan jas. Pilih potongan yang tidak terlalu lebar atau terlalu sempit. Sesuaikan saja dengan postur tubuh Anda.

6. Sepatu

Sepatu

* sumber: pxhere.com

Sepatu pria hadir dengan berbagai macam model dan warna. Sepatu seperti apa yang harus digunakan untuk interview? Anda tak perlu bingung, sepatu model Oxford warna hitam merupakan pilihan yang tepat. Hindari penggunaan sepatu jenis slipon atau sneaker bertali, kecuali memang telah diinstruksikan sebelumnya.

Sneaker dan slipon memang sangat nyaman dan juga cocok untuk penampilan casual. Namun, sepatu jenis ini bisa mengurangi kesan profesional pada penampilan Anda. Selain itu, perhatikan pula kebersihan dari sepatu yang Anda gunakan.

7. Kaos Kaki

Kaos Kaki

* sumber: pxhere.com

Kaos kaki seringkali luput dari perhatian. Padahal penutup kaki ini juga tak kalah penting dari item pakaian lain loh. Gunakan kaos kaki dengan warna gelap atau warna yang sama dengan sepatu atau celana Anda. Tujuannya agar kaos kaki yang digunakan tidak terlihat mencolok dan menarik perhatian.

8. Aksesoris

Aksesoris

* sumber: pxhere.com

Penggunaan aksesoris juga penting loh dalam penampilan. Tak hanya bagi wanita, kaum pria juga bisa mengenakan aksesoris untuk melengkapi penampilannya. Dalam menghadiri interview kerja, gunakan jam tangan, ikat pinggang, dan tas kerja jika dibutuhkan.

Warna-warna netral atau warna gelap adalah pilihan yang terbaik dalam pemilihan aksesoris. Pakai ikat pinggang yang warnanya sama dengan sepatu yang digunakan. Jika memang Anda memerlukan tas, gunakan tas berwarna gelap yang memiliki bentuk yang solid. Hindari penggunaan backpack dan tas untuk berolahraga.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih pakaian untuk interview kerja pria. Tidak seperti wanita, pria mungkin lebih suka berpakaian sederhana apapun acara yang dihadiri. Namun kesan pertama sangat penting, terlebih saat menghadiri interview.

Tak perlu mengenakan pakaian mahal, setidaknya gunakanlah pakaian yang bersih dan rapi. Selain itu, ada hal lain yang juga penting untuk diperhatikan. Adalah grooming atau penampilan Anda secara keseluruhan.

Bukan hanya soal pakaian, grooming mencakup penampilan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kerapihan rambut, kuku, dan facial hair juga termasuk ke dalam grooming. Nah, sudah siapkah Anda menjalani interview kerja? Adakah tips lain dalam memilih pakaian interview? Bagikan di kolom komentar, ya. Baca juga artikel style pakaian pria kurus untuk sehari-hari.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *