Inilah 10 Merk Pelembab Lokal dengan Kandungan Ceramide

Ditulis oleh Lady S - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Bicara soal menjaga kelembaban kulit, sebenarnya ada beberapa kandungan yang dapat membantu menambah kelembaban kulit. Sebut saja Hyaluronic acid, Panthenol, atau yang lagi sering banget dibahas, Ceramide. Sedikit berbeda dengan kandungan lainnya, Ceramide punya kemampuan mengunci air atau humectant sehingga Ceramide bisa lebih membantu mengatasi permasalahan kulit kering.

Ceramide ini sebenarnya sudah ada secara alami di lapisan kulit kita. Lima puluh persen komposisi lapisan terluar kulit bahkan terdiri dari Ceramide. Sayangnya, seiring bertambahnya umur serta akibat paparan sinar UV, kemampuan kulit untuk memproduksi Ceramide pun berkurang.

Karena itu, kita butuh bantuan produk perawatan kulit alias skincare untuk membantu kulit memenuhi kebutuhan ceramide. Penting untuk kita tahu juga, Ceramide ini punya beberapa manfaat lain selain melembabkan kulit. Di antaranya adalah:

Manfaat Ceramide

kandungan skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan_Retinol dan Vitamin C

Sebelum membahas pelembab lokal apa saja yang memiliki kandungan ceramide, sebaiknya kita cari tahu dulu manfaat salah satu star ingredients yang banyak diperbincangkan oleh skincare enthusiast ini, yuk! Apa saja itu? berikut daftarnya:

1. Melindungi dan Menjaga Kulit dari Bakteri

Kulit kita memiliki beberapa lapisan kompleks dan lapisan tersebut di antaranya adalah lipid. Lipid inilah yang menjadi 'rumah' untuk Ceramide. Kulit yang sehat memiliki kandungan ceramide yang baik, ditandai dengan kelembaban yang cukup dan enggak kering.

Ketika kekurangan Ceramide, kulit menjadi lebih rentan terkena bakteri karena kualitas Ceramide yang dimiliki kurang baik. Bakteri inilah yang biasanya bisa memicu timbulnya komedo dan jerawat. Karena itu, menambahkan ceramide bisa membantu melindungi kulit dari bakteri.

2. Menahan Kelembaban

Ceramide memiliki sifat humectant atau menahan air. Sifatnya ini dapat mencegah kulit dari TEWL (Trans Ephidermal Water Loss), yaitu kondisi ketika kulit kehilangan kandungan air. Kulit yang dehidrasi tentu bisa memberi dampak buruk seperti, tampilan kulit yang tampak kusam, tidak sehat dan kering.

Pada kondisi tertentu, kurangnya kelembaban ini juga dapat menyebabkan kulit mudah iritasi contohnya pada penderita eczema atau psoriasis. Makanya, penggunaan Ceramide dalam skincare routine kita sangat dianjurkan karena kemampuannya yang bisa mengunci kelembaban dan mencegah air dalam kulit kita menguap begitu saja.

3. Mencegah Tanda Penuaan

Penuaan biasanya ditandai dengan kerutan di wajah yang disebabkan oleh kurangnya kelembaban dalam kulit. Penyebabnya tentu saja karena kuantitas dan kualitas Ceramide dalam kulit berkurang.

Memang, sih, kulit kita bisa memproduksi Ceramide secara alami. Tapi biasanya, kemampuan kulit untuk menghasilkan Ceramide sudah berkurang dengan bertambahnya usia. Karena itu, kamu masih perlu bantuan skincare yang mengandung Ceramide untuk mengembalikan kualitas kulit.

Pelembab Lokal dengan Kandungan Ceramide

Nah, kalau sudah paham manfaat dari Ceramide, sekarang saatnya kamu pilih pelembab yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Kabar baiknya, semua produk yang Kamini rekomendasikan ini adalah produk lokal, lho! Berikut daftarnya:

1. Somethinc Ceramic Skin Saviour

somethinc-ceramic-skin-saviour_

Cream dengan tekstur gel namun sangat melembabkan ini punya sederet kandungan yang bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit dan memperkuat skin barrier. Gak cuma Ceramide, krim wajah ini bahkan dilengkapi dengan Peptide dan Hydrolyzed Marine Collagen.

Dengan kandungan tersebut, krim ini bakalan cocok banget buat kamu yang lagi dalam masa penyembuhan pasca berjerawat. Somethinc Ceramic Skin Saviour ini hadir dalam dua kemasan yaitu kemasan 60 gr dan 20 gr. Kalau kamu ingin coba, kamu bisa beli versi kecilnya dulu ya!

2. Dear Me Skin Barrier Water Cream

dear-me-skin-barrier_

Dari awal peluncurannya, krim ini sering banget sold out di e-commerce. Enggak heran, karena kandungan di dalamnya juga sangat lengkap dan padat terutama buat kamu yang memang lagi butuh pelembab ringan tapi kaya akan kandungan bermanfaat. Niacinamide, Ceramide, Peptide, Hyaluronic Acid, dan Centella Asiatica, semua kandungan ini ada dalam Dear Me skin Barrier Water Cream.

Fungsinya sendiri enggak cuma bisa melembabkan kulit, lho. Kandungan Centella Asiatica di dalamnya bisa membantu menenangkan kulit yang sedang teriritasi. Kandungan Peptide dan Hyaluronic Acid-nya juga sangat baik untuk menambah hidrasi pada kulit. Dengan kandungan tersebut, semua jenis kulit bisa mencoba pelembab ini.

3. Erha Skin Barrier Face Moisturizer

erha skin barrier_

Lagi cari pelembab yang cuma fokus sama Ceramide? Kamu bisa coba pakai Erha Skin Barrier Face Moisturizer ini. Gak macem-macem, krim ini punya kandungan yang aman buat pemilik kulit sensitif seperti niacinamide, allantoin, PHA, dan vitamin E.

Kandungan-kandungan tersebut gak hanya dapat memperkuat skin barrier tapi juga dapat mencegah kulit dari iritasi, meredakan kemerahan, serta meregenerasi kulit tanpa membuat kulit jadi iritasi. Lengkap, ya?

4. Bhumi Ceramide Hydra Lock Moisturizer

bhumi ceramide hydra lock_

Punya kulit oily bikin kamu ragu pake pelembab dengan ceramide? Worry not! Bhumi Ceramide Hydra Lock Moisturizer ini punya hasil akhir yang matte sehingga enggak bikin kulit kamu terasa ‘sumuk’. Selain itu, pelembab ini juga punya kandungan linoleic acid yang berasal dari Grape Seed Oil. Kandungan ini bikin Bhumi Ceramide Hydra Lock Moisturizer jadi lebih ‘acne-friendly.’

5. Runa Skin Tamanu Moisturizer

runaskin tamanu_

Kamu mungkin bakalan kaget karena pelembab yang punya kandungan Ceramide serta tamanu ini dibanderol dengan harga 30-ribuan saja! Kandungan Tamanu sendiri sangat baik digunakan untuk membantu mengatasi bekas jerawat dan menyembuhkan jerawat.

Meskipun ukurannya kecil, tapi pelembab ini punya kandungan lain yang menjanjikan. Dengan Niacinamide, Ceramide, dan Sodium Hyaluronate, pelembab ini diklaim dapat membantu mengunci kelembaban serta mengurangi kemerahan pada wajah.

6. The Aubree Ceramide Soft Cream

aubree ceramide soft cream_

Pelembab yang satu ini punya tekstur yang lightweight dan mudah meresap. Kandungan dimethicone didalamnya cukup baik untuk mengunci kelembaban dan mencegah penguapan air sehingga kulit bisa terasa lembab lebih lama.

Dengan harga di bawah 100 ribu dan kemasan yang simple nan elegan, pelembab ini bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu yang lagi pengen menerapkan basic skincare untuk wajah.

7. Hale Comfort Zone

hale comfort zone

Brand yang dibikin langsung sama salah satu beauty influencer tanah air yaitu Belinda, ini sukses jadi kesukaan banyak orang. Kandungan utama dari pelembab ini adalah Gliserin, Panthenol, Bisabolol dan juga Ceramide.

Pelembab ini bisa ngebantu kamu yang punya masalah dengan kulit sensitif, dehidrasi, dan berjerawat. Bentuk kemasannya yang berbentuk botol ulir ini juga memudahkan kamu dalam mengeluarkan isi produknya.

8. Dermaluz Soothing Cream With Ekstrak Kaktus

dermaluz soothing cream_

Sejak awal muncul di beauty Industry, brand Dermaluz memang lebih fokus untuk perawatan kulit berjerawat. Buktinya, pelembab yang mereka rilis baru-baru ini pun memang concern dengan pemulihan jerawat.

Hadir dengan ekstrak kaktus, Dermaluz Soothing Cream enggak cuma membantu melembabkan wajah dengan kandungan ceramide-nya, tapi juga menenangkan kulit sehingga pelembab ini bisa cocok buat kamu yang sedang mengalami break out.

Bentuk kemasan botol ulir dan ukurannya yang enggak terlalu besar, bikin pelembab ini jadi sangat praktis digunakan dan dibawa-bawa traveling. Tekstur cream-nya juga sangat ringan sehingga produk ini bisa digunakan untuk segala jenis kulit.

9. Calmedi Blue Calming Mask and Moisturizer

calmedi blue calming mask_

Krim yang punya fungsi ganda yakni, pelembab dan masker wajah ini punya dua hero ingredients yang cocok banget untuk pemilik kulit berjerawat yaitu Centella Asiatica dan Ceramide. Kedengarannya enggak asing, bukan?

Centella Asiatica berguna untuk menenangkan kulit, mengurangi kemerahan dan juga membantu penyembuhan jerawat, sedangkan Ceramide membantu melembabkan serta menghidrasi kulit. Paduan dua kandungan 'dewa' ini pas banget buat merawat kulitmu yang berjerawat.

10. Skin Game Daily Kind Moisturizer

skingame daily kind moisturizer_

Pelembab ini baru aja dirilis bulan mei yang lalu, lho! Skin Game Daily Kind Moisturizer punya kemasan yang unik dengan botol pump. Isi di dalamnya juga termasuk banyak banget, yakni 120 ml. Dengan isi yang banyak ini, kamu bisa gunakan pelembab ini untuk 1 bulan lebih.

Yang lebih menarik lagi adalah, kandungan Ceramide di dalamnya ada lebih dari 1 jenis dengan fungsi yang enggak hanya melembabkan, tetapi juga bisa bikin kulit lebih cerah. Cocok banget untuk kamu yang lagi mencari produk untuk mengatasi kekusaman.

Itu dia pilihan 10 pelembab lokal yang mengandung Ceramide versi Kamini. Ada salah satu favorit kamu di sini? Kamu juga bisa kasih rekomendasi pelembab yang mengandung ceramide lainnya di kolom komentar, lho! Yuk share biar artikel ini lebih bermanfaat!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram