Kamini.id / 3 Kriteria Pelembab untuk Kulit Berminyak dengan Tanda Penuaan

3 Kriteria Pelembab untuk Kulit Berminyak dengan Tanda Penuaan

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Permasalahan kulit sebenarnya bisa dirasakan oleh siapapun terlepas dari tipe kulit apa yang dimiliki seseorang. Oleh karena itu, merawat kulit adalah suatu keharusan bagi seorang individu bila ingin mendapatkan kulit yang selalu sehat. Salah satu masalah kulit yang pasti dirasakan oleh semua orang adalah penuaan.

Seiring dengan pertambahan usia, kemampuan sel-sel kulit untuk bertahan agar tetap muda akan mulai berkurang. Inilah mengapa merawat kulit dengan tepat sejak dini bisa berpengaruh pada kesehatan kulit kita di masa tua.

Akan tetapi, ada sedikit miskonsepsi mengenai penuaan pada kulit ini terutama ketika dihubungkan dengan tipe kulit berminyak (oily skin). Ingin mengetahui hubungan apa yang dimaksud? Simak terus, ya!

Hubungan Kulit Berminyak dengan Penuaan

Pelembab untuk kulit berminyak_hubungan kulit berminyak dengan penuaan (Copy)

Terdapat stereotip bahwa kulit berminyak cenderung sulit mengalami penuaan dibandingkan tipe kulit kering dan normal. Padahal sebenarnya, penuaan dini sendiri tidak bergantung pada jenis atau tipe kulit seseorang. Melainkan karena fungsi elastin dan kolagen kulit yang seiring berjalannya waktu mulai menurun.

Hal ini kemudian akan berdampak pada struktur kulit yang semula kencang, halus, dan lembut menjadi cenderung lebih kaku hingga akhirnya memunculkan garis-garis halus dan tanda penuaan lainnya.

Banyak yang beranggapan bahwa kondisi berminyak membuat kulit tetap lembab dan tak rentan memunculkan garis halus maupun kerutan. Padahal tanda-tanda penuaan tersebut tetap bisa muncul. Terutama crow’s feet. Tanda penuaan satu ini benar-benar tidak dapat dihindari oleh siapapun. Hanya saja, tampilan kerutan pada kulit berminyak akan lebih samar dibandingkan dengan mereka yang bertipe kulit kering.

Kriteria Utama Pelembab untuk Kulit Berminyak dengan Tanda Penuaan Dini

Meskipun kulitmu bertipe oily, bukan berarti kamu acuh dengan perawatan kulit untuk mencegah penuaan. Bila kamu menginginkan kulit yang selalu kencang, sehat, dan elastis kamu tetap perlu menggunakan produk-produk yang memiliki manfaat anti-aging. Salah satu produk yang penting kamu gunakan untuk mencegah penuaan adalah pelembab.

Pelembab yang tepat bukan hanya menjaga kelembaban kulitmu dengan baik, namun juga bisa menjadi investasi terbesarmu untuk mencegah penuaan.

Nah, penasaran apa saja kriteria utama pelembab untuk kulit berminyak yang dapat mencegah penuaan? Simak pemaparan berikut! Oh iya, kriteria produk ini juga bisa digunakan bila tanda-tanda penuaan sudah muncul.

1. Klaim dan Kandungan yang Tepat

Pelembab untuk kulit berminyak_kandungan yang tepat (Copy)

Kunci utama pemilik kulit berminyak dalam memilih produk pelembab adalah mencari klaim oil-free, water-based, gel, non-greasy dan semacamnya. Klaim-klaim ini sangatlah baik dalam mencegah tampilan wajah menjadi semakin kilap.

Selain itu, produk bersifat non-comedogenic juga sangat penting agar tidak menyebabkan terjadinya jerawat. Kamu juga dapat mencari produk dengan kandungan bahan yang melembabkan, mengontrol minyak, dan mencegah tanda penuaan. Terdengar mustahil bukan? Tapi sebenarnya tidak.

Terdapat cukup banyak ingredients yang memiliki ketiga superpower tersebut. Beberapa diantaranya adalah hyaluronic acid, asam salisilat, glycolic acid dan niacinamide.

2. Pelembab dengan Kandungan Antoksidan

Pelembab untuk kulit berminyak_mengandung antioksidan (Copy)

Tanda penuaan pada kulit tak hanya terbatas pada kerutan dan garis halus saja. Pori-pori membesar, penipisan kulit, hingga kemunculan bintik hitam pada wajah juga dapat menandakan bahwa kulit mengalami penuaan.

Untuk mencegah tanda-tanda penuaan tersebut, kamu juga harus mencari produk dengan kandungan antioksidan dalam formulasinya. Antioksidan dapat mencegah radikal bebas berkontak langsung dengan sel-sel kulit. Sehingga efek buruk radikal bebas pada kulit seperti kerutan, garis halus hingga flek hitam tidak akan terbentuk.

3. Pelembab yang Memberikan Hidrasi

Pelembab untuk kulit berminyak_memberikan hidrasi (Copy)

Kulit berminyak tetap memerlukan hidrasi. Pasalnya, minyak alami (sebum) bukanlah air. Benar, yang bertanggung jawab membuat kulit lembab adalah kadar air dalam kulit, bukanlah sebum. Bila kadar air ini berkurang, makan resiko kulit mengalami penuaan akan meningkat. Oleh karena itu, pemilik kulit berminyak juga diharuskan memilih produk pelembab yang dapat memberikan hidrasi pada kulit.

Hidrasi tidak hanya sangat baik dalam menyeimbangkan kondisi kulit, aspek ini juga sangat penting dalam menjaga pH alami kulit tetap stabil. Kondisi tersebut sangat baik untuk menjaga skin barrier berfungsi dengan baik. Sehingga kulit akan selalu lembab, sehat, terhidrasi dan rentan teriritasi.

Itulah kriteria produk pelembab kulit berminyak yang dapat mencegah dan juga mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit. Tidak sulit, bukan? Kabar baiknya lagi, brand kenamaan Kiehl’s memiliki produk pelembab yang memenuhi kriteria tersebut, lho. Berikut adalah produk-produk yang dimaksud.

  • Kiehl’s Clearly Corrective Brightening & Smoothing Moisture Treatment

Pelembab satu ini sangat baik untuk menyamarkan bintik hitam dan ketidakmerataan warna kulit yang dapat disebabkan oleh penuaan. Manfaat ini didapatkan karena kandungan Activated C yang merupakan bentuk lain dari vitamin C dalam formulasinya.

Selain itu, terdapat kandungan White Birch Extract yang memberikan hidrasi serta nutrisi bagi kulit. Produk ini juga mengandung bahan-bahan yang dapat mengontrol produksi sebum. Menjadikannya cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk pemilik kulit berminyak.

  • Kiehl’s Super Multi-Corrective Cream

Pelembab anti-aging satu ini dapat membantu memperbaiki tanda-tanda penuaan yang sudah terlanjur muncul pada kulit. Selain menghaluskan dan mengembalikan tekstur alami kulit, pelembab ini juga difromulasikan bebas pewangi. Bahkan, pelembab ini aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif.

Tentu saja pemilik kulit berminyak juga dapat menggunakan produk ini. Pasalnya, Kiehl’s Super Multi-Corrective Cream memiliki kandungan Fragmented Hyaluronic Acid yang berperan baik dalam menghidrasi. Dan seperti yang kita tahu, hyaluronic acid adalah senyawa yang juga beperan mengontrol produksi minyak.

  • Kiehl’s Pure Vitality Skin Renewing Cream

Kombinasi antara madu Manuka dengan Akar Ginseng Merah dalam produk ini dipercaya dapat membuat wajah selalu tampak muda, cerah, dan berikilau. Produk ini juga dapat digunakan oleh pemilik kulit berminyak karena lightweight, mudah menyerap, dan tidak lengket kala digunakan.

  • Kiehl’s Calendula Serum-Infused Water Cream

Krim berbasis air yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit ini juga bisa menjadi pilihan terbaik dalam mengatasi tanda-tanda penuaan dini yang muncul pada wajah.

Pelembab ini diperkaya dengan ekstrak dan potongan bunga Calendula yang memiliki 5 senyawa bermanfaat. Senyawa-senyawa yang dimaksud dapat membantu meningkatkan kenyamanan kulit dan menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan warna kulit yang tidak merata.

  • Kiehl’s Powerful Wrinkle & Pore Reducing Cream

Kalau yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mengurangi tanda penuaan terutama kerutan. Kandungan mikronutrien, Copper PCA dan Calcium PCA di dalamnya akan bekerja dengan baik dalam menjaga sistem pertahanan dan elastisitas kulit.

Cukup banyak bukan produk dari Kiehl’s Indonesia yang dapat dipilih untuk menuntaskan masalah kulit berminyak dengan tanda penuaan? Tinggal pilih saja yang paling sesuai dengan kondisi kulitmu saat ini.

Selain produk-produk tersebut, Kiehl’s juga menyediakan berbagai perawatan lainnya baik untuk wajah, tubuh, rambut, bahkan untuk para pria sekalipun. Tertarik untuk mencoba?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *