Kamini.id / Peeling / 10 Bahan Alami untuk Peeling Supaya Wajah Lebih Cerah

10 Bahan Alami untuk Peeling Supaya Wajah Lebih Cerah

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Oktober 2019

Peeling adalah salah satu perawatan wajah yang wajib dilakukan. Prosesnya hampir sama dengan scrub, tetapi peeling wajah memiliki manfaatnya sendiri. Selain bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, peeling bertujuan untuk mengubah pH dan meningkatkan reproduksi kolagen. Sehingga membuat lapisan kulit kamu lebih menyerap vitamin.

Peeling hanya bisa dilakukan pada wajah. Disarankan untuk mengaplikasikan peeling sebelum menggunakan kosmetik. Jika biasanya peeling wajah dilakukan di klinik kecantikan, kamu juga bisa lho melakukannya di rumah dengan beberapa bahan alami yang Kamini rekomendasikan di bawah ini.

1. Oatmeal

Oatmeal

* sumber: folder.pk

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, oatmeal juga bermanfaat untuk kecantikan. Menggunakan oatmeal untuk peeling wajah bisa melembutkan sekaligus mencerahkan. Cara membuatnya tuangkan oatmeal secukupnya ke dalam mangkuk. Kemudian tuangkan sedikit susu lalu aduk hingga mengental.

Kamu bisa menggunakan susu cair biasa atau susu beruang. Lalu aplikasikan ke wajah dan tunggu 10-15 menit supaya meresap dan mengering. Setelah itu kelupas secara perlahan dan bilas sampai bersih. Sebaiknya gunakan peeling wajah ini minimal satu minggu sekali.

2. Tomat

Tomat

* sumber: mahamumbainews.com

Buah yang memiliki rasa asam ini bisa kamu gunakan untuk peeling wajah di rumah. Kandungan vitamin E dalam tomat mampu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan flek hitam pada wajah. Selain itu tomat juga mengandung antioksidan. Cara membuatnya potong satu buah tomat segar dan hancurkan.

Lalu oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 45 menit. Setelah itu kelupas peeling tersebut dan bilas dengan air bersih. Untuk sebagian orang, penggunaan peeling tomat mungkin akan terasa sedikit perih, tapi jangan khawatir karena itu merupakan reaksi alami dari penggunaan peeling tomat ini.

3. Lemon

Lemon

* sumber: www.apost.com

Buah lemon banyak digunakan oleh produk kecantikan karena khasiatnya yang sangat baik untuk kulit wajah. Selain bisa mencerahkan wajah, lemon juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, meremajakan kulit, dan memudarkan noda hitam. Cara membuat peeling lemon, kamu membutuhkan satu buah lemon dan garam dapur.

Belah lemon menjadi dua bagian dan peras airnya ke dalam mangkuk. Lalu campurkan seperempat sendok teh garam dapur. Oleskan campuran tersebut diamkan hingga mengering. Gosok secara perlahan selama 5 menit dengan lembut. Kemudian bilas sampai bersih. Sebaiknya lakukan peeling wajah ini seminggu sekali.

4. Kopi

Kopi

* sumber: eu.clipdealer.com

Memiliki aroma yang enak membuat kopi banyak digemari. Tidak hanya enak untuk dinikmati, kopi juga bisa kamu gunakan untuk peeling wajah. Peeling kopi diterapkan pada kulit melalui tekanan tertentu, yang tidak akan menyebabkan deformasi pada permukaan kulit.

Kopi mengandung banyak mineral dan kafein yang sangat efektif untuk peremajaan dan membuat kulit wajah berkilau. Sifat stimulan dan antioksidan alami dari kopi mendukung kulit segar setelah membersihkan lapisan kulit mati. Karena mengandung polifenol, kopi juga sangat berhasil dalam perawatan masalah noda pada kulit.

Polifenol memiliki sifat penyembuhan dan membantu mengurangi masalah kulit. Menggunakan peeling kopi secara teratur akan mendukung metode perawatan untuk membuat kulit wajah kamu terlihat lebih cerah dan segar.

5. Kunyit Bubuk

Kunyit Bubuk

* sumber: www.living.anveya.com

Kunyit bubuk bermanfaat untuk mengatasi wajah berjerawat maupun bekas jerawat. Selain itu kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi kerutan sekaligus melembabkan kulit. Untuk membuat peeling wajah dengan kunyit sebaiknya campurkan dengan madu dan minyak zaitun.

Karena madu bermanfaat untuk melembabkan wajah sedangkan minyak zaitun berfungsi untuk membuat wajah terasa lebih kenyal dan glowing. Cara membuatnya campurkan satu sendok teh kunyit bubuk, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh minyak zaitun lalu aduk hingga menjadi pasta. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan setelah 30 menit. Kemudian kelupas dan lakukan rutin seminggu sekali.

6. Putih Telur

Putih Telur

* sumber: missjunecompany.com

Mungkin bagi sebagian orang penggunaan putih telur untuk perawatan wajah akan membuat tidak nyaman karena bau amisnya. Tetapi putih telur memiliki manfaat yang baik dan bisa digunakan sebagai peeling wajah. Putih telur kaya akan protein yang mampu mempercepat regenerasi sel-sel kulit mati. Bahkan, peeling dengan putih telur ini banyak digunakan oleh wanita Korea.

Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya membutuhkan satu buah telur ayam kampung. Kemudian pecahkan telur dan ambil putih telurnya. Tuangkan dalam mangkuk dan oleskan secara merata pada wajah. Sebaiknya gunakan peeling ini pada malam hari sebelum tidur dan diamkan selama semalaman.

Saat bangun tidur, bilas wajah kamu dengan air hangat hingga bersih. Disarankan menggunakan peeling ini sebanyak dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

7. Kentang

Kentang

Kentang memang jarang digunakan sebagai perawatan wajah. Tetapi kentang mengandung antioksidan yang bisa membantu mengurangi flek hitam penyebab kulit kusam. Kamu bisa membuat peeling kentang dengan cara menyiapkan satu buah kentang yang telah dikupas dan dibilas dengan bersih.

Kemudian haluskan kentang hingga lembut dan campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan peeling kentang tersebut ke wajah kamu dan diamkan hingga 1 jam. Setelah itu kelupas secara perlahan dan bilas wajah dengan air hangat.

8. Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat dan asam laktat, sitrat, dan malat. Asam-asam tersebut secara lembut mengelupas kulit dengan melarutkan sel-sel kulit mati. Selain itu mengoleskan cuka sari apel ke wajah juga dapat memberikan vitamin yang bermanfaat ke kulit wajah.

Cara membuatnya kamu membutuhkan satu sendok teh cuka sari apel organik dan satu sendok makan saus apel organik. Menggabungkan cuka sari apel dan buah apel akan meningkatkan dosis asam alami yang lembut yang mampu membersihkan sel-sel kulit mati. Apel secara alami dapat mendetoksifikasi kulit secara keseluruhan.

Campur kedua bahan tersebut dan aduk sampai rata. Kemudian oleskan ke wajah kamu dan diamkan selama 10-15 menit dan bilas wajah dengan air dingin. Disarankan untuk menggunakan peeling ini saat malam hari atau sebelum mandi.

9. Pepaya

Pepaya

* sumber: fitnessguidepro.com

Pepaya mengandung vitamin A  dan enzim papain yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dengan cara memecah protein yang tidak aktif. Selain itu pepaya juga mengandung AHA dan dapat mencegah penuaan. Peeling pepaya ini cocok bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat atau untuk menghilangkan bekas jerawat. Karena pepaya dapat membantu menghilangkannya.

Cara membuatnya kamu membutuhkan satu potong buah pepaya dan satu bungkus gelatin tanpa rasa. Hancurkan pepaya dan saring hingga kamu mendapatkan sari pepaya. Kemudian panaskan gelatin dengan air dan campurkan dengan sari pepaya. Setelah itu tuangkan dalam mangkuk hingga menjadi dingin dan teksturnya mengental.

Oleskan peeling ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit sampai mengeras. Lalu kelupas peeling kemudian bilas wajah dengan air hangat.

10. Mentimun

Mentimun

* sumber: www.beautyglimpse.com

Mentimun sangat cocok digunakan untuk peeling wajah kamu. Mengandung astringent alami yang memiliki banyak kandungan air. Sehingga mampu mengunci kelembaban kulit wajah. Selain itu mentimun juga mengandung ascorbic acid yang berfungsi mempercepat proses perbaikan kulit. Mentimun juga mampu mencerahkan wajah.

Penggunaan mentimun ini juga memberikan efek segar dan sejuk yang mampu meredakan iritasi pada kulit wajah. Cara membuat peeling ini kamu bisa mencampurkan satu buah timun dengan aloe vera gel dan blender keduanya hingga membentuk pasta. Oleskan pada seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit hingga kering. Lalu bilas wajahmu dengan air dingin.

Mudah bukan membuat peeling wajah alami seperti di atas? Tapi ingat ya, pilih bahan alami yang cocok atau sesuai dengan jenis kulit wajah kamu. Selamat mencoba!

Jika kamu tahu mengenai bahan alami peeling wajah lainnya, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Yuk, baca artikel cara peeling wajah untuk melakukan perawatan ini secara tepat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar